Apakah kartu kredit dapat memberikan manfaat secara keuagan untuk pengguna? Jawaban Iya, asalkan Anda tahu bagaimana cara memanfaatkan dengan benar. Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan berbagi tips menggunakan untuk pengguna pemula.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Memanfaatkan Kartu Kredit dengan Cerdas

Banyak orang takut untuk menggunakan kartu kredit, karena cerita-cerita seram. Ada yang tiba-tiba tenggelam dalam utang, ditagih debt collector dan lainnya. Disisi lain ada juga orang-orang yang bisa mendapatkan potongan harga, penawaran special dan lain sebagainya karena menggunakannya. Sebenarnya permasalahan utama bukan pada kartunya, melainkan cara orang memakainya. Apakah Anda sudah menggunakannya dengan benar?

 

5 Tips Jitu Menggunakan Kartu Kredit untuk Pengguna Pemulan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit U untuk Untung bukan Utang]

 

Jika Anda memiliki pengetahuan finansial yang baik, Anda tentu saja dapat menggunakan kartu kredit dengan cara-cara yang cerdas. Setidaknya Anda tidak akan tenggelam dalam lautan utang. Ingat kartu kredit adalah salah satu kredit konsumtif dengan bunga yang cukup tinggi. Jadi gunakanlah dengan cara yang tepat.

Orang-orang yang melek finansial memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan dengan benar, salah satunya adalah dengan mengelola kredit. Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa manajemen pengelolaan keuangan pribadi juga dapat dibantu dengan penggunaan kartu kredit.

 

“Kartu kredit tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu pembayaran alternatif uang tunai dan kartu debit saja. Jika Anda lebih melek finansial dan cermat, kartu kredit justru sangat membantu dalam manajemen keuangan sehari-hari.”

 

Bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan cerdas?

 

#1 Manfaatkan Laporan Transaksi Pemakaian Kartu Kredit

Anda pasti akan mendapatkan laporan transaksi bulanan kartu kredit. Bagi Anda yang malas mencatat keuangan, tagihan tersebut dapat digunakan sebagai alat kontrol keuangan Anda. Meskipun sebenarnya bukan cara yang tepat, tetapi laporan transaksi kartu kredit banyak membantu. Cara tersebut tidak 100% tepat, karena Anda tidak bisa mengontrol keuangan Anda secara real time, karena laporan tagihannya dikirim sebulan sekali.

[Baca Juga: Apakah Boleh, Anak Remaja Memegang Kartu Kredit?]

 

#2 Manfaatkan Diskon, Promo dan Kemudahan dengan Kartu Kredit

Gunakanlah untuk mendapatkan diskon (potongan harga), promo dan kemudahan tertentu. Jika Anda perhatikan ada banyak sekali diskon dan promo yang ditawarkan. Sebenarnya sah-sah saja menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon atau promo, asalkan Anda membeli barang-barang yang memang Anda butuhkan. Jangan sampai Anda terlena membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan, hanya karena promo.

 

#3 Manfaatkan Fitur Cicilan (Syarat Ketentuan Berlaku)

Pembayaran dengan kartu kredit, memberikan kemudahan pembelian barang-barang dengan cicilan atau installment. Dalam ilmu perencanaan keuangan, dikenal sebuah patokan untuk cicilan seseorang. Cicilan maksimal seseorang adalah 30% dari penghasilan. Jika Penghasilan seseorang Rp 10.000.000 per bulan, maka cicilan maksimum adalah Rp 3.000.000.

Pastikan Anda mencicil barang-barang yang Anda perlukan dan pilih periode cicilan yang menguntungkan. Contoh jangan mencicil smartphone lebih dari 12 bulan, karena harga smartphone pasti sudah turun.

[Baca Juga: Salah Menentukan Lama Cicilan Mau Untung Malah Buntung]

 

#4 Membayar Transaksi Berulang

Setiap keluarga, tentu memiliki pengeluaran yang sifatnya pengeluaran berulang (recurring expense) yang harus dibayarkan setiap bulannya, contoh: uang langganan majalah, listrik, iuran tv berbayar, gym dan iuran lainnya. Daripada harus membayar denda karena telat bayar, gunakanlah fitur pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Fitur tersebut tentu akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bulanan.

 

#5 Pilih Kartu Kredit Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Apakah Anda pernah melihat seseorang yang memiliki kartu kredit lebih dari 2 buah? Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengelolanya, lebih dari 2 buah. Pemerintah juga memberikan batasan, maksimal 2 buah kartu untuk orang-orang yang memiliki penghasilan di bawah Rp 10 juta.

[Baca Juga: Traveller Harus Tahu Kartu Kredit Bonus Airmiles untuk Traveling]

 

Pilihlah yang memang memberikan banyak manfaat untuk Anda, misal Anda butuh kartu kredit yang memberikan diskon untuk belanja bulanan dan manfaat tambahan saat bepergian (travelling). Anda dapat mempertibangkan kartu yang memberikan diskon di tempat Anda berbelanja dan kartu kredit dengan manfaat airmiles.

 

Dapatkan Manfaat Kartu Kredit, Hindari Bayar Bunganya

Biaya yang perlu dikeluarkan seseorang yang menggunakan kartu kredit adalah biaya iuran tahunan. Biaya tersebut sebenarnya juga bisa di gratiskan (di waive), dengan syarat-syarat tertentu. Ada beberapa yang menggratiskan iuran tahunan jika Anda mencapai minimum transaksi. Anda tidak perlu membayar bunganya, jika Anda selalu membayar lunas tagihan bulan kartu kredit. Perilaku sehat dalam membelanjakan kartu kredit akan membantu keuangan Anda. Selamat mencoba.

 

Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan kartu kredit? Bagikan cerita Anda di bawah ini, terima kasih.

 

Referensi :

  • Smile credit card – http://goo.gl/bl7fpN

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang