Tips Traveling Super Hemat Bagi Mahasiswa: Jenuh dengan kegiatan sehari-hari yang gitu-gitu aja? Atau lagi stres karena ujian yang bikin mumet? Pasti yang ada di kepala kalian jika jenuh dan stres melanda adalah mengobatinya dengan cara traveling, betul?

Apalagi buat kalian para mahasiswa yang income-nya masih sedikit, traveling jadi salah satu pilihan untuk menyegarkan hati dan pikiran.

Tenang, tidak perlu khawatir, jika kamu saat ini sedang mencari referensi untuk traveling dan berencana traveling dalam waktu dekat, kamu bisa lakukan tips traveling super hemat yang akan dibahas dalam rubrik Finansialku berikut ini!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Traveling Bagi Mahasiswa

Mungkin bagi mahasiswa dengan uang bulanan yang terbatas traveling adalah sebuah mimpi besar yang harus disimpan sampai nantinya memiliki pendapatan yang cukup untuk melakukan traveling.

Sayangnya, setelah bekerja kamu baru sadar kalau kamu gak punya waktu untuk mewujudkan mimpi traveling-mu itu. Padahal sebenarnya masa-masa menjadi mahasiswa adalah masa terbaik untuk kamu pergi dan berpetualang kemana saja.

Untuk itu, kamu harus tahu tips dan trik yang bisa kamu terapkan agar mahasiswa seperti kamu pun harus bisa traveling.

 

Tips Traveling Super Hemat Bagi Mahasiswa

Nah, tanpa basa basi, langsung aja ya. Berikut ini 10 tips traveling super hemat dan murah untuk kamu sebagai mahasiswa. Cekidot!

 

#1 Buat Perencanaan Dengan Matang

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan perjalanan kamu jauh-jauh hari.

Traveling itu bukan masalah tempat, tetapi kamu bisa merasakan kesenangan dan kamu mendapatkan value baru dari perjalanan kamu. Itu namanya, kamu telah sukses berjalan-jalan.

10 Daftar Perlengkapan Wajib Liburan Saat Traveling Ke Luar Negeri 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mendapatkan Paket Wisata Murah Supaya Liburan Menyenangkan]

 

Merencanakan perjalanan yang jauh tentu memerlukan dana yang tidak sedikit pula. Berapa lama kamu akan traveling dan kemana kamu akan traveling?

Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu tempat yang akan kamu datangi, akses ke sana dan apa saja yang harus disiapkan.

Jangan lupa juga untuk siapkan budget-nya, berapa budget yang perlu kamu persiapkan untuk traveling, dimulai dari harga tiket pesawat atau tiket kereta api, biaya tiket masuk ke tempat wisata, penginapan, biaya makan, dan budget lain sebagainya.

Nah, jika perencanaanmu sudah matang, kamu tinggal eksekusi deh untuk pergi traveling, karena semua telah disiapkan dengan baik.

Jangan lupa untuk merencanakan traveling kamu dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Kamu bisa menggunakan fitur rencana keuangan dan pilih dana liburan untuk merencanakannya.

Jika kamu belum punya aplikasi keren ini, silakan download di Google Play Store atau kamu bisa langsung klik banner berikut ini.

props_internal_one]

 

Pakai kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan kejutan menarik lainnya. Cobain deh!!

 

#2 Backpackeran! Gak Usah Pake Tour Guide

Zaman sekarang, teknologi semakin canggih. Kamu gak perlu pakai tour guide untuk memandu perjalanan kamu, tinggal searching di Google tempat-tempat yang ingin kamu datangi.

Dari situlah kamu bisa langsung tahu deh spotspot terbaik dari tempat tersebut. Dan jangan lupa, kamu bisa mengabadikannya melalui ponsel atau kameramu.

Liburan Pakai Utang 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Daftar Perlengkapan Wajib Liburan Saat Traveling Ke Luar Negeri]

 

Selain itu, dengan backpackeran banyak manfaat lainnya juga loh!

Dengan backpackeran, kamu bisa ketemu orang-orang baru yang belum pernah kamu temui sebelumnya, kamu bisa mengasah kemampuan kamu dalam komunikasi, kamu bisa belajar adaptasi dengan lingkungan tempat kamu kunjungi, kamu bisa mengenal kebudayaan baru dan kamu juga bisa menambah wawasan tentang suatu tempat yang kamu kunjungi. Mengasyikan bukan?

 

#3 Pilih Tanggal Low Season

Kalau bisa, jangan pergi traveling ketika sedang musim liburan, sebisa mungkin kamu hindari dan pilihlah tanggal low season.

Ketika musim liburan tiba, harga semua tiket dan akomodasi menjadi lebih mahal daripada hari biasanya.

Selain itu, destinasi wisata pasti ramai dikunjungi dan membuatmu tidak bisa maksimal ketika berlibur. Bukannya ngurangin stres bisa-bisa malah menambah stres dan kejenuhan.

Jadi, kamu harus pintar-pintar cari tanggal ya!

 

#4 Bawa Perbekalan Dari Rumah

Selama traveling, kamu pasti membutuhkan perbekalan makan yang cukup banyak. Jika kamu pergi tidak membawa makanan dari rumah, budget traveling kamu akan semakin bertambah. Benar kan?

Daripada menambah budget makan, jika bisa bawa perbekalan dari rumah kenapa tidak? Kamu bisa membawa makanan ringan seperti roti, susu, mi instan, makanan ringan, atau abon sapi yang praktis.

Niscaya, perjalanan traveling-mu akan lebih hemat dan kamu tidak perlu pusing untuk mencari tempat makan.

Perlengkapan Liburan Musim Dingin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ikuti Panduan dan Tips Liburan Ke Bali Dengan Budget Minimalis]

 

#5 Pakai Transportasi Umum

Agar lebih hemat, kamu bisa menggunakan transportasi umum untuk pergi ke tempat yang kamu tuju. Gak perlu pakai taksi online karena itu yang akan memakan biaya cukup besar.

Gak perlu gengsi buat naik angkutan umum, bus kota atau ikut nebeng pakai kolbak. Dengan begitu, traveling-mu lebih berasa bukan?

 

#6 Beli Oleh-oleh Secukupnya

Kamu gak perlu beli banyak oleh-oleh, ingat budget-mu terbatas!

Jika banyak dari anggota keluarga atau temanmu ingin dibelikan oleh-oleh kamu bisa buka jasa titip untuk membelinya! Jujur saja pada mereka bahwa budget-mu sangat terbatas sehingga kamu hanya bisa membeli oleh-oleh secukupnya.

Oleh sebab itu, beli sajalah oleh-oleh untuk orangtua karena mereka yang tahu kamu pergi traveling.

 

#7 Cari Promo

Manfaatkan promo yang ada! Seperti promo tiket kereta, promo tiket pesawat atau promo lainnya.

Dengan menggunakan promo ini kamu bisa lebih menekan budget kamu!

Sebenarnya membeli tiket jauh-jauh hari merupakan investasi bagi kalian untuk berlibur. Hitung-hitung menabung tiap hari demi membayar uang tiket.

Dan tentunya, tidak lupa juga untuk mengikuti promo-promo yang sering diadakan di media sosial akun-akun wisata atau travel. Ini akan memberikan kamu informasi tentang promo-promo menarik.

 

#8 Ajak Teman Untuk Sharing Biaya

Siapa bilang jika ajak teman liburanmu akan semakin kacau dan tidak maksimal?

Pasalnya, dengan mengajak teman tentunya kalian akan memiliki benefit lebih. Kamu bisa patungan supaya biaya lebih hemat lagi.

Sebelum Liburan, Ketahui Dulu Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Murah Mana: Liburan Multi City, One Trip, Round Trip?]

 

#9 Menginap Di Hostel

Untuk kalian yang berkantong mahasiswa, tentunya menginap di hostel jauh lebih murah dan seru dibandingkan di hotel. Gak perlu gaya-gaya banget harus menginap di hotel, soalnya kalau kamu nginep di hotel bukannya menghemat biaya tapi malah memakan biaya besar.

Jika kamu mencari referensi hostel, kamu bisa menemukan hostel dengan biaya yang murah mulai dari Rp50.000 hingga Rp150.000.

Ada banyak hostel murah dan nyaman yang bisa kamu temui dengan mencarinya di websitewebsite tertentu.

 

#10 Gunakan Media Sosialmu Sehingga Bisa Memanfaatkan yang Ada

Jangan salah, media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram bisa kamu manfaatkan untuk hal-hal traveling seperti ini.

Coba hubungi teman-teman di sosial media dari daerah yang akan di tuju, siapa tahu kamu bisa mendapat tumpang gratis. Mungkin memang tumpangan menginap tidak bisa dengan mudah kita dapatkan.

Liburan Backpacker Gue Ke Bagan Myanmar 12 - Finansialku

[Baca Juga: Staycation Saat Liburan Digemari Oleh Milenial, Begini Konsepnya!]

 

Teman yang bisa dimintai tumpangan tentunya teman yang rutin berhubungan dengan kita, baik via chat atau sekadar memberi komentar di status atau Twitter-nya.

Terkadang ada beberapa orang yang tak pernah berkomunikasi sama sekali dengan temannya di media sosial, padahal menjalin relasi itu penting.

Oleh karena itu, jalinlah komunikasi dengan teman-teman barumu. Jangan sungkan untuk menyapa terlebih dahulu. Apabila niat kita baik, tentu orang lain juga akan bersikap baik kepada kita. Setuju?

 

Traveling Hemat dan Mengesankan

Meskipun kamu seorang mahasiswa, kamu tentu bisa mewujudkan traveling yang sangat mengesankan dengan menekan budget. Ikuti tips hemat yang telah dibahas dalam artikel diatas.

Jika kamu saat ini masih memiliki banyak waktu untuk melakukan traveling, segera rencanakan dan lakukanlah! Karena belum tentu jika kamu sudah bekerja nanti, kamu memiliki waktu yang banyak untuk pergi traveling.

Oh iya, kamu juga bisa mulai belajar mengatur keuanganmu mulai dari sekarang! Kamu bisa baca buku Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True yang langsung ditulis sendiri oleh CEO dan founder Finansialku.

Buku ini cocok banget dibaca oleh kaum milenial, termasuk kamu yang masih mahasiswa.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

Mau Buku Finansialku

 

Apakah artikel ini bermanfaat? Yuk, sudah saatnya, kamu berbagi ilmu dan pengetahuan kepada teman-teman terdekat kamu. Kamu bisa juga mengajak mereka traveling bersama-sama lho!

Tinggal klik tombol share pada artikel ini, maka kamu sudah membantu mereka yang membutuhkan informasi ini.

 

Waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Finansialku. Silakan hubungi admin Finansialku jika kamu mendapatkan kecurigaan. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ratna Widyawati. 11 Maret 2019. 9 Tips Traveling Super Hemat Khusus untuk Mahasiswa. Tribunnews.com – https://bit.ly/2njYrCd
  • Priscilla Silaen. 2015. 12 Cara Mewujudkan Impian Jalan-Jalan Buat Mahasiswa yang Uangnya Pas-Pasan. Hipwee.com – https://bit.ly/2nLuafV
  • Ashadi Natha Prasetyo. Tak Perlu Menunggu Mapan, Ini Cara Bagi Mahasiswa Biar Bisa Traveling Terus. Phinemo.com – https://bit.ly/2nj2Bdy

 

Sumber Gambar:

  • Traveling – https://bit.ly/2mnxfm1