Berlibur dapat menjadi selingan yang menghapus penat karena kesibukan sehari-hari. Salah satu tujuan wisata yang banyak diminati turis adalah Thailand yang terkenal dengan keindahan pasar malam dan berbagai kulinernya.

Bagaimana cara berlibur ke Thailand tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam? Mari kita lihat perbandingan biaya liburan yang direncanakan sendiri atau menggunakan paket liburan dari travel agent.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menikmati Liburan Tanpa Harus Boros

Tujuan dari liburan adalah melepas penat dan stress akibat pekerjaan dan kesibukan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan sampai Anda menambah stress dengan liburan yang mahal. Siapkanlah itinerary dengan matang dan buanglah biaya-biaya yang tidak perlu.

Lalu perlukah menggunakan paket liburan dari travel agent? Apakah lebih murah? Finansialku akan membandingkan biaya paket liburan yang direncanakan sendiri dan dari travel agent agar Anda dapat berlibur dengan hemat.

Wisata Thailand, Lebih Murah Mana Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent 02 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

Tempat-tempat Wisata Thailand yang Harus Dikunjungi

Salah satu tips agar Anda dapat menikmati liburan Anda dengan waktu dan biaya yang terbatas adalah dengan membuat itinerary yang matang. Pilihlah tempat wisata yang benar-benar menarik dan ingin Anda kunjungi, sehingga Anda dapat menikmatinya dengan maksimal.

Jika Anda memutuskan untuk berkunjung ke Thailand. Bangkok dan Pattaya adalah 2 kota iconic yang terkenal akan keindahannya. Beberapa tempat wisata di Bangkok dan Pattaya yang wajib Anda kunjungi adalah sebagai berikut:

 

#1 Nong Nooch Village

Nong Nooch Tropical Botanical Garden adalah sebuah kebun raya yang sangat indah. Memiliki luas mencapai 2km2, kebun ini menjadi salah satu tujuan bagi pencinta alam. Keindahan floralnya sangat luar biasa dan tentunya instagramable lho.

Wisata Thailand, Lebih Murah Mana Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku]

 

#2 MBK Shopping Mall

Buat Anda para pecinta shopping, jangan lewatkan mall yang satu ini. Mall terbesar di Thailand ini mencakup lebih dari 2.000 gerai dan sebagiannya bisa ditawar lho. Nikmati sensasi baru dalam belanja di Thailand dengan mengunjungi MBK Shopping Mall.

 

#3 Wat Arun Temple

Jika Anda belum mengunjungi Wat Arun Ratchawararam Ratchawaramahawihan atau Wat Arun Temple, artinya Anda belum mengunjungi Thailand. Kuil ini merupakan salah satu tempat wisata iconic yang merupakan kuil pemeluk agama Buddha di Bangkok yang letaknya tepat di samping Chao Phraya River, sungai utama di Thailand.

Wisata Thailand, Lebih Murah Mana Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent 04 - Finansialku

[Baca Juga: Asyiknya Liburan ke Pulau Derawan nan Menawan]

 

#4 Chatuchak Weekend Market

Tempat wisata yang menjadi ciri khas Thailand adalah pasar malamnya. Chatuchak Weekend Market adalah pasar terbesar di Thailand dengan lebih dari 8.000 penjual yang menawarkan barang antik, hewan peliharaan, hingga makanan dan minuman.

 

#5 Asiatique Night Market

Pasar kedua yang sebaiknya Anda kunjungi jika Anda mampir ke Thailand adalah Asiatique Night Market yang terletak di depan East Asiatic Company dan menghadap sungai Chao Phraya. Dibuka pada tahun 2012, mall outdoor ini langsung menjadi salah satu tempat wisata favorit para turis.

Wisata Thailand, Lebih Murah Mana Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Perbandingan Paket Wisata: Anggaran Sendiri vs Travel Agent

Membeli paket wisata dari travel agent memang praktis dan mudah, namun apakah menggunakan paket wisata dari travel agent selalu lebih mahal daripada perencanaan liburan dengan anggaran sendiri?

Finansialku akan membantu Anda membandingkan keduanya sehingga membantu Anda memilih paket wisata yang sesuai dengan budget Anda:

Kebutuhan Paket WisataAnggaran Sendiri (Rp)Travel Agent (Rp)
Tiket pesawat1.949.9003.750.000
Hotel (include breakfast)1.047.000
Guide dan Tipping0
Konsumsi*300.000
Transportasi dalam negeri*200.000
Tiket masuk tempat wisata*400.000
Total3.896.9003.750.000

 

Keterangan: Harga yang digunakan diatas berlaku untuk wisata 4 hari 3 malam ke Bangkok dan Pattaya, Thailand dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pesawat Air Asia: Jakarta – Bangkok – Jakarta
  2. Hotel bintang 3 atau setara.
  3. Harga yang tercantum berlaku untuk 1 orang.
  4. Harga yang digunakan tidak berlaku untuk high season.
  5. Harga tidak termasuk biaya passport, bagasi, dan pengeluaran pribadi.
  6. Tempat wisata yang dikunjungi: Wat Arun Temple, Golden Buddha Temple dan Chinatown, Pattaya Floating Market, Silver Lake Vineyard, Colosseum Show, Nong Nooch Village, Art in Paradise, MBK Shopping Mall.
  7. Harga travel agent oleh Gama Holiday, harga tiket pesawat oleh AirAsia.com, harga hotel oleh Agoda, seluruh estimasi harga* dapat berubah sewaktu-waktu.

Jadi, manakah paket wisata yang Anda pilih? Apakah sesuai dengan anggaran sendiri atau dengan jasa travel agent? Yang manapun yang Anda pilih, persiapkanlah liburan dari jauh-jauh hari agar dana sudah siap terkumpul sebelum waktu liburan.

Wisata Thailand, Lebih Murah Mana Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku]

 

Rencanakan Liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku

Rencanakan liburan Anda beserta seluruh biayanya dengan matang agar Anda tidak bertambah stress nantinya dengan tumpukan utang sisa liburan. Salah satu cara solutif untuk merencanakan dana liburan adalah dengan menggunakan aplikasi Finansialku.

Apakah Anda sudah mengunduh aplikasinya? Jika belum, daftar sekarang juga dan nikmati liburan Anda tanpa stress.

Anda bisa melihat panduan cara menghitung dana liburan dengan aplikasi Finansialku dengan mengklik link ini. 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda mengetahui tempat wisata menarik lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Gama Holiday. 10 Oktober 2016. Awas Kelewatan, Top 5 Tempat Wisata di Thailand Yang Wajib Dikunjungi! Gamaholiday.com – https://goo.gl/KqSbvu
  • Gama Holiday. Paket Wisata Thailand, Aesthetic Thailand. Gamaholiday.com – https://goo.gl/CorRcn

 

Sumber Gambar:

  • Grand Palace – https://goo.gl/9Fm0MO
  • City View Bangkok – https://goo.gl/uq4lQD
  • Nong Nooch Village – https://goo.gl/3UBDBj
  • Wat Arun – https://goo.gl/ZPjp33
  • Asiatique – https://goo.gl/d7qDTw
  • Patung Thailand – https://goo.gl/BCchso

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang