Saya adalah karyawan dengan gaji 4 juta, apa bisa jalan-jalan ke luar negeri? Tergantung. Jika Anda dapat menjalankan tips-tips berikut ini dengan baik tentu saja bisa. Yuk, simak caranya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Gaji 4 Juta Sebulan Bisa kok Jalan-Jalan ke Luar Negeri

Setiap orang tentu ingin merasakan pengalaman jalan-jalan ke luar negeri. Zaman dahulu jalan-jalan ke luar negeri adalah hal yang sangat mewah dan biayanya tentu tidak murah. Sekarang sudah banyak paket-paket liburan yang menawarkan harga murah untuk jalan-jalan ke luar negeri. Walaupun begitu, tidak semua orang bisa membayar harga yang murah tersebut.

 gaji-4-juta-sebulan-apa-bisa-jalan-jalan-ke-luar-negeri-1-finansialku

[Baca Juga : Mana Lebih Untung : Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent?]

 

Berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan agar Anda cermat dalam merencanakan jalan-jalan ke luar negeri dengan gaji yang kecil :

 

#1 Tentukan Waktu dan Tujuan Liburan

Tentukan waktu dan tujuan liburanmu sejak jauh-jauh hari. Semakin dini Anda merencanakannya maka semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk mempersiapkan biayanya. Jangan lupa untuk menetapkan tujuan liburan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Berlibur ke negara-negara di Asia seperti Thailand, Kamboja dan Vietnam bisa menjadi pilihan yang tidak terlalu mahal.

Tetapi bukan tidak mungkin jika Anda berencana berlibur ke Eropa atau Amerika. Hanya saja Anda perlu waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan biayanya. Tetapi jangan menetapkan waktu yang terlalu lama sehingga Anda akhirnya melupakan rencana tersebut. Jika ingin bisa berlibur dengan biaya yang lebih mahal berarti Anda harus mengeluarkan usaha yang lebih keras untuk menabung. Ingat jangan pernah berlibur dengan utang KTA atau kartu kredit.

 Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Dalam menentukan tanggal liburan Anda perlu mempertimbangkan harga tiket pesawat. Tahukah Anda bahwa ada hari tertentu dimana harga tiket pesawat lebih murah dari hari lainnya? Umumnya tiket pesawat di akhir dan awal pekan lebih mahal daripada hari lainnya walaupun anggapan ini tidak mutlak. Untuk mendapatkan harga tiket yang optimal, sebaiknya jangan memilih hari Sabtu, Minggu, dan Senin sebagai hari keberangkatan Anda.

Idea Solusi Finansialku - Perencana Keuangan Independen FinansialkuTips : Jika Anda berencana liburan ke luar negeri dengan menggunakan jatah cuti, carilah promosi tiket pesawat atau paket liburan dan tetapkan hari promosi itu sebagai hari liburan Anda.

 

Setelah itu pastikan Anda mencari semua informasi tentang tempat tujuan tersebut serta apa yang ingin dilihat di negara itu. Ini akan menambah semangat Anda ketika menabung untuk berlibur ke luar negeri.

 

#2 Atur Keuanganmu

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Sebesar apapun gaji Anda tidak akan pernah mencukupi keinginannya. Maka dari itu Anda harus cermat dalam mengatur keuangan. Berpikirlah dua kali setiap kali Anda ingin menggunakan uang untuk membeli sesuatu yang sifatnya konsumtif. Apakah pengeluaran itu benar-benar diperlukan atau hanya hasrat ingin membeli yang sementara saja?

Jika pergi berlibur ke luar negeri adalah cita-cita Anda maka jadikan keinginan itu sebagai prioritas keuangan. Buat anggaran bulanan yang proporsional antara pengeluaran dan tabungan.

Misalnya :

Agus adalah seorang pegawai swasta dengan gaji Rp 4.000.000 per bulan. Tahun depan ia ingin pergi berlibur ke luar negeri dengan estimasi biaya Rp 5.000.000. Pengeluaran bulanan Agus adalah sebagai berikut :

  1. Biaya Kost : Rp 1.000.000
  2. Biaya Makan : Rp 1.000.000
  3. Transportasi Rp 500.000
  4. Amal : Rp    200.000

Total    Rp 2.700.000

 

Dengan pengeluaran Rp 2.700.000 berarti Agus masih memiliki kelebihan dana Rp 1.300.000 yang biasanya digunakan untuk kebutuhan lain-lain seperti hiburan, belanja pakaian, sepatu, dll.

 besarnya-kerugian-jika-anda-para-karyawan-tidak-mulai-berinvestasi-1-finansialku

[Baca Juga : Jangan Pernah MENYISIHKAN Penghasilan untuk Ditabung dan Diinvestasikan]

 

Jika Agus tidak mengatur dana Rp 1.300.000 tersebut tanpa terasa uang itu akan hilang tanpa jejak. Maka dari itu sebaiknya uang tersebut ditabung atau diinvestasikan, kemudian sisanya digunakan sebagai tabungan untuk berlibur ke luar negeri. Jika Agus bisa menabung Rp 500.000 saja per bulan maka tahun depan ia sudah memiliki dana sebesar Rp 6.000.000 untuk berlibur ke luar negeri.

 

#3 Beli Tiket Pesawat dengan Harga Optimal

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang optimal, Anda harus rajin membandingkan harga. Harga tiket pesawat sangat beragam dan fluktuatif. Jangan membandingkan harga tiket pesawat dalam kurun waktu satu hari saja. Cobalah membandingkan harga tiket pesawat secara berkala, siapa tahu keesokan harinya harga tiket yang sama bisa turun. Jika setelah membandingkan dalam beberapa hari harga tiket tidak berubah lagi maka Anda bisa membeli tiket tersebut.

5 Tips Menabung untuk Liburan Tahunan (Best Practice) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 5 Tips Menabung untuk Liburan Tahunan]

 

Pastikan Anda membeli tiket pesawat sejak jauh hari sebelum hari keberangkatan biasanya lebih murah daripada membeli mendadak. 3 bulan sebelum keberangkatan mungkin Anda belum memiliki 100% dana berlibur yang sudah Anda rencanakan. Tetapi sebagian dana pasti sudah cukup untuk membeli tiket pesawat. Prioritaskan membeli tiket pesawat secepatnya ketika Anda sudah memiliki sebagian dana liburan. Hal ini sangat membantu untuk mendapatkan harga terbaik.

 

#4 Reservasi Penginapan Jauh-Jauh Hari

Sama halnya dengan tiket pesawat, carilah harga penginapan yang paling optimal. Biasanya semakin cepat Anda melakukan reservasi penginapan harganya akan lebih murah dibandingkan dengan reservasi yang tiba-tiba. Lakukan perbandingan harga yang sama seperti saat mencari tiket pesawat. Jangan lupa juga untuk mencari penginapan yang sama dari beberapa situs online. Biasanya setiap situs mempunyai penawaran yang berbeda-beda. Jangan malas untuk mencari karena perbedaan harganya bisa saja signifikan.

beli-asuransi-perjalanan-untuk-proteksi-jika-sakit-saat-liburan-ke-luar-negeri-2-finansialku

[Baca Juga : Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

Jika budget Anda terbatas, jangan mencari penginapan yang mewah. Kecuali jika ada promosi tertentu yang bisa Anda dapatkan sehingga harga penginapan tersebut jauh lebih rendah dari harga normalnya.

 

Semua Bisa Berlibur ke Luar Negeri

Sekarang berlibur ke luar negeri bukan lagi hal yang mustahil bagi Anda yang tidak memiliki penghasilan tinggi. Pada dasarnya semuanya bisa dicapai jika Anda mencukupkan dana yang dimiliki. Kontrol keuangan Anda agar keinginan berlibur ke luar negeri dapat dipenuhi. Lakukan langkah-langkah optimal dalam merencanakan liburan ke luar negeri agar biaya yang dikeluarkan tidak terasa memberatkan.

 

Apakah Anda, saat ini sedang merencanakan liburan akhir tahun? Ceritakan rencana liburan akhir tahun Anda. Jika ada kesulitan dalam merencanakan dana liburan silakan tinggalkan pertanyaan di bawah ini, karena perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya. 

 

Sumber Gambar

  • Thailand – https://goo.gl/egajsz dan https://goo.gl/kQBcQt

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang