Liburan adalah masa yang sangat menyenangkan, selain keluar dari rutinitas kita juga bisa mendapatkan banyak pengalaman baru. Tidak sedikit orang yang mengalami masalah keuangan setelah selesai liburan. Berikut ini 4 cara membenahi keuangan pasca liburan.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

4 Cara Membenahi Keuangan Pasca Liburan

Pada saat-saat liburan, ternyata banyak orang yang lupa kontrol. Lupa mengontrol makanan, jam tidur dan juga pengeluaran. Akhirnya setelah selesai liburan, kantong menipis dan saldo di ATM menciut. Sekarang saatnya Anda mulai membenahi keuangan, pasca liburan.

Membenahi Keuangan Pasca Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengelola Keuangan Setelah Selesai Liburan]

 

Pengeluaran yang membengkak selama liburan, biasanya disebabkan karena persiapan yang kurang matang dan tidak mempersiapkan anggaran liburan dengan baik. Terlebih jika Anda belanja dengan uang non tunai (misal kartu debit dan kartu kredit).

 

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, mengatakan membenahi keuangan setelah musim liburan merupakan prioritas utama yang harus dilakukan selain mengembalikan semangat bekerja dan beraktivitas kembali.

Saatnya Kembali Bekerja 10 Cara Tingkatkan Semangat Kerja - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

[Baca Juga: 10 Cara Mengembalikan Semangat Kerja, Pasca Liburan]

 

“Jangan sampai kebiasaan berbelanja boros dan menggunakan uang secara konsumif selama liburan, kebawa sampai setelah liburan berakhir. Hal ini dikarenakan membawa dampak buruk terhadap kondisi finansial kita dalam jangka panjang.” Kata Jay

 

Berikut ini 4 cara untuk membenahi keuangan pasca liburan yang dapat Anda lakukan:

 

#1 Buat Daftar Perkiraan Pengeluaran (Anggaran)

Anda dapat mulai membenahi keuangan pasca liburan, dengan mengecek kembali bon-bon, serta tagihan kartu kredit Anda selama liburan. Cek kembali apakah pengeluaran Anda masih dalam anggaran yang Anda buat (on budget) atau sudah kelebihan (over budget). Perbaiki kembali anggaran yang sudah Anda buat sebelumnya, sesuaikan dengan kondisi keuangan setelah liburan kemarin.

 

#2 Buat Catatan Pengeluaran Harian

Jangan lupa dan jangan malas untuk mencatat pengeluaran-pengeluaran harian. Tahukah Anda mencatat pengeluaran harian, membawa banyak dampak positif. Salah satunya adalah Anda akan selalu tahu kondisi keuangan Anda. Jika Anda mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini, Anda dapat menentukan apakah perlu berhemat atau masih dapat membelanjakan uang Anda.

[Baca Juga: 4,5 Keuntungan Mencatat Keuangan Pengeluaran Harian]

 

#3 Penuhi Ketersediaan Dana Darurat (Emergency Fund)

Pada saat liburan kemarin, apakah Anda juga menggunakan dana darurat (emergency fund) Anda? Jika ya, berarti jumlah dana darurat Anda akan berkurang. Saatnya Anda menambah kembali dana darurat Anda sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

 

#4 Tambah Pengeluaran Produktif, Kurangi Pengeluaran Konsumtif

Cara terakhir membenahi keuangan pasca liburan adalah dengan memulai kebiasaan baru yang lebih positif. Silahkan habiskan uang Anda untuk pengeluaran-pengeluaran produktif (membeli investasi dan aset yang produktif). Selain itu usahakan untuk mengurangi atau menghemat pengeluaran-pengeluaran konsumtif.

 

Keuangan Sehat, Hidup Lebih Sejahtera dan Bahagia

Jika kondisi keuangan Anda sehat, maka Anda dapat hidup lebih sejahtera dan bahagia. Anda dapat memberikan waktu lebih banyak kepada keluarga, memberikan lebih banyak kebahagiaan dan hidup Anda akan lebih berkualitas.

 

Sudahkah Anda membenahi keuangan pasca liburan? Tuliskan juga pengalaman Anda membelanjakan uang pada saat liburan kemarin. Silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom berikut ini.

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang