Mau liburan ke luar negeri, apa aja sih perlengkapan wajib liburan yang harus dibawa supaya liburanmu nyaman?

Bagi kamu para traveler, jangan sampai liburan berantakan karena kurang persiapan. Finansialku telah merangkum 10 daftar perlengkapan wajib saat liburan ke luar negeri sebagai berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mau Liburan ke Luar Negeri? Bagaimana Persiapanmu?

Liburan memang sebuah momen relaksasi dari rutinitas sehari-hari yang semakin diminati masyarakat. Buktinya kini anak muda lebih mengutamakan berlibur daripada membeli barang mewah atau elektronik.

Apakah kamu juga salah satunya? Atau mungkin bahkan kamu sedang merencanakan liburan di tahun 2019 ini?

Sebelum kita mulai ke pembahasan, pertama-tama Finansialku ingin tahu nih bagaimana sih persiapanmu jika mau liburan ke luar negeri? Bagikan jawabanmu pada kolom komentar di bawah ya!

Mungkin kamu sudah mulai merencanakan itinerary liburan, atau kamu mungkin sudah mulai mencari-cari tiket perjalanan yang murah untuk liburanmu kali ini. Mungkin ada juga yang sudah mulai packing barang-barang untuk berlibur.

Tapi tahukah kamu? Menurut Finansialku, persiapan paling penting dalam berlibur adalah dengan mempersiapkan keuangannya terlebih dahulu.

Merencanakan dana liburan memang memiliki konsep yang sama dengan merencanakan dana lainnya, namun terkadang malas gak sih berhitung dan mencari tahu berapa dana yang perlu ditabung atau diinvestasikan?

Sebelum Liburan, Ketahui Dulu Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

Terutama bagi orang awam yang tidak tahu menahu soal keuangan, menghitung kebutuhan dana liburan terasa cukup sulit dan ribet. Kalau tidak direncanakan, #Uangdarimana?

Tapi jangan khawatir! Ada Aplikasi Finansialku, aplikasi di smartphone kamu yang sangat praktis untuk merencanakan dana liburan. Aplikasi ini membantu kamu menghitung kebutuhan dana liburan dan merencanakan investasinya.

Apakah kamu sudah mengunduh aplikasinya? Jika belum, daftar sekarang juga atau langsung download di Google Play Store dan nikmati liburanmu tanpa stress!

 

 

Setelah itu, kamu bisa mengikuti panduan penggunaannya berikut ini:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada kanan bawah kemudian pilih Dana Liburan.
  3. Dana perjalanan ke: tuliskan tempat tujuan wisata kamu
  4. Isi data yang dibutuhkan, antara lain sebagai berikut:
  • Biaya Pengurusan Dokumen: paspor, visa dan dokumen lainnya.
  • Biaya Tur atau Paket Perjalanan: jika kamu pergi dengan menggunakan jasa biro wisata atau travel agent.
  • Biaya Akomodasi atau Penginapan: biaya untuk menyewa hotel atau penginapan selama di selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  • Biaya Transportasi: biaya untuk menyewa transportasi selama di selama di tempat tujuan liburan (jika ada).
  • Anggaran Konsumsi: biaya untuk membeli makanan selama di tempat tujuan liburan (jika ada).

  • Anggaran Oleh-Oleh: biaya untuk membeli oleh-oleh.
  • Asuransi Perjalanan: biaya untuk membeli asuransi perjalanan.
  • Anggaran Biaya Lain-Lain: biaya lain-lain untuk cadangan.
  • Berapa lama lagi kamu akan pergi (dalam satuan tahun).
  • Dana yang telah tersedia dalam satuan rupiah.
  • Inflasi, kenaikan biaya perjalanan dalam satuan persen per tahun.
  • Estimasi hasil investasi dalam satuan persen per tahun.
  1. Klik “hitung”
  2. Voila! Hasil perhitungan muncul dengan sangat mudah.

 

Bagaimana? Praktis sekali bukan aplikasi Finansialku ini? Yuk segera download aplikasinya sekarang juga. GRATIS kok!

Nah, setelah merencanakan keuangannya, yuk kita mulai mempersiapkan perlengkapan wajib liburanmu. Apa saja sih perlengkapan yang tidak boleh terlupakan saat traveling ke luar negeri?

Yuk cari tahu jawabannya disini:

 

10 Daftar Perlengkapan Wajib Liburan ke Luar Negeri

Satu hal yang tidak boleh diabaikan saat berlibur adalah mempersiapkan segala perlengkapannya agar tidak repot nantinya.

Bayangkan kalau kamu lupa membawa obat-obatan wajibmu atau lupa membawa jaket untuk musim dingin, Bahaya bukan?

Selain tidak mudah mencari gantinya di lokasi liburan, ini hanya akan membuang waktu liburanmu. Kamu seharusnya menikmati liburanmu di sana dan bukannya memikirkan hal-hal semacam ini.

Oleh karena itu, Finansialku mencoba menjabarkan 10 daftar perlengkapan wajib liburan saat kamu traveling ke luar negeri sebagai berikut:

 

Perlengkapan Wajib Liburan #1 Backpack atau Koper Kecil

Saat liburan ke luar negeri, hal terpenting adalah kepraktisan. Jangan sampai kamu membawa koper yang terlalu besar atau banyak barang bawaan yang akan menyusahkanmu.

Pertama-tama, bobotnya yang berat akan sangat merepotkan dan membuat kamu kelelahan.

Kedua, koper yang melebihi ukuran bagasi kabin harus masuk ke bagasi pesawat yang artinya kamu harus meluangkan waktu liburan untuk menanti keluarnya koper dari bagasi.

Apakah Ada Cara Mendapatkan Liburan Gratis ADA! Cek Info Ini! 01 Bandara - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Jadi, sangat disarankan untuk membawa barang secukupnya dengan backpack atau koper kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Selain bobotnya yang tidak berat, kamu pun bisa lebih cepat bergerak.

Keberadaan backpack atau tas kecil juga sangat membantumu dalam menyimpan dokumen dan barang berharga selama perjalanan.

Hal ini disebabkan tas semacam ini akan selalu melekat di tubuh. Berbeda dengan koper yang sewaktu-waktu lepas dari pegangan.

 

Perlengkapan Wajib Liburan #2 Paspor

Jika liburan ke luar negeri, paspor merupakan satu dokumen wajib yang tidak boleh kamu lupakan. Perlu diingat, paspor harus selalu kamu bawa kemana-mana, jangan sampai tertinggal di hotel atau di mana pun.

Satu hal lagi, sebelum berangkat jangan lupa cek terlebih dahulu masa berlakunya. Jangan sampai paspormu habis masa berlakunya dalam jangka waktu kurang dari enam bulan dari waktu perjalananmu.

 

Perlengkapan Wajib Liburan #3 Telepon Genggam dengan Roaming Internasional

Meski liburan, bukan berarti kamu putus komunikasi dengan teman dan keluarga. Dengan demikian, bawa selalu telepon genggam yang telah dilengkapi fasilitas roaming internasional.

Dewasa ini, sangat mudah memperoleh internet di luar negeri. Selain paket internet hemat dari provider, kamu juga bisa menyewa modem portable yang mudah dibawa kemana-mana. Internet yang diperoleh pun cukup stabil.

Jadi, liburan tetap menyenangkan bukan? Kamu bisa selalu update aktivitasmu dan keep in touch dengan keluarga serta teman-temanmu di Indonesia.

 

Perlengkapan Wajib Liburan #4 Charger

Kalau sudah membawa telepon genggamnya, jangan lupa untuk membawa charger untuk mengisi baterainya. Dengan demikian, telepon genggammu bisa terus aktif selama liburan.

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-5-finansialku

[Baca Juga: Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge]

 

Charger adalah salah satu hal yang paling sering terlupakan saat packing perlengkapan liburan, padahal charger adalah penyambung nyawa ponsel yang sangat penting untuk dibawa.

Saat liburan di luar negeri, akan sangat merepotkan saat kamu lupa membawa charger karena tidak mudah mencari toko aksesoris ponsel yang menyediakan charger sesuai kebutuhan ponselmu.

Jadi, yuk cek ulang apakah kamu sudah membawa charger atau belum.

 

Perlengkapan Wajib Liburan #5 Mata Uang Asing yang cukup

Sebelum berangkat, pastikan dulu mata uang yang berlaku di negara tujuan liburan kamu. Beberapa kota di dunia menggunakan mata uang tertentu namun jarang digunakan sebagai alat transaksi.

Misalnya Siam Reap, Kamboja, yang menggunakan mata uang Riel, namun untuk menggunakan dollar Amerika dalam bertransaksi.

Setelah itu, perhitungkan berapa mata uang asing yang kamu butuhkan. Dan bawalah senilai jumlah tersebut ditambah 10 hingga 20 persen sebagai dana cadangan.

Kamu tidak tahu apa yang mungkin terjadi, sehingga tak ada salahnya menyediakan sedikit dana cadangan agar kamu tidak kelimpungan menukarkan uang disana.

 

#6 Obat-obatan

Seperti telah diungkapkan di bagian awal, bahaya deh kalau kamu sampai lupa membawa obat-obatan wajibmu saat berlibur ke luar negeri.

Terutama jika kamu punya alergi, sebaiknya kamu cek ulang apakah kamu dah membawa persediaan obat-obatan tersebut belum.

Cek Dulu Beberapa Persiapan Sebelum Liburan Ke Luar Negeri 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Jika tidak punya alergi, sebaiknya sediakan obat-obatan umum seperti obat flu, pusing, maag, obat masuk angin, obat luka luar, minyak gosok, dan multivitamin.

Selain mudah lelah saat bepergian, suhu dan cuaca yang berbeda dengan Indonesia memicu badan mudah terserang penyakit, dan di negara tujuan liburanmu belum tentu memiliki persediaan obat seperti yang biasa kamu konsumsi.

 

#7 Salinan Dokumen Penting

Sebelum berangkat, tentu kamu perlu menyediakan segala dokumen yang dibutuhkan dalam perjalanan luar negeri. Sebagai contoh adalah lembar itinerary, paspor, visa, dan sebagainya.

Dalam perjalanan, semua dokumen penting ini harus kamu bawa. Setidaknya sediakan salinannya untuk selalu kamu bawa kemana-mana.

Dokumen penting ini akan sangat membantumu jika mendapat masalah seperti kecopetan. Tidak sedikit cerita mengenai paspor dan kartu identitas hilang dicopet saat liburan.

Dengan copy-an tersebut, kamu masih memiliki cadangan dokumen saat berurusan dengan pihak berwajib.

 

#8 Pakaian Lengkap

Memang betul kamu disarankan untuk tidak membawa terlalu banyak bawaan saat bepergian ke luar negeri. Namun sangat penting untuk membawa pakaian yang lengkap sesuai kebutuhan.

Jadi yang penting bukan kuantitasnya, namun kelengkapannya. Maksudnya, kamu harus menyesuaikan kebutuhan pakaian dengan lokasi liburanmu.

Perlengkapan Liburan Musim Dingin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku]

 

Misalnya saja, saat berlibur ke lokasi yang memiliki musim hujan. Sangat penting untuk membawa baju ganti dan jas hujan. Jangan lupakan juga jaket jika udaranya sangat dingin.

Sedangkan untuk jumlah pakaian yang harus dibawa, hitung dengan teliti jumlah hari liburanmu, dan sesuaikan dengan pakaian yang akan digunakan. Bila perlu, jangan membawa terlalu banyak bawahan atau celana.

Lebih baik lagi jika kamu menemukan penginapan dengan mesin cuci, sehingga kamu bisa lebih menghemat bawaanmu dan mencuci pakaian disana.

 

#9 Alas Kaki yang Nyaman

Selain pakaian yang lengkap, penting juga untuk membawa alas kaki yang tentunya nyaman untuk berjalan-jalan selama liburan. Jangan biarkan kaki yang lecet atau nyeri merusak liburanmu.

Kamu bisa menyesuaikan alas kaki dengan tujuan liburanmu, misalnya saja pilih sepatu yang nyaman jika kamu akan hiking atau berjalan jauh atau pilih sandal yang berbahan karet jika kamu akan berlibur di pantai.

 

#10 Konverter Internasional

Di banyak negara, bentuk stop kontak tidak sama dengan di Indonesia, yakni berbentuk lubang dua. Beberapa negara menggunakan stop kontak tiga atau lubang strip.

Cek Dulu Beberapa Persiapan Sebelum Liburan Ke Luar Negeri 05 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Agar gadget bisa diisi muatan listrik, ada baiknya saat liburan kamu membawa serta konverter internasional yang memiliki beragam jenis colokan. Sehingga bisa menyambungkan gadget-mu ke berbagai macam stop kontak.

 

Rencanakan Liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku

Bagaimana, jadi sudah jelas kan bahwa ada 11 perlengkapan wajib yang perlu kamu siapkan saat traveling ke luar negeri? Loh kok 11?

Betul sekali, perlengkapan ke 11 adalah keuangan yang tentunya tidak boleh kamu lupakan. Bisa stres nantinya jika pulang liburan membawa utang bukan?

Salah satu cara solutif untuk merencanakan dana liburan adalah dengan menggunakan aplikasi Finansialku dan masuk ke fitur “Dana Liburan”.

Apakah kamu sudah mengunduh aplikasinya? Jika belum, yuk daftar sekarang juga dan nikmati liburan tanpa stress!

 

Jadi, kamu tahu ‘kan sekarang perlengkapan wajib liburan apa yang harus dibawa waktu liburan ke luar negeri?

Yuk bagikan artikel bermanfaat ini pada teman-temanmu yang mungkin sedang merencanakan liburan ke luar negeri dan belum tahu perlengkapan apa yang harus mereka bawa.

Selamat liburan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 28 Desember 2011. 10 Perlengkapan Wajib Bawa Kala ke Luar Negeri. Travel.tempo.co – https://bit.ly/308VXFl

 

Sumber Gambar:

  • Travel Essential – https://bit.ly/2KCtlz4