Galau karena tiket pesawat naik? Gak perlu ribet dan mengurungkan niat Anda untuk liburan hanya karena tiket pesawat naik.

Ayo siasati dengan beberapa tips yang akan dipaparkan oleh Finansialku berikut ini yang akan tetap membuat liburan Anda menyenangkan dan tentu saja hemat! Selamat menyusun & mengatur jadwal liburan Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tiket Pesawat Naik

Tahukah Anda bahwa bahan bakar pesawat terbang, yakni avtur mengalami kenaikan harga?

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pihak maskapai penerbangan mengajukan sebuah permintaan kenaikan tarif batas bawah hingga 40 persen.

Dilansir bahwa kenaikan tersebut ternyata lebih tinggi dari kebijakan Peraturan Menteri Perhubungan sebelumnya pada tahun 2016 lalu yang hanya menembus 30 persen.

Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat 02 Kenaikan Avtur

[Baca Juga: Lakukan Tips Liburan Akhir Pekan yang Menyenangkan Tanpa Boros]

 

Berdasarkan kenaikan harga bahan bakar pesawat terbang tersebut, seusai acara Seminar Nasional Kebangkitan BUMN di Sektor Perhubungan, di Finance Hall Graha CIMB Niaga, Jakarta Selatan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan tentang kenaikan harga tarif batas bawah hingga 5 persen.

Dengan demikian, jika tarif bawah ditetapkan sekitar Rp1 juta, maka tarif batas bawah akan menjadi Rp350.000 (Tiga ratus lima puluh ribu Rupiah).

Budi Karya Sumadi juga menambahkan bahwa realisasi kenaikan tiket pesawat batas bawah akan menunggu langkah sosialisasi selanjutnya dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa ia tidak mengabulkan kenaikan hingga 40 persen dari permintaan maskapai karena menurutnya, perhitungan kenaikan 5 persen itu sudah cukup untuk menutup kenaikan biaya operasi yang tinggi dari kenaikan biaya avtur yang semakin mahal.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Di samping melakukan langkah antisipasi kenaikan harga avtur melalui kenaikan tarif bawah tiket, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi juga sudah melakukan komunikasi dengan pihak Pertamina untuk membicarakan kemungkinan akan turunnya harga avtur. 

Dalam penjelasannya, Budi karya Sumadi mengatakan bahwa perbandingan harga avtur Indonesia cenderung lebih mahal 20 persen dari pada harga avtur internasional.

 

Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik

Jangan biarkan jadwal liburan Anda terganggu hanya karena kenaikan harga tiket oleh sebab harga bahan bakar pesawat yang mengalami kenaikan.

Ayo atur liburan Anda tetap menyenangkan dan tentu saja hemat dengan beberapa tips berikut ini.

 

#1 Rencanakan dari Jauh Hari

Perencanaan yang dilakukan dari jauh hari akan sangat menolong Anda dalam mengatur liburan yang lebih teratur dan tentu saja jika ingin lebih hemat.

Anda bisa menyesuaikan waktu dengan harga promo yang sesuai dengan budget yang Anda miliki, atau yang bisa Anda kumpulkan hingga pada hari H.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Manfaatkan momen saat maskapai mengadakan promo dimana pada waktu itulah harga tiket pesawat banyak yang di diskon.

Jika memungkinkan, Anda bisa mengatur waktu liburan ketika bukan momen liburan karena bisa dipastikan harga tiket akan melambung tinggi, terutama saat high season.

Tentu Anda perlu mengorbankan waktu di hari kerja Anda untuk mengambil jatah cuti.

Rencanakan jadwal liburan Anda dengan menyiapkan dananya melalui Aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Hanya dengan Aplikasi Finansialku yang ada ponsel pintar, Anda dapat merencanakan biaya kebutuhan liburan Anda sekaligus mencatat anggaran bulanan Anda.

Mencatat keuangan harian menjadi lebih menyenangkan dan mudah dengan Aplikasi Finansialku.

 

#2 Menginap di Homestay atau Guest House

Akomodasi biasanya menjadi pengeluaran yang cukup tinggi jika akan merencanakan liburan.

Siasati dengan cara menginap di guest house atau homestay daripada menginap di hotel yang harganya sudah pasti lebih mahal.

Tentu saja Anda bisa memilih kamar yang cocok dengan fasilitas dan isi kantong Anda.

Intinya adalah liburan Anda tetap menyenangkan dan biaya pengeluaran tidak terlalu besar.

 

#3 Ikuti Promo Open Trip

Ada juga yang memanfaatkan liburan dengan promo open trip, dimana sistem pembayarannya adalah sharing cost dengan orang lain yang mengikuti promo tersebut.

Ongkos penginapan dan juga biaya transportasi akan lebih irit dengan promo open trip.

 

#4 Pakai Transportasi Publik

Menggunakan transportasi publik akan jauh menghemat biaya pengeluaran harian Anda saat sedang liburan.

Kini sudah banyak ojek online yang menjamur, Anda bisa memanfaatkan promo dan juga fasilitas potongan harga dari voucher.

 

#5 Selalu Bawa Air Minum, Masak Sendiri atau Bawa Bekal

Manfaatkan botol air minum Anda yang selalu diisi ketika Anda akan berangkat dari penginapan Anda.

Jika memungkinkan di tempat penginapan untuk memasak, lebih baik Anda bisa memasak makanan Anda sendiri untuk bekal Anda ketika berjalan-jalan selama seharian mengeksplorasi tempat liburan Anda.

 

#6 Beli Oleh-oleh Secukupnya

Ketika melakukan perjalanan liburan, Anda perlu memperhitungkan barang bawaan Anda saat pulang.

Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat 03 Koper Liburan

[Baca Juga: Minim Budget? Lakukan Tips Liburan Gak Over Budget Supaya Liburanmu Tetap Menyenangkan]

 

Jangan sampai Anda harus membeli bagasi tambahan untuk barang-barang bawaan karena titipan oleh-oleh dari kerabat atau kenalan Anda.

Jika Anda termasuk orang yang tidak mau ribet jika ada yang ingin menitip oleh-oleh, lebih baik Anda tidak memberi informasi kepada rekan-rekan Anda bahwa Anda akan berlibur.

Hal ini akan meminimalkan juga pengeluaran Anda.

 

#7 Catat Anggaran dengan Aplikasi Finansialku

Gunakan pencatatan anggaran agar pengeluaran Anda dapat terkendali.

Anggaran yang tercatat dengan baik dan tentu saja ditaati, akan membuat kantong Anda tidak seret karena harus membayar kelebihan biaya yang seharusnya tidak perlu karena pengeluaran yang tidak on budget.

 

Gunakan pencatatan anggaran melalui Aplikasi Finansialku yang dapat memudahkan Anda mencatat arus keuangan Anda.

 

Liburan Gak Ribet dengan Perencanaan Matang

Setelah mengetahui cara menyiasati tiket pesawat naik tentunya Anda kini dapat merencanakan liburan anda lebih matang lagi.

Beberapa solusi seperti penggunaan aplikasi Finansialku dapat menjadi asisten pribadi Anda yang mengingatkan akan anggaran yang harus Anda taati ketika akan melakukan transaksi keuangan.

 

Apa yang menjadi kerepotan Anda dalam merencanakan liburan yang on budget? Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan artikel Finansialku di atas kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan informasi mengenai tips menabung atau setiap artikel Finansialku lainnya.

Jika Anda sedang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kania Kismadi. 1 Desember 2017. Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah, Walau Sedang Tidak Promo. Skyscanner.co.id – https://goo.gl/TeTJPE
  • Selfie Miftahul Jannah. 28 Agustus 2018. Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat Naik 5%. Finance.detik.com – https://goo.gl/KUWR5o
  • Putriana Cahya. 7 Cara Dapetin Tiket Pesawat Murah Tanpa Nunggu Promo, Pantang Bokek! Idntimes.com – https://goo.gl/LtTtM4
  • Ruisa Khoiriyah. 20 September 2017. 15 Trik Mudah Traveling Murah dan Hemat yang Perlu Kamu Coba. Halomoney.co.id – https://goo.gl/xsvcqE

 

Sumber Gambar:

  • Tiket Pesawat – https://goo.gl/FMyFGy
  • Kenaikan Avtur – https://goo.gl/PwaLCn
  • Koper Liburan – https://goo.gl/ebX8PL
Summary
Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat
Article Name
Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat
Description
Galau karena tiket pesawat naik? Gak perlu ribet dan mengurungkan niat Anda untuk liburan hanya karena tiket pesawat naik.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo