Mencari peluang usaha potensial di sekitar kita itu sebenarnya pekerjaan yang gampang -gampang susah. Kali ini salah satu rekan Perencana Keuangan Independen Finansialku akan berbagi tips mengenai cara mencari peluang usaha potensial di sekitar Kita. Langsung saja.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh partner Finansialku:

Halomoney Indonesia Logo

 

3 Tips Mencari Peluang Usaha Potensial di Sekitar Kita

Idealnya jika kita memulai suatu usaha, diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang. Persiapan dan rencana tersebut tidak hanya dari modal usaha berupa uang, tetapi juga  mental, kemauan dan kepiawaian kita. Berikut ini 3 tips mencari peluang usaha potensial:

1. Carilah Usaha Yang Paling Berpotensi Menghasilkan

Tips 1 Mencari Peluang Usaha Potensial adalah: Cari yang memiliki potensi menghasilkan keuntungan. Apa sebenarnya tujuan memulai usaha? sebagian besar orang pasti ingin mendapatkan penghasilan. Salah satu hal yang berpengaruh pada penghasilan kita adalah potensi dari usaha itu sendiri. Sebagai contoh membuka warnet game online disekitar daerah kampus atau membuka kos-kosan di daerah kampus. 

 3 Tips Mencari Peluang Usaha Potensial Di Sekitar Kita - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Biasanya: semakin baik potensinya maka semakin besar pula kesempatan untuk memperoleh banyak penghasilan. Untuk mencari usaha yang potensial sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Kita harus blusukan ke lapangan dan lihat apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.  

 

2. Amati Apa Yang Paling di Butuhkan

Tips 2 Mencari Peluang Usaha Potensial adalah: Kita harus mengamati keadaan di sekitar tempat kita tinggal, terutama mengenai benda, barang atau jasa yang paling di butuhkan. Suatu produk atau jasa yang paling di butuhkan, pasti dicari semua orang.

 

[Baca juga: 5 Prinsip Kerja Efektif Untuk Kembangkan Bisnis Kamu!]

 

Sebagai contoh makanan, makanan ini jelas di butuhkan oleh siapa saja. Apabila di sekitar tempat kamu tinggal memiliki tingkat konsumsi yang tinggi terhadap makanan, maka tidak ada salahnya apabila kamu memulai usaha bidang makanan/kuliner. 

 

3. Jangan Terlalu Memikirkan Modal

Tips 3 Mencari Peluang Usaha Potensial adalah: Modal Usaha. Harus diakui modal adalah  pondasi dalam memulai usaha, namun apabila kamu terlalu memikirkan modal awal, mungkin rencana usaha yang sudah kamu buat tidak jadi terlaksana dan hanya menjadi angan-angan belaka.

[Baca juga: Harus Coba 3 Peluang Usaha Kecil Dengan Modal 500 Ribu!]

 

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan? Mulailah usaha yang sesuai dengan kemampuan modal kamu atau cari pendanaan dari orang lain. Apabila memiliki modal yang kecil, tidak ada salahnya apabila mengajukan kerjasama seperti yang sudah saya jelasnya pada poin 3 di atas.

 

Kesimpulan

Modal usaha dapat dipenuhi dengan duit sendiri atau duit orang lain. Kalau kamu masih membutuhkan modal untuk usaha kamu, coba pertimbangkan manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia. Pastikan Anda berkonsultasi dengan mentor dan tim Anda sebelum menggunakan KTA sebagai modal. Yuk bandingkan beberapa produk KTA sekarang, di HaloMoney Indonesia! 

 

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang