Apa saja kesahan yang sering dilakukan saat memakai kartu kredit dan bisa membuat Anda bangkrut? Baca 10 hal penting berikut ini, sebelum Anda terlanjur melakukan kesalahan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner
 

10 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit yang Bisa Bikin Kamu Bangkrut

Teman-teman tentunya sudah tidak asing dengan kartu kredit (credit card). Harus diakui kartu kredit adalah gaya hidup orang-orang modern di Indonesia. Sekarang kita tidak perlu repot-repot bawa banyak uang kontan, cukup gesek, gesek dan gesek. Disisi lain, ada juga hal-hal yang dapat membuat Anda merugi secara finansial bahkan bisa jadi bangkrut.

10-kesalahan-penggunaan-kartu-kredit-yang-bisa-bikin-kamu-bangkrut-finansialku

[Baca Juga: Apakah Boleh Remaja Menggunakan Kartu Kredit?]

 

Apa saja kesalahan dalam menggunakan kartu kredit yang dapat membuat seseorang jadi bangkrut?

 

#1 Memiliki Terlalu Banyak Kartu Kredit

Berapa jumlah kartu kredit yang Anda miliki saat ini? 1, 2, 3 atau lebih dari 3? Saat ini pemerintah Indonesia telah membatasi jumlah kepemilikan kartu kredit seseorang (khususnya jika Anda memiliki penghasilan di bawah Rp 10 juta per bulan). Idealnya satu orang memiliki 1 dan maksimal 2 buah.

5 Tips Jitu Menggunakan Kartu Kredit untuk Pengguna Pemulan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Jitu Menggunakan Kartu Kredit untuk Pengguna Pemula]

 

Masalah yang timbul jika seseorang memiliki lebih dari 1 kartu kredit adalah saat melakukan pembayaran. Tanggal jatuh tempo, besaran masing-masing kartu kredit dan lain sebagaiya. Jadi sebisa mungkin dalam 1 keluarga, jangan lebih dari 3 kartu. Sebenarnya 2 kartu saja sudah cukup, yaitu 1 untuk suami dan 1 untuk istri.

 

#2 Tidak Tahu Biaya di Dalam Kartu Kredit

Apakah Anda pernah mengetahui biaya-biaya yang dikenakan kartu kredit Anda? Biaya administrasi? Biaya denda jika terlambat bayar? Biaya denda jika melebihi limit? Termasuk kurs yang dikenakan saat Anda menggunakan kartu kredit di luar negeri. Diskon biaya tahunan jika mencapai jumlah pembelian minimum (annual minimum spending)? Jika saat ini Anda belum tahu, langsung segera hubungi bank penerbit kartu kredit Anda.

 

#3 Salah Memilih Kartu Kredit

Apakah Anda tahu, bahwa setiap kartu kredit memiliki ekstra bonus dan manfaat tambahan. Berikut ini contohnya:

  • Kartu kredit spesial untuk Anda yang suka jalan-jalan ke luar negeri.
  • Kartu kredit spesial untuk Anda yang sudah berkeluarga dan rutin berbelanja bulanan di department store.
  • Kartu kredit spesail untuk lifestyle dan diskon di rumah makan, kafe, bioskop
  • dan lain sebagainya.

Pilih kartu kredit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda, contoh jika Anda jarang bepergian ke luar negeri, ya jangan pilih yang kartu kredit travelling.

Orang Sekarang, Hidup dari Tagihan ke Tagihan Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Orang Sekarang, Hidup dari Kartu Kredit dan Tagihan Kartu Kredit]

 

#4 Salah Menentukan Limit

Kesalahan keempat adalah, Anda salah menentukan limit kartu kredit. Mungkin Anda juga sudah pernah mendengar, banyak orang berbohong ketika ditanya mengenai data penghasilan. Tujuannya agar mendapatkan limit kartu kredit yang besar. Kalau limit kartu kredit Anda mencapai 80% penghasilan Anda, maka Anda perlu berhati-hati.

Misal seseorang memiliki penghasilan bulanan Rp 10 juta dan limit kartu kredit yang diberikan mencapai Rp 8 juta. Maka orang tersebut perlu berhati-hati dan mengontrol diri saat menggunakan kartu kredit, termasuk saat Anda melakukan transaksi cicilan.

 

#5 Bunga Kartu Kredit yang Tinggi

Ada juga kesalahan yang dilakukan oleh pemula, yaitu tidak memperhatikan bunga kartu kredit. Biasanya orang hanya aply-aply kartu kredit, tanpa membandingkan bunga pinjaman kartu kredit. Memang, rencana kita tidak akan menggunakan kartu kredit untuk utang, tetapi lebih aman jika Anda memiliki kartu kredit dengan bunga yang ringan.

Ibu Rumah Tangga atau Wanita Karir, Mana yang Lebih Bernilai (untuk Keluargaku) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat]

 

#6 Terlambat Membayar Tagihan

Kesalahan selanjutnya adalah terlambat melakukan pembayaran, karena suka menunda dan/atau terlalu banyak kartu kredit sehingga membingungkan. Anda dapat menggunakan fitur pengingat (reminder) di handphone Anda agar tidak lupa membayar tagihan kartu kredit.

 

#7 Tidak Mengecek Tagihan Bulanan

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengecek tagihan melalui ringkasan transaksi? Mulai sekarang cek kembali detil tagihan kartu kredit Anda, karena Anda bisa mengecek ulang pembelanjaan yang sudah Anda lakukan.

Mengapa Fresh Graduate Perlu Memiliki Kartu Kredit Sendiri - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga:  Mengapa Fresh Graduate Perlu Memiliki Kartu Kredit Sendiri?]

 

Tidak sedikit lho kasus pencurian data kartu kredit yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Memang biasanya transaksinya tidak terlalu besar dan disesuaikan dengan limit kartu kredit. Agar Anda tidak menjadi korban, selalu cek tagihan bulanan kartu kredit.

 

#8 Membayar Minimum Tagihan

Kesalahan fatal penggunaan kartu kredit yang dapat membuat seseorang bangkrut adalah membayar minimum tagihan. Jika Anda bayar minimum tagihan, maka sisa tagihan Anda akan dikenai bunga. Dan silahkan dihitung, berapa bunga yang dikenakan setiap bulannya. Bunga 2% setiap bulan itu termasuk bunga yang besar lho!

 

#9 Melakukan Pembelanjaan Lebih Kemampuan

Permasalahan nomor 9 ini terkait dengan gaya konsumsi Anda. Misal Pak Ronald memiliki penghasilan Rp 10 juta dan limit kartu kredit Rp 8 juta. Namun bukan berarti Pak Ronald bisa memaksimalkan limit kartu kredit sampai dengan Rp 8 juta setiap bulannya. Jika Pak Ronald melakukan hal tersebut, niscaya dalam waktu dekat Pak Ronald akan mengalami kesulitan arus kas.

Kami selalu mengingatkan agar setiap orang selalu membuat anggaran dan mencatat keuangan. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda mengelola dan merencanakan keuangan.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#10 Membeli Barang-Barang yang Sebenarnya Tidak Dibutuhkan

Limit masih sisa banyak, uang masih tersedia tetapi bukan alasan kan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Masalah nomor 10 adalah masalah klasik mengenai cara penggunaan uang. Belilah barang-barang yang dibutuhkan (needs) bukan yang diinginkan (wants). Buatlah prioritas dalam menggunakan uang.

  • Berapa yang boleh dikeluarkan untuk kebutuhan bulanan?
  • Berapa yang harus disiapkan untuk kebutuhan yang akan datang?
  • Berapa yang harus disiapkan untuk proteksi kesehatan dan jiwa?
  • dan lainnya.

 

Jadi Solusinya Agar Anda Tidak Melakukan Kesalahan dalam Penggunaan Kartu Kredit adalah

Satu kata yaitu KONTROL alias pengendalian. Agar Anda tidak terjerat utang kartu kredit dan menjadi bangkrut, sebaiknya gunakan kartu kredit dengan cara yang bijak, pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sebisa mungkin apply limit sesuai kemampuan (jangan maksa), belanja barang-barang yang dibutuhkan, disiplin dalam membayar kartu kredit dan jangan utang.

Gunakan kartu kredit untuk membantu pembayaran dan bayar lunas tagihan Anda tepat waktu dan tepat jumlahnya. Dengan begitu Anda akan menikmati manfaat dan kemudahan kartu kredit.

 

Apakah Anda pernah bermasalah pada kontrol diri saat berbelanja dengan menggunakan kartu kredit? Apa yang Anda lakukan untuk memastikan penggunaan kartu kredit Anda sesuai dengan budget bulanan?

 

Sumber Gambar:

  • Credit Card Bad Habit – https://goo.gl/KypQmq

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang