Coba tebak apa untung ruginya program cash back kartu kredit? Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan membahas untung ruginya program cash back.

Artikel ini dipersembahkan oleh:

DuitPintar

 

 

Untung Ruginya Program Cash Back Kartu Kredit

Apakah Anda pengguna kartu kredit? Jika ya Anda tentu tahu kan keuntungan-keuntungan menggunakan kartu kredit? Mulai dari promo diskon, buy 1 get 1 dan program cash back kartu kredit. Biasanya promo cash back kartu kredit dapat mendorong kita untuk bertransaksi lebih banyak dengan kartu kredit.

Untung Ruginya Program Cash Back Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit U untuk Untung bukan Utang]

 

Kenapa Bank Menawarkan Promo Cash Back Kartu Kredit?

Bank menawarkan promo cash back kartu kredit bertujuan untuk mendorong pemilik kartu kredit untuk berbelanja lebih banyak. Emang bank ga rugi kalau memberi cash back kartu kredit?

[Baca Juga: 7 Tanda Seseorang Ketagihan Kartu Kredit]

Bank mendapatkan keuntungan dari kartu kredit berdasarkan nominal transaksinya (jumlah transaksi kartu kredit) dan frekuensi (seringnya) penggunaan kartu kredit. Semakin besar jumlah yang kita gesek, bank akan lebih senang.

[Baca Juga: Mana Sih CVV Kartu Kredit?]

Itulah alasan utama, bank mendorong nasabahnya untuk bertransaksi lebih banyak dan lebih sering dengan kartu kredit. Dari sekian banyak strategi promo, yang paling sering  digunakan oleh bank adalah promo cash back kartu kredit. Pemegang kartu kredit akan mendapatkan pengembalian sekian persen dari nominal transaksi yang dilakukan.

 

Jadi Program Cash Back Kartu Kredit itu Untung atau Rugi?

Kartu kredit itu adalah alat, nah untung atau ruginya tentu tergantung bagaimana Anda menggunakan alat tersebut. Sebelum Anda menggunakan program cash back kartu kredit, Anda harus tahu jenis kartu kreditnya. Cek aturan penggunaan cash back kartu kredit, apakah berlaku untuk seluruh transaksi atau transaksi tertentu.

[Baca Juga: Pencurian Data Kartu Kredit]

Ada program cash back kartu kredit jika digunakan transaksi di supermarket tertentu saja. Artinya, kartu kredit tersebut akan memberi keuntungan untuk penggunanya yang memang sering berbelanja di supermarket tersebut.

Berikut ini beberapa contoh program cash back kartu kredit yang kurang menguntungkan: 

  1. Bila cash back yang didapatkan lebih kecil dari bunga utang (atau biaya transaksi) yang dikenakan oleh penerbit kartu kredit.
  2. Program cash back kartu kredit hanya berlaku untuk transaksi yang bukan jadi kebutuhan, alias untuk membeli barang-barang konsumtif.
  3. Ada syarat dan ketentuan untuk dapatkan cash back kartu kredit. Contohnya, nominal pembelanjaan yang lebih besar daripada pengeluaran kita

 

Kesimpulan

Kartu kredit adalah salah satu alat yang berguna untuk mempermudah transaksi. Bank sebagai penerbit kartu kredit selalu berusaha memberikan promosi dan penawaran yang menarik, salah satunya adalah cash back kartu kredit. Nah Kita sebagai konsumen harus pandai-pandai menggunakan kartu kredit. Ingat kartu kredit U itu untuk Untung bukan untuk Utang.

Pernahkah Anda merasa beruntung mendapatkan potongan besar dengan kartu kredit?

Image Credit:

  • Squre Credit Card – http://goo.gl/5Qo7Aa

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang