Apakah Anda seorang traveller? Sudahkah Anda mengetahui kartu kredit yang mendukung hobi traveling Anda? Kali ini Finansialku akan membahas  kartu kredit yang bertemakan tentang traveling.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Traveller Sejati yang Sering Travelling dengan Pesawat Terbang, Pastinya Tahu “Airmiles” Bukan?

Seseorang yang sering bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, pastinya kenal dengan istilah airmiles dan program frequent flyer. Program tersebut pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada awal tahun 1980-an. Program frequent flyer menawarkan diskon kepada para traveller yang sering traveling dengan pesawat terbang. Besarnya diskon disesuaikan juga dengan poin airmiles yang telah terkumpul.

Traveller Harus Tahu Kartu Kredit yang Cocok untuk Traveling - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Lihat Infografis : Kartu Kredit U untuk Untung bukan Utang

 

Poin air miles yang telah terkumpul dapat ditukar dengan diskon tiket pesawat terbang, dan juga penawaran khusus lainnya seperti akomodasi, upgrade tempat duduk ke kelas utama, paket wisata, jasa penyewaan mobil, dan banyak lagi.

Youtube Courtesy. TheRichest. The Most Luxurious First Class Airlines

 

Dahulu setiap maskapai pasti memiliki program frequent flyer sendiri. Hal ini sangat menyusahkan untuk kita sebagai traveller. Sekarang maskapai bekerja sama dengan perbankan dan menawarkan program frequent flyer dan airmiles dengan menggunakan kartu kredit. Keuntungan-keuntungan yang ditawarkan kartu kredit untuk traveller:

  1. Bonus pendaftaran dalam bentuk poin air miles (biasanya ada syarat dan ketentuan pembelanjaan minimum dalam 2 bulan pertama).
  2. Mendapatkan poin air miles setiap pembelanjaan domestik dan luar negeri dengan menggunakan kartu kredit.
  3. Fasilitas premium lounge di bandara.
  4. Beberapa kartu kredit menawarkan diskon untuk menginap di hotel-hotel berbintang.
  5. Beberapa kartu kredit menawarkan asuransi pembelian dengan pertanggungan mencapai Rp 30 juta.
  6. Beberapa kartu kredit menawarkan gratis iuran tahunan, dengan syarat dan ketentuan. Biasanya syarat yang dikenakan adalah pembelanjaan minimum (minimum spending).

 

[Baca Juga: Apakah Benar, Liburan dengan Utang?]

 

Selain keuntungan – keuntungan di atas, kebanyakan kartu kredit cobranding juga menawarkan promo-promo umum. Walaupun banyak keuntungan yang didapat dengan kartu kredit traveling, kami sebagai perencana keuangan tetap menyarankan agar Anda bijak dalam memanfaatkan kartu kredit. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan :

  1. Kartu kredit tidak untuk berutang, tetapi salah satu cara untuk mempermudah pembayaran. Jangan pernah utang kartu kredit untuk liburan dan travelling.
  2. Hati-hati saat berbelanja dan tarik uang tunai di negara tujuan.Perhatikan kurs dan biaya-biaya tambahan. Tanyakan kepada bank penerbit, kurs yang berlaku pada kartu kredit.
  3. Bayar penuh tagihan kartu kredit. Jangan bayar minimum kredit.
  4. Bayar kartu kredit tepat waktu.
  5. Manfaatkan airmiles untuk mendapatkan potongan harga untuk membeli tiket pesawat.

 

Semoga Anda dapat memaksimalkan kartu kredit untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Selamat melakukan perjalanan.

 

Apakah Anda sudah pernah menggunakan airmiles dan promo kartu kredit travelling lainnya ?

 

Sumber Gambar:

  • Travelling – http://goo.gl/N0DzQq

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang