7 Wisata Alam Bandung, No 4 Paling Enak untuk Nongkrong

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang mulai mendapatkan perhatian nasional berkat taman kota dan trotoar indahnya.

Selain kotanya, Bandung sendiri memiliki 7 wisata alam di Bandung yang menawarkan berbagai fasilitas, mulai dari wahana permainan hingga wisata edukasi.

Artikel ini akan membahas mengenai ketujuh wisata alam ini, mulai dari fasilitas yang ditawarkan hingga harga tiket masuk yang harus Anda bayar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Wisata Alam Bandung

Bandung, sebuah kota yang terkenal akan kesejukan alam dan pemandangan pegunungan yang hijau merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan liburan tidak hanya bagi wisatawan lokal, tetapi juga turis asing.

Tidak hanya menjadi pusat seni dan pusat belanja, ternyata Bandung juga menawarkan wisata alam pegunungan yang indah.

Karena spot wisatanya cukup banyak, tim Finansialku telah merangkum 7 tempat wisata alam yang pastinya tidak akan mengecewakan dan menawarkan pemandangan yang tidak ada duanya.




 

#1 Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman ini merupakan sebuah taman hutan yang cukup luas, luasnya hampir mencapai 600 hektar, membentang mulai dari Dago Pakar sampai dengan Maribaya Lembang.

Taman yang sangat luas ini mempunyai beberapa gerbang masuk, tetapi gerbang masuk yang paling mudah diakses adalah gerbang dari arah Dago Pakar.

Selain objek wisata penangkaran rusa tutul, di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini memiliki banyak objek wisata lainnya.

Yang pertama adalah Gua Jepang dan Gua Belanda. Masing-masing merupakan peninggalan masa penjajahan yang mana Gua Jepang dibangun pada tahun 1942 dan Gua Belanda dibangun pada tahun 1918.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

 

Akses jalan di kedua gua ini cukup bagus dan Anda tidak akan kesulitan melewatinya. Yang kedua adalah curug (air terjun) Omas atau yang juga dikenal dengan nama curug Maribaya.

Jika Anda memasuki kawasan hutan melalui gerbang Dago Pakar, Anda harus melewati jarak 5-6 kilometer untuk sampai ke curug ini. Akses terdekat adalah dengan masuk melalui gerbang Maribaya.

Ketinggian air terjun yang merupakan pertemuan dari Sungai Cikawari dan Sungai Cigulung ini mencapai 30 meter. Anda juga dapat melakukan hiking ringan di dalam kawasan taman di jalur yang telah disediakan.

 

Harga Tiket

Bagi pengunjung domestik, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp11.000 dan Rp76.000 bagi wisatawan luar.

Nama dan Alamat

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kampung Pakar Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan.

 

#2 Tebing Keraton

Sebuah tempat yang tentunya tidak asing bagi para wisatawan yang update dengan sosial media yang bahkan dinamakan ‘Tebing Instagram’

Tebing Keraton adalah sebuah tebing dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan yang mana dari tempat ini, Anda dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa indah.

Tebing keraton

 

Tebing yang namanya mulai dikenal oleh masyarakat luas pada tahun 2014 ini merupakan sebuah bukit dengan tebing yang terjal yang langsung berhadapan dengan Taman Hutan Raya Djuanda dengan latar belakang Gunung Tangkuban Perahu.

Pengalaman memandang hamparan Tahura Djuanda yang luas ini akan menjadi lebih spesial jika Anda datang pada saat matahari terbit dengan ditemani oleh kabut di pagi hari atau matahari terbenam dengan ditemani oleh langit senja.

Pengunjung seringkali mencari spot yang paling indah untuk mengabadikan momen tersebut. Namun perlu diingat bahwa berfoto di luar dari pagar pengaman adalah suatu tindakan yang dapat membahayakan nyawa Anda.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Sebaiknya, Anda pun tidak mengunjungi tempat ini jika membawa anak kecil.

Penasaran dengan tebing yang populer di Instagram ini? Jika Anda berkunjung ke Bandung jangan lupa mengunjungi tempat ini.

 

Harga Tiket

Mengikuti harga tiket masuk untuk Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yaitu bagi pengunjung domestik, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp11.000 dan Rp76.000 bagi wisatawan luar.

Nama dan Alamat

Tebing Keraton (Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda), Kampung Pakar Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan.

 

#3 Kebun Binatang

Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang selalu ramai pengunjung. Kebun Binatang yang dulunya dinamakan Bandung Zoological Park ini telah berdiri dari tahun 1930.

Luas keseluruhan area kebun binatang ini adalah 13,6 hektar dengan total 213 jenis fauna di mana 134 merupakan satwa tidak dilindungi dan 79 di antaranya merupakan satwa yang dilindungi.

Kebun binatang ini terletak berdampingan dengan Sungai Cikapundung dan kampus ITB (Institut Teknologi Bandung).

Kebun Binatang Bandung

 

Banyak sekali objek wisata di dalam kebun binatang yang satu ini, misalnya objek wisata air di mana Anda dapat menaiki sepeda air atau bebek kayu di kolam sembari mengelilingi sebuah daratan yang merupakan tempat monyet berkeliaran dan bermain.

Selain itu, Anda dan anak Anda dapat menunggangi hewan seperti unta, kuda atau gajah.

Selain fauna, di sini juga terdapat beragam flora yang selain berfungsi sebagai objek wisata, juga berfungsi sebagai paru-paru kota Bandung dan melindungi fauna yang ada dari sinar matahari serta melindungi tanah dari air hujan.

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Dengan adanya kebun binatang ini, Anda dan keluarga akan belajar banyak mengenai fauna dan flora serta cara yang tepat untuk menjaga, merawat dan melestarikan suaka margasatwa tersebut. Oleh karena itu, Anda akan menemui rombongan pelajar yang mengunjungi kebun binatang yang satu ini.

Selain sebagai wisata edukasi, Anda pun dapat menjadikan kebun binatang ini sebagai wisata rekreasi dengan menikmati pepohonan yang rindang dan pemandangan danau sembari berpiknik bersama keluarga Anda.

 

Harga Tiket

Di hari biasa, Anda harus membayar Rp15.000 sedangkan di hari libur Anda harus membayar Rp20.000

Nama dan Alamat

Kebun Binatang Bandung, Jalan Kebun Binatang No 6 Tamansari.

 

#4 Hutan Kota Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi atau yang sering disebut dengan nama baksil adalah sebuah taman kota yang dapat menjadi alternatif hiburan alam di Bandung yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda (dahulu dikenal dengan nama Lebak Gede).

Luas area Babakan Siliwangi adalah sekitar 3,8 hektar dan area ini merupakan bentukan alam dari Sungai Cikapundung.

Setelah melalui proses yang panjang dan rumit, akhirnya pada tanggal 27 September 2011, PBB menyatakan bahwa Babakan Siliwangi merupakan salah satu hutan kota dunia dan dua tahun setelahnya, tempat ini resmi dikelola oleh pemerintahan Bandung dan masyarakat bebas mengunjungi tempat ini.

Hutan Kota Babakan Siliwangi

 

Di sini, pengunjung dapat dengan bebas melihat habitat para satwa yang hidup bebas dan keanekaragaman ekosistem.

Karena Babakan Siliwangi terbuka untuk umum, tempat ini sering dijadikan tempat untuk mengadakan kegiatan. Misalnya lomba membuat sarang atau kandang burung bagi burung yang berkeliaran di tempat ini atau seringkali juga terdapat kegiatan lomba kesenian.

Bahkan masyarakat Bandung pun memilih tempat ini sebagai tempat berolahraga karena pemandangan yang asri dan pepohonan yang rindang.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Di dalam hutan ini terdapat fasilitas forest walk, sebuah jalur yang didesain khusus untuk para pengunjung agar dapat dengan mudah menjelejahi kawasan hutan. Bagi Anda yang lelah berjalan atau mendaki tangga forest walk tersebut, Anda dapat berhenti untuk menikmati camilan di warung-warung yang ada di dalam kawasan hutan.

Selain itu, Anda pun dapat mengunjungi salah satu sanggar kreasi seni yang tempatnya tidak jauh dari tangga untuk naik ke forest walk.

 

Harga Tiket

Anda tidak perlu membayar tiket masuk (gratis) dan area ini terbuka 24 jam (tidak ada jam operasional)

Nama dan Alamat

Hutan Kota Babakan Siliwangi, Jalan Siliwangi No 7 Lb. Siliwangi Coblong.

 

#5 Arung Jeram Cikapundung

Difasilitasi oleh aliran Sungai Cikapundung yang deras, Anda akan diajak untuk menikmati wisata alam di sepanjang Sungai Cikapundung sembari melakukan olahraga rafting atau arung jeram.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda dapat bermain river board, sebuah papan yang didesain untuk perorangan yang terbuat dari karet di mana Anda akan mengapung di atas papan karet tersebut dan mengikuti arus sungai.

Arung Jeram Cikapundung

 

Track yang digunakan untuk arung jeram dan river board ini berjarak total 4 kilometer dan dimulai dari Kampung Padi sampai dengan dekat pintu air PDAM Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) di Jalan Siliwangi.

Tentunya berbeda dengan arung jeram buatan, di sini sepanjang jalur arung jeram, Anda dapat menikmati pemandangan hutan dengan pepohonan tinggi seperti pohon Loa.

Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan air di jalur ini karena jalur ini jauh dari pemukiman warga sehingga masih bersih dan tidak ada sampah yang mengambang atau tersangkut di bebatuan.

 

Harga Tiket

Untuk melakukan aktivitas arung jeram, Anda harus membayar Rp125.000 per orang dan setiap orang akan diberikan fasilitas helm dan pelampung serta pendamping pada saat melakukan arung jeram. Anda pun akan diberikan minuman hangat dan makanan ringan ketika mendekati garis akhir.

Nama dan Alamat

Arung Jeram Cikapundung, Sungai Cikapundung.

 

#6 Kampung Batu

Di dalam Kampung Batu, Anda akan menemukan berbagai wisata mulai dari wisata bermain yang menantang adrenalin hingga aktivitas seru yang mendekatkan Anda dengan alam dan memperkenalkan Anda dengan budaya Sunda.

Di dalam Kampung Batu ini, terdapat 30 ekor Rusa Totol beserta hewan kecil lainnya seperti kelinci dan marmut yang dapat Anda lihat.

Aktivitas outbound seperti flying fox, loop bridge atau panjat dinding dapat Anda temukan di dalam tempat wisata yang satu ini.

Kampung Batu

 

Salah satu wahana yang paling terkenal di sini adalah Tektona Waterpark, sebuah wahana air yang unik di mana Anda dan anak-anak dapat bermain bersama.

Tidak hanya sebuah kolam renang biasa, Tektona Waterpark pun dilengkapi dengan fasilitas wahana modern seperti Kolam Ombak, Kolam Arus, Semi Olympic dan masih banyak lagi.

Di dalam Kampung Batu ini terdapat sebuah danau besar yang mana Anda dapat melakukan kegiatan seperti memancing, berkeliling dengan menggunakan perahu serta memberikan makan kepada unggas.

Selain beternak, Anda pun dapat melakukan aktivitas bertani dan berkebun. Tentunya jika keluarga Anda telah lelah bermain, Anda dapat makan di Restoran Dapur Neng, sebuah restoran yang menyediakan menu makanan khas Jawa Barat dengan harga yang terjangkau.

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan Kampung Batu Ecopark, Anda akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp5.000 untuk anak-anak (tinggi maksimum 80 cm) dan sebesar Rp10.000 untuk orang dewasa. Selanjutnya, untuk memasuki Tektona Waterpark, Anda harus membayar tiket sebesar Rp50.000.

Nama dan Alamat

Kampung Batu Malakasari, Jalan Raya Banjaran (Rencong) Desa Malakasari Kec. Baleendah Kab. Bandung Jawa Barat.

 

#7 Teras Cikapundung

Teras Cikapundung merupakan sebuah ruang publik di tengah kota yang berada di tepi Sungai Cikapundung yang memiliki konsep urban dan ekologi. Pengunjung Teras Cikapundung ini hampir mencapai 6.000 di akhir pekan.

Dengan banyaknya pengunjung, tempat yang diharapkan dapat menjadi sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat tetap memelihara kebersihan air sungai ini diresmikan pada tanggal 30 Januari 2016.

Teras Cikapundung

 

Terdapat 2 zona area di dalam Teras Cikapundung ini, yang tersambung dengan sebuah jembatan merah yang merupakan ikon Teras Cikapundung.

Zona yang pertama adalah zona urban, zona ini merupakan zona yang diisi dengan pertunjukkan Air Mancur Menari (dancing fountain), Sculpture Area dan Amphitheater yang dapat digunakan untuk pertunjukan seni.

Dancing fountain yang ada di dalam Teras Cikapundung ini cukup menarik karena Anda akan melihat air yang menari mengikuti alunan musik dan dinyalakan 2 kali sehari, pada jam 4 sore dan jam 8 sore.

Zona kedua adalah zona di mana Anda akan menemukan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam, zona natural.

Di dalam zona natural, Anda dapat menemukan kolam tujuh kura-kura, tempat konservasi ikan yang berhabitat di Sungai Cikapundung seperti ikan lele, ikan badar dan ikan beunteur, sehingga ikan asli Sungai Cikapundung dapat berkembang biak dan ekosistem sungai dapat terjaga.




Ada pula penangkaran burung kutilang serta wahana olahraga air, seperti: riverboarding, rafting (arung jeram) dan tubing (kukuyaan). Tentunya untuk mengikuti olahraga air tersebut, Anda harus memenuhi syarat umum yang berlaku. Anda pun dapat sekadar menaiki perahu karet untuk menikmati aliran Sungai Cikapundung.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk membawa kantong sampah Anda sendiri karena di dalam Teras Cikapundung tidak disediakan tempat sampah. Anda pun dilarang menginjak atau duduk di atas rumput serta tidak diperbolehkan untuk merusak tanaman. Tentunya demi menciptakan kenyamanan bersama, Anda diminta untuk menuruti peraturan tersebut.

 

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke dalam Taman Teras Cikapundung adalah gratis, tetapi untuk melakukan kegiatan di bawah ini harus dikenakan biaya:

Arung jeram: Rp75.000 sampai dengan Rp150.000 per orang (dengan jarak 1,2 – 2 km)

Kukuyaan: Rp25.000 sampai dengan Rp75.000 per orang

Perahu karet: Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak

Nama dan Alamat

Teras Cikapundung, Kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi Jalan Siliwangi.

 

Berwisata Kuliner dan Menginap Tidak Harus Mahal

Sudah terbukti dengan daftar di atas bahwa untuk menikmati makanan tradisional Bandung sembari menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang berlebihan.

Selain itu, tempat penginapannya pun cukup murah yang mana Anda hanya perlu menghabiskan Rp200.000,- per orang untuk menginap dengan latar belakang pohon pinus yang rindang. Oleh karena itu, jadilah wisatawan yang cermat agar liburan Anda tidak melebihi anggaran.

 

Apakah Anda pernah mencicipi salah satu dari restoran yang terdaftar di atas? Bagaimana dengan resort atau hotel di atas? Pernahkah Anda menginap di resort tersebut?

Bagikan pengalaman Anda melalui kolom komentar yang ada di bawah ini sehingga pengunjung lain mendapatkan sedikit gambaran dan selamat berlibur untuk Anda semua!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 November. Yuk, Arung Jeram di Sungai Cikapundung. Citarum.org 
  • Admin. Taman Hutan Raya Juanda Bandung, Wisata Hutan Dekat Kota. Nativeindonesian.com
  • Anto Darmanto. 4 Agustus 2016. Teras Cikapundung Suguhkan Wisata Arung Jeram di Tengah Kota. Bandung.pojoksatu.id
  • Ricky Budiman. 2 Agustus 2017. 10 Foto Babakan Siliwangi Bandung + Map Jalan Menuju Lokasi & Harga Tiket Masuk Hutan Kota. Jejakpiknik.com

 

Sumber Gambar:

  • Taman Hutan Raya Ir Juanda – https://goo.gl/SpULRS
  • Tebing Keraton – https://goo.gl/jBNpXj
  • Kebun Binatang Bandung – https://goo.gl/SBXD4B
  • Hutan Kota Babakan Siliwangi – https://goo.gl/QgV5jH
  • Arung Jeram Cikapundung – https://goo.gl/nNaFyR
  • Kampung Batu – https://goo.gl/h8F7VN
  • Teras Cikapundung – https://goo.gl/Ahge4h
By | 2017-11-06T20:39:16+00:00 November 5th, 2017|Categories: Dana Liburan, Lifestyle, Travelling|Tags: , , , , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Subhan 20 November 2017 at 12:19 - Reply

    Keren lokasinya

    • Finansialku
      Finansialku 21 November 2017 at 17:01 - Reply

      Hi Pak Subhan
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download