Apakah Anda pernah merencanakan liburan dengan menggunakan situs online? Kali ini Finansialku akan membahas tips liburan hemat dengan memanfaatkan situs Online. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tips Liburan Hemat dengan Memanfaatkan Situs Online

Berlibur dan rehat sejenak dari rutinitas, hal ini pasti akan menjadi sebuah momen yang selalu ditunggu oleh setiap orang. Beragam kesibukan seringkali membuat kita jenuh dan lelah, sehingga berlibur sejenak akan menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan juga semangat kerja yang mungkin saja sempat mengendor. Anda sudah siap untuk menikmati liburan yang menyenangkan di akhir tahun ini?

tips-liburan-hemat-dengan-memanfaatkan-situs-online-2-finansialku

[Baca Juga : Gaji 4 Juta Sebulan, Apa Bisa Jalan-Jalan ke Luar Negeri?]

 

Berlibur tentu akan membutuhkan sejumlah biaya, besarnya tergantung pada tujuan serta durasi Anda untuk menjalani masa liburan yang ada. Bukan hanya itu saja, cara Anda berlibur juga akan mempengaruhi jumlah biaya yang akan Anda keluarkan nantinya. Ketika berlibur dengan cara backpacker yang sederhana dan mengandalkan berbagai model transportasi umum di tempat liburan, Anda tentu akan menghabiskan sejumlah biaya yang jauh lebih kecil, jika dibandingkan dengan ketika Anda berlibur dengan menggunakan berbagai fasilitas lengkap dengan akomodasi yang terbilang mewah. Hal-hal seperti inilah yang patut Anda pahami sejak awal, agar biaya liburan tidak membengkak dan membuat Anda mengalami masalah keuangan setelah kembali dari liburan.

 

Rencanakan dengan Matang Sejak Awal

Apa pun dan bagaimana pun cara Anda menikmati liburan, sangat penting bagi Anda untuk menyusun rencana yang matang sejak awal. Hal ini bukan hanya terkait dengan pengelolaan dana saja, namun juga akan menyangkut kenyamanan serta keamanan Anda selama menjalani masa liburan. Jangan sungkan untuk mencari informasi paling akurat mengenai liburan, salah satunya dengan mendapatkan berbagai informasi secara online.

Membenahi Keuangan Pasca Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga :4 Cara Membenahi Keuangan Anda Pasca Liburan]

 

Saat ini, ada banyak sekali situs online / travel agent yang menawarkan berbagai paket liburan dengan destinasi yang menarik, sehingga Anda bisa mengatur dan merencanakan liburan Anda dengan lebih mudah bersama mereka. Hal ini tentu bukan hanya masalah mengatur saja, namun Anda juga perlu mendapatkan sebuah penawaran terbaik dan menguntungkan bagi Anda. Anda tentu akan lebih senang ketika mendapatkan paket liburan terbaik dengan harga yang paling hemat, bukan?

Meski tidak mudah, namun Anda bisa saja menemukan paket liburan yang Anda inginkan tersebut secara online, sehingga perjalanan liburan Anda akan jauh lebih menyenangkan, baik untuk diri Anda dan juga untuk kantong Anda sekaligus.

 

Simak beberapa tips di bawah ini, yang patut Anda cermati ketika mencari paket liburan secara online:

#1 Berburu Promo Makin Mudah

Namanya juga promo, tentunya travel agent akan mengadakannya hanya dalam jumlah yang terbatas saja, jadi Anda akan berebutan dengan orang-orang lainnya untuk bisa mendapatkan promo terbatas ini. Artinya, Anda harus jeli dan bisa melihat kapan saja jadwal situs-situs perjalanan akan menebar promo dan penawaran menarik lainnya di dalam layanan mereka.

mana-lebih-untung-menyusun-liburan-sendiri-atau-pakai-travel-agent-1-finansialku

[Baca juga : Mana Lebih Untung : Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent ?]

 

Cari tahu kapan saja jadwal promo yang biasa dilakukan oleh situs online, sehingga Anda lebih mudah untuk meluangkan waktu Anda untuk mengikutinya. Informasi ini biasanya akan diberitahukan secara online melalui sosial media mereka, subscribe email atau bahkan melalui iklan di televisi. Jadi Anda bisa mencatat jadwalnya pada smartphone , agar lebih mudah untuk mengingatnya. Jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi, sehingga Anda bisa ikut serta dalam perburuan tiket promo ini dengan tepat waktu tanpa kehabisan penawaran.

 

#2 Jangan Malas Lakukan Perbandingan

Siapa bilang semua kamar akan dijual dengan harga yang sama secara online? Hal seperti ini tidak ada jaminannya, sebab bisa saja kamar yang sama dihargai berbeda pada situs travel online yang berbeda. Untuk itu, jangan pernah terburu-buru dan langsung booking kamar tanpa melakukan pengecekan di situs sebelah. Selalu lakukan perbandingan, sehingga Anda bisa mandapatkan harga terbaik untuk semua kebutuhan liburan Anda, baik itu tiket ataupun kamar hotel yang akan Anda gunakan nanti.

 

#3 Gunakan Asuransi Perjalanan

Jangan lupa untuk selalu menggunakan asuransi perjalanan di setiap liburan Anda, sebab risiko selalu ada dan kita tidak pernah bisa menebaknya. Bukan hanya ketika kecelakaan saja, namun asuransi ini juga akan menjamin kenyamanan selama penerbangan, menunggu penerbangan, atau bahkan untuk keamanan berbagai barang-barang Anda selama di perjalanan nanti. Pastikan Anda mengetahui semua aturan dan juga ketentuan mengenai polis asuransi yang Anda beli, sehingga Anda paham dan bisa mendapatkan manfaat maksimal atas pembelian tersebut.

cara-hemat-untuk-liburan-natal-dan-tahun-baru-finansialku

[Baca juga : Cara Hemat Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru yang Perlu Anda Coba]

 

#4 Cermati Kebijakan yang Diterapkan (* Syarat dan Ketentuan Berlaku)

Saat membeli tiket pesawat ataupun paket perjalanan, seringkali orang merasa tertipu di belakang, karena ada syarat dan ketentuan berlaku yang terlewat. Umumnya pembeli masih diwajibkan untuk membayar sejumlah tambahan biaya lainnya yang sebelumnya tidak diberitahukan pada saat pembelian awal (seperti pajak, surcharge fee dan lain sebagainya). Jangan sampai Anda mengelami masalah seperti ini, sebab hal ini akan membuat Anda rugi atau bahkan merasa tidak nyaman lagi untuk berlibur.

Selalu cermati semua informasi secara detail ketika Anda membeli tiket atau paket perjalanan Anda. Hal ini sangat penting dan bahkan bersifat wajib, agar Anda tidak sampai dirugikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dan hanya mengejar keuntungan semata.

 

#5 Beli di Waktu yang Tepat

Selasa dan rabu adalah hari yang memberi penawaran paling baik untuk harga tiket, jadi tidak ada salahnya Anda memanfaatkan kedua hari ini untuk mendapatkan penawaran tiket terbaik untuk perjalanan Anda. Selain itu, hindari juga untuk membeli tiket atau paket liburan terlalu awal, sebab ini bisa saja menimbulkan kerugian bagi Anda.

Traveller Harus Tahu Kartu Kredit yang Cocok untuk Traveling - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Traveller Harus Tahu Kartu Kredit Bonus Airmiles untuk Traveling]

 

Waktu yang tepat untuk membeli tiket perjalanan adalah sekitar 40 sampai 50 hari sebelum keberangkatan, sekalipun Anda membelinya dalam masa promo. Membelinya terlalu awal, mungkin akan merugikan Anda, sebab bisa saja ada promo menarik lainnya yang akan dilakukan oleh situs travel online tersebut di masa sebelum keberangkatan Anda yang masih lama.

 

Jangan Lupa Situs Online Sangat Merencanakan Liburan

Kemajuan teknologi dibidang travelling sangat membantu calon wisatawan. Kita dapat mulai berburu promo pesawat terbang, promo hotel bahkan promo paket wisata. Usaha yang kita perlu lakukan semudah like Facebook jasa travel agen dan website online booking (seperti Traveloka, Pegi-Pegi, Tiket.com dan lain sebagainya). Jadi kalau ada yang simpel dan lebih murah, kenapa harus repot dan mahal?

 

Menurut Anda apakah lebih menguntungkan menyiapkan liburan dengan booking online? Silakan berikan opini Anda dengan memberikan komentar pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Online Booking. https://goo.gl/rlmPWm dan https://goo.gl/ZYjJPZ

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang