facebook_pixel

Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku

Rencanakan dana liburan ke Hong Kong Anda dengan aplikasi Finansialku.  Setiap ingin pergi berlibur pasti ada biaya yang harus disediakan. Mari gunakan aplikasi Finansialku untuk memudahkan proses persiapan dana liburan Anda.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berlibur ke Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu destinasi liburan yang sangat digemari di Asia. Selain karena menawarkan city tour yang menarik, Hong Kong juga memiliki berbagai objek wisata ternama seperti Disneyland, museum Madame Tussauds, dan wisata ternama lainnya. Jika menyukai fashion Anda juga dapat berbelanja berbagai busana dengan harga yang murah.

Hanya saja jika ingin pergi berlibur ada 2 hal terpenting yang harus Anda persiapkan yaitu waktu dan uang. Jika Anda bekerja maka penting untuk terlebih dahulu menentukan kapan tanggal yang tepat untuk pergi berlibur ke Hong Kong. Baik dengan mengambil cuti atau memanfaatkan hari libur panjang.

Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan]

 

Hal berikutnya yang harus dipersiapkan dengan matang adalah biaya. Tentunya berlibur ke luar negeri mengharuskan Anda mengeluarkan berbagai biaya yang tidak sama dengan berlibur di dalam negeri. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan biaya berlibur ke Hong Kong:

 

#1 Mencari Waktu Terbaik untuk Berlibur

Poin ini perlu dibahas lagi karena terkait dengan biaya berlibur yang akan Anda persiapkan. Jika Anda memiliki dana berlibur yang terbatas, sebaiknya cari waktu terbaik untuk berlibur agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Tetapi jika nilai waktu lebih mahal daripada nilai uang bagi Anda (karena memiliki penghasilan yang sangat besar tetapi memiliki waktu sangat terbatas) maka kapanpun Anda memiliki waktu untuk berlibur tidak akan menjadi masalah. Tetapi pastikan Anda tetap menjadi traveller yang cermat sehingga tidak membuang-buang uang untuk sesuatu yang percuma.

Kapan persisnya Anda akan pergi berlibur juga harus dipertimbangkan dengan peluang ketersediaan dana Anda. Jika di tahun ini ada banyak investasi yang harus diprioritaskan maka sebaiknya Anda menunda berlibur ke tahun-tahun berikutnya. Jangan sampai keinginan berlibur mengganggu perencanaan keuangan yang sudah dibuat untuk tujuan keuangan lain yang seharusnya diprioritaskan.

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-1-finansialku

[Baca Juga: 6 Barang yang Harus Dibawa Untuk Menghemat Biaya Liburan]

 

#2 Buat Daftar Seluruh Biaya

Setelah menentukan target keberangkatan, Anda dapat mulai membuat seluruh daftar biaya yang akan dibutuhkan ketika pergi ke Hong Kong nanti. Misalnya, mari kita simak ilustrasi dana berikut ini:

Bayu ingin pergi berlibur ke Hong Kong karena ingin mengunjungi Disneyland dan berbagai objek wisata lainnya di Hong Kong. Dia berencana ingin pergi berlibur 2 tahun dari sekarang karena masih ada beberapa hal yang harus diprioritaskan dalam 2 tahun dari sekarang. Karena tidak ingin repot, Bayu memutuskan ingin menggunakan jasa tur untuk mengatur seluruh detail mengenai perjalanannya. Berikut adalah rincian dana yang telah diperkirakan oleh Bayu:

NoKebutuhanBiaya
1Biaya Pengurusan DokumenRp0 (tidak perlu membayar visa ke Hong Kong dari Indonesia)
2Biaya Tur atau Paket PerjalananRp8.000.000 (Sudah termasuk tiket pesawat, penginapan, akomodasi, konsumsi, dan lain sebagainya).
3Biaya Akomodasi atau PenginapanRp1.000.000 (Hanya berupa tambahan karena sudah disiapkan oleh agen tur)
4Anggaran Oleh-olehRp2.000.000
5Asuransi PerjalananRp30.000
6Anggaran Biaya Lain-LainRp1.000.000

 

Biaya ini adalah biaya berlibur ke Hong Kong di tahun ini. Hanya saja Bayu berencana pergi 2 tahun dari sekarang, karena itu, dia harus mempertimbangkan inflasi. Dengan asumsi setiap tahun biaya tersebut akan meningkat sebesar 10% (asumsi angka inflasi).

Anda dapat membuat rincian biaya seperti yang dibuat oleh Bayu ketika akan mempersiapkan dana berlibur kemana pun. Dengan begitu Anda mengetahui persis berapa keseluruhan dana yang akan dibutuhkan dan dapat memperhitungkan berapa dana yang perlu dipersiapkan.

 

#3 Menghitung Dana Investasi

Pada ilustrasi di atas, Bayu sudah memiliki daftar biaya yang akan dibutuhkan untuk berlibur ke Hong Kong nanti. Selanjutnya mari kita hitung berapa dana yang harus dipersiapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa besar dana yang harus diinvestasikan dengan berbagai asumsi seperti seluruh biaya liburan, asumsi inflasi, ekspektasi return investasi, dan lain-lain. Anda cukup login di aplikasi Finansialku melalui gadget atau melalui website di aplikasi.finansialku.com. Setelah itu Anda dapat memilih menu rencana keuangan dan pilih dana berlibur.

Berapa yang Dibutuhkan untuk  Dana Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Berapa yang Dibutuhkan untuk Dana Liburan?]

 

Kembali ke ilustrasi Bayu, setelah memiliki jumlah dana yang dibutuhkan, Bayu memutuskan untuk menginvestasikan dana liburannya setiap bulan. Dia akan menggunakan reksa dana yang memberikan return sebesar 12% per tahun selama 2 tahun. Karena itu dana yang harus diinvestasikan oleh Bayu setiap bulan selama 2 tahun adalah sebesar:

4 Tipe Travelling Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling, Kamu yang Mana?]

 

Dana yang harus diinvestasikan oleh Bayu setiap bulannya adalah sebesar Rp539.653 per bulan selama 24 bulan. Dengan investasi sebesar itu dan asumsi nilai investasi tetap sebesar 12% maka dalam 2 tahun seluruh dana liburan Bayu akan terpenuhi.

 

Persiapkan Dana dari Jauh-jauh Hari

Perencanaan keuangan sangat dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan seseorang. Mulai dari untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan jangka panjang dan menjadi prioritas seperti membeli rumah, hingga tujuan keuangan jangka pendek seperti pergi berlibur. Semakin dini Anda merencanakan dana yang harus diinvestasikan maka akan semakin mudah untuk mencapainya. Sama seperti Bayu, jika Anda merencanakan dana berlibur sejak jauh-jauh hari maka dana yang perlu diinvestasikan setiap bulan tidak terasa terlalu besar. Untuk memperhitungkan kebutuhan dana tersebut gunakan aplikasi Finansialku agar Anda dapat segera mengetahui besar kebutuhan dana yang diinvestasikan.

 

Apakah Anda ingin berlibur ke Hong Kong? Persiapan apa saja yang Anda lakukan? Berikan komentar Anda pada kolom di bawah in, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Hong Kong – https://goo.gl/xY8gWy dan https://goo.gl/6NltlU

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment