Apakah menggunakan kartu kredit untuk liburan adalah keputusan yang tepat? Menggunakan kartu kredit untuk liburan akan memberikan banyak kemudahan, tetapi tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Berlibur dengan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit sebagai sarana keuangan saat berlibur adalah hal yang menggiurkan. Banyak kemudahan yang ditawarkan dengan menggunakan kartu kredit. Tetapi jangan lupa bahwa tidak ada produk keuangan yang tidak memiliki risiko. Semua tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Karena itu pastikan Anda mempertimbangkan segala kelebihan dan kekurangan tersebut sebelum memutuskan pergi berlibur dengan menggunakan kartu kredit.


liburan-dengan-kartu-kredit-lebih-menguntungkan-atau-merugikan-2-finansialku

[Baca Juga : Apakah Bijak, Utang untuk Liburan?]

 

Kelebihan Menggunakan Kartu Kredit untuk Berlibur

Saat ini banyak sekali ragam kartu kredit yang dapat ditemukan di pasar. Ragam produk tersebut biasanya memberikan benefit yang berbeda-beda bagi penggunanya. Benefit tersebut bisa sangat bermanfaat bagi liburan Anda. Berikut adalah kelebihan menggunakan kartu kredit untuk berlibur :

 

#1 Selalu Ada Uang Cadangan

Kelebihan yang paling fundamental dari menggunakan kartu kredit adalah uang cadangan. Anda tidak perlu merasa khawatir jika tidak membawa uang cash yang memadai. Cukup gesekkan kartu kredit Anda dan semua tagihan terbayar. Cadangan ini sangat penting ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berlibur. Misalnya saja jika Anda mendadak jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

 

#2 Promosi

Setiap kartu kredit biasanya dilengkapi dengan fasilitas promo yang berbeda-beda. Misalnya saja ada beberapa maskapai pesawat atau penginapan yang bekerja sama dengan kartu kredit tertentu. Jika Anda menggunakan kartu kredit tertentu untuk membayar tiket pesawat atau penginapan maka akan ada potongan harga khusus yang diberikan. Bahkan terkadang ada kartu kredit yang memberikan liburan gratis bagi pengguna yang memenuhi syarat tertentu lho.

Traveller Harus Tahu Kartu Kredit yang Cocok untuk Traveling - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Traveller Harus Tahu Kartu Kredit Bonus Airmiles untuk Traveling]

 

Promosi ini juga biasanya berlaku untuk tempat makan atau tempat hiburan. Menggunakan sarana promosi tersebut akan mengurangi pengeluaran liburan Anda sehingga liburan lebih hemat.

 

#3 Kemudahan Booking Online

Jaman sekarang setiap orang rata-rata merencanakan liburan dengan menggunakan sarana online seperti Traveloka, Booking.com, dll. Ada beberapa pilihan pembayaran yang dapat digunakan untuk membayar pembelian di website-website tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan kartu kredit. Membayar dengan kartu kredit sangatlah praktis. Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu kredit Anda serta kode verifikasi tertentu. Prosesnya pun sangat cepat sehingga tidak menghabiskan waktu Anda.

 

#4 Fasilitas Cicilan

Tidak perlu khawatir jika Anda belum mempunyai cukup uang untuk membeli tiket pesawat. Saat ini beberapa maskapai pesawat telah bekerja sama dengan penyedia kartu kredit untuk menyediakan cicilan pembayaran tiket pesawat. Dengan fasilitas tersebut akan lebih mudah bagi Anda untuk melunasi biaya berlibur.

