Apakah kamu mau liburan ke Bali namun budget kamu minimalis? Yuk, simak panduan dan tips liburan ke Bali untuk mahasiswa dengan budget minimalis berikut.

Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Liburan ke Bali untuk Mahasiswa

Dari penatnya dunia perkuliahan dengan sejuta tugas yang menumpuk tidak ada salahnya jika kamu melakukan refreshing sejenak. Bali dapat kamu jadikan pilihan untuk relax dan melepas kepenatan kamu sejenak.

Bali memang merupakan salah satu tempat dengan sejuta keindahan yang menawan. Tak heran jika banyak sekali orang yang mau berkunjung ke Bali.

Tidak hanya dari turis mancanegara saja yang berkunjung ke Bali, tentunya orang Indonesia juga gemar berkunjung ke Bali.

Mahasiswa, Ikuti Panduan dan Tips Liburan Ke Bali Dengan Budget Minimalis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Monas, Berikut ini 45 Tempat Wisata di Jakarta yang Keren di Instagram]

 

Namun, seperti yang diketahui bahwa untuk pergi ke Bali dan liburan disana membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi sekarang tarifnya sudah disesuaikan dengan harga turis. Tentunya harganya akan cukup mahal dan kurang terjangkau bagi kalangan mahasiswa.

Sebagai mahasiswa, biasanya kamu masih memiliki penghasilan yang terbatas. Namun, bukan berarti kamu gak bisa liburan ke Bali ya.

Ada beberapa panduan dan tips yang bisa kamu ikuti untuk bisa liburan ke Bali namun dengan budget minimalis.

 

8 Panduan dan Tips Liburan ke Bali dengan Budget Minimalis

Bagi kamu yang mau pergi ke Bali dengan budget minimalis, kali ini rubrik Finansialku akan berbagi 8 panduan dan tips liburan ke Bali dengan budget minimalis.

 

#1 Membuat Perencanaan dengan Niat

Jika kamu memang mau berlibur ke Bali maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat perencanaan dengan niat.

Tentunya jika budget kamu memang minimalis perencanaan yang lebih awal dan matang dapat sangat membantu kamu untuk mewujudkan impian kamu berlibur ke Bali.

Apakah Bijak, Utang untuk Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Keren, Bukan Editan! Ini 10+ Tempat Wisata Unik di Dunia]

 

Buatlah rencana dari jauh-jauh hari. Cari dan pilihlah tempat apa saja yang mau kamu datangi, barang-barang apa saja yang harus dibawa, berapa uang yang dibutuhkan dan sebagainya.

 

#2 Memisahkan Dana untuk Liburan ke Bali

Setelah membuat rencana, maka selanjutnya kamu perlu take action untuk mewujudkan rencana kamu tersebut. Kamu perlu memisahkan sebagian uang jajan kamu untuk liburan ke Bali secara komitmen dan disiplin ya.

Misalnya kamu mau menabung Rp200 ribu per bulan maka kamu harus benar-benar memisahkannya ya. Agar kamu tidak lupa ataupun uangnya sudah dipakai duluan, maka sebaiknya kamu memisahkan uang tersebut setiap kali kamu mendapatkan uang bulanan.

Oh iya, sebagai tips tambahan supaya kamu tidak sengaja menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainnya, maka sebaiknya kamu memisahkan dana atau tabungan untuk liburan ke Bali dengan tabungan kebutuhan sehari-hari kamu ya.

 

#3 Berlibur Pada Low Season

Dikarenakan budget kamu yang minimalis maka jangan berlibur ke Bali pada musim liburan ya. Seperti yang kamu ketahui bahwa harga tiket serta akomodasi akan menjadi lebih mahal dari biasanya.

Selain itu, biasanya pada musim liburan berbagai tempat wisata akan dipadati oleh pengunjung.

Jadi, kalau kamu mau berlibur ke Bali usahakan untuk beli pada low season ya atau hari-hari biasa saja.

Backpacker ke Bali 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Tempat Wisata Dunia Yang Wajib Anda Kunjungi! Ada Indonesia Lho!]

 

#4 Cari Penginapan yang Murah

Dengan budget yang minimalis, maka hostel dapat kamu jadikan alternatif untuk tempat penginapan yang murah. Sekarang ini sudah banyak hostel murah yang bertebaran dimana-mana kok.

Kamu bisa browsing untuk mencari hostel yang sesuai dengan keinginan kamu. Tentunya setiap hostel memiliki fasilitas serta hiburannya masing-masing.

Oh iya, ada beberapa kawasan yang terkenal dengan kumpulan penginapan dengan harga yang cukup terjangkau lho, misalnya kawasan sekitar jalan Poppy Lane dan Jalan Legian.

Penginapan di kawasan tersebut menawarkan harga sewa kamar sekitar Rp100.000 hingga Rp350.000 saja lho, cukup terjangkau kan?

 

#5 Makan di Kedai Khusus Backpacker

Untuk urusan makan di Bali tentunya kamu harus berhati-hati ya. Ingat, bahwa budget liburan ke Bali kamu cukup minimalis. Jika kamu tidak berhati-hati memilih tempat makan, maka bisa saja dompet kamu akan terkuras hanya untuk makan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan makanan dengan harga yang terjangkau dan sesuai budget sebaiknya kamu mencari warung makan rumahan.

Biasanya warung-warung makan rumahan di sekitar pantai yang menjadi tempat mangkal para backpacker.

 

#6 Membeli Oleh-Oleh di Pasar Sukawati

Kurang afdol rasanya jika sudah berpergian ke Bali tapi tidak membeli oleh-oleh. Tenang saja, walaupun budget kamu minimalis tapi bukan berarti kamu tidak bisa membeli oleh-oleh ya.

Kamu tetap bisa membeli oleh-oleh di tempat yang menjual barang dengan harga yang lebih terjangkau salah satunya adalah pasar. Tentunya pasar akan menjual barang dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan toko modern.

Mahasiswa, Ikuti Panduan dan Tips Liburan Ke Bali Dengan Budget Minimalis 03 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah)]

 

Jangan mudah tergiur dengan toko-toko cindera mata yang berada di pinggir jalan ya karena kamu dapat membelinya di pasar dengan harga yang lebih murah tentunya.

Beberapa pasar yang bisa kamu kunjungi untuk membeli oleh-oleh adalah pasar Seni Sukawati, pasar seni Tanah Lot, serta Pasar Kumbasari.

 

#7 Tidak Menggunakan Tour Guide

Sekarang kita sudah hidup di zaman yang sudah serba mudah dengan menggunakan internet. Jadi dengan budget yang minimalis, kamu tidak perlu menyewa tour guide jika kamu berkunjung ke destinasi wisata.

Dengan melalui Google kamu sudah bisa mengetahui sejarah ataupun spot-spot menarik di tempat objek wisata yang kamu kunjungi.

Apalagi, kadang informasi menarik yang bisa kamu dapatkan dari internet bisa lebih banyak daripada informasi yang didapatkan dari tour guide.

 

#8 Membawa Perbekalan dari Rumah

Perjalanan menuju Bali mungkin tidak singkat. Jadi, kamu perlu membawa bekal untuk persiapan kamu selama perjalanan. Siapa tahu kamu tiba-tiba lapar ditengah jalan.

Daripada kamu beli, kan mahal. Jadi, kamu dapat mengurangi budget untuk membeli makanan. Kamu bisa membeli makanan perbekalan yang cukup tahan lama, seperti mie instan cup, roti, keripik kentang, dan lain sebagainya.

 

Mahasiswa Berhasil Liburan ke Bali

Setelah mengetahui berbagai panduan dan tips liburan ke Bali dengan budget minimalis, sekarang kamu sudah bisa merencanakannya untuk liburan bareng teman-teman kamu ya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan keindahan Bali yang sangat menawan.

Ingat dengan budget minimalis kamu masih tetap bisa menikmati keindahan Bali kok. Dengan komitmen dan disiplin dalam menabung maka keinginan kamu untuk berlibur akan semakin cepat terwujud deh.

Selain itu, kunci keberhasilannya adalah Make a Plan atau buat rencana keuangannya. Kamu bisa pakai aplikasi Finansialku untuk mewujudkan liburanmu ke Bali bersama orang-orang yang kamu kasihi.

Download aja aplikasinya sekarang, dijamin kamu mendapatkan rencana akurat dan cocok sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Jadi, apakah kamu sudah siap liburan ke Bali? Yuk, berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia. Kamu juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nathan Adiel. 25 Mei 2018. 10 Tips Traveling Super Hemat Buat Mahasiswa. Idntimes.com – https://bit.ly/2GBc8Ey
  • Tim Balipedia. 2019. Inilah 7 Tips Liburan Murah ke Bali ala Pemula. Balipedia.id – https://bit.ly/1WwKRE9

 

Sumber Gambar:

  • Liburan Ke Bali – https://bit.ly/2YepRaw
  • Bali – https://bit.ly/2RGQliw
  • Pasar Sukawati – https://bit.ly/2XFpit2