Apakah Anda sedang mengalami kejenuhan dan kepenatan dengan rutinitas? Mungkin Anda memerlukan liburan untuk me-refresh semangat Anda untuk sejenak. Berikut 7 tips liburan hemat yang menyenangkan untuk Anda coba. Berikut ulasannya dari Finansialku.com

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Liburan merupakan waktu berkualitas yang harus dimiliki oleh setiap orang. Selain itu, waktu liburan dapat dijadikan sebagai waktu pendekatan diri terhadap keluarga dan juga dapat mengurangi stres atau beban pikiran Anda. Akan tetapi, banyak yang tidak berlibur dengan alasan ekonomi.

 

6-barang-yang-harus-dibawa-untuk-menghemat-biaya-liburan-1-finansialku

[Baca Juga: 6 Barang yang Harus Dibawa Untuk Menghemat Biaya Liburan]

 

Sebenarnya berlibur tidak berarti boros atau menghabiskan uang dalam jumlah yang banyak. Tentunya banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk berhemat pada saat merencanakan liburan atau pada saat berlibur. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran Anda pada saat liburan.

 

#1 Jangan Berlibur pada Musim Liburan

Musim liburan memang merupakan musim yang tepat untuk mengunjungi suatu tempat wisata. Selain kondisi yang mendukung, paket-paket liburan yang ditawarkan pun sangat menarik. Tetapi kerugiannya, Anda harus membayar lebih mahal untuk tiket transportasi hingga tiket wisata di destinasi Anda.

Jika Anda ingin menghemat pengeluaran Anda, pilihlah berlibur pada bulan-bulan low season. Mungkin kondisinya tidak mendukung, tetapi Anda harus fokus pada hal positif yang mungkin Anda dapatkan, misalnya antrian objek wisata akan lebih sepi dan harga tiket akan lebih murah.

Jika memang Anda memutuskan untuk berlibur pada musim libur anak-anak sekolah, pilihlah tanggal di akhir liburan misalnya pada bulan Agustus atau September agar lebih murah dibandingkan harga saat puncak liburan.

apa-saja-untung-ruginya-bawa-laptop-pada-saat-liburan-finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Untung Ruginya Bawa Laptop pada Saat Liburan?]

 

#2 Selalu Memilih Alternatif yang Lebih Murah

Setiap pilihan fasilitas liburan yang Anda pilih, pasti ada pilihan yang lebih murah. Untuk mendapatkannya, Anda dapat selalu memantau internet untuk mencari promosi atau berlangganan koran sehingga Anda tidak ketinggalan informasi. Beberapa contoh pengeluaran yang dapat Anda pangkas:

 

Tiket pesawat

Gunakan situs pencarian tiket termurah atau promosi yang diadakan oleh maskapai penerbangan dengan agen wisata. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan tiket pesawat transit, biasanya tiket pesawat yang tidak langsung menuju ke destinasi akan lebih murah hingga 50%. Tentunya Anda dapat berjalan-jalan di bandara setempat sambil menunggu penerbangan lanjutan Anda.

 

Penginapan

Tentunya terdapat beragam pilihan penginapan yang dapat Anda pesan, mulai dari harga yang paling mahal seperti hotel dan vila, hingga penginapan murah seperti motel. Anda pun juga dapat memilih penginapan di rumah tinggal orang lain melalui aplikasi Airbnb sehingga harganya lebih murah.

 

Konsumsi

Pada beberapa maskapai penerbangan, Anda diberikan pilihan untuk tidak membeli paket konsumsi makanan di dalam pesawat sehingga tiket Anda akan lebih murah. Dengan membawa makanan dan minuman Anda sendiri, Anda akan menghemat kurang lebih Rp50 ribu sampai Rp100 ribu.

Selain itu, jika Anda sudah sampai pada destinasi Anda, sebisa mungkin carilah tempat makan dengan harga terjangkau tetapi masih menawarkan makanan khas tempat tersebut.

jangan-liburan-saat-tanggal-merah-lebih-baik-ambil-cuti-1-finansialku

[Baca Juga: Jangan Liburan Saat Tanggal Merah, Lebih Baik Ambil Cuti]

 

#3 One Day Trip

Tidak berarti liburan Anda akan membosankan jika Anda tidak menginap atau mencari tempat wisata yang dekat dengan kota tempat tinggal Anda. Misalkan Anda tinggal di Jakarta, Anda dapat mencari waktu libur seperti Sabtu atau Minggu dan mengunjungi Kota Bogor atau Kota Bandung. Anda dapat berangkat di pagi hari dan kembali ke Kota Jakarta pada malam hari.

Selain waktu yang Anda miliki untuk berwisata cukup panjang, Anda pun dapat menghemat uang akomodasi dan transportasi. Tidak ada salahnya bukan menghabiskan waktu bersama keluarga Anda di dalam mobil?

infografis-persiapan-sebelum-anda-liburan-ke-luar-negeri-2-finansialku-dan-gama-holiday

[Baca Juga: Infografis Persiapan Sebelum Anda Liburan Ke Luar Negeri]

 

#4 Gunakan Situs Pembanding Harga

Situs pembanding harga memberikan pelanggan keuntungan dalam segi pencarian harga yang paling baik untuk liburan Anda, mulai dari penyewaan mobil, asuransi perjalanan hingga paket liburan. Dengan menggunakan situs pembanding harga, Anda dapat menghemat cukup banyak dana.

Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dan teliti dalam memakainya, banyak perusahaan yang berusaha untuk memberikan penawaran harga termurah dengan ‘menipu’. Tipuan ini berupa ekstra biaya yang tidak terlihat yang akan muncul pada saat Anda akan membayar.

liburan-dengan-kartu-kredit-lebih-menguntungkan-atau-merugikan-2-finansialku

[Baca Juga: Liburan dengan Kartu Kredit, Lebih Menguntungkan atau Merugikan?]

 

#5 Hindari Biaya Ekstra

Untuk melakukan penghematan, sebisa mungkin Anda menghindari biaya tambahan lainnya. Seperti biaya tambahan kelebihan berat bagasi. Untuk menghindarinya, cek berat bagasi Anda dan siapkan kurang lebih 2-3 kg ekstra. Biaya tambahan lainnya, yaitu biaya tips untuk porter atau supir taksi. Caranya adalah dengan mengangkut barang Anda ke kamar Anda sendiri atau mencari transportasi yang lebih murah.

beli-asuransi-perjalanan-untuk-proteksi-jika-sakit-saat-liburan-ke-luar-negeri-2-finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

#6 Carilah Paket yang All-inclusive

Paket all-inclusive adalah paket liburan atau travel yang sudah mencakup segala kebutuhan akomodasi, konsumsi hingga transportasi Anda. Biasanya agen wisata akan memberikan paket dimana Anda akan mendapatkan konsumsi makanan 3 kali sehari atau tiket tempat wisata. Walaupun harga yang ditawarkan oleh paket lengkap ini mungkin lebih mahal, tetapi jika dihitung-hitung, Anda tidak perlu memusingkan biaya ekstra untuk hal lain ketika Anda berlibur.

Karena tempat wisata tersebut tidak pernah Anda kunjungi sebelumnya, tentu Anda tidak mengetahui berapa harga rata-rata makanan di tempat tersebut atau transportasi yang aman tetapi terjangkau. Dengan adanya paket lengkap tersebut, Anda akan lebih berhemat.

mana-lebih-untung-menyusun-liburan-sendiri-atau-pakai-travel-agent-1-finansialku

[Baca Juga: Mana Lebih Untung: Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent?]

 

#7 Selalu Lakukan Negosiasi

Berlibur tidak berarti harus membutuhkan biaya besar dan harus pergi ke tempat yang jauh. Anda dapat menghemat dana liburan Anda dengan melakukan negosiasi. Baik untuk biaya transportasi dan paket wisata hingga penginapan, Anda dapat melakukan negosiasi. Di dalam dunia travel, menawar bukanlah hal yang salah. Selalu cobalah untuk menghemat sebanyak yang Anda bisa. Tentunya Anda tidak ingin kesulitan keuangan setelah Anda kembali dari bersenang-senang bukan?

ini-dia-untung-rugi-liburan-backpacker-yang-mungkin-anda-tidak-sadari-1-finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Untung Rugi Liburan Backpacker, yang Mungkin Anda Tidak Sadari]

 

Liburan tidak selalu mahal. Sudahkah Anda berencana untuk mengambil liburan dengan biaya yang hemat? Berikan tanggapan dan utarakan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan setiap informasi yang Anda dapatkan kepada rekan-rekan dan kenalan terdekat Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nick Trend. 8 Juli 2016. How to beat the falling pound: 50 simple ways to save money on your holiday. https://goo.gl/Xmii0x
  • Caroline Costello. The Seven Cheapest Ways to Travel. https://goo.gl/KuDDHW
  • Matthew Kepnes. 11 Februari 2013. 9 Easy Ways to Save Money on Your Next Vacation. https://goo.gl/OS2Sd6

 

Sumber Gambar:

  • Indonesian Traveler – https://goo.gl/mHQQpX

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang