Liburan pastinya butuh uang dan terkadang tidak sedikit juga, namun darimana uangnya? Ada dua caranya yaitu mengajukan pinjaman kredit (alias liburan pake utang) atau merencanakan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Merencanakan Uang Liburan dengan Aplikasi Finansialku

Beberapa waktu yang lalu Desi sedang jalan-jalan ke mall dan melihat paket liburan ke Pulau Derawan. Perjalanan selama 3 hari 2 malam tersebut membutuhkan biaya sekitar Rp1.800.000 belum termasuk tiket pesawat terbang. Tiket pulang pergi di hari biasa bisa dari Jakarta menuju Berau Kalimarau mencapai Rp2.300.000-an.

Setelah itu Desi harus menggunakan travel yang memakan waktu 2,5-3,5 jam perjalanan dan biaya Rp75.000 untuk mencapai Tanjung Batu. Sesampainya di Tanjung Batu, baru menyeberang ke Pulau Derawan dengan menggunakan speed boat.

Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku 01

[Baca Juga: Inilah 10 Tempat Romantis di Indonesia]

 

Setelah sampai di Pualu Derawan, Desi akan dijemput oleh pihak travel agent. Dari penjelasan di atas, total biaya yang dibutuhkan adalah Rp1.800.000 + Rp2.300.000 + Rp75.000 + Rp75.000 = Rp4.250.000. Harga tersebut belum termasuk oleh-oleh, makan tambahan, asuransi perjalanan dan dana cadangan. Jika ditotal kira-kira Desi butuh uang sebesar Rp6.000.000.

Sekarang ini Desi bekerja di sebuah perusahaan swasta dan mendapatkan gaji sebesar Rp4.000.000. Kira-kira bagaimana strategi menabung untuk Desi?

Desi menemukan cara yang paling mudah dan solutif untuk menyiapkan dana liburannya, yaitu dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Apakah Anda sudah mendaftar Aplikasi Finansialku? Jika belum silakan daftar sekarang juga.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Langkah 1: Menghitung Berapa yang Dibutuhkan

Setelah daftar ke Aplikasi Finansialku, Desi langsung masuk dan pilih menu perencanaan keuangan.

Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku 02

 

Setelah menekan tombol hitung, didapatkan hasil sebagai berikut:

Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku 03

 

Kekurangan dana perjalanan ke Pulau Derawan sebesar Rp 6.600.000 (memperhitungkan inflasi 10% per tahun). Anda harus berinvestasi sebesar Rp 530.124 per bulan, selama 12 bulan dengan asumsi hasil investasi adalah 8% per tahun.

 

Langkah 2: Mencari Investasi yang Sesuai dengan Tujuan Keuangan

Desi kemudian mencari beberapa produk investasi yang mampu memberikan hasil investasi 8%. Salah satunya adalah reksa dana campuran. Kemudian Desi mendaftar dan melakukan investasi secara rutin.

 

Langkah 3: Dana Tercapai dan Saatnya Liburan

Tiba saatnya, dana investasi Desi sudah dapat digunakan untuk liburan ke Pulau Derawan. Akhir cerita Desi pun mencairkan investasinya dan pergi liburan ke Pulau Derawan.

 

Keuntungan Merencanakan Dana Liburan dibanding Kredit untuk Liburan

Menurut Anda mana yang lebih menguntungkan, liburan dengan kredit (alias utang) atau liburan dengan uang sendiri (harus direncanakan)? Lebih dari 90% orang lebih setuju liburan dengan uang sendiri, karena liburan adalah keinginan. Kami membuat pertanyaan singkat kebeberapa responden dan mendapat daftar apa saja keuntungan merencanakan dana liburan:

  1. Tidak khawatir, bokek atau membayar tagihan kartu kredit saat selesai liburan.
  2. Merasa lebih aman dan senang jika semuanya telah terencana.
  3. Liburan juga tenang, karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Biaya-biaya liburan juga sudah dalam anggaran (on budget).

 

Jangan lupa beritahu juga pasangan dan teman-teman perjalanan Anda, karena mereka juga harusnya mulai merencanakan keuangan sejak sekarang. Jangan ditunda nanti-nanti lagi.

 

Apakah Anda ingin mulai merencanakan dana perjalanan seperti Desi? Yuk segera daftar ke Aplikasi Finansialku.

 

Sumber Gambar:

  • Using Computer – https://goo.gl/v0A8ZE
  • Derawan Island – https://goo.gl/ZlHUDE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku