Manfaatkan waktu Anda untuk berlibur sejenak menikmati tempat wisata Jogja dengan perhitungan dana liburan yang sangat terjangkau.

Mari simak ulasannya berikut dengan 100 daftar destinasi tempat wisata Jogja yang kekinian. Selamat membaca dan mulai rencanakan liburan Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ada Waktunya Bekerja, Ada Waktunya Istirahat

Segala sesuatu memang ada waktunya. Setidaknya 40 jam seminggu Anda bekerja pun, Anda tetap harus menggunakan waktu istirahat Anda dengan baik.

Tentu hidup ini juga membutuhkan liburan, bukan? Rencanakan liburan Anda dengan tempat wisata yang dapat memanjakan mata dan juga merelaksasi tubuh Anda sejenak.

Tak perlu keluar budget yang mahal dan menguras kantong bahkan tabungan Anda. Wisata Jogja bisa menjadi pilihan Anda untuk menjadi destinasi wisata yang tidak membuat kantong cekak.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke kota yang istimewa ini dengan budget ala backpacker, mari simak ulasan berikut ini.

 

Wisata Jogja, Tak Lekang Sepanjang Masa

Sebagai warga Indonesia, kita patut bangga karena Jogja merupakan salah satu destinasi wisata tidak hanya bagi domestik tetapi juga incaran wisata bagi turis mancanegara.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Liburan Murah dan Tips Hemat Wisata ke Singapura]

 

Memang Indonesia banyak destinasi wisata yang begitu indah dan menawan, namun kenapa harus Jogja?

 

Alasan Mengapa Harus Wisata Jogja

Inilah alasan kenapa Anda perlu untuk berwisata ke Jogja.

 

#1 Murah dan Terjangkau

Biaya hidup di Jogja lebih murah jika dibandingkan di Jakarta, Kalimantan, maupun Sumatera. Hidup di Jogja terbilang sangat murah dan sangat terjangkau.

Tidak heran banyak mahasiswa yang berasal dari luar Jogjakarta yang terbilang cukup hemat dalam hal biaya hidup terutama untuk makan.

Jadi, alasan yang paling mendukung untuk bewisata ke Jogjakarta adalah harga kuliner yang disajikan di Jogjakarta sangat murah, sehingga dapat terpenuhi segala kebutuhan perut Anda.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah)]

 

Selain makanan, pakaian dan aksesoris yang dijual di Jogja pun terbilang cukup murah. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang membeli souvenir dengan jumlah yang banyak untuk handai tolan.

 

#2 Membutuhkan Waktu 2 Minggu untuk Mencoba Berbagai Wisata Di Jogjakarta

Jarak yang berjauhan membuat kita memakan waktu 2 minggu untuk mengunjungi dan menikmati semua tempat wisata di Jogjakarta. Jarak yang berjauhan tersebut harus ditempuh dengan waktu yang lumayan lama.

Misalnya, jika kamu ingin merasakan sensasi keindahan alam di pantai Wonosari, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam 30 menit.

Jika macet, maka akan memakan waktu yang lebih lama lagi yaitu sekitar 5 jam. Tidak percaya? Coba saja datang ke pantai Wonosari ketika libur panjang.

 

#3 Kota Pelajar atau Kota Kenangan

Jogja terkenal dengan julukannya yaitu sebagai kota pelajar. Kota pelajar disini maksudnya adalah banyak para pelajar dari luar daerah Jogja untuk menimba ilmu di kota ini.

Jika mereka sudah lulus atau sudah wisuda, mereka berkunjung ke kota ini dengan penuh kenangan yang membekas di hati mereka.

 

#4 Nyaman dan Bersih

Masyarakat Jogjakarta termasuk orang-orang yang memiliki tingkat kebersihan yang tinggi terhadap lingkungannya. Sebagai tempat wisata, tentu saja pemerintah provinsi setempat di Jogjakarta tidak bisa tinggal diam jika lingkungan wisatanya tidak terjaga dengan baik.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 04 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Murah: Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker? Lihat Perhitungannya!]

 

Mereka menjaga kebersihan serta keamanan agar memberikan keamanan, kenyaman, serta kebersihan bagi para pengunjung. Oleh karena itu, tidak heran jika kita melihat tempat ini selalu bersih walaupun saat liburan panjang dan banyak orang yang berkunjung.

Para petugas kebersihan yang rajin dan ulet dalam membersihkan lingkungan merupakan hal yang patut diapresiasi.

 

#5 Banyak Tempat Wisata yang Menarik dan Bersejarah

Ini adalah alasan yang paling utama. Tujuan kita ke Jogja tidak hanya untuk sekedar berlibur, tetapi juga menambah pengetahuan dan pengalaman kita mengenai berbagai macam tempat wisata.

Seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Dieng, Wonosobo dan Tawangmangu, yang dapat ditempuh dengan jarak lumayan dekat dari Jogja.

Paling lama membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk menempuh lokasi wisata tersebut.

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

 

Jadi, tunggu apa lagi? Perlu menghitung budget yang dikeluarkan?

Seperti alasan pada poin nomor 1, tidak perlu kuatir karena wisata Jogja menawarkan wisata kuliner dan juga wisata lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Perhitungan Dana Liburan dan Wisata Jogja

Mari hitung dengan saksama dana wisata Jogja yang Anda butuhkan dengan menggunakan fasilitas free trial dari Aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anggap saja Anda ingin berlibur ke Jogja selama 3 hari 2 malam dan hanya mengambil 1 hari cuti. Misalnya, Anda mengambil liburan tanggal 3-5 November 2017 (hari Jumat – Minggu).

Jika Anda bekerja 5 hari dalam seminggu, tentu Anda harus mengambil 1 hari cuti di hari Jumat.

Berikut ini perhitungan yang perlu menjadi pertimbangan Anda dalam mengkalkulasi dana wisata Jogja Anda.

 

#1 Tiket Kereta Pulang Pergi – Rp168.000

Jika Anda ingin tiba di Jogja pada tanggal 3, sesuai jadwal Anda harus membeli tiket dengan jadwal satu hari sebelumnya.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 11 - Finansialku

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 12 - Finansialku

 

Karena pembahasan liburan kali ini dibuat dengan ala backpacker, maka kita memilih kereta dengan kelas ekonomi.

Kurang lebih 8 jam 27 menit, Anda akan berada di dalam kereta. Fasilitas yang diberikan untuk tiap kelas tentu saja berbeda.

Namun, Anda tetap dapat menikmati perjalanan dengan baik karena kini PT Kereta Api Indonesia semakin meningkatkan kualitas pelayanannya. Jadi, tidak ada salahnya untuk menggunakan kereta api dengan kelas ekonomi.

Sebagai informasi, biasanya kereta bagi penumpang dengan kelas ekonomi akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Jogjakarta.

 

#2 Penginapan – Rp200.000 untuk 2 Malam

Wisata Jogja memang terkenal murah, termasuk biaya untuk penginapannya. Biaya menginap di sebuah hostel saja bisa mencapai Rp50 ribu per malamnya.

Anggap saja Anda mengambil tempat penginapan dengan harga Rp100 ribu per malamnya. Jadi total untuk menginap selama 2 malam, Anda hanya menghabiskan Rp200 ribu.   

Cek saja harga penginapan murah di Jogja melalui gadget Anda yang terkoneksi dengan internet.

 

#3 Sewa Motor – Rp60.000 per hari

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata Jogja yang letaknya agak jauh.

Misalnya, Anda ingin ke Pantai Parangtritis, sedangkan Anda menginap di daerah dekat stasiun Lempuyangan atau Stasiun Tugu, Anda dapat menggunakan fasilitas sewa motor.

Hanya dengan Rp60 ribu per harinya, Anda dapat menyewa sebuah motor bebek untuk berkeliling dan berwisata di Kota Jogjakarta.

Jangan lupa kartu identitas Anda perlu dititipkan sebagai jaminan atas motor yang Anda sewa.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 05 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Liburan ke Eropa dengan Aplikasi Finansialku]

 

#4 Kuliner Jogja – Rp300.000

Kuliner di Jogja tidak kalah lezatnya dengan cita rasa makanan Indonesia dari daerah lainnya.

Tidak hanya lezat dan murah, banyak makanan angkringan yang banyak menyajikan street food yang menjadi andalan kuliner dari kota pelajar ini.

Anggarkan saja setidaknya Rp300 ribu untuk 3 hari 2 malam untuk jajan selama berlibur di kota kenangan ini.

Sampai di titik ini, total budget yang diperlukan untuk menikmati wisata di kota Jogja (diluar tiket untuk tempat wisata yang memerlukan biaya tiket masuk) adalah sebesar Rp728.000 (tujuh ratus dua puluh delapan ribu rupiah).

Itulah estimasi dana liburan wisata ke Yogyakarta, yuk buat sendiri rencana keuangan liburan versi kamu dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Daftar Rekomendasi 5 Tempat Wisata Jogja

Wisata Jogja kini semakin banyak, terutama yang kekinian. Berikut ini 5 tempat wisata Jogja yang direkomendasikan untuk Anda.

 

#1 Kereta Gantung Pantai Timang

Sudah bukan rahasia lagi kalau di Kabupaten Gunung Kidul terdapat banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Timang yang terletak 35 kilometer di selatan Wonosari.

Pemandangan ombak yang menghantam tebing dan batu karang di sini sungguh menakjubkan.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 06 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Liburan Ke Korea Selatan? Yuk Cek Dulu Dana Perjalanan (Plus Info Liburan Murah dan Wisata Gratis)]

 

Pengunjung dapat menguji nyali mereka dengan menyeberang ke Pulau Watu Panjang menggunakan ‘kereta gantung’ sederhana yang terbuat dari kayu. Dan bukannya, meluncur di kabel berbahan baja, yang menahan ‘kereta gantung’ ini adalah tali tambang biasa!

  • Lokasi: Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 5581
  • Cara ke Sana: Dari Wonosari, arahkan tujuan ke selatan menuju Pantai Baron. Di pertigaan Mulo ambil arah menuju Pantai Siung lalu lewati Pasar Dakbong hingga melalui jalanan berbatu.
  • Tarif Kereta Gantung: Rp200.000

 

#2 Wisata Alam Kalibiru

Kurang lebih sejam perjalanan ke arah barat dari pusat kota, Anda akan langsung merasakan perubahan suhu menjadi lebih sejuk. Di tempat ini udaranya masih segar dan tenang, tanpa banyak suara deru kendaraan bermotor. Sangat cocok rasanya jika Anda ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kota.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 07 - Finansialku

[Baca Juga: Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang]

 

Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Jogjakarta, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Sejak didirikan pada tahun 2009, tempat ini langsung jadi destinasi favorit para wisatawan.

  • Lokasi: Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta 55561
  • Jam Operasional: buka 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000
  • Paket Outbound: Rp35.000

 

#3 Gumuk Pasir Parangkusumo

Bersantai sembari menatap matahari terbenam, ditemani semilir angin di tengah-tengah hamparan padang pasir nan luas. Di sini, waktu seolah tak bergerak dan Anda bakal lupa kalau sedang berada di Pulau Jawa.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 08 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Ingin mencoba sand boarding? Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berlibur ke Afrika atau Timur Tengah. Cukup ke Jogjakarta, dekat dan mudah dicapai.

Di Gumuk Pasir Parangkusumo Anda bisa menyewa kendaraan ATV, dan meskipun tak ada unta, namun Anda bisa menunggang kuda di sini.

  • Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
  • Jam Operasional: Pkl. 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Biaya Sewa Kendaraan/Kuda: berkisar antara Rp50.000 – Rp150.000

 

#4 Curug Luweng Sampang

Bersiaplah terkesima oleh alur yang membentuk corak pada dinding batu yang terlukis alami oleh aliran air. Keunikan pola bebatuan Curug Luweng Sampang memiliki kemiripan dengan Antelope Canyon di Amerika Serikat, yang berbeda adalah warna bebatuannya.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 09 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan? Siapkan Dana Perjalanan Anda!]

 

Menceburkan diri di sejuknya air pegunungan yang mengalir langsung dari Pegunungan Sewu tentu akan memberi kesegaran tersendiri. Puaskan pula rasa ingin tahu Anda dengan menjelajahi berbagai terowongan dan ceruk tersembunyi yang ada di balik curug ini.

 

  • Lokasi: Jl. Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Cara ke Sana: Tempat ini lebih mudah dijangkau melalui Jalan Jogja-Solo. Arahkan tujuan ke Kecamatan Ganti Warno. Ikuti arah jalan tersebut kira-kira ke arah tenggara hingga tiba ke Desa Sampang. Jika Anda merasa bingung jangan malu bertanya kepada warga sekitar yang ada disana.

 

#5 Sungai Bawah Tanah dan Batu Cave di Gua Pindul

Manjakan mata Anda dengan keiindahan stalaktit dan stalagmit yang sudah ada di goa ini sejak ratusan tahun lalu. Ada juga stalaktit dan stalagmit yang menyatu, menjadi yang terbesar ke-4 di dunia.

Lihatlah betapa kontrasnya air yang berwarna biru dengan dinding batu kapur kecoklatan, ditambah sentuhan hijaunya lumut dan tanaman paku yang terpapar cahaya matahari yang mengintip dari celah di langit-langit.

Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja) 10 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Dan jika Anda ingin menantang diri sendiri, silakan melompat dari batang pohon setinggi enam meter langsung menuju kolam!

  • Lokasi: Desa Gelaran 1, Kel. Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta 55891.
  • Jam Operasional: Pkl. 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp35.000 (Turis Lokal) atau Rp50.000 (Turis Asing)

 

  • Bukit Panguk Kediwung, Manungan, Dlingo di Bantul
  • Bukti Mojo Gumelem, Dlingo di Bantul
  • Kebun Buah Mangunan, Dlingo di Bantul
  • Bukit Pengilon, Purwodadi di Gunung Kidul
  • Bukit Teletubbies, Nglepen, Sengir Sumberharjo di Prambanan
  • Bukit Kali Kuning, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta
  • Tebing Watu Mabur, Dlingo di Bantul
  • Bunker Kaliadem, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta
  • Bukit Cendana, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo
  • Jurang Tembelan, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul
  • Seribu Batu Songgo Langit, Mangunan, Dlingo, Bantul
  • Pinus Pengger, Dlingo, Bantul
  • Watu Goyang, Mangunan, Dlingo, Bantul
  • Watu Ngadek, Dlingo, Bantul
  • Rumah Hobbit Mangunan, Dlingo, Bantul
  • Gardu Pandang Pinus Asri, Muntuk Dlingo
  • Watu Amben, Piyungan, Bantul
  • Bukit Lintang Sewu, Dlingo, Bantul
  • Jembatan Soka, Pundong, Bantul
  • Bukit Isis, Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo
  • Bukit Kosakora, Barnjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Green Village Gedangsari, Gunung Kidul
  • Spot Riyadi, Sambirejo, Kabupaten Sleman
  • Bukit Klangon Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman
  • Batu Alien Cangkringan, Dusun Jambu, Sleman
  • Puncak Becici, Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo
  • Bukit Jangkang, Sremo Lor, Kabupaten Kulon Progo
  • Puncak Dipowono, Kabupaten Kulon Progo
  • Puncak Kuda Sembrani, Banjarsasri, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo
  • Curug Pulosari, Sendangasri, Bantul
  • Stonehenge Cangkringan, Dusun Kecamatan Sleman, Yogyakarta
  • Gunung Gentong Gedangsari, Gunung Kidul.
  • Air Terjun Randusari, Dlingo, Bantul
  • Curug Siluwok, Kabupaten Kulon Progo
  • Kedung Bendo, Girimulyo, Kulon Progo
  • Grojogan Lepo Dlingo, Bantul
  • Kedung Pengilon, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul
  • Air Terjun Seribu Batu, Wukisari, Imogiri, Bantul
  • Air Terjun Tuwondo, Sitimulyo, Piyungan, Bantul
  • Air Terjun Kedung Kandang, Glanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul
  • Curug Banyunibo, Kabrokan Kulon, Sendangsari, pajangan, Bantul
  • Curug Bayat, Tegalrejo, Gedangsari Gunung Kidul
  • Grojogan Pucung, Pundong, Bantul
  • Pantai Baru, Poncosari, Srandakan, Bantul
  • Pantai Pasir Kadilangu, Jangkrangan, Temon, Kabupaten Kulon Progo
  • Pantai Baros, Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Bantul
  • Pantai Parangendog, Desa Girijati, Purwosari, Gunung Kidul
  • Candi Prambanan
  • Tugu Jogja
  • Jalan Malioboro
  • Pantai Depok
  • Candi Ratu Boko
  • Kraton Jogjakarta
  • Air Terjun Sri Gethuk
  • Pantai Parangtritis
  • Museum benteng Vredeburg
  • Pantai Indrayanti
  • Pantai Siung
  • Pantai Ngelambor
  • Upside Down World Jogja
  • Sindu Kusuma Edupark
  • Jogja Bay Water Park
  • Pasar Beringharjo
  • Wisata Malam Alun-alun Selatan
  • Pantai Watu Lumbung
  • Pantai Sundak
  • Pantai Sadranan
  • Museum De Mata
  • Museum De Arca
  • Taman Pintar Jogja
  • Taman Sari Jogja
  • Taman Tino Sidin
  • Titik Nol KM Jogja
  • Pantai Sedahan
  • Museum Gunung Merapi
  • Bukit Bintang Jogja
  • Blue Lagoon Jogja
  • Monumen Jogja Kembali
  • Candi Abang
  • Candi Ijo
  • Candi Barong
  • Candi Sambisari
  • Candi Sari Jogja
  • Tlogo Putri Kaliurang
  • Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang
  • Taman Tebing Breksi
  • Museum Ullen Sentalu
  • Wisata Edukasi Omah Salak
  • Cave Tubing Kalisuci
  • Pantai Ngetun
  • Pantai Kayu Arum
  • Goa Jomblang
  • Green Village Gedangsari
  • Gunung Api Purba Nglanggeran
  • Pantai Watu Kodok
  • Pantai Jogan
  • Telaga Biru Semin
  • Pantai Jungwok
  • Hutan Wanagama
  • Pantai Sarangan

 

Youtube Courtesy. Finansialkucom – 5 Kota Destinasi Liburan Wajib di  Kunjungi

 

Jika Anda sudah memiliki rencana untuk berlibur ke Jogja, Anda dapat memasukkan setiap lokasi wisata di atas kedalam daftar destinasi wisata Anda.

Namun jika Anda belum memiliki rencana untuk berwisata ke Jogja, Anda dapat membagikan daftar Wisata Jogja tersebut kepada rekan atau kenalan yang sedang berencana berwisata ke Jogja.

 

Berikan pendapat dan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Siapin Uang 500 Ribu Aja Buat 3 Hari Keliling Jogja. Bikin Kamu Makin Nggak Sabar Buat Liburan! Hipwee.com – https://goo.gl/RS9WHV
  • Akbar. Liburan Murah Meriah ke Yogyakarta dengan Bujet Rp 800 Ribuan. Duitpintar.com – https://goo.gl/KvFGhE
  • Imron Ramadhan. 21 Tempat Wisata Seru Di Yogyakarta Yang Tak Pernah Anda Bayangkan Sebelumnya. Tripcanvas.com – https://goo.gl/aECi6M
  • Eksotis Jogja. 1 Juli 2017. Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Bagus & Hits 2017. EksotisJogja.com – https://goo.gl/b5Hdnn
  • Sabila Transport. 15 Hotel Murah di Jogja Cocok Untuk Backpacker. Sewamobiljogja.org – https://goo.gl/ceMtVz

 

Sumber Gambar:

  • Tugu Jogjakarta – https://goo.gl/gYno5w
  • Jalan Malioboro Jogjakarta – https://goo.gl/7xexMY
  • Parangtritis – https://goo.gl/L82Wfo
  • Candi Prambanan – https://goo.gl/NFVp2L
  • Candi Ratu Boko – https://goo.gl/a6K2ZD
  • Pantai Timang – https://goo.gl/6xBVzM
  • Alam Kalibiru – https://goo.gl/TTUpxx
  • Gumuk Pasir Parangkusumo – https://goo.gl/NfGpzS
  • Curug Luweng Sampang – https://goo.gl/Wa1hHp
  • Goa Pindul – https://goo.gl/VYW5LE

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up