Mengenal pengertian pendapatan pasif dan bagaimana cara kerjanya.

Yuk simak selengkapnya dalam panduan belajar berikut ini.

 

Pengertian Pendapatan Pasif

Pendapatan pasif adalah pendapatan yang berasal dari bisnis. Bagaimana cirinya, sederhananya pendapatan pasif adalah ketika Kita berhenti bekerja, uang tetap terus mengalir karena ada sistem yang bekerja mencarikan uang untuk Kita. Contoh pendapatan pasif adalah menyewakan rumah, memiliki pom bensin, menyewakan kendaraan dan lain-lain.

 

Cara Kerja Pendapatan Pasif

Bagaimana cara kerja pendapatan pasif? Kok kita bisa bebas keuangan? Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

Cara kerja pendapatan pasif

Cara kerja pendapatan pasif

 

Pendapatan aktif Kita, mulai Kita konversi atau ubah ke asset-asset yang dapat menghasilkan pendapatan untuk Kita.  Tentunya agar asset Kita dapat mendatangkan uang, Kita harus memiliki sebuah mesin atau sistem bisnis.

 

Sumber Pendapatan Pasif

Memang ada beberapa sumber pendapatan pasif yang perlu mempersiapkan uang terlebih dahulu. Namun, ada juga beberapa sumber pendapatan pasif yang bisa Anda hasilkan dengan kreativitas Anda sendiri.

Temukan ide kreatif untuk menambah jumlah penghasilan Anda dengan contoh sumber pendapatan pasif berikut ini.

 

Buat Sebuah Blog

Membuat sebuah blog ternyata bisa berpotensi untuk menjadi sumber pendapatan pasif Anda. Jika Anda dapat secara konsisten menggunakan blog Anda dan menciptakan banyak nilai dan kegunaan bagi banyak orang, Anda dapat menghasilkan jumlah penghasilan pasif yang luar biasa.

Jika lalu lintas viewers Anda begitu banyak, ini akan mengundang aliran pundi-pundi Rupiah masuk ke akun bank Anda. Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat aliran pendapatan bisa bertumbuh.

 

Membuat Aplikasi

Di dunia yang canggih dan semakin modern ini, manusia cenderung semakin terbantu dengan teknologi, terutama melalui telepon pintar mereka. Aplikasi dapat menjadi sumber penghasilan yang sangat menggiurkan. Aplikasi membuat hidup orang lebih mudah.

Ciptakan sesuatu yang unik dan tentu saja dapat digunakan dan memudahkan orang untuk melakukan kegiatan mereka, memberi kemudahan dan juga memberi keuntungan. 

 

Online Shop

Istri Steve Chou adalah salah satu pengusaha online shop yang memberanikan diri untuk keluar dari pekerjaannya dan menekuni bisnis yang dikendalikan dari rumahnya sendiri.

Penghasilan tahun pertamanya saja bisa mencapai US$100.000 atau setara dengan Rp1,45 miliar. Nikmati sumber pendapatan pasif melalui berjualan produk secara online hanya dari rumah pribadi Anda.

 

Jual Hasil Tangkapan Kamera Anda

Apakah Anda suka dengan fotografi?

Ketika Anda sedang berjalan-jalan di taman atau ketika melihat pemandangan indah dan unik serta mengabadikannya dalam sebuah bentuk tangkapan kamera, Anda mungkin dapat mengubahnya menjadi sumber pendapatan pasif.

Situs web fotografi seperti Shutterstock dapat memberi Anda platform untuk menjual foto Anda. Mereka mungkin menawarkan persentase atau biaya tetap dari setiap foto yang dijual kepada para klien.

Anda hanya perlu membuat portofolio foto Anda, meletakkannya di satu atau lebih platform foto, dan kemudian pendapatan Anda menjadi benar-benar pasif. Semua teknis penjualan foto ditangani melalui platform website.

 

Menjadi Vlogger

Anda dapat membuat video di hampir semua area yang Anda sukai, seperti musik, tutorial, opini, komedi, ulasan film (apapun yang Anda inginkan atau hobi Anda) kemudian Anda bisa mengunggahnya di YouTube.

Selanjutnya, Anda dapat melampirkan Google AdSense ke video, yang akan menghamparkan video Anda dengan iklan otomatis. Ketika pengunjung akun YouTube mengklik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan uang tambahan dari AdSense.

Tentu saja Anda harus membuat video yang menarik yang memiliki daya tarik kepada para pengunjung akun YouTube Anda dan mempromosikan video tersebut di situs website media sosial.

 

Pendapatan Pasif Online

3 model bisnis yang bisa menciptakan pendapatan pasif online ala Pat Flynn.

 

Model FP (Freelance to Product Model)

Model ini dimulai dari pendapatan aktif. Pada model ini Anda memulainya dari freelancing. Kemudian Anda menemukan masalah yang dapat diselesaikan dengan suatu produk.

Ya, memang kita sedang berbicara tentang pendapatan pasif. Namun, Anda memerlukan penghasilan aktif terlebih dahulu.

Cara freelancing dapat dikatakan sebagai cara nomor satu untuk memulai bisnis sendiri. Anda akan belajar banyak keterampilan melalui freelancing.

Freelancing juga direkomendasikan karena dapat membantu Anda mengenal industri dengan baik, sehingga Anda dapat menemukan peluang yang membantu Anda menciptakan produk yang berhasil.

Setelah Anda sudah menjalani bisnis aktif, Anda dapat mengubahnya menjadi lebih pasif dengan menggunakan produk yang Anda buat. Misalnya, dengan membuat software aplikasi, atau bahkan memiliki pekerja untuk membantu Anda melakukan beberapa pekerjaan.

 

Model AA (Audience and Advertising Model)

Pada bisnis model ini ditekankan bahwa mengiklankan adalah jalan untuk memperoleh pendapatan pasif. Cara ini adalah model yang paling sering digunakan untuk memiliki pendapatan pasif online.

Jika Anda adalah seorang YouTuber atau Blogger, apakah Anda sudah memiliki banyak subscribers di YouTube atau traffic di blog Anda?  Maka model ini bisa menjadi pilihan Anda untuk memiliki pendapatan pasif online.

Jadi Anda mempertemukan pengiklan dengan audience, sehingga Anda dibayar untuk itu. Intinya Anda bisa membangun sesuatu secara online, memasang iklan, serta menghasilkan uang tanpa harus melakukan apa-apa.

Semakin banyak Anda memasang iklan, maka akan semakin banyak pendapatan Anda. Namun, tentunya Anda juga harus terus mengembangkan channel YouTube Anda atau traffic blog Anda.

Setiap model memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Kelemahan dalam model AA ini adalah iklan yang ada tidak dapat diprediksi.

Selain itu, membangun audience pun tidak mudah. Anda harus memiliki sesuatu yang berharga dan bermanfaat bagi orang lain untuk dibagikan. Tentunya hal itu semua membutuhkan waktu. Tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa membangun audience dalam waktu singkat.

Kebanyakan orang yang telah berhasil di model ini, tidak terdengar bahwa mereka harus bekerja keras setiap hari untuk mendapatkan lebih banyak penggemar dan pengikut.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba model yang satu ini.

Model EP (Expert to Product Model)

Dalam model ini Anda tidak perlu memiliki banyak audience untuk memiliki pendapatan pasif dan menghasilkan uang secara online.

Dengan sedikit pengikut saja, Anda dapat menggunakan model EP ini untuk menghasilkan pendapatan pasif. Namun jangan biarkan kata “Expert” menakut-nakuti Anda. Mungkin Anda berpendapat bahwa expert berarti Anda harus benar-benar menguasai suatu hal.

Expert yang dimaksudkan di sini adalah Anda bisa menjadi “Expert” di mata orang lain.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu mengetahui sedikit lebih banyak dari apa yang mereka lakukan. Misalnya, dengan Anda memiliki pengalaman, ide, dan opini yang unik.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan Anda dari orang lain. Dengan begitu maka mereka akan belajar lebih banyak lagi dari Anda.

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang berhasil menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, bisnis dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan melakukan dua cara.

Cara tersebut adalah menyelesaikan masalah orang lain atau menyelesaikan masalah yang lebih besar. Kelebihan dalam model EP ini adalah terkadang produk-produk tersebut tidak harus milik Anda.

Anda dapat merekomendasikan layanan atau produk dari orang atau perusahaan lain. Pemasaran ini dikenal dengan nama pemasaran afiliasi.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis model EP ini? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menjadi “Expert” di mata orang lain seperti yang telah disebutkan di atas.

Anda dapat menjadi expert dari berbagai pengalaman Anda dalam mempelajari sesuatu dan membagikan pengalaman Anda kepada mereka.

Cara lainnya adalah dengan mengidentifikasi minat yang Anda miliki. Anda juga bisa menanyakan masalah apa yang sedang dihadapi oleh orang-orang. Hal ini dapat memungkinkan Anda mendapatkan ide untuk memulai bisnis.

 

Jika Sobat Finansialku belum membaca panduan belajar chapter 2, berikut list-nya:

 

Selanjutnya, Sobat Finansialku dapat membaca panduan belajar chapter 3: Cara Meningkatkan Penghasilan.

 

Jika Sobat Finansialku ingin memiliki perencanaan keuangan yang baik dan tujuan keuangan yang jelas, Anda dapat berkonsultasi dengan Financial Planner Finansialku.

Yuk download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store sekarang! Nikmati konsultasi dan cek kesehatan keuangan dengan akses premium gratis selama 30 hari. 

Jika Anda merasa terbantu dengan aplikasi Finansialku premium, silakan gunakan kode voucher WEBTAHUNAN saat melakukan upgrade aplikasi premium dan dapatkan diskon langsung Rp 50 ribu.

 

Cara menambah penghasilan untuk Anda yang memiliki pendapatan tidak tetap. Simak selengkapnya dalam video di bawah ini.

 

Editor: Nurdevi Noviana

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/2TL9rcv