Moms, bagaimana cara mengatur dana liburan? Apakah Anda sudah tahu? Jika Anda belum tahu, ada baiknya Anda membaca artikel ini terlebih dahulu sebelum mengatur dana liburan. Semoga artikel ini dapat membantu Moms yang akan dan sedang mengatur dana liburan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Di sela-sela kesibukan Anda baik sebagai wanita karier atau ibu rumah tangga, Anda membutuhkan waktu bersenang-senang salah satu contohnya adalah dengan pergi berlibur. Selain menyegarkan pikiran Anda, berlibur juga dapat menambah pengalaman dan wawasan Anda mengenai daerah yang belum pernah Anda kunjungi.

5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan]

 

Tentunya tujuan dari berlibur adalah untuk melepas kepenatan, dan tidak ada manusia di dunia yang ingin stres pada akhir liburan mereka. Liburan sering identik dengan kehidupan boros dan serba mewah. Padahal anggapan ini salah, Anda tetap mampu mendapatkan liburan yang menyenangkan tanpa perlu memikirkan masalah biaya. Di bawah ini, telah dirangkum cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatur dana liburan.

 

#1 Akomodasi

Hitunglah biaya akomodasi yang paling sesuai dengan budget Anda, Anda pun harus menyesuaikan dana tersebut dengan lamanya Anda tinggal. Banyak hal yang dapat membuat suatu tempat penginapan menjadi mahal, beberapa di antaranya adalah:

  • Jarak akomodasi dengan pusat kota dan tempat wisata, yang mana semakin dekat, harganya pun akan semakin mahal
  • Semakin lengkap fasilitas akomodasi yang diberikan akan semakin mahal
  • Semakin mewah bangunan atau lingkungan tempat penginapan Anda, harga yang ditawarkan pun akan meningkat

Jika Anda ingin mencari tempat penginapan yang sesuai dengan dompet Anda, Anda harus lebih rajin melakukan riset mengenai penginapan yang sesuai. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi online seperti Traveloka, Agoda atau Booking untuk mencari harga hotel yang termurah.

Mimpi Keliling Dunia Wujudkan Dana Liburan dengan Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mimpi Keliling Dunia: Rencanakan Dana Liburan]

 

Selain itu, berkat kecanggihan teknologi, Anda pun dapat memanfaatkan jasa Airbnb. Airbnb merupakan aplikasi memakai jasa rumah pribadi untuk dijadikan tempat penginapan dan biasanya harganya akan lebih murah dibandingkan dengan hotel.   

 

#2 Konsumsi

Biaya untuk konsumsi adalah salah satu biaya yang mudah dihemat karena biaya ini sangat ditentukan oleh gaya hidup Anda. Pilihan makanan pun juga sangat beragam, mulai dari kaki lima hingga restoran mewah. Jika memang Anda ingin menghemat pengeluaran Anda, Anda dapat mencari makanan yang seadanya selama Anda terpenuhi kebutuhan konsumsinya.

Akan tetapi, jangan terlalu fokus pada pengeluaran Anda hingga Anda melewatkan budaya makanan khas daerah tersebut. Selalu luangkan sedikit waktu dan budget Anda agar dapat mencoba makanan khas daerah tersebut.

Berapa yang Dibutuhkan untuk Dana Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Berapa yang Dibutuhkan untuk Dana Liburan?]

 

#3 Transportasi

Mulailah dengan menghemat pengeluaran untuk transportasi menuju daerah tersebut, tidak berarti membeli di jauh-jauh hari akan mendapatkan harga yang murah, banyak maskapai yang menawarkan promo mendekati waktu penerbangan. Selain itu, agar biaya transportasi lebih murah, lebih baik Anda menghindari masa-masa liburan anak sekolah karena Anda akan lebih sulit mencari tiket murah pada musim liburan seperti tersebut.

Tetaplah update dengan promosi dari agen liburan karena biasanya mereka akan bekerja sama dengan maskapai penerbangan atau pariwisata daerah tertentu sehingga harga paket liburan atau tiket yang mereka tawarkan akan lebih murah.

cara-hemat-untuk-liburan-natal-dan-tahun-baru-finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru yang Perlu Anda Coba]

 

#4 Biaya pelesir

Pastinya anak-anak gemar mengunjungi tempat pariwisata seperti taman hiburan, arena atau tempat bermain. Terdapat beberapa tempat wisata yang menawarkan pembelian tiket di muka sehingga Anda tidak perlu kerepotan mengantri dan terkadang harganya pun akan lebih murah. Susunlah anggaran Anda terlebih dahulu terutama jika anak akan mengunjungi lebih dari satu tempat. Hal ini akan membuat Anda tetap berlibur dalam budget.

 

#5 Belanja

Belanja dan liburan adalah hal yang saling melengkapi, dan memang tidak ada salahnya berbelanja pada saat Anda berlibur. Tetapi selalu ingat untuk tetap belanja sesuai dengan anggaran. Untuk membantu Anda, Anda pun dapat menghubungi pihak kartu kredit Anda untuk menanyakan apakah terdapat promosi potongan harga atau diskon lainnya jika Anda berbelanja menggunakan kartu kredit di daerah tersebut. Baik kehidupan sehari-hari atau pada saat berlibur, tetaplah patuh pada rencana anggaran yang telah Anda susun.

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-1-finansialku

[Baca Juga: 6 Barang yang Harus Dibawa Untuk Menghemat Biaya Liburan]

 

#6 Oleh-oleh

Ketika Anda berlibur, pastinya Anda ingin membagi pengalaman menyenangkan tersebut dengan lingkungan sekitar Anda, keluarga atau teman-teman Anda. Salah satu caranya adalah dengan membawakan mereka oleh-oleh khas tempat yang Anda kunjungi tersebut. Tetapi masalahnya, seringkali oleh-oleh yang Anda berikan untuk keluarga atau teman Anda kurang berguna untuk mereka.

Jika memang Anda ingin membawakan teman atau keluarga Anda oleh-oleh, pilihlah oleh-oleh yang bermanfaat, misalnya sesuatu yang dapat mereka konsumsi, unik, mempunyai arti tertentu (sentimental) dan jika mungkin, gratis atau murah. Pajangan, baju, kacamata atau gantungan kunci bertuliskan nama mereka dengan latar belakang pemandangan kota tujuan Anda pastinya kurang mempunyai arti sentimental.

tips-liburan-hemat-dengan-memanfaatkan-situs-online-1-finansialku

[Baca Juga: Tips Liburan Hemat dengan Memanfaatkan Situs Online]

 

Selain itu, untuk mengatur keuangan Anda pada saat membeli oleh-oleh ketika liburan, hindari berbelanja suvenir dari tempat khusus penjualan cinderamata. Tempat-tempat seperti ini biasanya mempunyai tingkat harga yang lebih tinggi karena permintaan mereka yang cukup banyak.

 

#7 Biaya tak terduga

Tentunya hal yang tidak terduga harus masuk di dalam rencana Anda, karena Anda tidak akan tahu kapan sesuatu yang tidak kita inginkan mungkin terjadi. Idealnya, Anda dapat menyediakan dana tidak terduga sebesar 10% dari total anggaran Anda. Cara lain adalah dengan membeli asuransi perjalanan sehingga Anda lebih tenang pada saat berlibur.

 

Gunakan Teknologi

Berkat kecanggihan teknologi, Anda akan mendapatkan liburan yang lebih efisien, banyak sekali aplikasi smartphone yang bertujuan untuk membantu liburan Anda, mulai dari aplikasi pengatur keuangan, aplikasi penunjuk jalan, hingga aplikasi yang memberikan informasi mengenai diskon dan potongan harga. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda akan mendapatkan liburan yang tidak hanya mudah, tetapi juga murah.

 

Sudah siapkah Moms melakukan liburan? Atur dulu dana liburan Anda. Ceritakan pengalaman Moms yang luar biasa dalam mempersiapkan dan mengatur dana liburan. Moms juga boleh memberikan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Moms dan orang-orang terdekat dengan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Intuit Mint. How to Manage Your Budget While on Vacation. https://goo.gl/e7b0GW
  • Pesona. Mengatur Dana Liburan. https://goo.gl/aHykor

 

Sumber Gambar:

  • People at the beach – https://goo.gl/coFI5O

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang