Bagaimana cara aman belanja online dengan kartu kredit? Berikut ini 11 cara yang kami rangkum dari beberapa sumber jurnal dan website yang terpercaya. 11 langkah ini dapat mengurangi risiko penipuan atau pencurian data dari belanja online dengan kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ada 11 Cara Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit

Tahukah Anda, bahwa situs-situs belanja online Indonesia memiliki pertumbuhan yang signifikan. Coba bayangkan, angka transaksi belanja online di Indonesia sudah mencapai ratusan triliun Rupiah. Hal ini memang tidak aneh, mengingat masyarakat Indonesia senang dengan berbelanja.

11-tips-aman-belanja-online-dengan-kartu-kredit-finansialku

[Baca Juga : 5 Tips Jitu Menggunakan Kartu Kredit untuk Pengguna Pemula]

 

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi saat belanja online, adalah cara pembayaran. Saat ini sudah banyak sekali cara pembayaran melalui online, seperti : e-wallet, COD (cash on delivery), transfer langsung, transfer ke rekening bersama (rekber), transfer ke akun virtual dan pembayaran dengan kartu kredit. Sebagai pembeli, metode pembayaran apa yang paling Anda sukai? Silahkan share opini dan pendapat Anda di kolom komentar.

Jika Anda sering belanja online dengan kartu kredit, maka Anda perlu mempraktekkan 11 tips aman belanja online berikut ini.

 

#1 Belanja di Toko Online Terpercaya

Jika Anda sering belanja online, pastikan belanjalah ditempat-tempat yang meyakinkan. Jangan hanya kemakan harga murah yang tidak masuk akal, karena harga murah bisa jadi penipuan. Banyak lho, kasus toko online penipu yang menawarkan hp dengan harga sangat murah. Mereka bilangnya barang pasar gelap (black market), bekas hadiah dan lain sebagainya. Setelah uang ditransfer, eh ternyata barang tidak dikirim.

Selain itu Anda juga perlu berhati-hati belanja online melalui media sosial dan forum, karena banyak oknum yang melakuan penipuan di media sosial dan forum. Coba saja Anda bayangkan, seberapa sulit membuat sebuah akun di media sosial (facebook, instagram, twitter dan lainnya).

 

#2 Cek Kembali, Alamat Website (Baca dengan Teliti)

Kesalahan kedua ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pembeli, karena mereka tidak teliti membaca alamat website. Dalam dunia kejahatan online, ada sebuah istilah yang disebut Cybersquatting and Typosquatting. Mereka membuat duplikasi website dan tampilan, sehingga calon pembeli terkecoh.  Contoh :

Tips Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 7 Tips Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram]

 

  • Website yang benar adalah : Belanjadisini.com
  • Website samara untuk menjebak : Blanjadisini.com

Perhatikan baik-baik penulisan nama websitenya! Mungkin saja kedua website tersebut memiliki tampilan sama persis, namun yang satu asli dan lainnya adalah palsu.

 

#3 Periksa Kembali Halaman Pembayaran (Payment Page)

Jika kita ingin membeli barang di website, kita akan diarahkan halaman check out atau halaman pembayaran. Cek kembali halaman pembayaran (payment page), mulai dari logo, formulir yang harus diisi, jumlah yang harus dibayar dan segala informasi yang ada. Tidak sedikit toko online di Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan payment gateway untuk proses pembayaran online, khususnya pembayaran denga kartu kredit.

Jangan panik dulu, jika Anda belanja di sebuah toko online (contoh : belanjadisini.com), kemudian saat membayar Anda diarahkan ke website bayarmudah.com (perusahaan payment gateway). Jika Anda masih ragu, cek di google atau segera hubungi customer service toko online tersebut.

 

#4 Hindari Belanja Melalui Hand Phone atau Smart Phone, Gunakan Komputer

Banyak kasus penipuan belanja online dengan kartu kredit, yang terjadi karena pembeli mengakses melalui handphone atau smartphone. Gunakan laptop atau komputer desktop untuk belanja online dengan kartu kredit.

Tips Belanja Online yang Aman & Terhindar dari Toko Online Penipu - perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Tips Belanja Online yang Aman & Terhindar dari Toko Online Penipu]

 

#5 Install Anti Virus dan Anti Malware dalam Komputer Anda

Apakah Anda pernah mengunjungi website berita yang penuh dengan iklan? Atau forum yang penuh iklan? Terkadang di dalam iklan tersebut, terdapat website yang memiliki malware dan virus. Jika Anda ingin belanja online dengan kartu kredit, pastikan komputer Anda sudah terlindungi dengan anti virus dan anti malware.

 

#6 Lakukan Pembayaran di Jaringan yang Aman

Lakukan proses pembayaran dengan kartu kredit dijaringan yang aman dan privat. Hindari belanja online dengan kartu kredit di wifi umum atau menggunakan wifi orang lain. Sekarang ini ada oknum-oknum yang menawarkan wifi gratis untuk melakuan tindakan carding (mengambil data kartu kredit secara illegal).

6 Asas Utama menurut Hukum Waris Perdata - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Pencurian Data Kartu Kredit di Korea Selatan]

 

#7 Simpan Bukti Pembayaran

Ingat, setelah melakukan pembayaran segera simpan bukti pembayaran dan lakukan konfirmasi pembayaran. Biasanya pembeli, tidak menyimpan bukti pembayaran dan lupa mengkonfirmasi pembayaran. Padahal melakukan konfirmasi pembayaran, dapat dilakukan dengan mudah.

 

#8 Berikan Informasi yang Dibutuhkan (Secukupnya Saja)

Saat belanja online dengan kartu kredit, Anda pasti diminta mengisi beberapa data. Berikut ini contoh halaman yang harus Anda isi jika melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

11-tips-aman-belanja-online-dengan-kartu-kredit-1-finansialku

[Baca Juga : Dimanakan Letak Kode CVV Kartu Kredit Saya?]

 

Keterangan:

Gambar di atas, adalah formulir pembayaran yang harus diisi jika Anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Sebagai informasi, kami menggunakan contoh form yang digunakan secara internasional.

 

Umumnya kita diminta untuk mengisi,

  1. nama depan sesuai kartu kredit,
  2. nama belakang sesuai kartu kredit,
  3. alamat email yang terdaftar di kartu kredit
  4. nomor kartu kredit
  5. tanggal kadaluwarsa kartu kredit
  6. dan kote CVV (Card Verification Value)

 

#9 Cek Kembali Tagihan Bulanan Kartu Kredit, Jika ada yang Aneh Segera Laporkan

Selalu cek kembali tagihan bulanan kartu kredit Anda, dengan transaksi yang sudah dilakukan. Jika Anda menemukan ada kejanggalan dalam statement kartu kredit, segera hubungi bank Anda. Usahakan untuk memblokir kartu kredit sebelumnya dan minta kartu pengganti.

 

#10 Jangan Simpan Informasi Kartu Kredit di dalam Website

Ketika belanja online dengan kartu kredit, hindari untuk menyimpan data kartu kredit di dalam website. Jika Anda pernah menyimpan informasi kartu kredit, biasanya toko online akan mengirimkan pesan atau pilihan seperti ini:

Gunakan kartu kredit visa dengan nomor akhir xxx 123

 

11-tips-aman-belanja-online-dengan-kartu-kredit-2-finansialku

[Baca Juga : Untung Ruginya Program Cash Back Kartu Kredit?]

 

Ada plus minusnya, menyimpan informasi kartu kredit di dalam toko online. Plusnya Anda tidak perlu repot mengisi data kartu kredit, untuk transaksi pembayaran berikutnya. Negatifnya, ada peluang kecurian data atau data disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

#11 Jangan Bagika Pin atau Akses Kartu Kredit ke Orang Lain

 Tips terakhir, jangan pernah membagikan pin dan/atau akses kartu kredit ke orang lain. Jika teman Anda ingin meminjam kartu kredit, sebisa mungkin tolak dengan sopan. Alternatif lainnya adalah, Anda sendiri yang memasukkan kode dan informasi kartu kredit.

 

Ikuti Langkah Preventif Belanja Online dengan Kartu Kredit

Jangan takut belanja online dengan kartu kredit, karena pembayaran menggunakan kartu kredit memberikan kemudahan. Berbicara mengenai keamanan transaksi, ikuti cara-cara preventif di atas. Selamat mencoba.

 

Apakah Anda pernah terkena tindak kejahatan atau penipuan saat belanja online dengan kartu kredit? Silahkan share dan bagikan pengalaman Anda di kolom komentar.

 

Referensi :

  • Online shopping credit card – https://goo.gl/R9o4rr
  • Skrill Payment – https://goo.gl/6X2MTR
  • Save Data – https://goo.gl/DgI8AV

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang