Liburan memang cukup ampuh untuk membantu Anda melepas penat dan kembali menyegarkan pikiran. Apa saja biaya liburan yang perlu disiapkan?

Jangan lupa juga untuk menyiapkan budget yang diperlukan. Tidak mau kan liburan Anda justru jadi tambah penat karena kurang dana?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Liburan Melepas Penat

Sekali waktu, penting bagi seseorang untuk melakukan travelling dan melepaskan sejenak rutinitas harian. Tapi untuk pergi travelling apalagi bersama keluarga tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Ada berbagai kebutuhan dan biaya liburan yang perlu disiapkan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan travelling.

Menyiapkan biaya liburan menjadi salah satu hal penting yang harus Anda lakukan sebelum berangkat liburan. Jangan sampai karena tidak mempersiapkan biaya liburan dengan matang, liburan Anda malah jadi terganggu.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal terkait biaya liburan yang perlu disiapkan:

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Biaya Makanan

Makanan adalah hal yang penting yang perlu Anda pikirkan selama liburan. Apalagi jika Anda berlibur bersama keluarga, biaya makan ini tentu saja akan menjadi cukup besar sehingga benar-benar harus direncanakan.

Meskipun setiap orang butuh makan dan Anda sedang liburan, perlu diingat kalau biaya makan yang Anda persiapkan tetap harus realistis. Jangan membuat biaya makan yang terlalu besar jika akan menyulitkan Anda nantinya.

Untuk mengontrol biaya makan, Anda bisa mencari tahu lebih dulu restoran atau tempat makan yang tidak jauh dari lokasi liburan Anda dan berapa tarif yang biasa mereka tawarkan.

Biaya Liburan 02 Liburan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan ke China Saat Imlek? Ketahui 6 Tips Berhemat Untuk Travelling Kamu!]

 

Tandai lokasi-lokasi yang sekiranya masih sesuai dengan anggaran Anda.

Cara ini akan membantu Anda mengetahui berapa biaya makan yang perlu Anda siapkan dan dimana lokasi yang bisa Anda pilih untuk menikmati waktu makan selama liburan.

Selain itu, Anda juga bisa membaca atau melihat berbagai review mengenai suatu tempat makan dan menu yang mereka sediakan.

Biasanya, orang menyimpan review dalam bentuk tulisan di blog atau vlog di YouTube. Review ini akan membantu Anda mengetahui apakah Anda tertarik dengan tempat makan tersebut atau tidak.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Biaya Perjalanan

Biaya selanjutnya yang harus Anda pikirkan selama liburan adalah biaya perjalanan. Biaya transportasi dari daerah Anda menuju lokasi liburan harus Anda persiapkan dengan baik.

Jika Anda melakukan liburan dengan menggunakan pesawat, tentu saja biaya perjalanan yang Anda siapkan akan berbeda dengan biaya perjalanan jika menggunakan kereta atau bus.

Tarif Bagasi Lion Air Hingga Rp 930.000, Apa Kata Pakar Transportasi 02 Koper Liburan 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Liburan Hemat Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan Nanti]

 

#3 Biaya Pengurusan Dokumen

Jika Anda berlibur ke luar negeri, Anda memerlukan beberapa dokumen seperti paspor, visa, dan lain-lain.

Untuk mengurus hal ini, biasanya ada biaya-biaya yang perlu Anda bayarkan. Meskipun nilainya tidak terlalu besar, tapi biaya ini tetap perlu Anda siapkan dalam rencana anggaran liburan Anda.

 

#4 Biaya Transportasi

Selain biaya perjalanan, biaya transportasi selama di tempat liburan juga perlu Anda siapkan. Apakah Anda ingin menyewa mobil selama di lokasi, menggunakan transportasi online, atau ingin menggunakan transportasi online.

Jika Anda ingin menyewa kendaraan, pertimbangkan juga biaya bahan bakar yang harus Anda siapkan juga.

Dan jika Anda ingin menggunakan transportasi umum atau online, perkiraan berapa kali Anda perlu berpindah lokasi, dan berapa biaya yang mungkin Anda perlukan.

Penasaran Rahasia Liburan ke Perth Australia Gini Cara Mewujudkannya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Asyiknya Liburan ke Myanmar! Ini Tempat Wisata Myanmar Nan Keren]

 

#5 Biaya Telepon

Selama liburan, Anda mungkin perlu memberi kabar kepada keluarga atau orang yang ada di rumah.

Atau jika Anda melakukan perjalanan bersama rombongan, biaya telepon ini mungkin akan diperlukan untuk memberi tahu lokasi bertemu atau mengingatkan kegiatan yang akan dilakukan.

 

#6 Biaya Internet atau Paket Data

Terkadang, ada beberapa lokasi yang tidak menyediakan akses internet gratis. Karena itu, biaya internet atau paket data juga perlu untuk Anda pertimbangkan.

Jika Anda melakukan perjalanan ke luar negeri, pertimbangkan juga apakah Anda ingin menggunakan paket data dengan nomor lokal, atau dengan menyewa wifi dari Indonesia.

Paket data ini nantinya akan sangat membantu Anda untuk mencari info terkait tempat wisata atau mengakses peta daerah.

Anda yang senang berbagi juga bisa tetap berbagi pengalaman atau momen dengan teman-teman Anda di sosial media.

 

#7 Biaya Selama Liburan

Apa saja aktivitas atau tempat wisata yang ingin Anda kunjungi selama liburan? Kegiatan dan lokasi wisata yang dikunjungi selama liburan akan sangat mempengaruhi biaya liburan yang perlu disiapkan oleh Anda.

Rencanakan hal itu dengan baik dan persiapkan berapa anggaran yang mungkin Anda butuhkan. Jangan sampai liburan Anda jadi terganggu karena biaya aktivitas ini melebihi anggaran yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.

 

#8 Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain yang dimaksud adalah berbagai biaya dengan nominal kecil yang akan Anda keluarkan selama liburan.

Misalnya biaya tarik tunai ATM, biaya parkir, uang tip, dan lain-lain. Meskipun nominalnya tidak terlalu besar, tapi kalau cukup sering dilakukan biaya ini akan cukup besar juga.

Tips Liburan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Aman dan Tenang? Gunakan Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri]

 

Kadang kala, biaya penarikan ini tidak dapat dihindarkan. Apalagi jika di daerah tujuan Anda cukup sulit untuk menemukan ATM yang sama dengan bank yang Anda gunakan.

Hal ini mungkin terjadi jika Anda menggunakan rekening dari bank daerah yang tidak memiliki cabang di kota lain. Atau jika Anda menggunakan rekening bank lokal Indonesia pada saat ke luar negeri.

Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan penarikan satu kali dalam jumlah besar sehingga Anda tidak perlu sering-sering melakukan penarikan tunai.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#9 Biaya Belanja

Saat datang ke tempat yang menyenangkan, tentu saja Anda ingin membeli satu dua barang untuk kenang-kenangan atau koleksi. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya belanja ini.

Jika tidak disiapkan dengan baik, besar kemungkinan Anda akan kalap dan membeli lebih banyak dari yang Anda perlukan sehingga melebihi budget yang Anda siapkan.

Pos-Pengeluaran-Saat-Liburan-Liburan-05-Finansiaku

[Baca Juga: Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat]

 

#10 Biaya Oleh-Oleh

Terakhir, sudah menjadi kebiasaan bagi yang liburan untuk membawa oleh-oleh. Untuk keluarga, teman dekat, atau teman kantor yang Anda tinggal. Karena itu, penting untuk menyiapkan dana untuk membeli oleh-oleh selama liburan.

Oleh-oleh ini tidak perlu barang yang mahal. Anda bisa memilih oleh-oleh yang menjadi ciri khas daerah atau negara tersebut.

 

Menyiapkan Dana Liburan

Nah, untuk menyiapkan dana liburan, Anda bisa memulainya dengan melakukan investasi.

Carilah investasi dengan return yang cukup lumayan, sehingga Anda bisa berlibur dengan lebih tenang dan biaya liburan yang Anda perlukan juga bisa lebih cepat terkumpul.

Jika Anda masih bingung bagaimana menyiapkan dana liburan dan juga memperkirakan dana liburan, Anda bisa menggunakan bantuan dari Aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Pertama-tama pilih menu Rencana Keuangan, kemudian pilih tanda “+” dan pilih menu Dana Liburan. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi setiap kolom yang dibutuhkan.

Misalnya Anda akan pergi ke Bali dengan biaya tur Rp1.000.000, biaya akomodasi Rp1.800.000, dan anggaran konsumsi Rp1.000.000.

Biaya Liburan 03 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Sementara dana yang sudah tersedia adalah Rp2.000.000 dan Anda akan berangkat pada waktu 6 bulan yang akan datang.

Biaya Liburan 04 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Setelah semua kolom terisi, maka Anda dapat menekan tombol Hitung, maka dana yang perlu Anda kumpulkan untuk dapat pergi ke Bali adalah Rp1.870.962.

Biaya Liburan 05 Aplikasi 3 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengetahui berapa perkiraan dana yang harus Anda investasikan untuk mencapai target dana liburan Anda. Anda juga bisa bertanya kepada perencana keuangan melalui Aplikasi Finansialku.

 

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah, dan jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wahyu Utama. Mau Traveling? Ini 7 Biaya Liburan yang Perlu Anda Persiapkan. Koinworks.com – https://goo.gl/zazHVD

 

Sumber Gambar:

  • Liburan 1 – https://goo.gl/nTKt38
  • Liburan 2 – https://goo.gl/kqfXxF