Sedang merencanakan liburan? Ingin liburan hemat menyenangkan tanpa harus keluar kocek besar?

Ini dia 5 liburan hemat menyenangkan yang bisa jadi pilihanmu supaya kantong enggak menipis tapi tetep have fun, dan dapatkan momen kebersamaan bersama orang-orang tercinta di sekitarmu.

Selamat membaca dan rencanakan liburan bahagiamu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengalaman Liburan

Gimana liburan Natal dan Tahun baru kalian? Tentu menyenangkan dan bahagia bukan? Kira-kira gimana kondisi kantongmu di awal tahun ini?

Kalau mau lihat anggaran dan pengeluaran bulan Desember 2018 yang lalu, pasti pengeluarannya lebih besar dari pengeluaran yang kamu lakukan di bulan-bulan sebelumnya bukan?

Coba tengok lagi pengeluaran yang kamu lakukan bulan tersebut, biasanya biaya untuk entertain atau liburan akan meningkat dan bahkan bisa jadi melebihi anggaran jika kamu kurang “awas” dalam menuruti keinginanmu.

Dari beli baju baru, makan di restoran dengan keluarga dan teman, membeli kado atau hadiah untuk diberikan kepada anak atau saudara, belum lagi biaya liburan seperti untuk beli tiket transportasi, penginapan atau akomodasi dan biaya-biaya perintilan lainnya yang bikin dompetmu menipis bahkan bisa tak berbekas.

Kira-kira apa rencanamu di liburan berikutnya, setidaknya di weekend atau liburan-liburan pendek di bulan berikutnya?

Jangan takut untuk merencanakan liburan dari jauh hari ya, justru ini adalah momen tepat merencanakan liburan supaya kamu bisa memikirkan lebih lama dan menganggarkan dengan lebih bijak untuk setiap pengeluaran yang diperlukan.

Eits ingat ya! Anggaran tersebut perlu agar anggaran tidak membengkak seperti pengalaman liburan sebelumnya

Liburan Hemat Menyenangkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah: 20 Tips Hemat Pengeluaran saat Liburan Bersama Keluarga]

 

Bagaimana sih caramu mempersiapkan anggaran? Apakah kamu masih menulisnya di kertas atau buku khususmu?

Wah, kalau masih begitu berarti kamu ketinggalan banyak hal nih. Zaman sekarang, semuanya sudah serba menggunakan teknologi. Bahkan untuk menuliskan anggaran pun sudah menggunakan teknologi lho.

Salah satunya ialah dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Kamu bisa menuliskan anggaran liburanmu melalui fitur “Anggaran”.

Eits, caranya sangat mudah lho! Kamu bisa mengikuti step by step-nya dengan menonton tutorialnya dalam video di bawah ini:

 

Jika belum memiliki aplikasinya, maka segera download melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC-mu.

Ingat ya, membuat anggaran merupakan salah satu bagian dari perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan itu sangat penting dilakukan mengingat fungsinya agar kamu mengetahui apa saja yang dapat dipersiapkan secara keuangan untuk saat ini dan masa mendatang.

Kamu bisa menggunakan salah satu ebook Finansialku untuk lebih memahami apa itu perencanaan keuangan dan bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan dengan baik dan benar.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Yuk segera lakukan sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

 

Liburan Hemat Menyenangkan

Sambil mikir mau kemana, ini beberapa tips liburan hemat menyenangkan yang bisa jadi opsi atau pilihanmu untuk liburan-liburan selanjutnya, setidaknya untuk liburan weekend yang bisa kamu rencanakan bersama orang-orang terkasih.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Nonton TV, DVD, atau Streaming Film di Rumah

Buat kamu yang suka nonton, bisa coba untuk liburan hemat menyenangkan yang satu ini dengan nonton TV atau DVD film yang mungkin kamu ingin pernah ingin nonton di bioskop tapi tidak sempat nonton.

Kamu bisa juga streaming film kesukaanmu yang sudah release bersama anggota keluarga.

Enggak perlu keluar biaya besar buat beli tiket nonton atau pusing cari tempat parkir di mall dan membeli makanan yang lebih mahal.

Kamu tinggal siapkan perlengkapan buat nonton, camilan sehat, dan duduk manis di sofa empuk di rumahmu bersama keluarga tercinta.

Begini Cara Hemat Tagihan Internet dan TV Kabel (TV Berbayar) Paling Efisien 02 - Finansialku

[Baca Juga: 35 Tempat Wisata di Malaysia yang Asik Buat Liburan dan Bagus Buat di Instagram]

 

Mau nonton tontonan yang bisa memberikan informasi seputar mengatur keuangan yang sehat supaya bisa merencanakan dana liburan yang hemat dan menyenangkan? Coba streaming video Finansialku Cara Mengatur Keuangan Ala Ahli Keuangan.

Kamu bisa isi liburan hemat menyenangkanmu dengan menambah pengetahuan tentang strategi mencapai keuangan yang sehat bukan?

 

#2 Memasak Bersama Keluarga

Memasak di rumah memang selalu menjadi ide bagus untuk liburan yang lebih hemat menyenangkan dan menambah kehangatan dalam keluarga.

Buat keluarga baru, ini bisa menjadi momen untuk saling mengenal lebih melalui aktivitas memasak di dapur. Masakan sederhana bisa menjadi luar biasa bahkan sesuai dengan seleramu sendiri.

Selain itu, dengan memasak di rumah, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran jajan makananmu.

Jika merasa ingin mengundang keluarga dekat atau teman dekat, kamu tinggal hubungi mereka untuk gathering bersama di rumahmu menghabiskan liburan akhir pekan atau liburan singkat yang hanya sehari tanpa harus merogoh kocek yang lebih besar.

Buat anggaran pengeluaran untuk belanja yang diperlukan. Jangan lupa, gunakan Aplikasi Finansialku yang dapat membantumu membuat anggaran bulanan dan mencatat pengeluaran harian serta mencatat kebutuhan dana liburanmu.

 

#3 Olahraga di Sekitar Rumah

Buat kamu yang jarang olahraga, manfaatkan momen liburanmu untuk berolahraga.

Kamu bisa berolahraga berkeliling lingkungan rumah atau lingkungan komplek di perumahan bersama keluarga atau bersama hewan peliharaanmu.

Ide Olahraga Saat Puasa 05 Skipping - Finansialku

[Baca Juga: Minim Budget? Lakukan Tips Liburan Gak Over Budget Supaya Liburanmu Tetap Menyenangkan]

 

Jika mau menikmati waktu olahraga “me time”, kamu bisa setel musik kesukaanmu dan mendengarkan melalui smartphone yang terhubung dengan headset.

Olahraga di sekitar rumah bisa menjadi sebuah pilihan liburan hemat menyenangkan dan sehat yang bisa jadi pilihanmu untuk liburan berikutnya.

 

#4 Ajak Teman ke Rumah

Jajan di luar rumah walaupun itu sedikit menurutmu, tetap saja itu bisa membuat anggaranmu membengkak.

Opsi liburan hemat menyenangkan berikutnya adalah ajak temanmu ke rumah untuk ngobrol santai, kongkow-kongkow sambil main game di rumah atau ngopi home made buatanmu sendiri dan bercengkerama dengan teman-teman atau sahabatmu.

Kamu bisa membawa bahan pembicaraan untuk mengembangkan usaha atau kerja sama bisnis bersama mereka.

Dari pembicaraan itu tentu bisa menghasilkan sebuah ide bisnis yang malah menjadi opsi menambah pendapatanmu bukan?

 

Kamu pun bisa berbagi informasi tentang bagaimana pengalamanmu berbisnis, mengatur keuangan pribadi dan bisnis dan lain sebagainya yang dapat saling menginspirasi.

Inspirasi teman dan sahabatmu untuk berinvestasi dengan belajar melalui ebook Gratis Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini:

 

Manfaatkan momen berharga bersama teman atau sahabat untuk mengobrol hal-hal yang bisa saling mengembangkan diri dan menyiapkan masa depan yang lebih baik.

 

#5 Jalan-jalan ke Pusat Kota atau Alun-alun

Pernahkah kamu menikmati suasana kotamu sendiri di saat liburan? Mungkin ini bisa menjadi salah satu pilihan jitu untuk liburan hemat menyenangkan.

Kamu bisa menjadwalkannya di akhir pekan, berangkat pagi dan jalan kaki ke pusat kota atau alun-alun.

Jika biasanya kamu menikmati pemandangan kota yang macet dengan kendaraanmu saat hari kerja, kini nikmatilah hiruk pikuk kotamu dan lihat dari lanskap yang berbeda ketika kamu berjalan kaki.

Karena ide ini dilakukan saat liburan atau saat akhir pekan, tentu ada banyak orang juga yang keluar rumah dan menuju ke pusat kota untuk menikmati jalan-jalan santai mereka.

Kamu harus tetap berhati-hati dengan barang bawaanmu seperti dompet.

Bawa saja uang yang secukupnya. Ini juga bisa menjadi strategi jitu agar kamu tidak jajan sembarangan di luar dan malah membuat dompetmu menipis.

 

Rencanakan Liburan Hemat Menyenangkan dengan Aplikasi Finansialku

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk liburan hemat menyenangkan di akhir pekan atau saat liburan berikutnya.

Untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan, bukan artinya harus berfoya-foya dan menghabiskan banyak uang.

Kamu bisa merasakan momen bahagia dari liburan bahkan dengan budget yang minimal seperti beberapa contoh liburan hemat di atas.

Manfaatkan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dana liburan hemat menyenangkanmu dan buktikan bahwa liburan menyenangkan itu tak perlu keluar biaya mahal yang bisa menguras isi kantong.

 

Sudah ada ide untuk liburan hemat menyenangkanmu di akhir pekan atau di bulan berikutnya? Coba lihat kalender dan tetapkan hari libur mana yang tepat untuk melakukan tips di atas! Kamu bisa bagikan ide liburan hemat menyenangkan di atas dengan teman atau pasanganmu.

 

Sumber Referensi:

  • Mahardian Prawira. 26 Desember 2018. Ini Cara Habiskan Waktu Liburan Lebih Lama dan Gak Banyak Keluar Uang. Moneysmart.id – https://goo.gl/T5Mw7G

 

Sumber Gambar:

  • Liburan Hemat Menyenangkan 1 – https://goo.gl/n3aAFp
  • Liburan Hemat Menyenangkan 2 – https://goo.gl/yLNkN6