Sudah ada ide liburan akhir pekan? Akhir bulan ingin refreshing tapi dana tidak terlalu mencukupi?

Simak tips liburan akhir pekan berikut yang tidak akan membuat kantong Anda semakin cekak tapi tetap menyenangkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tips Liburan Akhir Pekan

Mendekati akhir pekan, sudahkah Anda merencanakan perjalanan liburan bersama teman atau keluarga? Rutinitas kerja tentu bisa membuat Anda penat.

Oleh sebab itu, Anda perlu sejenak melarikan diri dari kesibukan dan mulai merencanakan liburan Anda di akhir pekan untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali lagi mengerjakan tanggung jawab dan menyelesaikan tugas deadline di minggu berikutnya.

Sambil mempersiapkan liburan akhir pekan, mari simak beberapa tips berikut ini yang dapat Anda pertimbangkan sebelum pergi berlibur akhir pekan bersama saudara, teman atau keluarga.

 

#1 Rencanakan Liburan dari Jauh Hari

Liburan akhir pekan mungkin masih beberapa hari lagi, tapi Anda perlu merencanakan sejak awal untuk mendapatkan tempat yang tidak mengecewakan. Ingat bahwa ini adalah liburan akhir pekan yang singkat, tidak seperti liburan panjang saat Lebaran atau akhir tahun.

Menurut Anda, selama 2 hari di akhir pekan, tempat apa yang Anda kunjungi. Berapa biaya yang akan Anda keluarkan? Apakah dana yang dibutuhkan cukup, untuk Anda sendiri atau bersama keluarga? Seberapa jauh perjalanan yang ditempuh?

Jarak tempuh tempat liburan apakah sesuai dengan waktu liburan akhir pekan Anda? Jangan sampai Anda terlalu lama di perjalanan karena jarak yang terlalu jauh dan lelah di jalan.

Tips-Liburan-Enggak-Over-Budget-02-Finansialku

[Baca Juga: Liburan dengan Dana Minim? Siasati Dengan 10 Cara Ampuh Ini!]

 

Mengenai dana yang dibutuhkan, tentu Anda perlu menghitung biaya transportasi dan juga biaya masuk tempat liburan tersebut jika bukan fasilitas umum yang tidak ada pungutan retribusinya.

Hitung biaya lain yang perlu dikeluarkan seperti untuk makan atau jajan dan lain sebagainya.

Rencanakan liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku yang akan menolong Anda merencanakan dana liburan yang dibutuhkan agar tidak melebihi anggaran dan membuat kantong Anda cekak.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Penggunaan Aplikasi Finansialku Menu Tujuan Keuangan, Dana Liburan, bisa Anda lakukan dengan mudah. Silakan cek video berikut.

 

Untuk mendapatkan berbagai manfaat segudang dari Aplikasi Finansialku, maka Anda bisa menggunakan versi premium dari Aplikasi Finansialku dari Google Play Store.

Dengan harga yang terjangkau yaitu Rp350.000 untuk 1 tahun, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku dan belajar keuangan melalui video online course kapanpun dan dimanapun.

 

#2 Jangan Asal Pilih Tempat

Meskipun liburan panjang ke tempat-tempat yang eksotis bisa mengasyikkan dan penuh petualangan, liburan seperti itu juga dapat menguras kantong Anda dan membutuhkan waktu yang cukup panjang, mengingat liburan akhir pekan hanya 2 hari saja.

Pikirkan untuk melakukan aktivitas yang penuh dengan pengalaman yang menyenangkan, tak terlupakan dan tentu saja memberi inspirasi dan menyegarkan bagi liburan akhir pekan Anda.

Cari informasi selengkap-lengkapnya mengenai tujuan wisata yang akan Anda datangi.

Di era yang sudah maju saat ini, tentu sangat mudah untuk mencari informasi melalui gadget pintar dengan jaringan internet yang tersedia.

Sudah tahu destinasi wisata yang akan Anda kunjungi akhir pekan ini? Anda juga bisa mencari di salah satu artikel Finansialku juga lho.

 

#3 Jelajahi Destinasi Baru

Ada banyak tempat tujuan wisata yang tersedia, bahkan di kota Anda sendiri. Cari dan temukan tempat wisata yang baru agar Anda tidak bosan dengan tempat liburan yang itu-itu saja.

Anda bisa melihat berbagai situs destinasi wisata di dengan mesin pencari.  

Untuk membantu Anda, buatlah daftar khusus untuk setiap destinasi yang ingin Anda kunjungi.

Daftarkan untuk tempat-tempat yang memang bisa dikunjungi saat akhir pekan. Jika memang sudah pernah dikunjungi, mungkin Anda ingin mengunjunginya lagi untuk kesekian kalinya, itu tidak apa-apa.

Intinya, jangan biarkan diri Anda menjadi bosan dengan akhir pekan Anda karena akhir pekan adalah hari dimana Anda perlu mengisi ulang tenaga Anda dan inspirasi Anda untuk menjalani rutinitas di minggu berikutnya.

Rupiah-Melemah,-Liburan-Ke-Luar-Negeri-03-Finansialku

[Baca Juga: 5+ Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga yang Membahagiakan dan Menyenangkan]

 

#4 Buat Jadwal Kegiatan

Setelah menemukan tempat yang akan Anda datangi di akhir pekan, tentu Anda perlu mengatur waktu dan kegiatan yang akan Anda lakukan di sana.

Misalnya, Anda perlu datang sekitar pukul 7 agar tidak mengantre saat masuk ke tempat wisata tersebut.

Setelah dari satu tempat, ke manakah tujuan selanjutnya, restoran atau café mana yang akan kunjungi saat makan siang, atau Anda membawa bekal sendiri dari rumah dan makan di taman kota.

Jadwal ini tidak perlu sampai mendetail atau terperinci, setidaknya garis besar kegiatan yang akan Anda lakukan dalam satu hari berikut dengan estimasi waktu yang perlu dialokasikan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Cek Ramalan Cuaca

Salah satu tips yang cukup berguna dimana saat akan liburan akhir pekan, disarankan untuk mengecek ramalan cuaca melalui situs resmi Badan Meteorologi dan Geofisika atau BMKG.

Mungkin ada sebagian orang menganggap tidak penting, tapi jika Anda ingin berlibur akhir pekan di luar rumah dan tempat tersebut adalah di luar ruangan atau outdoor, tentu Anda akan kelimpungan saat terjadi hujan.

Dengan mengencek kondisi cuaca, Anda bisa memperkirakan barang bawaan yang harus Anda bawa saat liburan akhir pekan. Apakah Anda perlu membawa payung atau jas hujan dan pakaian salin jika terjadi hujan dan lain sebagainya.

Seperti apakah masa depan finansial Anda? Hanya dengan merencanakan sejak dini, setidaknya Anda bisa memperkirakan seperti apakah Anda di masa depan.

Mari rencanakan sejak dini dengan Ebook Panduan Perencanaan Keuangan dari Finansialku sesuai kelompok usia berikut ini:

 

#6 Ajak Teman atau Sahabat

Menghabiskan akhir pekan tentu tak lengkap rasanya jika teman atau sahabat tidak diajak. Jika Anda sudah berkeluarga, tentu waktu berkualitas dengan keluarga menjadi prioritas utama.

Ada kalanya memang Anda perlu waktu sendiri seperti “me time”. Sebagai makhluk sosial, tentu kita juga perlu orang lain sebagai tempat untuk berbagi.

Nikmati akhir pekan Anda dengan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#7 Bawa Barang yang Diperlukan

Pernahkah Anda merasa kecewa dengan akhir pekan karena Anda ketinggalan barang yang sangat diperlukan?

Misalnya Anda pergi liburan ke pantai, namun Anda lupa membawa pakaian renang, kacamata renang atau bahkan sunscreen untuk melindungi kulit Anda dari terpaan sinar matahari.

Tentu hari libur Anda menjadi kurang sempurna, bukan?

Oleh sebab itu, saat merancang liburan akhir pekan, Anda juga perlu mempersiapkan barang-barang bawaan yang seharusnya dibawa. Pastikan semuanya masuk ke dalam ransel atau koper Anda.

Jangan lupa membawa dompet dan kamera untuk mengabadikan setiap momen indah saat liburan akhir pekan Anda.

Handphone tentu juga tidak boleh tertinggal, apalagi jika ada Aplikasi Finansialku yang membuat pencatatan keuangan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Cek Dulu Beberapa Persiapan Sebelum Liburan Ke Luar Negeri 01 - Finansialku

[Baca Juga: Minim Budget? Lakukan Tips Liburan Gak Over Budget Supaya Liburanmu Tetap Menyenangkan]

 

Belum tahu bagaimana hebatnya Aplikasi Finansialku yang bisa membawa Anda satu langkah lebih dekat dengan kehidupan finansial yang teratur?

Segera unduh Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store dan nikmati fitur pencatatan keuangan harian dan juga anggaran bulanan Anda jadi lebih teratur.

Anda juga akan mendapatkan manfaat tambahan berupa kursus online gratis yang dipandu oleh Profesional Perencana Keuangan Finansialku jika Anda berlangganan selama satu tahun.

 

#8 Jadikan “Silent Mode

Ini adalah hari libur Anda dalam satu minggu. Waktu kerja Anda telah usai, kini waktunya untuk berlibur.

Anda tentu tidak mau liburan menyenangkan harus terganggu oleh masalah pekerjaan.

Tinggalkan sejenak karena minggu depan, Anda akan kembali ke rutinitas harian Anda. Matikan telepon genggam Anda atau jadikan ke moda “silent” jika Anda tetap ingin mengaktifkannya.

Apabila memang diperlukan untuk menunggu kabar tentang progress pekerjaan yang dilakukan oleh tim, Anda bisa mengatur jadwal liburan dan membuat video call untuk teleconference di malam hari.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#9 Siapkan Bekal

Jika Anda ingin mendapatkan liburan akhir pekan dengan biaya yang lebih ramah dengan dompet, Anda bisa menyiapkan bekal dari rumah sebagai sebuah strategi untuk menghemat pengeluaran.

Dari pada jajan di tempat wisata, ditambah lagi kebersihan dari makanan yang tidak terjamin, lebih baik Anda bisa menyiapkannya dari rumah.

 

#10 Gunakan Mobil

Jika Anda berlibur bersama teman dengan jarak yang cukup jauh dan estimasi liburan yang cukup singkat, ada baiknya Anda menggunakan mobil. Jika Anda atau teman-teman Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa mobil dengan biaya yang ditanggung bersama.

Agar tidak terlalu lelah karena harus bergantian menyetir, menyewa sopir juga bisa menjadi sebuah tips yang bisa Anda lakukan.

Hemat tenaga Anda untuk liburan daripada kecapean menyetir sepanjang jalan dan membuat Anda semakin lemah dan tak bersemangat saat tiba di tempat tujuan wisata.

Tak masalah mengeluarkan biaya lebih untuk biaya sopir, lagipula biaya tersebut Anda bagi rata dengan teman-teman Anda bukan?

 

Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Pekan

Masih belum tahu destinasi wisata atau kegiatan yang bisa dilakukan di akhir pekan tanpa membuat kantong semakin menipis? Anda bisa melakukan salah satu dari rekomendasi berikut ini:

 

#1 Taman Kota

Pergi bersama keluarga atau teman-teman ke taman kota bisa mengasyikkan. Selain gratis, Anda bisa menghabiskan akhir pekan dengan berolahraga sehat, berjalan santai dan mengobrol serta bercengkerama dengan mereka.

Anda juga bisa bertemu dengan banyak orang dan setidaknya menambah pertemanan dengan satu atau dua orang baru.

Taman di Surabaya 16 - Taman Lansia

Taman Lansia di kota Surabaya adalah salah satu taman yang bisa Anda kunjungi bersama dengan orang terdekat anda saat akhir pekan

 

#2 Berenang

Liburan akhir pekan ingin menghabiskan waktu dengan suasana yang lebih segar dan bermain dengan air? Kenapa tidak berenang?

Jika Anda ingin berenang ke tempat yang lebih alami, Anda bisa pergi ke daerah perbukitan dan berenang di salah satu kolam air terjun.

Atau, berenang sambil melihat pemandangan kota dari atap apartemen atau hotel juga bisa jadi pilihan luar biasa.

Mana yang Anda pilih?

Lakukan Tips Liburan Akhir Pekan yang Menyenangkan Tanpa Boros 02 Renang - Finansialku

Berenang di atas ketinggian sambil menikmati pemandangan kota Jakarta, kenapa tidak Anda lakukan?

 

#3 Keliling Kota dengan Bis Kota

Rutinitas membuat kita tidak pernah menikmati pemandangan kota karena rute perjalanan harian kita hanyalah rumah, kantor dan kembali lagi ke rumah.

Kini, saatnya nikmati pemandangan kota di akhir pekan dengan bis kota yang mengelilingi jalanan kota metropolitan.

Lakukan Tips Liburan Akhir Pekan yang Menyenangkan Tanpa Boros 03 Keliling Bus - Finansialku

Berkeliling kota dengan menggunakan bus bisa Anda lakukan untuk mengisi akhir pekan Anda lho!

 

Apakah Anda sudah menentukan destinasi wisata untuk akhir pekan ini? Tuliskan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada teman Anda yang akan merencanakan liburan akhir pekan juga ya!

 

Sumber Referensi:

  • Christy Woodrow. 7 Tips to Plan an Unforgettable Weekend Getaway. Ordinarytraveler.com – https://goo.gl/9Y9XUd
  • Admin. 4 Agustus 2018. Tips Nyaman Liburan di Akhir Pekan. Jogja.tribunnews.com – https://goo.gl/WehB6L
  • Vina A. Muliana. 26 November 2017. 5 Tips Nikmati Akhir Pekan Tanpa Keluar Banyak Biaya. https://goo.gl/k4JNLU

 

Sumber Gambar:

  • Tips Liburan Akhir Pekan – https://goo.gl/Phe72T
  • Berenang di Rooftop Swimming Pool – https://goo.gl/vCdfpj
  • Bis Kota – https://goo.gl/NpRtRn