Apakah Anda sering melakukan cek kesehatan keuangan Anda? Tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk cek kesehatan keuangan?

Bagi Anda yang mulai sadar akan keuangannya, mungkin sudah melakukan cek kesehatan keuangan.

Bagi Anda yang belum melakukan cek kesehatan keuangan, kapan Anda akan memulainya? Ketahuilah waktu yang tepat untuk cek kesehatan keuangan disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kesehatan Keuangan

Anda mungkin sering mendengar cek kesehatan badan Anda dan mungkin Anda sering mendengarnya. Apa yang biasanya dilakukan saat Anda cek kesehatan badan Anda?

Anda akan dihadapkan pada beberapa tes dan akhirnya nantinya Anda akan mendapatkan hasil cek kesehatan badan Anda. Apakah ada sesuatu yang tidak ideal atau kesehatan badan Anda sudah ideal.

Dengan dilakukannya cek kesehatan badan Anda dan melalui beberapa tes, dokter Anda pun akan dengan mudah menganalisis apa yang tidak ideal dan ideal di badan Anda, karena dokter Anda telah memiliki data yang lengkap mengenai tubuh Anda.

Sama halnya dengan kesehatan keuangan, kesehatan keuangan memerlukan data-data yang akurat supaya kondisi keuangan Anda dapat di analisis oleh ahlinya, yaitu perencana keuangan.

Kesehatan keuangan Anda tentu akan berpengaruh pada kehidupan Anda secara keseluruhan. Anda tentunya menginginkan ketentraman dan kenyamanan dalam hidup Anda tanpa harus memikirkan kondisi keuangan Anda.

 

Akan sangat tepat jika Anda memiliki sebuah agenda yang tetap untuk melakukan cek kesehatan keuangan ini, tujuannya tentu saja untuk mengetahui kondisi keuangan yang mutakhir.

Cek kesehatan keuangan ini diperlukan untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan keuangan, seperti:

  • Apakah dengan kondisi keuangan Anda yang sekarang, Anda bisa mengambil utang?
  • Apakah dengan kondisi keuangan Anda yang sekarang, Anda bisa mulai berinvestasi?
  • Apakah dengan kondisi keuangan Anda yang sekarang, berapa besar Anda bisa mulai menabung untuk dana Pendidikan anak, dana pensiun atau dana membeli barang (mobil, rumah, dan lain-lain)?

 

Jika Anda ingin mengetahui keadaan keuangan Anda dengan jelas, maka berbagai keputusan yang akan diambil mengenai tujuan keuangan Anda pun akan lebih tepat sasaran, efektif dan efisien.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan 02 Keputusan Keuangan - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Mudah dan Sederhana Cek Kesehatan Keuangan Freelance]

 

Bagaimana jika Anda mengambil keputusan keuangan Anda tanpa memperhitungkan secara pasti dengan kondisi keuangan Anda? Misal:

  • Anda mengambil utang yang Anda perkirakan mampu untuk membayarnya, ternyata seiring waktu berjalan, Anda tidak bisa membayar utang Anda, Anda pun terlilit utang.
  • Anda mulai berinvestasi, ternyata Anda terlalu banyak berinvestasi dan sampai melupakan pengeluaran untuk kebutuhan utama Anda. Investasi Anda pun menjadi sia-sia.

 

Untuk menghindari hal-hal seperti di atas atau contoh kesalahan mengambil keputusan keuangan lainnya, maka diperlukan cek kesehatan keuangan secara menyeluruh.

Selain itu, manfaat dari rutin melakukan cek kesehatan keuangan yang pertama adalah mengetahui kondisi keuangan Anda yang sekarang. Anda pun dapat segera mengetahui posisi kesehatan keuangan Anda.

Apakah kondisi keuangan Anda dalam kondisi sehat atau tidak sehat, pengecekan yang akan Anda lakukan akan meliputi seputar likuiditas, kondisi utang, kondisi tabungan, solvabilitas (ancaman kebangkrutan) dan pendapatan pasif.

Dengan melakukan cek kesehatan keuangan, Anda pun tidak perlu repot menghitung sendiri, terlebih jika background Anda bukanlah dari keuangan.

 

Selain itu, dengan cek kesehatan keuangan juga bisa menjadi bahan untuk perbaikan terhadap kondisi keuangan Anda. Pengecekan ini merupakan langkah awal untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda.

 

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan?

Sekarang Anda mulai mengetahui mengapa membutuhkan cek kesehatan keuangan. Lalu, pertanyaan yang selanjutnya adalah, kapan waktu yang tepat untuk cek kesehatan keuangan?

Kenyataannya, kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan cek kesehatan keuangan ini masih terhitung cukup rendah, meskipun sebenarnya cek kesehatan keuangan ini sangat penting dan tentu saja memberikan banyak manfaat.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan 03 Kesehatan Keuangan - Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Mengecek Kesehatan Keuangan Rumah Tangga?]

 

Hal ini sangat disayangkan, terutama bagi masyarakat Indonesia yang mengalami masalah keuangan yang cukup serius dan membutuhkan penanganan khusus dalam waktu yang cepat.

Dengan semakin pentingnya cek kesehatan keuangan ini, biasanya cek kesehatan keuangan ini setidaknya bisa dilakukan sebanyak 4 kali dalam setahun.

Artinya, Anda perlu melakukan review kondisi keuangan Anda secara berkala setiap 3 bulan sekali.

Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk segera melakukan perubahan alokasi jika diperlukan dan permasalahan keuangan yang Anda hadapi pun tidak akan berlarut-larut.

Tetapi, ada saatnya Anda memerlukan cek keuangan di luar waktu 3 bulan sekali tersebut. Terlebih lagi pada saat momen-momen tertentu yang membutuhkan dana yang besar.

Seperti, setelah melangsungkan pernikahan, tertimpa musibah, mendapatkan kenaikan gaji, bahkan setelah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan masih banyak lagi kondisi-kondisi yang memerlukan perubahan keuangan Anda.

Jika Anda menghadapi beberapa peristiwa di atas, cek kesehatan keuangan sangat perlu dilakukan dengan segera, supaya berbagai tindakan, penyesuaian dan juga keputusan yang penting di dalam keuangan dapat segera dilakukan dengan tepat.

 

Dimana Anda Dapat Melakukan Cek Kesehatan Keuangan?

Anda dapat melakukan cek kesehatan keuangan di https://cek.finansialku.com atau Anda juga bisa melakukan cek kesehatan keuangan di aplikasi finansialku. Anda perlu mengisi data-data finansial yang diperlukan.

 

Data-data yang diperlukan adalah pendapatan Anda, pengeluaran Anda setiap tahunnya. Selain itu, Anda pun perlu memasukkan pendapatan investasi, pendapatan pasif yang Anda miliki.

Anda cukup mengklik lanjut ketika Anda sudah selesai mengisi semua data yang diperlukan. Anda terus klik lanjut yang selanjutnya akan diarahkan ke menu cek kesehatan keuangan yang kedua.

Dimana, pada cek kesehatan yang kedua ini, Anda cukup memasukkan data berupa aset dan kewajiban yang Anda miliki. Setelah Anda selesai mengisi data-data yang diperlukan, Anda tinggal klik kirim hasil ke email.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan 04 - Finansialku

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan 05 - Finansialku

 

Gambar di atas, adalah contoh ketika Anda melakukan cek kesehatan keuangan dari aplikasi. Jika Anda menggunakan browser, maka akan disuguhkan hasil seperti gambar di bawah ini.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan 06 - Finansialku

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan 07 - Finansialku

 

Hasilnya berupa rasio-rasio keuangan, yang nantinya ada keterangan tidak ideal dan ideal. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana caranya mengubah kondisi tidak ideal menjadi ideal, Anda dapat menghubungi perencana keuangan kami.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi Finansialku melalui formulir online, telepon (022 – 2056 5890) atau email (Solusi@Finansialku.com)

 

Cek Kesehatan Keuangan Anda Secara Berkala

Sudah saatnya Anda melakukan cek kesehatan keuangan Anda, dimana dengan Anda melakukannya secara rutin dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan keuangan yang tepat dan efektif.

Jika Anda sudah melakukan cek kesehatan keuangan dan Anda merasa memerlukan panduan bagaimana caranya merencanakan keuangan. Anda dapat men-download ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk cek kesehatan keuangan.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk cek kesehatan keuangan. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Cek Kesehatan Keuangan – https://goo.gl/CLTNG8
  • Keputusan Keuangan – https://goo.gl/qkXhtf
  • Kesehatan Keuangan – https://goo.gl/WymJv8