Apakah Anda stres karena sibuk bekerja dan ingin liburan? Berikut ini kiat-kiatnya agar Anda tetap dapat menikmati liburan. Mari baca artikel yang akan dipaparkan oleh Finansialku.com.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Workaholic

Workaholic, pernahkah Anda mendengar kata tersebut? Kata tersebut diberikan kepada orang-orang yang gila kerja karena kesibukan setiap hari yang tidak berhenti bahkan waktu yang seharusnya untuk beristirahat tetap diisi untuk bekerja. Dari pagi hingga jauh malam, seringkali bergadang, telepon genggam yang tak pernah lepas dari tangan dan berdering, entah dari boss atau customer, demikianlah seorang yang mendapat predikat workaholic.

Tidak tahukah Anda bahwa banyak bekerja melelahkan badan. Disela pekerjaan yang memang harus diselesaikan, istirahat pun diperlukan. Kesibukan kerja seringkali dapat membuat stress dan susah untuk mendapatkan liburan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan ditengah kesibukan kerja Anda, namun tetap dapat menikmati keseharian Anda dan tetap enjoy.

Ingin Liburan ke Luar Negeri Setiap Tahun Begini Caranya! 1- Finansialku

[Baca Juga: Ingin Liburan ke Luar Negeri Setiap Tahun? Begini Caranya!]

 

#1 Dengarkan Musik

Mendengarkan musik kesukaan Anda dapat memberi hiburan tersendiri bagi Anda untuk dapat tetap beraktivitas dan melakukan pekerjaan Anda dengan enjoy. Setidaknya beberapa musik klasik dan instrumental musik dapat memberi relaksasi tersendiri bagi Anda.

 

#2 Mengobrol dengan Teman Sekerja

Gunakan waktu singkat untuk mengobrol dengan teman sekerja, saat break time atau istirahat dapat Anda gunakan untuk mengobrol dengan mereka diluar obrolan mengenai pekerjaan Anda. Gunakan waktu-waktu tersebut secara berkualitas mengobrol hal-hal yang dapat bertukar pikiran, wawasan dan saling memberi informasi berharga. Anda dapat membagikan informasi-informasi penting yang diunggah oleh Finansialku.com juga. Cari teman ngobrol yang sesuai dengan kesenangan serta hobi yang sama. Anda juga dapat menggali berbagai keunikan dari rekan-rekan kerja Anda untuk mengetahui nilai-nilai hidup mereka yang dapat juga Anda contoh sisi positifnya dan menjadi suatu pembelajaran dari sisi negatif mereka.

 

#3 Main Game Ringan

Saat waktu luang atau istirahat, Anda dapat men-download game ringan yang tidak perlu berpikir keras dalam memainkannya. Dengan cara demikian, Anda dapat membuat pikiran Anda lebih rileks dan having fun sejenak sebelum Anda melanjutkan pekerjaan Anda. Namun, jangan sampai terlalu addicted sehingga Anda terlalu asyik bermain dan lupa akan setiap pekerjaan yang harus Anda kerjakan.

Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Langkah Mudah untuk Mendapatkan Liburan Termurah]

 

#4 Berhenti Multitasking

Istilah multitasking adalah keadaan seseorang memiliki kemampuan untuk mengerjakan beberapa pekerjaan pada waktu yang bersamaan, namun kita perlu mengkondisikan pada keadaan diri kita. Kita perlu memfokuskan diri untuk menyelesaikan tugas yang satu terlebih dahulu sebelum memfokuskan diri kepada tugas berikutnya. Dengan banyaknya tugas yang harus dikerjakan dan pola pikir kita yang ingin mengerjakannya dalam waktu yang bersamaan malahan membuat kita tambah stres. Prioritaskan pekerjaan yang akan dikerjakan lebih dahulu terutama yang urgen.

 

#5 Jadwalkan Waktu Liburan

Pekerjaan memang harus diselesaikan, namun waktu istirahat juga diperlukan dan juga waktu untuk menikmati liburan untuk menghilangkan kepenatan sejenak setelah berbagai pekerjaan yang Anda kerjakan. Saat waktu liburan tiba, usahakan untuk tidak memegang handphone atau berurusan dengan hal-hal yang berbau dengan pekerjaan serta rutinitas Anda. Jadwalkan waktu liburan dengan orang-orang terkasih Anda. Sekedar hang out, menonton bioskop atau menonton TV bersama keluarga di rumah juga dapat menghilangkan kepenatan sejenak.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 12 - Finansialku

[Baca Juga: Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It!]

 

#6 Daftarkan Tugas Anda

Buat sebuah daftar prioritas pekerjaan yang harus Anda selesaikan satu persatu. Gunakan waktu sejenak pada malam hari atau setelah pulang bekerja untuk mendaftarkan pekerjaan apa saja yang akan dilakukan pada keesokan harinya. Buat suatu target dan tenggang waktu penyelesaikan tugas agar Anda terpacu untuk menyelesaikannya tepat pada waktunya atau bahkan sebelum waktunya agar Anda dapat lebih memaksimalkan waktu yang Anda miliki.

Terkadang sifat menunda pekerjaan dapat menjadi satu kerikil yang menghambat terselesaikannya pekerjaan Anda. Jangan anggap remeh sifat ini, fokuskan diri untuk tidak menunda-nunda tugas yang harus Anda lakukan. Walaupun tugas tersebut masih lama deadline-nya, namun Anda dapat mencicilnya agar tidak tergesa-gesa ketika deadline-nya sudah diambang mata. Melakukan tugas dengan terburu-buru dapat membuat pekerjaan yang kita kerjakan tidak maksimal dan cenderung hanya mengejar terselesaikannya pekerjaan sehingga asal-asalan dalam pengerjaannya.

 

#7 Maksimalkan Waktu Menunggu

Pernahkah Anda masuk dalam suatu situasi menunggu karena suatu hal, seperti menuggu antrian, menunggu di mobil karena macet dan sebagainya. Waktu-waktu tersebut dapat Anda maksimalkan dengan melakukan istirahat sejenak atau memikirkan hal-hal yang dapat Anda bereskan pada waktu tunggu tersebut.

Menikmati Hidup dengan 7 Cara Berhemat 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku]

 

Seimbangkan Hidup

Waktu untuk bekerja, berkumpul dengan keluarga, teman, waktu untuk beristirahat dan bahkan liburan perlu dibuat seimbang. Anda tidak bisa hidup dengan hanya sibuk dengan satu aktivitas saja. Seimbangkan waktu Anda. Terlalu banyak bekerja pun melelahkan badan dan Anda perlu untuk beristirahat walaupun sejenak dan memperhatikan kondisi kesehatan Anda. Terlalu banyak liburan atau memiliki waktu santai atau hang out dengan teman-teman pun tidak baik karena Anda perlu bekerja untuk mendapatkan penghasilan dan menyelesaikan setiap tugas serta tanggung jawab Anda.

 

Bagaimana menurut Anda berbagai tips diatas? Sudahkah Anda mencobanya? Berikan tanggapan Anda serta pertanyaan yang ingin Anda tanyakan pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan setiap informasi yang Anda dapatkan melalui setiap artikel dari Finansialku.com. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hardian. 10 Januari 2017. Susah Liburan Karena Super Sibuk, Gini Kiatnya Biar Gak Stres. Duitpintar.com – https://goo.gl/7ULLMa
  • Dita Danianti. 27 November 2014. 6 Cara Jitu Menemukan Waktu Liburan Dalam Jadwal Sibuk. Lowongan.id – https://goo.gl/t9NJcE

 

Sumber Gambar:

  • Getting Stress – https://goo.gl/5XptKQ dan https://goo.gl/SLmygC

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang