Kebebasan keuangan atau sering kali disebut juga dengan financial freedom adalah kata-kata yang sering diteriakan oleh para pembawa seminar dan/atau bisnis MLM (multi level marketing). Sebenarnya apakah itu kebebasan keuangan ? Jika Kita sampai ke tahap kebebasan keuangan apa dampaknya?

m4 kebebasan keuangan

Finansialku akan membahas mengenai kebebasan keuangan dalam artikel kali ini. Semoga artikel mengenai kebebasan keuangan ini dapat bermanfaat bagi Kita, terima kasih.

 

Kebebasan Keuangan vs Belum Bebas Keuangan

Kebebasan keuangan (dalam bahasa Inggrisnya financial freedom atau financial independence) menurut Wikipedia adalah keadaan keuangan seseorang atau keluarga yang memiliki sejumlah pendapatan untuk dapat hidup tanpa harus bekerja keras (bekerja aktif).

Banyak perencana keuangan atau penasihat keuangan di Amerika yang menyarankan agar orang-orang bisa mencapai kebebasan keuangan. Salah satu perencana keuangan yang mengajarkan orang-orang untuk menuju kebebasan keuangan adalah Robert T. Kiyosaki. Beliau menulis dalam bukunya berjudul Casflow Qudrant: Rich Dad guide to Financial Freedom, cara orang bekerja lebih sedikit (work less), mendapatkan lebih (earn more), membayar pajak lebih kecil (pay less in taxes) dan merasa aman secara keuangan (more financially secure).

Illustrasi dari kebebasan keuangan menurut Robert Kiyosaki seperti sebuah jebakan tikus (rat race). Robert Kiyosaki dalam buku dan ajarannya mengatakan kondisi keuangan seseorang dapat diibaratkan sebagai jebakan tikus (rat race).

rat-race-cage kebebasan keuangan

[Baca juga : Sebelum Berinvestasi Kenali Dulu Anda Investor Tipe Berapa?]

 

Maksudnya jebakan tikus (rat race) adalah: bangun pagi, berangkat kantor, kerja keras, mendapat uang, membelanjakan uang (terkadang kita konsumerisme), kekurangan uang dan harus utang, kerja keras lagi dan seterusnya. Financial freedom adalah usaha Kita untuk keluar dari jebakan tikus.

 

Kebebasan Keuangan tidak sama dengan Kaya

Apa definisi Kaya? Banyak orang memiliki banyak definisi kaya, kita asumsikan definisi kaya adalah jika pendapatan bersih setahun sebesar Rp 500.000.000 atau lebih (pendapatan dikurangi pengeluaran). Jika pendapatan seseorang sangat besar belum tentu orang tersebut bebas keuangan. Contoh pendapatan seseorang sebesar Rp 100.000.000 per bulan, tetapi pengeluarannya Rp 110.000.000 maka orang tersebut belum bebas keuangan.

 

Cara menuju Kebebasan Keuangan

Banyak cara menuju kebebasan keuangan, tetapi cara yang paling umum digunakan adalah dengan menciptakan pendapatan pasif (passive  income). Sebelum menciptakan pendapatan pasif adalah meningkatkan edukasi atau pendidikan mengenai keuangan agar Kita bisa melek keuangan. 

apa-ya-investasi-yang-sesuai-dengan-kepribadian-saya-01-finansialku

[Baca juga : Kenali 5 IQ Keuangan dan Nilai IQ Keuangan Anda]

 

Pendapatan pasif adalah pendapatan yang berasal dari bisnis. Ciri-cirinya pendapatan pasif adalah ketika Kita berhenti bekerja, uang tetap terus mengalir karena ada sistem yang bekerja mencarikan uang untuk Kita. Contoh pendapatan pasif adalah menyewakan rumah, memiliki pombensin, menyewakan kendaraan dan lain-lain.

Beberapa contoh cara mendapatkan pendapatan pasif:

  • Menulis buku: Penulis buku mendapatkan keuntungan dari pendapatan royalty. Nilai royalty akan ditulis dalam sebuah kontrak dan dibayarkan sesuai dengan yang tertuang dalam kontrak.
  • Membuat aplikasi handphone atau computer: Pengembang (software developer) juga mendapatkan keuntungan dari royalty dan beberapa sumber pendapatan lainnya, misal biaya perawatan (maintenance fee), biaya pemasangan dan lain-lain.
  • Menghasilkan penemuan: Membuat penemuan yang luar biasa. Biasanya berhubungan dengan penemuan-penemuan di bidang teknologi modern.
  • Membeli Waralaba: Membeli waralaba yang memiliki track record yang terpercaya. Finansialku akan membahas detil mengenai bisnis waralaba pada kesempatan lainnya.
  • Bergabung dengan MLM: Bergabung dengan MLM untuk mendapatkan pengetahuannya dan pola pikirnya. Bukan dari uangnya. Kalau ditanya, kira-kira untuk jadi wirausaha (entrepreneur) hal apa yang perlu dikuasai? Hal yang paling dasar untuk dikuasai adalah penjualan penjualan dan penjualan. Cara belajar menjadi penjual bukan dari teori tetapi dari praktek maka seperti kata NIKE yaitu JUST DO IT.
  • Menyewakan properti: membeli properti, kemudian disewakan ke orang-orang untuk mendapatkan arus kas bulanan.

apa-ya-investasi-yang-sesuai-dengan-kepribadian-saya-02-finansialku

[Baca juga : Pendapatan Pasif : Uang Bekerja untuk Kita]

 

 

Kesimpulan

Kebebasan keuangan atau financial freedom belum jadi hal yang beken di Indonesia. Bersyukurlah apabila Anda sudah mengenal adanya kebebasan keuangan dan benar-benar paham mengenai kebebasan keuangan. Jangan lupa mulai untuk meningkatkan pendidikan keuangan (tidak harus kuliah) tetapi tetap harus mengembangkan kemampuan diri.  Sekarang saatnya untuk bersiap untuk merencanakan jalan menuju kebebasan keuangan.

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuMenjadi Kaya tanpa Cari UangBaca
finansialkuMengatur Keuangan Keluarga dan PribadiBaca
finansialkuWaspadai Penipuan Kartu Kredit dan Kartu DebitBaca
finansialkuTips Mengajukan Kredit Usaha untuk Bisnis Rumahan dan UMKMBaca
finansialkuApapun, Kapanpun, BerapapunBaca