Adakah barang yang bisa dibawa untuk menghemat biaya liburan? Barang-barang berikut ini dapat membantu meringankan biaya berlibur Anda. Jika akan pergi berlibur sebaiknya persiapkan barang-barang berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Berlibur?

Setiap pergi berlibur Anda pasti sibuk memilih-milih barang apa saja yang akan dibawa. Ada tipe wisatawan yang suka membawa segala hal seolah akan memindahkan seluruh isi rumahnya ke tempat liburan. Tetapi ada juga tipe wisatawan yang tidak suka membawa banyak barang dan lebih memilih membeli barang tersebut di lokasi berlibur.

Membawa barang terlalu banyak akan merepotkan Anda karena bobotnya yang berat dan volumenya yang besar. Membawa barang terlalu sedikit pun akan merepotkan dompet Anda karena semua harus serba dibeli. Sebenarnya itu hanya masalah pilihan, tetapi jika ingin barang yang dibawa efektif dan tidak menyiksa dompet sebaiknya bawalah beberapa barang ini.

 mana-lebih-untung-menyusun-liburan-sendiri-atau-pakai-travel-agent-1-finansialku

[Baca Juga : Mana Lebih Untung : Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent?]

 

Berikut adalah beberapa barang yang sebaiknya Anda bawa saat berlibur agar dapat menghemat biaya dan mempermudah perjalanan Anda :

 

#1 Obat-Obatan Pribadi

Obat-obatan pribadi adalah sebuah prioritas utama yang harus Anda bawa saat berlibur. Terutama jika Anda memiliki penyakit tertentu yang membutuhkan obat spesifik. Anda tidak selalu bisa menemukan obat yang sama di tempat berlibur nanti. Selain karena sulit jika harus mencarinya di tempat wisata, biayanya pun akan mahal.

Lebih baik Anda bawa obat yang sudah Anda miliki di rumah. Anda akan menghemat biaya karena tidak perlu membeli obat baru dan tidak repot mencarinya di lokasi berlibur nanti. Obat-obatan biasanya tidak berbobot terlalu berat serta ukurannya kecil sehingga tidak akan terlalu repot membawanya.

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-7-finansialku

[Baca Juga : Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

#2 Holding Bag & Vacuum Bag Cadangan

Membawa holding bag dan vacuum bag akan sangat berguna bagi Anda. Banyak orang yang berbelanja ketika pergi berlibur. Terkadang barang hasil belanjaan tersebut melebihi kapasitas koper Anda. Tetapi dengan alasan ‘nanti tidak bisa beli disini lagi’ maka belanja berlebihan pun tak terelakkan.

Akhirnya solusi untuk membawa barang-barang tersebut adalah dengan membeli koper baru dan membawanya saat pulang nanti. Bukankah ini pengeluaran yang sangat besar? Daripada harus membeli koper baru untuk membawa hasil belanja liburan, lebih baik Anda membawa holding bag cadangan saat berangkat.

Holding bag dapat dilipat hingga ukuran kecil sehingga tidak memakan banyak tempat. Jika Anda membutuhkan tas tambahan setelah sampai di tempat liburan, gunakan saja holding bag tersebut. Anda tidak perlu membeli koper baru yang harganya sangat mahal.

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-6-finansialku 

[Baca Juga : Tips Liburan Hemat dengan Memanfaatkan Situs Online]

 

Vacuum bag pun dapat sangat bermanfaat karena barang dapat ditekan sampai ukuran terkecilnya. Biasanya koper terasa penuh karena barang yang tidak dilipat maksimal, padahal masih banyak ruang kosong. Menggunakan vacuum bag dapat membantu memaksimalkan kapasitas tas atau koper Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu membeli koper tambahan lagi.

Anda juga bisa melakukan estimasi perhitungan biaya liburan Anda dengan lebih efisien dengan Aplikasi Finansialku. Liburan hemat, keuangan pun sehat, yuk segera hitung dana liburan Anda segera. Rencanakan dana liburan Anda.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Universal Adapter

Universal adapter sangat diperlukan apalagi jika Anda berlibur ke luar negeri. Listrik sudah menjadi salah satu sumber kehidupan bagi kebanyakan orang. Tanpa listrik Anda akan sangat kerepotan karena tidak bisa mengisi baterai gadget Anda. Karena itu selalu bawa universal adapter karena pasti akan terpakai dan ukurannya yang tidak terlalu besar.

Daripada Anda harus kerepotan mencarinya dan membayar mahal di tempat liburan nanti. Tentu Anda tidak ingin terganggu saat liburan hanya karena ingin mencari universal adapter bukan?

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-5-finansialku

[Baca Juga : Apa Saja Untung Ruginya Bawa Laptop pada Saat Liburan?]

 

#4 Perlengkapan Mencuci

Siapa yang sangka perlengkapan mencuci adalah hal yang penting? Anda mungkin tidak sadar bahwa saat pergi berlibur terkadang Anda perlu perlengkapan mencuci untuk pakaian-pakaian tertentu. Ada kalanya Anda salah perhitungan dalam membawa pakaian.

Misalnya pakaian yang dibawa tidak cukup untuk digunakan selama berlibur. Atau mungkin Anda sudah membawa jumlah yang cukup tetapi ternyata wisata di tempat liburan sangat mengotori pakaian Anda. Tentu Anda tidak mau terpaksa menggunakan pakaian yang sudah kotor berkali-kali.

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-2-finansialku

[Baca Juga :  Cara Menghitung dan Merencanakan Dana Liburan yang Perlu Dicoba]

 

Menggunakan jasa laundry pada saat berlibur bukanlah pilihan yang cermat. Selain harganya mahal, Anda juga harus menunggu lama. Ditambah lagi jika Anda berlibur ke daerah terpencil, akan sangat sulit menemukan jasa laundry.

Untuk menghindarkan Anda dari kesulitan dan harus mencari lagi perlengkapan mencuci yang baru, lebih baik Anda membawanya dari rumah. Bawa saja perlengkapan yang sederhana asal dapat membersihkan pakaian Anda sekiranya kotor nanti.

 

#5 Cemilan

Cemilan merupakan barang penting saat pergi berwisata. Tanpa terasa perjalanan yang ditempuh menuju tempat berlibur terkadang membuat Anda sedikit lapar. Paling tidak ketika harus menunggu, umumnya orang akan menginginkan cemilan. Anda mungkin tidak sadar bahwa pengeluaran untuk cemilan adalah pengeluaran yang sangat besar dan biasanya tidak terkendali.

Cemilan seharga Rp 20.000 jika dibeli satu kali mungkin tidak terasa mahal. Tetapi jika dibeli berkali-kali maka akan menjadi pemborosan juga. Ditambah lagi jika Anda membeli cemilan di airport atau tempat-tempat wisata. Harganya akan jauh lebih mahal daripada membelinya di daerah yang bukan tempat wisata.

 6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-4-finansialku

[ Baca Juga : Ternyata Lebih Enak : Ambil Cuti dan Liburan Pakai Uang Hasil Investasi]

 

Oleh karena itu sebaiknya Anda menyiapkan cemilan dari sebelum pergi berlibur. Manfaatkan kesempatan sebelum berlibur untuk membeli cemilan di tempat yang menjual cemilan dengan harga murah di kota asal Anda.

Tidak masalah jika membawa cemilan yang agak memberatkan tas, karena dalam perjalanan pun Anda pasti akan memakannya juga. Setelah semua cemilan habis tas Anda akan kosong. Ruang kosong ini nantinya dapat Anda manfaatkan untuk membawa oleh-oleh atau barang belanjaan Anda di tempat liburan. Dengan begitu penggunaan tas pun akan lebih efektif.

 

#6 Kain Pantai dan Sarung

Kain pantai adalah barang yang multifungsi dan dapat digunakan dimana saja. Misalnya jika Anda pergi berlibur ke pantai, sarung dapat digunakan sebagai alas untuk duduk. Dengan menggunakan sarung Anda tidak perlu menyewa tikar atau kursi pantai yang harga sewanya mahal.

Selain itu kain pantai juga dapat digunakan sebagai selimut tambahan tidak hanya di pantai tapi bisa dimana saja. Atau bahkan dapat digunakan sebagai pakaian darurat. Ada banyak manfaat kain pantai yang akan berguna saat Anda pergi berlibur.

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-3-finansialku

[Baca Juga : Ini Dia Untung Rugi Liburan Backpacker, yang Mungkin Anda Tidak Sadari]

 

Bawalah Barang-Barang yang Berguna

Memilih barang yang akan dibawa saat berlibur adalah hal yang tidak mudah. Pilihlah barang-barang yang berguna dan efektif untuk dibawa. Berlibur seharusnya menjadi ajang menyegarkan pikiran. Jangan sampai pikiran Anda terganggu saat berlibur hanya karena barang terlalu banyak atau sebaliknya segala barang harus dibeli. Barang yang Anda bawa seharusnya mempermudah liburan Anda, bukannya menjadi beban yang menyusahkan.

 

Barang apa yang selalu Anda bawa pada saat pergi berlibur? Silakan tinggalkan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi :

  • Paulus Risang. 12 November 2014. 15 Perlengkapan Penting yang Wajib Kamu Bawa Saat Traveling. Hipwee – https://goo.gl/z6jbBw

 

Sumber Gambar :

  • Things to Bring Travel – https://goo.gl/u7YVL2
  • Sikat WC – https://goo.gl/1mY9bM
  • Washing Powder – https://goo.gl/eyUib6
  • Traditional Sarong – https://goo.gl/5W5w9i
  • Snack – https://goo.gl/6L78SU
  • Travel Adapter – https://goo.gl/AnHmcq
  • Vacum Bag – https://goo.gl/8wTzp9
  • Medicine – https://goo.gl/ITueZE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang