Bagaimana cara menabung yang pas, agar dapat mencukupi uang untuk liburan? Salah satu rekan Finansialku, kali ini akan membahas mengenai 5 tips menabung untuk liburan tahunan.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Halomoney Indonesia Logo

 

5 Tips Menabung Uang Liburan Tahunan

Apakah teman-teman sudah memiliki rencana mau berlibur kemana di tahun ini? Jika belum, ga ada salahnya mulai dari sekarang teman-teman cari destinasi wisata yang keren. Nah setelah itu saatnya mulai menabung. Jangan sampai utang untuk liburan ya! 

 

5 Tips Menabung untuk Liburan Tahunan (Best Practice) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Liburan Itu Kebutuhan atau Keinginan?]

 

Nah langsung saja berikut ini 5 tips menabung untuk mempersiapkan dana liburan Anda:

 

Merubah Gaya Hidup Konsumtif menjadi Gaya Hidup Produktif

Hayo ngaku, apakah Anda saat ini masih memiliki banyak pengeluaran-pengeluaran konsumtif? Nah kalau memang masih memiliki banyak pengeluaran konsumtif, ya mulailah dikurangi. Misal kurangi pengeluaran untuk ngopi, kemudian uangnya diinvestasikan. Kira-kira apa yang terjadi kalau uang untuk ngopi-ngopi kita investasikan?

 

Kerja Sampingan

Banyak sekali yang dapat kita lakukan untuk menambah penghasilan. Untuk teman-teman yang masih kuliah atau ibu rumah tangga, sekarang ini sudah ada yang namanya BukaLapak.com atau Tokopedia.com. Anda dapat mulai berjualan dari toko-toko online tersebut. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat toko online. Selain itu teman-teman juga dapat memanfaatkan kendaraan yang nganggur untuk dijadikan bisnis, seperti GoJek, Grab dan Uber.

[Baca juga: 5 Kunci Sukses Untuk Kembangkan Bisnis Kamu!]

 

Menabung dan Berinvestasi

Setelah Anda mengetahui berapa biaya perjalanan Anda, sekarang saatnya Anda mulai menabung dan berinvestasi. Jika Anda berencana melakukan perjalanan di tahun ini juga, sebaiknya investasikan di produk-produk keuangan yang konservatif. Contoh Anda dapat berinvestasi di reksa dana pasar uang, memanfaatkan deposito atau mengoleksi dollar (jika Anda bepergian ke luar negeri).

 

Jual Barang Bekas yang Kamu Miliki

Salah satu solusi yang pas untuk teman-teman adalah cuci gudang. Anda dapat mulai menjual barang-barang bekas yang sudah tidak lagi terpakai. Daripada numpuk, mendingan Anda foto, kemudian jual di internet. Anda dapat menggunakan website-website seperti OLX untuk menjual barang-barang bekas Anda.

 

Berburu Liburan Hemat

Sekarang ini informasi mengenai perjalanan dapat Anda akses melalui website. Anda cukup mencari destinasi wisata di Google, kemudian akan ada banyak pilihan penawaran dari biro wisata  (agen perjalanan). Lakukan perbandingan harga dan paket wisata. Ingat sama-sama ke Bangkok, bisa saja harga agen wisata yang satu bisa lebih murah jauh. Nah Anda perlu mencermati isi paket penawaran, apakah sudah termasuk hotel, akomodasi dan makanan (sarapan, makan siang, makan malam). 

 

 

Berapa sih kira-kira budget atau anggaran untuk liburan bersama pasangan atau bersama keluarga?

  

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)