Akhir tahun adalah  waktu yang pas untuk cek kesehatan keuangan, artikel ini akan membahas bagaimana cara melakukannya melalui aplikasi cek kesehatan keuangan!

Ayo ikuti ulasan berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cek Kesehatan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku

Hallo sahabat, apa kabarnya? Tak terasa lho kita sudah sampai di penghujung tahun 2018. Gimana nih resolusi-resolusi tahun ini? Semoga banyak yang tercapai ya.

Oh ya seperti biasa, saya ingin berbagi pengalaman yang saya miliki seputar dunia keuangan, saya yakin pengalaman baik jika dibagikan kepada orang lain akan mendatangkan kebaikan-kebaikan lainnya.

Jadi begini, saat itu saya tengah dilanda kegelisahan, gundah, gulana, dan bisa dibilang sedikit stress masalah keuangan. Saat itu saya merasa semakin hari keuangan saya semakin tak teratur, bahkan pernah mencapai titik minus.

 

Saya sama sekali tidak tahu berapa idealnya pengeluaran yang harus saya dapatkan dan berapa pendapatan yang harus saya dapatkan. Pokoknya saat itu saya merasa keuangan saya tidak sehat.

Padahal saat itu saya merasa gaji saya lebih dari cukup, terlebih saat itu saya masih gadis dan belum memiliki beban atau tanggungan yang berarti. Saya berpikir harusnya dengan kondisi seperti ini saya berhak memiliki kondisi keuangan yang lebih baik.

Akhirnya saya googling-googling mencari literasi keuangan tentang bagaimana cara memperbaiki keuangan, saya menemukan penjelasan jika ingin memperbaiki keuangan, kita harus mengetahui bagaimana kondisi keuangan kita.

Sampai pada saat saya membuka website finansialku dan menemukan cara cek kesehatan keuangan dengan financial health check up. Buat sahabat yang belum tau apa itu financial health check up saya akan bantu jelaskan.

Kondisi Dompet Sahabat Sehat Lihat melalui Aplikasi Cek Kesehatan Keuangan! 02 Kesehatan Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat? Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku]

 

Jadi, financial health check up atau cek kesehatan keuangan adalah alat untuk mengetahui posisi keuangan Sahabat saat ini.

Ada berbagai aspek dalam keuangan pribadi yang perlu sahabat kelola dengan baik. Mulai dari arus kas bulanan, pengelolaan aset hingga pengelolaan utang.

Yang perlu sahabat tahu, banyak orang lho bisa saja memiliki gaji besar, tetapi ternyata tidak memiliki dana darurat. Padahal dana darurat adalah prioritas paling mendasar dalam perencanaan keuangan.

Bisa juga ternyata gaji besar tersebut hanya ‘numpang lewat’ di rekening setiap bulan dan segera digunakan untuk membayar utang di bulan sebelumnya. Padahal ada batasan proporsi tertentu yang seharusnya dipatuhi untuk membayar cicilan bulanan.

Makanya sahabat pasti pernah dengar istilah ini:

“Gaji besar belum tentu senang, belum tentu kondisi keuangannya sehat.”

 

Gaji Besar Tidak Menjamin Keuangan Yang Sehat

Simple saja, untuk mengetahui sehat tidaknya keuangan seseorang sahabat cukup lihat saja apakah keinginan dan kebutuhan orang tersebut bisa terpenuhi semua.

Coba lihat kebutuhan jangka pendek, menengah maupun panjangnya juga. Jika iya, kemungkinan besar orang tersebut sudah berada pada kondisi keuangan yang sehat sehingga memudahkan orang tersebut untuk capai kebebasan keuangan.

Kondisi Dompet Sahabat Sehat Lihat melalui Aplikasi Cek Kesehatan Keuangan! 03 Kesehatan Keuangan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan?]

 

Kalo sahabat merasa punya penghasilan/gaji yang cukup besar tapi banyak kebutuhan atau keinginan yang tidak dapat terpenuhi, bahkan harus berutang untuk itu, mungkin sudah saatnya sahabat mengetahui kondisi keuangannya.

Silakan coba lakukan financial health check up, dalam financial health check up seluruh aset dan utang sahabat akan diperhitungkan. Hasilnya akan ditunjukkan dalam bentuk rasio-rasio.

 

8 Rasio Pertimbangan Financial Health Check Up

Terdapat 8 rasio yang menjadi pertimbangan dalam financial health check up. Penasaran kan apa saja yang menjadi pertimbangannya? Mari kita bahas satu-persatu.

 

#1 Rasio Tabungan

Yang pertama adalah Rasio Tabungan, bisa dilihat dari besar pendapatan yang sahabat tabungkan atau investasikan setiap tahunnya.

 

#2 Rasio Pendapatan Pasif

Rasio Pendapatan Pasif, rasio ini menunjukkan persentase pendapatan pasif sahabat yang dibandingkan dengan total pendapatan.

 

#3 Rasio Likuiditas

Rasio Likuiditas adalah kemampuan kas atau setara kas (aset likuid) untuk membiayai kebutuhan pengeluaran rumah tangga.

Asumsinya jika sahabat tiba-tiba kehilangan penghasilan tetap, aset likuid tersebut dapat membiayai kehidupan selama beberapa waktu hingga sahabat mendapatkan pekerjaan yang baru.

 

#4 Rasio Aset Likuid terhadap Nilai Bersih Kekayaan

Rasio Aset Likuid terhadap Nilai Bersih Kekayaan. Berapa banyak jumlah nilai bersih kekayaan dalam bentuk kas atau setara kas (aset likuid).

 

#5 Rasio Perbandingan Utang terhadap Aset

Yang kelima yaitu Rasio Perbandingan Utang terhadap Aset, kemampuan sahabat untuk membayar utang-utang yang dimiliki.

 

#6 Rasio Kemampuan Pelunasan Utang

Rasio Kemampuan Pelunasan Utang, bisa dilihat dari besarnya pendapatan dalam setahun yang dapat digunakan untuk membayar utang tahunan.

 

#7 Rasio Perbandingan Nilai Bersih Aset Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan

Rasio Perbandingan Nilai Bersih Aset Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan, menunjukkan besarnya aset investasi dibandingkan nilai bersih kekayaan sahabat.

 

#8 Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas, menunjukkan besarnya kekayaan bersih sahabat dibandingkan dengan aset.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Itu tadi delapan rasio pertimbangan financial health check up yang bisa digunakan untuk mengetahui kesehatan keuangan sahabat.

Kedelapan rasio tersebut memiliki rumus perhitungannya sendiri. Setelah mengetahui jumlah masing-masing rasio tersebut, baru lah sahabat bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan keuangannya.

Saya sempat cari tahu juga tentang rumus-rumus dari masing masing rasio, cukup rumit dan memusingkan sih, apalagi untuk orang seperti saya yang tidak memiliki basic ekonomi dan keuangan.

Hingga sampailah seorang teman memperlihatkan sebuah aplikasi keuangan yang memiliki fitur financial health check up, jadi kita tinggal masukan saja angka-angkanya seperti pendapatan tetap, pendapatan pasif, aset, utang, dan lainnya.

Aplikasi ini secara otomatis akan menghitungkan hasil kesehatan keuangan kita. Ya aplikasi ini tidak lain adalah aplikasi Finansialku.

Sebelum saya beri tahu cara menggunakan fitur financial health check up, pastikan dulu sahabat sudah men-download aplikasinya ya, agar kita bisa langsung mempraktekannya bersama-sama. Silakan klik link di bawah ini untuk download aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara Melakukan Financial Health Check Up di Aplikasi Finansialku

Setelah sahabat berhasil men-download dan registrasi pada aplikasi Finansialku, silakan ikuti langkah-langkah ini:

 

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu Financial Health Check Up.
  2. Masukan data pendapatan sahabat per tahun, kemudian masukan data pengeluaran sahabat per tahun.
  3. Tekan tombol Lanjutan, maka sahabat akan melihat 2 Rasio yang menunjukan kesehatan finansial sahabat.
  4. Sahabat dapat melanjutkan Financial Health Check Up untuk melakukan pengecekan menggunakan 6 Rasio lainnya.
  5. Tekan “Lanjut” untuk melanjutkan atau “Tidak” untuk berhenti.
  6. Jika sahabat menekan “Lanjut”, masukan Aset, Investasi, dan Kewajiban yang saat ini sahabat miliki.
  7. Tekan tombol Lanjutkan.
  8. Sahabat dapat juga mengirimkan hasil Financial Health Check Up ke dalam email sahabat.

 

Gunakan Aplikasi Cek Kesehatan Keuangan Sekarang juga!

Setelah sahabat mengetahui pentingnya dan cara cek kesehatan keuangan, tunggu apalagi ayo cek kesehatan keuangan dari sekarang.

Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk cek kesehatan keuangan, agar memiliki kondisi kesehatan keuangan yang tentunya lebih baik kedepannya. Cek dari sekarang untuk keuangan yang lebih baik!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana, mudah bukan? Jika sahabat memiliki pertanyaan mengenai cara cek kesehatan keuangan? Jangan sungkan tuliskan pertanyaan dan pendapat pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ya.

Oh ya, jangan lupa juga ya untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang yang sedang membutuhkan informasi ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Kesehatan Keuangan 1 – https://goo.gl/JHRe3C
  • Kesehatan Keuangan 2 – https://goo.gl/dF51N9
  • Kesehatan Keuangan 3 – https://goo.gl/sJfsHR