Hi Travellers,  seminggu berencana liburan ke Bali dan Lombok? Kunjungi juga tempat-tempat iconic khas Bali dan Lombok, penasaran? Dimana sajakah tempat-tempat itu?

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Gama Holiday - Together is More Fun

 

Menghabiskan Liburan ke Bali dan Lombok Selama Sepekan

Berencana menghabiskan 7 hari liburan ke Bali dan Lombok? Sayang rasanya jika melewatkan tempat-tempat paling iconic di kedua pulau ini. Liburan ke Bali dan Lombok selalu terasa tidak pernah membosankan. Pulau-pulau cantik ini menawarkan banyak destinasi-destinasi wisata yang beragam. Kadangkala kita menjadi bingung harus mengunjungi tempat wisata yang mana karena semuanya bagus dan pengen dikunjungi. Liburan ke Bali selama 7 hari kurang lengkap rasanya kalau enggak menyeberang ke Pulau Lombok. Kalau Pulau Bali menawarkan banyak pantai-pantai indah dan tempat wisata yang modern, maka Pulau Lombok menawarkan desa-desa adat, pulau terpencil dan tempat wisata yang masih tradisional.

jangan-liburan-saat-tanggal-merah-lebih-baik-ambil-cuti-1-finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Tempat Romantis di Indonesia]

 

Liburan ke Bali dan Lombok, keduanya memiliki kelebihan tersendiri yang bisa kamu eksplorasi lebih dalam. Kedua pulau ini menawarkan kekayaan Nusantara yang membuat kamu lebih kaya pengalaman dan pengetahuan umum. Sekarang kita lihat 15 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Bali dan Lombok

 

#1 Pantai Sanur

Kalo liburan ke Bali paling asik main ke pantai. Pantai Sanur adalah salah satu pantai di Bali yang memiliki keindahan tersendiri. Pantai Sanur terletak di daerah Denpasar, Bali. Waktu terbaik untuk kesini adalah pukul 05.00 pagi sambil melihat matahari yang perlahan terbit dari ufuk timur. Kalau kamu hobi fotografi, momen seperti ini wajib kamu abadikan!

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Keindahan Pulau Belitung yang Memikat Hati Indonesia]

 

#2 Kintamani

Tempat kedua yang wajib didatangi saat satu minggu liburan ke Bali dan Lombok adalah Kintamani. Disini kamu bisa menikmati udara pegunungan yang sejuk dengan panorama Gunung dan Danau Batur. Kawasan paling favorit adalah desa Penelokan, yang terletak di tepian kaldera Gunung Batur.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Barang yang Harus Dibawa Untuk Menghemat Biaya Liburan]

 

#3 Tirta Empul/Tampak Siring

Selain keindahan alam, Bali juga dikenal dengan Pura (tempat beribadah umat beragama Hindu). Tirta Empul/Tampak Siring memiliki sebuah kolam yang berisi air suci. Konon katanya, orang yang mandi disini akan diberkahi kedamaian dan awet muda. Menarik juga untuk dicoba.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Liburan Hemat dengan Memanfaatkan Situs Online]

 

#4 Ubud

Kalau Kamu belum pernah sempat main ke area Ubud, jangan kaget kalau melihat keindahan dari sawah-sawah yang tersusun rapi membentuk anak tangga (sengkedan) dan sistem pengairan di Bali (Subak). Suasananya yang sejuk serta pemandangan yang hijau membuat pikiran bisa lebih damai dan tenang. Di area ubud kamu juga bisa mengunjungi pasar seni Ubud atau berkunjung ke habitat monyet yang disebut dengan sangeh.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan dengan Kartu Kredit, Lebih Menguntungkan atau Merugikan?]

 

#5 Tanah Lot

Salah satu tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan saat liburan ke Bali adalah Tanah Lot. Pura ini terletak di laut dan terletak di wilayah Tabanan. Di dalam kawasan Tanah Lot, terdapat banyak penjual oleh-oleh khas Bali. Di dalam tempat wisata ini juga terdapat ular suci (holy snake) yang terletak di dalam gua.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mana Lebih Untung: Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent?]

 

#6 Bedugul

Bedugul selain menawarkan pemandangan dan udara yang bersih, juga menawarkan tempat wisata yang keren. Kalo Kamu liburan ke Bali dan Lombok, jangan lupa datang ke Bedugul. Di dalam kawasan Bedugul terdapat sebuah Kebun Raya. Kebun Raya Bedugul menjadi salah satu hutan lindung sebagai paru-paru udara pulau Bali. Kebun Raya Bedugul memiliki beberapa spot permainan seperti: Candi Bentar, Ramayana Boulevard, Kumbakarna Laga Statue, Roses Garden, Lake Beratan View, Usada Café dan Traditional Balinese House.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 07 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda]

 

#7 Tanjung Benoa

Pengen merasakan olahraga air yang menantang adrenalin? Ke Tanjung Benoa aja! Disini Kamu bisa mencoba berbagai macam olahraga air. Ada yang berkonsep kekeluargaan seperti banana boat sampai konsep adventure seperti wakeboarding, speed boat, parasailing dan masih banyak lainnya. Disini, kamu juga bisa menyeberang ke pulau penyu untuk berfoto bersama hewan-hewan yang lucu.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 08 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Tahu Bagaimana Cara Mengatur Dana Liburan]

 

#8 Pantai Senggigi

Jika kamu berwisata ke Pulau Lombok, pastikan kamu berkunjung ke wilayah bagian barat Pulau Lombok ini. Meskipun tidak setenar pantai Kuta, Pantai Senggigi cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan laut serta pemandangan alam bawah lautnya yang sangat eksotis. Tidak ketinggalan juga deretan hotel yang berlokasi di tempat wisata ini bisa kamu booking untuk bermalam dengan pasangan ataupun keluarga kamu.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 09 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghitung dan Merencanakan Dana Liburan yang Perlu Dicoba]

 

#9 Batu Bolong

Perlu kamu tahu, saat berkunjung ke Pantai Senggigi di Pulau Lombok, kamu juga bisa singgah sebentar di Batu Bolong yang jaraknya tidak jauh dari pantai tersebut. Tempat wisata yang berupa candi dengan posisi menjorok ke laut ini ternyata menyimpan sebuah legenda yang sangat menarik. Tidak hanya itu saja, saat mengunjungi tempat wisata ini, Kamu bisa menikmati indahnya Gunung Agung dari kejauhan. Bagaimana? Cukup menarik untuk dikunjungi bukan?

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 10 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Untung Ruginya Bawa Laptop pada Saat Liburan?]

 

#10 Batu Layar

Selain keindahan alam Pulau Lombok, Kamu juga bisa berwisata religi dengan mengunjungi sebuah tempat wisata yang dikenal dengan Batu Layar. Kawasan wisata ini seringkali dikunjungi oleh mereka yang telah menunaikan puasa 1 minggu selepas Lebaran. Di tempat ini juga kamu bisa singgah di sebuah makam seorang tokoh agama yang bernama Sayid Duhri Al-Haddad Al-Hadrami yang menjadi tokoh penyebar agama Islam di Pulau Lombok.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 11 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

#11 Pulau Gili Lombok

Keindahan bawah laut Lombok bisa kamu temukan di deretan pulau Gili yang terletak di sebelah barat Pulau Lombok. Di tiga pulau Gili yang meliputi Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Kamu bakalan dibawa pada suasana pantai yang masih perawan dengan pasir putihnya yang cocok untuk berjemur. Jadi, jangan sia-siakan kesempatanmu untuk mengeksplorasi tiga pulau Gili Lombok yang sangat eksotis ini.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 12 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Untung Rugi Liburan Backpacker, yang Mungkin Anda Tidak Sadari]

 

#12 Pantai Sekotong

Berkunjung ke Pulau Lombok tidak akan lengkap jika kamu tidak singgah di Pantai Sekotong. Kawasan wisata yang berlokasi di Kecamatan Sekotong, 60 km dari Mataram ini menyajikan pemandangan perbukitan yang sangat indah. Jika kamu berniat untuk bermalam, kamu tidak perlu khawatir, sebab saat ini sudah ada beberapa hotel yang dibangun di kawasan wisata itu. Di sini Kamu juga bakalan dimanjakan dengan pasir putih yang halus, ombak yang tenang dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 13 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Cara Membenahi Keuangan Anda Pasca Liburan]

 

#13 Taman Narmada

Kalau berbicara tentang sejarah di Pulau Lombok, pastikan kamu singgah sebentar di taman Narmada. Kawasan wisata yang terletak di desa Lembah ini memiliki pemandangan alam yang menarik. Untuk mengunjungi taman yang dahulunya digunakan sebagai upacara pada bulan purnama ini, kamu tidak perlu merogoh uang banyak, hanya dengan Rp4.000 saja kamu bisa menikmati indahnya sebuah kolam yang memiliki mata air dari Gunung Rinjani yang konon bisa membuat awet muda.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 14 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengelola Keuangan Setelah Selesai Liburan]

 

#14 Air Terjun Sendang Gile

Jika pesona Gili yang ada di Pulau Lombok tidak cukup membuat kamu puas, kini saatnya kamu beralih untuk mengunjungi air terjun Sendang Gile yang terletak di Desa Senaru. Terpancar dari ketinggian 30 meter, kamu bisa berbasah-basah ria bersama kawan yang konon bisa membuat kamu tampak lebih muda satu tahun. Yang mengasyikkan lagi, selama perjalanan menuju tempat wisata ini, kamu bakalan dimanjakan dengan pemandangan beberapa pantai seperti pantai Meninting, Senggigi dan beberapa pantai lain.

Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It! 15 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Menabung untuk Liburan Tahunan (Best Practice)]

 

Indahnya alam di Pulau Bali dan Lombok

Menghabiskan waktu sepekan untuk liburan ke Bali dan Lombok memang menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur. Menikmati budaya Indonesia yang masih kental menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Keanekaragaman kulinernya pun menambah keseruan liburan kamu. Jadi tunggu apalagi? Bagi kamu yang masih bingung liburan mau kemana, ajaklah kawan atau keluarga kamu untuk liburan ke Pulau Bali dan Lombok!

 

Dari 14 tempat yang sudah kami berikan, tempat wisata mana yang menjadi andalan kamu untuk pergi berlibur ke Bali dan Lombok? Silakan share juga pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Sunset – https://goo.gl/Nufg3n
  • Pantai Sanur – https://goo.gl/cOJ0Oq
  • Kintamani – https://goo.gl/3HLEM4
  • Tirta Empul/Tampak Siring – https://goo.gl/94kwUs
  • Ubud – https://goo.gl/0TiuJh
  • Tanah Lot – https://goo.gl/0eczhW
  • Bedugul – https://goo.gl/dOJVA9
  • Tanjung Benoa – https://goo.gl/fnQJDC
  • Pantai Senggigi – https://goo.gl/tp3o8J
  • Batu Bolong – https://goo.gl/Pm9Vi3
  • Batu Layar – https://goo.gl/prf52A
  • Pulau Gili Lombok – https://goo.gl/I0SS9v
  • Pantai Sekotong – https://goo.gl/beUncn
  • Taman Narmada – https://goo.gl/CGLRpi
  • Air Terjun Sendang Gile – https://goo.gl/sJQZCv

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku