Ibu Rumah Tangga bisa belanja lebih hemat jika menggunakan kartu kredit yang tepat dan cara yang tepat. Kali ini Finansialku akan membahas kartu kredit yang cocok untuk ibu rumah tangga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Belanja Lebih Hemat dengan Kartu Kredit “Seperti Ini”

Ibu – ibu rumah tangga di kota-kota besar tentu saja sudah tidak asing dengan yang namanya kartu kredit. Sekarang ini kartu kredit jumlahnya ada lebih dari 30 kartu. Masing-masi kartu tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Kali ini Finansialku.com akan membahas kartu kredit yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit U untuk Untung bukan Utang]

 

Belanja rumah tangga adalah pengeluaran yang wajib dan pasti keluar setiap bulan. Anda pastinya sudah memiliki anggaran atau budget untuk pengeluaran belanja rumah tangga bukan? Biasanya ibu-ibu menyiasati belanja bulanan dengan belanja pada saat-saat promo (contoh setiap hari senin dan kamis diskon 10%) dan membandingkan katalog harga di beberapa supermarket. Selain kedua solusi tersebut, sebenarnya ibu rumah tangga juga dapat memanfaatkan promo kartu kredit.

 

 

Kami mencoba melakukan riset, mengenai kartu kredit di website partner kami, DuitPintar.com. Dari hasil riset dapat disimpulkan ternyata beberapa kartu kredit dapat menghemat belanja bulanan. Dalam artikel ini kami tidak akan membahas produk satu per satu, tetapi hanya menjelaskan fitur-fitur dari kartu kredit tersebut.

Keuntungan yang ditawarkan berbagai macam kartu kredit, yang dapat membantu menghemat pengeluaran belanja bulanan:

  1. Diskon hingga 10% untuk semua produk, private label dan produk promosi di supermarket yang telah bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit. Biasanya promo ini tidak berlaku untuk susu bayi di bawah 1 tahun, telur curah, rokok, gadget dan pulsa telepon.
  2. Ada cash back hingga 3,5% dari total belanja di supermarket yang telah bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit.
  3. Mendapatkan ekstra 3x poin reward. Poin tersebut dapat Anda tukarkan untuk potongan harga saat berbelanja di merchant atau toko lain. Contoh Anda dapat menggunakan poin reward, untuk potongan harga di kafe atau di toko kosmetik.
  4. Ada juga kartu kredit yang memberikan hadiah langsung misal, minyak goreng, mie instan, gula jika transaksi lebih dari nominal tertentu (biasanya Rp 500.000) dalam satu struk.

 

[Jawab Quiz: Apakah Cara Anda Mengelola Keuangan Keluarga Sudah Benar?]

 

Ada beberapa kartu kredit yang memberikan manfaat di atas, sekaligus manfaat tambahan:

  1. Merupakan kartu kredit pertama. Jadi jika Anda termasuk ibu rumah tangga yang belum memiliki kartu kredit, Anda dapat mudah untuk mendapatkannya.
  2. Cash back untuk nonton film.
  3. Cashback untuk isi bahan bakar kendaraan.
  4. Gratis iuran tahunan.

 

Bonus: Cara Memanfaatkan Kartu Kredit untuk Belanja Bulanan

Selain memilih kartu kredit yang tepat sesuai dengan kebutuhan utama, ibu rumah tangga juga perlu mengetahui cara memanfaatkan atau aturan main kartu kredit:

  1. Namanya kartu kredit, tapi fungsinya bukan untuk kredit. Jadi bayar 100% tagihan bulanan. Jangan ada utang. Jangan ada bayar minimum.
  2. Jangan pernah terlambat bayar tagihan kartu kredit.
  3. Untuk pemula, batasi jumlah limit kartu kredit sesuai dengan anggaran pengeluaran belanja bulanan. Contoh Belanja bulanan ibu Rini setiap bulannya adalah Rp 2.500.000, maka limit kartu kredit yang paling cocok adalah Rp 3.000.000.
  4. Gunakan kartu kredit untuk belanja bulanan, sebaiknya hanya untuk belanja bulanan keluarga. Jika Anda ingin mencicil produk elektronik atau lainnya, kami sarankan pisahkan dengan kartu kredit untuk belanja.
  5. Diskon bukan berarti Anda boleh membeli barang lebih banyak. Beli barang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contoh total belanjaan bulanan sebelum ada kartu kredit sebesar Rp 2.500.000 per bulan. Setelah ada kartu kredit dan diskon, total belanja bulanan menjadi Rp 2.350.000. Jadi ada penghemat sebesar Rp 150.000. Nah penghemat ini sebaiknya Anda gunakan untuk donasi sosial, menambah tabungan dan investasi Anda. Ingat masih ada biaya untuk anak kuliah nanti, masa pensiun Anda dan suami serta pengeluaran lainnya.

 

Semoga Anda dan ibu rumah tangga lainnya dapat memanfaatkan kartu kredit dan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang ditawarkan. Selamat mencoba.

 

Apa yang Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran belanja bulanan Anda?

 

Sumber artikel

  • Shopping with credit card – http://goo.gl/DloRNt.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang