Apakah Anda setuju: liburan jangan sambil bawa laptop? Sebenarnya apa saja untung ruginya bawa laptop saat liburan? Kali ini kami akan berdiskusi mengenai apa saja untung ruginya liburan sambil bawa laptop, alias bawa kerjaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Kalau Kata Will Wright, Liburan Jangan Bawa Kerjaan Donk, Masa Liburan Bawa Laptop

Orang-orang zaman sekarang adalah orang-orang yang super sibuk dan hidup bergantung pada gadget. Tak heran jika Anda melihat di tempat-tempat liburan, masih ada saja orang yang bawa laptop atau gadget untuk bekerja. Seorang pembuat game terkenal di Amerika bernama Will Wright pernah mengatakan:

 

English

On vacation, I totally unplug. I don’t bring a laptop with me.

Will Wright

 

apa-saja-untung-ruginya-bawa-laptop-pada-saat-liburan-finansialku

[Baca Juga : Gaji 4 Juta Sebulan, Apa Bisa Jalan-Jalan ke Luar Negeri?]

 

Bahasa Indonesia

Pada saat liburan, saya sepenuhnya tidak tersambung. Saya tida membawa laptop ketika liburan.

Will Wright

 

Bagaimana dengan liburan Anda, bawa laptop dan kerjaan atau meniru gaya Wright (liburan tanpa kerjaan)? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah artikel ini ya, terima kasih.

 

Sebenarnya apa saja plus minusnya bawa laptop saat berlibur? Yuk kita bahas satu persatu.

 

Keuntungan Membawa Laptop saat Berlibur

Berikut ini keuntungan membawa laptop saat berlibur:

  • Efisiensi : bagi seorang travel blogger laptop dapat digunakan untuk membuat tulisan, upload beberapa foto di media sosial dan mengirimkan email pada saat Anda di hotel atau di kereta api. Tentu saja Anda tahu kekuatan dan daya tahan sebuah smartphone bukan? Tidak semua orang dapat bekerja dengan efektif di layar kecil smartphone.
  • Jaga-Jaga Kalau Ada Kebutuhan Darurat. Beberapa jenis profesi membutuhkan siaga 24 jam, termasuk pada saat Anda berlibur. Oleh sebba itu tidak ada salahnya bawa laptop untuk totalitas pekerjaan.

mana-lebih-untung-menyusun-liburan-sendiri-atau-pakai-travel-agent-1-finansialku

[Baca Juga : Mana Lebih Untung : Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent ?]

 

  • Menyimpan Data Lebih Banyak. Liburan tentu tidak lengkap jika tanpa dokumentasi, baik video maupun gambar. Terlebih sekarang sudah banyak wisatawan yang menggunkaan drone untuk mengabadikan momen liburan. Oleh sebab itu penting memiliki storage atau tempat menyimpan data yang besar. Laptop adalah solusinya.
  • Sumber Hiburan saat Menunggu. Pada saat berlibur, bisa jadi Anda harus duduk diam di dalam pesawat lebih dari 3 jam. Daripada duduk bosan, kenapa tidak buka laptop dan menonton video atau mendengarkan lagu.

 

Kerugian Membawa Laptop saat Berlibur

Tentu saja bawa laptop saat liburan tidak selamanya enak, karena ada kerugiannya :

  • Keamanan atau Takut Hilang. Laptop adalah barang yang cukup banyak diincar oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Ketika liburan, Anda tentu saja akan mengunjungi banyak tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Anda perlu lebih barhati-hati untuk menjaga barang bawaan, terlebih laptop Anda.
  • Repot, Banyak Bawaan dan Berat. Tahukah Anda berapa berat sebuah laptop, plus baterai dan charger? Secara rata-rata berat sebuah laptop adalah 1,2 kg – 2 kg. Coba Anda bayangkan, liburan sambil membawa barang berat 2 kg. Lumayan juga kan?

ini-dia-untung-rugi-liburan-backpacker-yang-mungkin-anda-tidak-sadari-1-finansialku

[Baca Juga : Ini Dia Untung Rugi Liburan Backpacker, yang Mungkin Anda Tidak Sadari]

 

  • Kurang Fokus pada Liburan. Ketika liburan bawa laptop, seringkali malah kita menjadi tidak total. Tidak total liburan, karena cemas melihat email-email yang masuk. Padahal di sisi lain, bekerja saat liburan juga tidak efektif. Jadi kurang bermanfaat juga bekerja saat liburan.
  • Bahaya Rusak karena Hujan dan Penanganan yang Buruk. Banyak kemungkinan terjadi saat Anda berlibur, termasuk kondisi hujan, penanganan barang yang buruk (tas dibanting) dan lain sebagainya.

 

Masih Mau Bawa Kerjaan dan Bawa Laptop saat Berlibur?

Jawabannya adalah pilihan masing-masing, karena setiap orang termasuk Anda memiliki pertimbangannya masing-masing. Namun satu hal yang pasti, jangan sampai Anda lupa tujuan utama liburan Anda. Kalau niatnya liburan, ya fokuslah untuk mengistirahatkan otak dan pikiran dari kepenatan pekerjaan.

 

Bagaimana dengan liburan Anda, bawa laptop dan kerjaan atau meniru gaya Wright (liburan tanpa kerjaan)? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah artikel ini ya, terima kasih.

 

Sumber Gambar :

  • Laptop on Travelling – https://goo.gl/qQUW10

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang