Siapa yang tidak suka travelling? Yuk ketahui 10 keutamaan travelling yang biasanya tidak kamu sadari.

Mengisi liburan dengan berjalan-jalan ke luar kota atau sekedar melancong ke tempat baru memang bisa menjadi hiburan tersendiri.

Apalagi jika Anda terbiasa disibukkan dengan aktivitas yang cenderung monoton. Selain untuk mengisi liburan, travelling ternyata memiliki berbagai manfaat yang mungkin tidak Anda sadari.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Keutamaan Travelling

Travelling atau jalan-jalan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Beberapa orang melakukan kegiatan travelling untuk melepas kepenatan dari aktivitas rutin yang monoton.

Ada juga sebagian lain yang menjadikan travelling sebagai hobi. Di balik keseruan travelling, ternyata ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat travelling yang bisa Anda rasakan:

 

#1 Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Pada saat travelling, biasanya Anda cenderung akan berjalan dan menggerakkan tubuh lebih banyak dari biasanya. Selain itu, biasanya Anda akan berjalan kaki dalam berbagai kondisi.

Seperti di bawah terik matahari atau bahkan hingga berkilo-kilo meter.

Tanpa disadari, hal ini bisa membantu tubuh Anda menjadi lebih kuat dan daya tahan tubuh juga akan meningkat.

Semakin sering Anda melakukan travelling, artinya semakin sering pula Anda melatih tubuh Anda. Dengan begitu, secara bertahap tubuh Anda juga akan menjadi lebih sehat.

 

#2 Mahir Mengatur Pengeluaran

Siapapun tahu bahwa travelling membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari transportasi, akomodasi, hingga perlengkapan travelling.

Karena itu, seorang traveller perlu pintar-pintar mengatur pengeluaran. Tak jarang seorang traveller perlu menghemat beberapa biaya agar bisa melakukan travelling ke tempat yang diinginkan.

Nyicil Dana Liburan Apakah Bijak dan Dianjurkan Guys 03 Dana Liburan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Siapapun Bisa Travelling, Jika Ikuti 7 Cara Travelling Hemat Ini]

 

Selain itu, Anda juga perlu memperkirakan biaya travelling yang dibutuhkan dan pintar-pintar mencari promo. Untuk bisa menekan biaya travelling, tentu saja Anda harus merencanakan travelling dari jauh-jauh hari.

Hal ini sangat terkait dengan biaya perjalanan. Khususnya jika Anda harus menggunakan pesawat terbang untuk sampai ke destinasi travelling Anda.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penghematan atau perencanaan keuangan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Finansialku dan fitur Dana Liburan di dalamnya.

Dengan begitu, rencana travelling Anda bisa lebih mudah terealisasikan dan Anda juga bisa melakukan travelling dengan nyaman. Anda bisa download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

 

#3 Lebih Disiplin terhadap Waktu

Salah satu manfaat positif dari travelling adalah Anda bisa belajar untuk lebih menghargai waktu. Saat travelling, Anda dituntut untuk bisa merencanakan sesuatu dengan baik. Termasuk soal waktu.

Misalnya saja, saat Anda akan berangkat menggunakan pesawat, maka Anda harus sudah sampai dan check in sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Terlambat sedikit saja, bisa jadi tiket Anda ditolak atau hangus. Akibatnya, Anda harus membeli tiket baru dengan harga yang seringkali lebih mahal.

Karena itu, tak jarang seorang traveller rela tidur di bandara atau stasiun. Selain untuk menghemat biaya penginapan, hal ini juga dilakukan agar tidak terlambat saat mengejar waktu keberangkatan.

 

#4 Mampu Membaca Peta

Bagi sebagian orang, membaca peta adalah sesuatu yang cukup rumit. Tapi hal tersebut tidak salah juga.

Saat awal-awal Anda melakukan travelling, bisa jadi Anda akan tersasar di suatu kota. Namun, hal ini adalah sesuatu yang wajar. Hampir setiap traveller pernah mengalami hal ini.

Jika Anda tersasar saat melakukan travelling dan mampu menanggapinya secara positif, akan banyak hal menarik bahkan bermanfaat yang akan Anda temukan. Selain itu, Anda juga akan belajar untuk lebih mahir membaca peta.

Saat akan melakukan travelling, Anda bisa mengandalkan peta kota yang biasanya bisa Anda beli di kota tersebut.

Atau, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Google Map untuk membantu Anda mencari tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi.

 

#5 Mengurangi Stres

Stres saat ini bisa dibilang adalah sesuatu yang cukup umum. Mulai dari alasan tuntutan pekerjaan, kegiatan yang membosankan, tekanan sosial, ataupun alasan-alasan lainnya.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres ini. Di antara banyaknya cara tersebut, meditasi dan travelling adalah dua cara yang terbukti sukses.

Traveler WAJIB Tahu! 3+ Tips Jadikan Travelling Bukan Hobi Mahal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Simak! 10 Biaya Liburan Yang Perlu Disiapkan Saat Kamu Travelling]

 

Ketika Anda melakukan travelling, Anda akan bertemu dengan berbagai hal yang menarik untuk Anda. Hal-hal baru yang mungkin belum pernah Anda alami sebelumnya atau pemandangan baru yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Pengalaman-pengalaman ini memberi suasana baru dan membuat Anda lebih mudah merasa bahagia dan bersyukur. Dengan begitu, stres akan lebih mudah berkurang.

 

#6 Menjadi Lebih Mandiri

Ketika travelling, Anda tidak bisa terus menerus mengandalkan orang lain. Baik saat Anda travelling bersama rombongan ataupun sendiri. Anda juga akan lebih belajar mengenai skala prioritas dalam menghadapi suatu hal.

Banyak hal yang mau tidak mau harus Anda pikirkan sendiri. Dengan begitu, kemampuan Anda dalam mengambil keputusan juga akan lebih terasah.

Hal ini berlaku bukan saat travelling saja. Tapi mulai dari saat Anda menyiapkan keberangkatan, melakukan travelling, dan setelah travelling.

Kemampuan untuk menjadi lebih mandiri ini juga akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam kehidupan sehari-hari.

 

#7 Belajar Komunikasi dan Adaptasi

Anda yang hobi travelling pasti menyadari bahwa travelling membantu Anda lebih mudah dalam beradaptasi.

Apalagi jika Anda terbiasa melakukan solo travelling atau grup travelling bersama orang yang tidak begitu Anda kenal. Akan banyak perbedaan yang Anda temukan di sana.

Seiring Berkembangnya Teknologi Informasi, Anak Milenial Punya Gaya Traveling Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Traveler WAJIB Tahu! 3+ Tips Jadikan Travelling Bukan Hobi Mahal]

 

Pada awalnya, Anda mungkin akan merasa kaget. Namun, seiring waktu Anda akan mulai belajar caranya beradaptasi dengan orang yang berbeda dengan Anda.

Setelah itu, Anda juga akan belajar caranya bekerja sama hingga bisa menjadi sebuah tim bahkan keluarga.

Di samping itu, tak jarang Anda juga akan bertemu dengan penduduk sekitar di destinasi travelling Anda. Di sini, kemampuan Anda berkomunikasi juga akan sangat dilatih.

Perlahan-lahan, Anda akan merasa bagaimana kemampuan komunikasi Anda semakin meningkat.

 

#8 Belajar Bahasa Baru

Anda yang hobi travelling ke luar negeri mungkin merasakan bagaimana travelling ke suatu negara mengajarkan Anda Bahasa-bahasa baru.

Karena pada saat travelling, sedikit banyak Anda akan berinteraksi dengan warga negara di sana. Mempelajari satu dua kata dalam bahasa mereka adalah salah satu cara menghormati warga dan juga negara yang Anda kunjungi.

 

#9 Menjadi Lebih Sabar

Ada-ada saja peristiwa yang terjadi saat Anda travelling. Baik hal yang menyenangkan atau tidak. Menjaga emosi, khususnya emosi negatif adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan seorang traveller.

Perlu disadari, bahwa saat Anda meluapkan emosi negatif yang Anda rasakan ketika travelling, hal tersebut tidak menjadikan sesuatu membaik. Bahkan bisa jadi malah menjadi kompleks.

Karena sama saja Anda menyalurkan energi negatif tersebut kepada orang lain. Akibatnya, suasana travelling jadi tidak menyenangkan.

Menanggapi segala hal secara positif adalah salah satu hal yang penting dilakukan oleh seorang traveller. Semakin sering Anda melakukan hal ini, maka kebiasaan berpikiran positif ini akan menjadi bagian dari karakter Anda.

Dengan begitu, Anda juga bisa lebih sabar dan tenang dalam menghadapi segala sesuatu.

 

#10 Mengenal Kebudayaan Baru

Setiap tempat biasanya memiliki kebudayaannya masing-masing. Anda bisa memanfaatkan momen travelling ini sebagai sarana untuk mengenal budaya baru.

Bukan hanya saat travelling ke luar negeri, di Indonesia pun ada banyak budaya yang menarik untuk Anda ketahui dan layak dipelajari.

 

Keutamaan Travelling Banyak Manfaatnya

Nah, itulah 10 keutamaan travelling yang mungkin tidak Anda sadari. Seperti yang sudah dijelaskan di atas keutamaan travelling tersebut ada sejak persiapan, saat travelling hingga setelah travelling.

Banyak sekali manfaatnya, terutama dalam melepas stres setelah menjalani kehidupan sehari-hari yang penuh tantangan.

Eits, tapi jangan sampai lupa, sebelum travelling pastikan Anda sudah merencanakan keuangan Anda dengan baik. Alih-alih melepas stres, ketika pulang travelling kondisi dompet jebol yang ada makin stres bukan?

Anda bisa membaca ebook dari finansialku di bawah ini agar Anda bisa merencanakan keuangan Anda dengan tepat. Selamat membaca.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Apakah Anda merasakan salah satu manfaat tersebut atau mengalaminya? Ceritakan pengalaman Anda dengan menuliskannya di kolom komentar.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda ya! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Putri Hartanti. 5 Manfaat Traveling yang Tidak Disadari Para Traveler. Phinemo.com – http://bit.ly/2Zevc5X
  • Ricky Ismail. 4 April 2017. 10 Manfaat Traveling yang Belum Kamu Tahu!. Idntimes.com – http://bit.ly/2HoTeAB

 

Sumber Gambar:

  • 10 Keutamaan Travelling – http://bit.ly/321CK9a