5 Tips Jitu Menggunakan Kartu Kredit untuk Pengguna Pemulan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 5 Tips Jitu Menggunakan Kartu Kredit untuk Pengguna Pemula]

 

Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit untuk Berlibur

Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap produk keuangan pasti mempunyai kekurangan, kelebihan serta risiko masing-masing. Berikut adalah kekurangan dari menggunakan kartu kredit untuk berlibur :

 

#1 Kartu Kredit adalah Utang

Ya, tentu saja kartu kredit adalah utang. Jika Anda dapat bersantai menggesekkan kartu kredit saat berlibur, jangan lupa bahwa setelah pulang Anda harus membayar semua tagihannya. Sebenarnya kunci keamanan dalam menggunakan kartu kredit adalah utang tidak boleh melebihi aset Anda. Tetapi pada kenyataannya kebanyakan orang yang sedang berlibur akan terbawa euforia liburan sehingga menghambur-hamburkan uang tanpa menyadari batasannya. Akibatnya setelah pulang kebingungan mencari cara untuk menutupi semua utang kartu kredit tersebut. Bukankah tujuan utama berlibur adalah untuk menyegarkan pikiran bukannya membuat hidup semakin runyam?

11-tips-aman-belanja-online-dengan-kartu-kredit-finansialku

[Baca Juga : 11 Tips Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit yang Perlu Dipraktekkan]

 

Berbeda halnya jika Anda menggunakan uang yang sudah ada di tangan Anda untuk berlibur. Kalaupun uang Anda habis, tidak ada beban yang harus ditanggung belakangan. Jika uang habis maka Anda tahu kapan harus berhenti berfoya-foya. Bagi sebagian orang berutang adalah beban yang besar. Apakah Anda ingin menghabiskan waktu berlibur untuk merasa tidak nyaman karena berutang?

 

#2 Pengaturan Keuangan menjadi Kacau

Anda tentu akan membuat perencanaan keuangan sebelum pergi berlibur. Tetapi karena euforia berlibur serta rasa aman dengan adanya ‘uang cadangan’ berbentuk kartu kredit, rencana itu bisa berantakan. Ada kemungkinan besar Anda akan melanggar perencanaan keuangan yang sudah Anda buat matang-matang sebelum berlibur.

 

#3 Keamanan Transaksi

Kartu kredit dapat digunakan siapa saja, dalam artian bukan hanya pemilik kartu yang bisa menggunakannya. Jika kartu tersebut hilang maka bencana besar bisa menimpa Anda. Siapa saja bisa menggunakan kartu tersebut dengan memalsukan tanda tangan Anda atau mencari tahu pin rahasia kartu tersebut. Risiko keamanan ini pun berlaku dalam penggunaan kartu kredit untuk pembayaran online. Jika sistem kacau atau kartu kredit Anda dibobol orang yang tidak bertanggung jawab, tagihan Anda akan kacau balau. Anda tentu tidak ingin membayar tagihan kartu kredit untuk sesuatu yang tidak Anda beli bukan?
10-kesalahan-penggunaan-kartu-kredit-yang-bisa-bikin-kamu-bangkrut-finansialku

[Baca Juga : 10 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit yang Bisa Bikin Bangkrut]

 

#4 Konsumtif

Tanpa disadari banyak pengeluaran tidak terduga yang Anda buat saat liburan karena memiliki kartu kredit. Pengeluaran itu biasanya adalah pengeluaran yang konsumtif. Sebenarnya hal-hal itu tidak terlalu dibutuhkan, tetapi karena euforia liburan dan merasa ‘aman’, Anda bisa menjadi sangat konsumtif.

 

Kartu Kredit, Efektifkah?

Penggunaan kartu kredit saat berlibur memiliki banyak kelebihan juga kekurangan. Pertimbangkan dengan matang apakah benefit yang Anda dapatkan lebih besar daripada risiko yang harus tanggung. Kartu kredit bisa jadi pertolongan bermanfaat jika Anda mampu mengendalikannya. Tetapi jika tidak mampu, sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit untuk berlibur.

 

Apakah Anda pernah mendapatkan keuntungan belibur dengan menggunakan kartu kredit? Silakan share pengalaman Anda pada kolom komentar, terima kasih.

 

Sumber Gambar :

  • Credit card – https://goo.gl/3xwVmp dan https://goo.gl/nCOihe

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku