Ternyata simpanan deposito berjangka bisa memberikan banyak keuntungan untuk kamu.

Tidak ada salahnya loh sekarang kamu mencoba investasi melalui deposito. Artikel Finansialku kali ini akan membahas manfaat deposito.

Yuk Simak!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Simpanan Deposito Berjangka

Dalam merencanakan keuangan, setiap orang tentunya memiliki caranya masing-masing. Ada yang menabung rutin di bank dan ada juga yang di investasikan.

Bicara tentang investasi, kadang sulit sekali menentukan jenis investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu saat ini. Banyaknya instrumen investasi dapat membuat kamu bingung dan akhirnya asal pilih investasi.

Dalam merencanakan kondisi finansial kamu untuk jangka panjang, salah satu investasi yang bisa kamu pilih  adalah deposito berjangka.

Deposito berjangka adalah bentuk simpanan dana yang bisa kamu tarik kembali hanya pada waktu tertentu, sesuai dengan kesepakatan nasabah dengan bank terkait.

Biasanya deposito berjangka memiliki jangka waktu 1,2,3,6,12,18 atau 24 bulan. 

5+ Manfaat Simpanan Deposito Bejangka yang Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: FAQ Deposito]

 

Untuk memudahkan kamu dalam bertransaksi deposito berjangka, kini bank menawarkan 2 pilihan yaitu Automatic Roll Over , di mana bank akan otomatis memperpanjang deposito berjangka ketika sudah jatuh tempo.

Non Automatic Roll Over berarti deposito berjangka  tidak akan diperpanjang secara otomatis oleh pihak bank.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

Manfaat Simpanan Deposito Berjangka

Agar kamu tidak salah langkah sebelum memilih deposito, berikut ini manfaat dari simpanan deposito berjangka.

 

#1 Investasi Yang Aman

Kamu tentu tidak ingin uang kamu berada di tangan yang salah kan? Inilah manfaat utama jika kamu berinvestasi melalui deposito berjangka.

Risiko mungkin terjadi apabila ada masalah politik negara atau negara dalam krisis ekonomi yang parah. Nilai deposito juga sedikit sekali terpengaruh dengan kondisi naik turunnya kondisi pasar modal dan pasar uang.

 

#2 Manfaat Suku Bunga

Deposito memiliki suku bunga yang kompetitif dibandingkan dengan produk tabungan. Deposito dapat memberikan 3 kali lipat suku bunga dibandingkan dengan tabungan.

Kamu dapat memanfaatkan bunga tersebut untuk menambahkan dana tabungan, atau kamu bisa menggunakannya untuk keperluan lainnya.

Maka dari itu, banyak nasabah yang memilih berinvestasi melalui deposito berjangka, karena tingkat risiko yang rendah dan suku bunga yang tinggi.

 

Sebelum lanjut ke manfaat simpanan deposito lainnya, simak dulu video dari Finansialku untuk kamu yang mau memulai simpanan deposito.

 

#3 Deposito Berjangka Dijamin Keamanannya

Poin ini sangat penting bagi kamu yang mau berinvestasi melalui deposito berjangka. Untuk memberikan rasa aman pada nasabah bank, maka uang yang kamu simpan dalam bentuk deposito dijamin oleh negara.

5+ Manfaat Simpanan Deposito Bejangka yang Menguntungkan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menambah Saldo Deposito yang Jarang Diketahui Orang]

 

Pemerintah, melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin dana deposito nasabah sebanyak Rp 2 miliar dengan tingkat suku bunga tertinggi. Untuk investor pemula, deposito berjangka ini bisa jadi pilihan.

 

#4 Investasi Lebih Mudah

Bagi kamu yang dana mata uang asing, tenang saja kamu tidak perlu khawatir untuk memulai investasi. Beberapa bank memiliki fasilitas investasi deposito berjangka untuk mata uang Dollar, Pound Sterling, Euro dan beberapa mata uang asing lainnya.

 

#5 Kemudahan dalam Mengakses Bunga

Dalam berinvestasi deposito berjangka, memang kamu tidak memiliki kebebasan untuk mengakses dana yang telah tersimpan.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena beberapa bank memberikan kesempatan kepada nasabah untuk dapat mengambil sejumlah bunga yang nantinya akan ditransferkan pada rekening yang telah disepakati.

Oleh karena itu, nasabah seperti kamu tetap dapat menikmati sejumlah uang sesuai dengan ketetapan waktu yang telah ditentukan oleh pihak bank.

 

#6 Administrasi yang Mudah

Hal yang membuat orang-orang merasa malas dalam berinvestasi deposito jangka panjang adalah rumitnya urusan administrasi.

Untuk memulai berinvestasi, kamu harus datang langsung ke bank yang kamu inginkan dan mengurus administrasinya secara offline.

Tentu saja proses ini banyak memakan waktu. Tapi di era digital seperti saat ini kamu tidak perlu khawatir, karena beberapa bank di Indonesia kini sudah mempermudah urusan administrasinya. Sekarang  kamu bisa memanfaatkan deposito online.

 

Mau Mulai Simpanan Deposito Sekarang?

Banyak bukan manfaat yang kamu dapatkan jika kamu berinvestasi di deposito berjangka? Jadikan deposito berjangka ini sebagai salah satu alternatif kamu dalam berinvestasi.

Maka dari itu, ayo mulai investasikan uang kamu untuk masa depan yang lebih baik lagi, karena semua dimulai dari diri kamu sendiri.

 

Sudah liat video di atas kan?  Untuk menggunakan kalkulator investasi deposito tersebut, ada baiknya kamu mengunduh aplikasi Finansialku. Klik di sini ya!

playstore icon
appstore icon

 

Jangan sungkan untuk tanyakan Certified Finansial Planner dari Finansialku untuk memberikan solusi bagi keuangan kamu.

Kirim komentar kamu di bawah ini ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Mei 2019. Manfaat Penting dari Simpanan Deposito Berjangka. Maybank.co.id – https://bit.ly/2RMHaOy

 

Sumber Gambar:

  • Deposito 01 – https://bit.ly/2yoneL6
  • Deposito 02 – https://bit.ly/2VkADgg
  • Deposito 03 – https://bit.ly/2ymTaQb