Ketahui sekarang tempat wisata di Malaysia yang asik buat liburan dan bagus buat Instagram.

Malaysia, sebuah negara yang sangat dekat dengan Indonesia yang bahkan berbatasan langsung dengan Indonesia di bagian pulau Kalimantan.

Malaysia sendiri merupakan tujuan wisata yang sangat sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia karena jaraknya yang dekat dan bahasa pengantar Melayu-nya yang mudah dimengerti.

Di artikel ini akan dibahas 35 tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di kota-kota besar Malaysia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur merupakan ibukota dari negara Malaysia dan merupakan kota terbesar yang ada di Malaysia. Kuala Lumpur sendiri merupakan pusat bisnis, finansial, budaya dan ekonomi Malaysia. Kuala Lumpur juga merupakan salah satu kota yang terkenal di dunia akan pariwisata dan pusat perbelanjaannya.

Tentunya, jika Anda mengunjungi Malaysia, Kuala Lumpur adalah salah satu kota yang harus Anda kunjungi.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur yang dapat Anda nikmati.

 

#1 Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas yang merupakan salah satu ikon Negara Malaysia pernah tercatat menjadi menara tertinggi di dunia pada tahun 1998 hingga tahun 2004.

Peringkat menara tertinggi tersebut akhirnya direbut oleh Dubai atas gedung Burj Khalifa-nya dan Taiwan oleh menara Taipei 101-nya.

Menara Kembar Petronas ini terletak di jantung kota Kuala Lumpur sehingga akses menuju ke tempat ini cukup mudah.

Tempat Wisata di Malaysia 01 Menara Kembar Petronas - Finansialku

Menara Kembar Petronas

 

Menara Kembar Petronas menawarkan sebuah atraksi, yaitu jembatan udara yang letaknya di lantai 41 dan 42 dengan ketinggian 170 meter yang mana jembatan tersebut menghubungkan kedua menara.

Di dalam komplek Menara Kembar Petronas ini juga terdapat Taman KLCC serta pusat perbelanjaan Suria KLCC.

 

#2 Taman KLCC (Kuala Lumpur City Centre)

Taman KLCC merupakan sebuah taman yang dibuka untuk umum yang menawarkan keasrian serta pemandangan hijau yang sangat elok.

Taman ini terletak di bawah Menara Kembar Petronas. Taman ini sendiri berada di pusat kota dan dikelilingi oleh gedung-gedung pencakar langit.

Tempat Wisata di Malaysia 02 Taman KLCC (Kuala Lumpur City Centre) - Finansialku

Taman Kuala Lumpur City Centre

 

Di taman ini, terdapat sebuah danau buatan yang juga dilengkapi dengan air mancur. Jika kebetulan Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan pertunjukkan air mancur yang diterangi oleh lampu berwarna-warni yang sangat indah.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi Taman KLCC tersebut.

 

#3 Taman Burung KL (Kuala Lumpur Bird Park)

Taman Burung KL merupakan bagian dari Taman Botani Perdana dan di dalam taman ini, terdapat 3.000 ekor burung yang terdiri dari 200 spesies lokal maupun asing.

Taman Burung Kuala Lumpur ini terbagi atas 4 zona, zona pertama dan kedua adalah zona di mana burung-burung dapat terbang bebas. Zona ketiga adalah Hornbill Park dan zona yang terakhir adalah zona di mana burung-burung dipamerkan di dalam kandang.

Tempat Wisata di Malaysia 03 Taman Burung KL (Kuala Lumpur Bird Park) - Finansialku

Taman Burung KL

 

Di taman yang terletak sekitar 10 menit dari pusat Kota Kuala Lumpur, burung-burung dibiarkan terbang bebas dan hidup di habitatnya masing-masing.

Anda juga dapat melakukan interaksi dengan unggas-unggas tersebut, misalnya dengan memberi makan, berfoto, atau melihat proses pengeraman telur buatan menggunakan inkubator.

Salah satu yang cukup terkenal adalah zona kedua yang merupakan taman untuk Burung Enggang, seekor burung yang memiliki bentuk unik yang mana paruhnya berbentuk tanduk lembu tetapi tanpa lingkaran.


 

#4 Bukit Bintang

Area Bukit Bintang merupakan sebuah area yang cukup luas yang dimulai dari Jalan Bukit Bintang (Raja Chulan Road) dan berakhir di Jalan Pudu.

Bukit Bintang merupakan Times Square ala New York bagi Malaysia, tempat yang terkenal akan kawasan hiburan dan pusat perbelanjaan ini tidak pernah sepi pengunjung.

Tidak hanya turis asing, wisatawan lokal hingga warga Kuala Lumpur sendiri datang ke sini untuk berbelanja. Mulai dari barang dengan harga miring yang dapat Anda tawar hingga barang branded internasional yang dapat Anda temukan di Bukit Bintang.

Beberapa daftar mall yang dapat Anda kunjungi di sini adalah Berjaya Times Square, Starhill Gallery, Pavilion Kuala Lumpur, Fahrenheit 88 dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata di Malaysia 04 Bukit Bintang - Finansialku

Bukit Bintang

 

Di malam hari, Bukit Bintang ini akan menjadi sebuah jalanan pusat kuliner. Anda dapat menyantap makanan khas Malaysia dan hidangan hasil laut yang sangat lezat.

Anda pun dapat mengunjungi food court Lot 10 di mana di tempat ini, Anda akan menemukan banyak sekali kios-kios penjual makanan khas Malaysia, seperti hokkian mee, char kwe teow, prawn noodle dan lainnya.

 

#5 Menara Kuala Lumpur

Menara Kuala Lumpur ini juga merupakan salah satu ikon negara Malaysia yang merupakan menara tertinggi setelah Menara Kembar Petronas.

Salah satu daya tarik menara ini adalah Anda dapat bersantap di restoran yang dapat berputar 360 derajat yang berada di puncak menara.

Tempat Wisata di Malaysia 05 Menara Kuala Lumpur - Finansialku

Menara Kuala Lumpur

 

Di sini, Anda dapat melihat pemandangan kota Kuala Lumpur yang sangat megah di siang hari dan juga pada malam hari. Anda dapat menikmati pemandangan lampu kota.

 

#6 Lake Gardens

Lake Gardens merupakan sebuah taman dengan luas 227 hektar yang juga dikenal dengan nama Tun Abdul Razak Heritage Park.

Taman ini berdaratan cukup rata dan telah disediakan jalur pejalan kaki sehingga pengunjung dapat lebih mudah menjelajahi taman.

 Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan hijau dan udara yang sejuk sembari menyewa Segway atau pun naik sepeda.

Tempat Wisata di Malaysia 06 Lake Gardens - Finansialku

Lake Gardens

 

Taman ini merupakan kumpulan taman-taman kecil, seperti Taman Kembang Sepatu, Taman Rusa, dan Monumen Nasional.

Monumen Nasional atau The National Monument merupakan sebuah monumen yang dibangun pada tahun 1966 untuk mengabadikan 11.000 korban yang jatuh pada Perang Dunia I.

 

#7 Museum Kesenian Islam

Museum Kesenian Islam adalah tempat yang menyimpan sejarah peradaban Islam di Malaysia dan di dunia. Museum Kesenian Islam ini juga merupakan museum yang menyimpan kesenian Islam terbesar di seluruh Asia Tenggara.

Tempat Wisata di Malaysia 07 Museum Kesenian Islam - Finansialku

Museum Kesenian Islam

 

Di sini, Anda dapat menyaksikan berbagai peninggalan bersejarah yang berhubungan dengan agama Islam, mulai dari pakaian, perabotan hingga model detail masjid-masjid yang terkenal di dunia.

Museum Kesenian Islam ini pada bagian atasnya, memiliki kubah yang berwarna biru turquoise yang besar dan juga dinding yang terbuat dari kaca yang memberikan ruang untuk masuknya cahaya alami. Bagian langit-langit kubah juga didesain dengan pola Islami yang indah.

 

#8 Sri Mahamariamman

Sri Mahamariamman merupakan sebuah kuil bagi umat Hindu yang berada di komplek Chinatown dan merupakan kuil agama Hindu tertua dan terkaya di Kuala Lumpur.

Sri Mahamariamman didirikan pada tahun 1873 oleh K. Thamboosamy Pilai.

Tempat Wisata di Malaysia 08 Sri Mahamariamman - Finansialku

Sri Mahamariamman

 

Kuil ini mempunyai arsitektur yang unik dan bangunan yang indah. Salah satu daya tarik kuil ini adalah gopuram (menara) 5 tingkat yang ada di sini.

Selain itu, bagian gerbang pintu pun dibentuk menyerupai sebuah piramida, yang didekor dengan pahatan dewa-dewa di agama Hindu.

Jika Anda beruntung, Anda pun dapat menyaksikan budaya dan perayaan umat Hindu.

 

#9 Malaysia Textile Museum

Malaysia Textile Museum merupakan museum yang memberikan Anda informasi mengenai sejarah kain dan pakaian di Malaysia. Museum ini terletak tepat di seberang Merdeka Square.

Museum yang memiliki arsitektur campuran antara Moghul-Islamic ini dibuka untuk umum pada tanggal 9 Januari 2010. Malaysia Textile Museum terdiri dari 2 tingkatan bangunan dan untuk mengunjunginya, Anda tidak akan dikenakan biaya (gratis).

Tempat Wisata di Malaysia 09 Malaysia Textile Museum - Finansialku

Malaysia Textile Museum

 

Di sini, Anda dapat melihat langsung macam-macam kain Malaysia dan alat serta cara pembuatan kain-kain tradisional.

Tidak hanya negara sendiri, di Malaysia Textile Museum, Anda juga dapat melihat koleksi kain tradisional dari negara lain seperti Indonesia, Thailand dan India.

Anda pun dapat membeli beberapa souvenir dari Malaysia Textile Museum di Gift Shop yang berada di lantai dasar museum.

 

#10 Malaysia National Museum

Malaysia National Museum atau Muzium Negara ini merupakan sebuah pengenalan yang baik mengenai sejarah, ekonomi, politik, seni, geografis, dan budaya negara Malaysia.

Di sini Anda dapat berlibur sembari melakukan wisata edukasi mengenal sejarah negara Malaysia.

Di dalam museum ini, terdapat 4 galeri utama, yaitu Galeri Early History, The Malay Kingdom, Colonial Era, dan Malaysia Today. 4 galeri ini akan memberikan Anda informasi mengenai 4 era sejarah Malaysia.

Tempat Wisata di Malaysia 10 Malaysia National Museum - Finansialku

Malaysia National Museum

 

Arsitektur bangunannya sendiri mengambil desain Minangkabau dari Indonesia dan di bagian pintu masuk, Anda akan disambut dengan 2 buah mural besar yang terbuat dari mosaik gelas Italia yang menggambarkan peristiwa besar Malaysia dan aktivitas budaya.

Anda pun dapat mengikuti tur gratis untuk menjelajahi museum ini dengan ditemani oleh seorang pemandu.

 

#11 Sunway Lagoon Theme Park

Sunway Lagoon Theme Park ini merupakan surga untuk anak-anak Anda dan di dalam taman bermain ini, terdapat 6 taman bermain dengan wahana permainan yang berbeda satu sama lainnya dengan tema yang berbeda pula.

6 taman tersebut adalah Nickelodeon Lost Lagoon, Water Park, Wildlife Park, Extreme Park dan Amusement Park. Hanya dengan mengunjungi satu tempat, Anda dapat menaiki lebih dari 80 wahana dan atraksi yang menarik.

Tempat Wisata di Malaysia 11 Sunway Lagoon Theme Park - Finansialku

Sunway Lagoon Theme Park

 

Tidak hanya wahana permainan, Anda pun dapat menikmati pertunjukkan seperti Welcome Dance yang diadakan di bagian pintu masuk, Characters Meet & Greet di mana Anda dan anak-anak Anda dapat berfoto dan bermain bersama karakter kartun serta tokoh lucu, Mali Cove Dance yang merupakan pertunjukkan tarian yang sangat unik.

 

Penang

Kota kedua yang juga kaya akan tempat wisatanya adalah negara bagian Penang yang terletak di bagian Barat Laut negara Malaysia.

Penang sendiri terdiri dari 2 bagian, yang pertama adalah Penang Island, tempat di mana Georgetown, ibukota Penang berada dan Seberang Perai.

Penang sendiri merupakan sebuah kota wisata yang sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia, banyak yang datang berobat atau mencicipi kuliner-nya yang sangat terkenal.

Tidak hanya kuliner, Penang juga terkenal akan keindahan pantainya dan dijuluki oleh majalah Forbes sebagai 17 destinasi terbaik di tahun 2017.

Berikut adalah beberapa objek wisata yang dapat Anda kunjungi.

 

#12 Kuil Kek Lok Si

Kuil Kek Lok Si merupakan sebuah kuil Buddhis yang terletak di Air Itam dan kuil ini menghadap ke laut dan menawarkan sebuah pemandangan yang luar biasa indah.

Kuil Kek Lok Si yang dibangun pada tahun 1890 hingga 1930, merupakan sebuah bangunan pagoda yang didesain dengan perpaduan antara budaya Tiongkok, Myanmar dan Thailand dan merupakan vihara terbesar di Malaysia dan salah satu kuil yang paling terkenal di pulau Penang.

Tempat Wisata di Malaysia 12 Kuil Kek Lok Si - Finansialku

Kuil Kek Lok Si

 

Kuil ini memiliki sebuah daya tarik yang sangat luar biasa, yaitu Pagoda of Rama VI.

Pagoda of Rama VI atau yang juga disebut dengan nama Pagoda 10.000 Buddha (Pagoda of Ten Thousand Buddhas) merupakan pagoda yang memiliki 7 tingkat yang mengoleksi lebih dari 10.000 patung Buddha yang terbuat dari pualam dan perunggu.

Selain itu, salah satu hal yang spesial dari Kuil Kek Lok Si adalah patung perunggu Dewi Kuan Yin setinggi 30,2 meter.

 

#13 The Habitat Penang Hill

The Habitat Penang Hill merupakan sebuah tempat wisata edukatif dan wisata alam di mana di tempat ini, Anda dapat melihat keindahan ragam flora, panorama hutan serta pemandangan laut yang mengagumkan.

Jika Anda berkunjung ke The Habitat Penang Hill, Anda harus menaiki wahana The Canopy Walk, di mana Anda akan merasakan berjalan di atas udara sembari melewati pepohonan yang rindang.

Yang unik dari The Canopy Walk ini adalah pembuatannya tree friendly yang mana tidak ada satu baja pun yang dibangun dengan merusak tanaman dan pohon di sekitarnya.

Tempat Wisata di Malaysia 13 The Habitat Penang Hill - Finansialku

The Habitat Penang Hill

 

Tree Top Walk merupakan sebuah platform pemandangan setinggi 13 meter dan merupakan platform yang paling tinggi di Penang. Dari tempat ini, Anda dapat melihat keseluruhan Penang dengan sudut pandang 360 derajat. Tree Top Walk ini dapat sekaligus menampung 120 orang.

Selain The Canopy Walk dan Tree Top Walk, juga terdapat wahana lainnya seperti The Red Garden, Fragrance Garden dan Butterfly Bank.

Tentunya tempat ini merupakan sebuah alternatif bagi Anda yang telah penat dengan suasana perkotaan.

 

#14 Gurney Drive

Berkunjung ke kota Penang tentunya belum lengkap jika Anda belum mencicipi kuliner khas kota ini.

Jika Anda ingin mencoba kuliner yang lengkap, maka Anda harus berkunjung ke Gurney Drive.

Tempat Wisata di Malaysia 14 Gurney Drive - Finansialku

Gurney Drive

 

Di sini, Anda dapat mencicipi kuliner lokal hingga kuliner internasional, mulai dari yang halal hingga yang non-halal.

Bahkan Gurney Drive ini buka hingga tengah malam karena pengunjungnya yang selalu ramai.

 

#15 Penang National Park

Penang National Park terletak di bagian Timur laut Pulau Teluk Bahang. Di dalam Penang National Park terdapat hutan dan pantai yang merupakan sebuah tempat di mana Anda dapat melakukan trekking hutan, berkemah, memancing dan kehidupan alam bebas.

Pada jalur trekking di hutan, terdapat 2 jalur trekking yang dapat Anda jalani yang pertama adalah sebuah jalur melalui Monkey Beach (Teluk Duyung) dan jalur kedua membawa Anda ke Kerachut Beach (Pantai Kerachut).

2 jalur ini terdapat jalanan yang licin, terjal dan banyak pepohonan dan dapat Anda selesaikan dalam 2 hari.

Tempat Wisata di Malaysia 15 Penang National Park - Finansialku

Penang National Park

 

Jika Anda tidak ingin berjalan, Anda pun dapat menyewa sebuah kapal dan kapal tersebut akan membawa Anda berkeliling di pantai.

Salah satu trip yang cukup terkenal adalah perjalanan yang mana Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan jika Anda beruntung, Anda pun dapat melihat bayi kura-kura.

Anda pun dapat berjalan di atas kanopi sepanjang 250 meter. Di sini, Anda dapat melihat pemandangan di atas 15 meter dari tanah.

 

#16 Bukit Bendera

Bukit Bendera atau yang mempunyai nama lain Penang Hill ini terletak di ketinggian 735 meter di atas permukaan laut dan berjarak kurang lebih 6 kilometer dari Georgetown.

Bukit Bendera merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan beragam daya tarik, mulai dari wisata alam, situs agama Hindu hingga pusat perbelanjaan.

Tempat Wisata di Malaysia 16 Bukit Bendera - Finansialku

Bukit Bendera

 

Bukit Bendera ini juga menawarkan rute pendakian yang cukup mudah, yang mana dalam waktu 2 sampai 3 jam, Anda dapat mencapai puncak.

Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah, panorama kota Georgetown terutama jika Anda telah sampai di puncak Bukit Bendera tersebut.

 

#17 Penang War Museum

Penang War Museum atau Museum Perang Penang merupakan sebuah museum yang berlokasi di Bukit Batu Maung, bagian Tenggara Pulau Penang.

Tempat Wisata di Malaysia 17 Penang War Museum - Finansialku

Penang War Museum

 

Museum ini berdiri di atas bangunan yang merupakan benteng pada masa penjajahan Inggris dan di dalam sini terdapat berbagai benda bersejarah dan juga ruangan bawah tanah.

 

#18 Fort Cornwallis

Fort Cornwallis adalah sebuah benteng yang terbesar yang ada di Malaysia dan merupakan bangunan tertua yang ada di Penang. Fort Cornwallis ini mengambil nama dari Marquis Charles Cornwallis dan dibangun pada tahun 1786.

Walaupun benteng ini dibangun untuk fungsi militer, benteng ini akhirnya digunakan untuk fungsi administratif.

Tempat Wisata di Malaysia 18 Fort Cornwallis - Finansialku

Fort Cornwallis

 

Ketika Anda memasuki area Fort Cornwallis, Anda akan disambut oleh sebuah patung Captain Francis Light yang terbuat dari perunggu.

Di dalam sini, Anda akan melihat sel penjara, tempat penyimpanan amunisi dan mercusuar untuk pelabuhan yang dahulunya dipakai untuk mengirimkan sinyal untuk kapal-kapal yang datang.

Di bagian Barat Daya benteng, terdapat sebuah gereja Penang pertama yang dibangun pada tahun 1799. Di dalam sini, Anda dapat melihat beberapa meriam perunggu, termasuk Seri Rambai yang merupakan simbol fertilitas.

 

Langkawi

Kota ketiga yang tidak kalah indahnya adalah kota Langkawi. Kota ini terdiri dari 99 pulau yang berada di bagian Barat pantai Malaysia. Langkawi sendiri dikelilingi dengan air laut yang biru dan jernih serta bukit-bukit dan sawah.

Pemandangan yang lengkap ini menjadikan Langkawi sebagai salah satu kota wisata yang selalu ramai pengunjung. Langkawi juga dikenal sebagai salah satu tempat menyelam yang memberikan pemandangan bawah laut yang sangat indah.

Berikut adalah beberapa objek wisata yang dapat Anda datangi ketika berkunjung ke Langkawi.

 

#19 Langkawi Cable Car

Langkawi Cable Car merupakan sebuah tempat wisata yang mana Anda dapat menikmati keseruan berkendara mengunakan gondola atau kereta gantung dan melayang di ketinggian 709 meter di atas permukaan laut.

Tempat Wisata di Malaysia 19 Langkawi Cable Car - Finansialku

Langkawi Cable Car

 

Anda pun dapat menikmati pemandangan hutan tropis yang mempesona sepanjang 20 menit perjalanan Anda.

 

#20 Pulau Dayang Bunting

Disebut Pulau Dayang Bunting karena bentuk pulau ini sangat unik dan menyerupai seorang perempuan hamil yang sedang berbaring. Pulau unik ini terletak di Langkawi, Malaysia.

Pulau Dayang Bunting ini menawarkan keindahan pantai dan kejernihan air laut. Hingga saat ini, banyak yang percaya bahwa bagi wanita yang sulit mendapatkan anak dapat dianugerahi anak jika berenang di Tasik Dayang Bunting ini.

Tempat Wisata di Malaysia 20 Pulau Dayang Bunting - Finansialku

Pulau Dayang Bunting

 

Terdapat sebuah legenda unik mengenai Pulau Dayang Bunting ini.

Tasik Dayang Bunting atau Pulau Dayang Bunting ini dipercaya menjadi kolam pemandian seorang putri selestial yang bernama Mambang Sari. Kemudian, seorang pangeran yang bernama Mat Teja jatuh cinta dan menipu Mambang Sari ini untuk akhirnya menikah dengannya.

Tetapi, sayangnya, anak mereka jatuh sakit karena penyakit misterius dan meninggal pada usia 7 hari. Karena kesedihan yang sangat dalam, akhirnya Mambang Sari meninggalkan jenazah bayinya di Tasik Dayang Bunting ini dan kembali ke khayangan.

 

#21 Langkawi Crocodile Farm

Langkawi Crocodile Farm merupakan taman konservasi dan penangkaran buaya yang terletak di Langkawi, Malaysia. Di sini, terdapat sekitar 1.000 ekor buaya yang mana buaya-buaya tersebut kebanyakan telah dijinakkan.

Di dalam tempat ini, Anda dapat melihat atraksi buaya, memberi makan buaya dan wahana menantang lainnya.

Tentunya, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan Anda karena pihak pengelola telah menyiapkan pemandu dan pawang buaya yang telah terlatih secara profesional.

Tempat Wisata di Malaysia 21 Langkawi Crocodile Farm - Finansialku

Langkawi Crocodile Farm

 

Selain ketiga kota di atas, terdapat pula kota-kota lain yang tidak kalah indah dan menawarkan objek wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Di bawah ini, merupakan daftar beberapa kota di Malaysia beserta objek wisata yang harus Anda kunjungi yang beragam, mulai dari wisata alam, rekreasi hingga wisata budaya.

 

#22 Gua Batu (Batu Caves), Selangor

Tempat ini merupakan ikon wisata kota Selangor dan merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Batu Caves sendiri adalah gua batu kapur yang terdiri dari 3 gua utama dan beberapa gua kecil.

Saat memasuki tempat ini, Anda akan disambut oleh patung Dewa Murugan setinggi 42,7 meter yang dilapisi emas.

Tempat Wisata di Malaysia 22 Gua Batu (Batu Caves) - Finansialku

Batu Caves

 

Setelah itu, Anda akan menaiki 272 anak tangga yang curam sembari dikelilingi oleh banyak monyet liar berkeliaran.

Setiap tahunnya, di sini akan diadakan festival agama Hindu Thaipusam yang mana akan dipenuhi oleh umat Hindu dari seluruh dunia.

 

#23 National Zoo (Zoo Negara), Selangor

Zoo Negara adalah kebun binatang Malaysia yang dikelola oleh pemerintah. Di dalam kebun binatang ini, terdapat lebih dari 5.500 hewan dari 400 spesies yang berbeda.

Tempat Wisata di Malaysia 23 National Zoo (Zoo Negara) - Finansialku

National Zoo

 

Salah satu daya tarik Zoo Negara ini adalah panda raksasa yang didatangkan langsung dari China. Tidak hanya menawarkan wisata kebun binatang, Zoo Negara juga menawarkan wahana dan atraksi permainan lainnya yang juga menyenangkan.

 

#24 Pulau Redang, Terrengganu

Jika Anda mencintai pemandangan laut dan olahraga menyelam, maka Pulau Redang adalah tujuan wisata di Malaysia yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pulau Redang ini menyajikan pemandangan air laut yang sangat jernih dan dari daratan, Anda dapat melihat keragaman biota laut yang sangat indah.

Tempat Wisata di Malaysia 24 Pulau Redang - Finansialku

Pulau Redang

 

Untuk menyewa tempat penginapan di pulau Redang ini memang cukup mahal, tetapi Anda dapat menikmati fasilitas snorkeling dan diving.

 

#25 Pulau Manukan, Sabah

Pulau Manukan merupakan sebuah pulau yang menawarkan pesona keindahan laut yang terletak di kawasan Sabah, Malaysia Timur. Pulau ini merupakan pulau terbesar kedua di kawasan wisata Taman Tukul Abdul Rahman, sebuah taman maritim nasional pertama milik Malaysia.

Pulau Manukan sendiri merupakan pulau yang paling banyak pengunjungnya, dengan total pengunjung kurang lebih 200.000 orang setiap tahunnya.

Tempat Wisata di Malaysia 25 Pulau Manukan - Finansialku

Pulau Manukan

 

Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus menggunakan kapal dari kota Kinabalu yang hanya memakan waktu 15 menit. Oleh karena itu, kebanyakan pengunjung Pulau Manukan ini merupakan warga Kota Kinabalu.

Pulau Manukan ini sangat terkenal bukan hanya karena dekat dengan perkotaan, tetapi juga pantai dengan pasir putihnya yang memiliki panjng hingga 1,5 km.

Dengan arus air yang tenang dan kedalaman yang rendah, pengunjung akan lebih tenang melepaskan anak-anak mereka untuk bermain di tepi pantai. Beberapa aktivitas lain yang dapat Anda lakukan di pulau ini adalah berenang, menyelam dan snorkeling.

 

#26 Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary, Pahang

Tempat yang berlokasi di Pahang, Malaysia ini merupakan taman serta tempat konservasi gajah khas Asia, Elephus Maximus. Di dalam Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary terdapat 1.200 ekor gajah Asia.

Tempat Wisata di Malaysia 26 Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary - Finansialku

Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary

 

Di sini, Anda dapat berinteraksi langsung dengan gajah-gajah tersebut. Anda dapat memandikan gajah di sungai atau memberi makan gajah-gajah tersebut.

Dengan berwisata ke tempat ini, Anda akan mendapatkan kesempatan yang sangat jarang dan fantastis di mana Anda dapat berada dekat dengan raksasa lembut ini.

 

#27 Desaru Fruit Farm, Kota Tinggi

Desaru Fruit Farm merupakan sebuah kebun di daerah Kota Tinggi yang mana, Anda dapat memetik langsung buah yang Anda inginkan.

Tempat Wisata di Malaysia 27 Desaru Fruit Farm - Finansialku

Desaru Fruit Farm

 

Koleksi buah di dalam kebun ini pun sangat beragam, mulai dari buah tropis seperti rambutan dan durian hingga buah iklim sejuk seperti stroberi.

Di sini, Anda akan menemukan 100 jenis buah dari 10 spesies yang berbeda.

 

#28 Genting Highland, Genting

Genting Highland merupakan sebuah tempat di mana Anda dapat menemukan segala kebutuhan wisata.

Mulai dari theme park untuk anak-anak Anda bermain, kasino untuk Anda mencoba keberuntungan Anda, resort untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, restoran yang menyajikan kuliner internasional hingga pusat perbelanjaan bagi Anda yang gemar belanja.

Tempat Wisata di Malaysia 28 Genting Highland - Finansialku

Genting Highland

 

Tidak heran karena kelengkapannya tersebut, Genting Highland ini dijuluki The City of Entertainment. Bahkan, di Genting Highland sendiri terdapat beberapa pilihan tempat penginapan.

Selain langsung menuju ke sini, Anda pun dapat mengunjungi Awana kemudian dari Awana menggunakan kereta gantung untuk menuju ke Genting Highland.

 

#29 Garama Proboscis Monkey Sanctuary, Sandakan

Tempat wisata ini akan memberikan Anda pengalaman untuk menelusuri habitat asli dari kera bekantan dengan cara menaiki perahu menyusuri Sungai Garama.

Di sini, Anda dapat melihat monyet-monyet liar dengan bebas bermain dan bergelantung di pohon. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyusuri Sungai Garama ini adalah 2 jam.

Tempat Wisata di Malaysia 29 Garama Proboscis Monkey Sanctuary - Finansialku

Garama Proboscis Monkey Sanctuary

 

Tentunya waktu tersebut dapat tergolong singkat apalagi ketika Anda telah disuguhi pemandangan hutan tropis yang mengagumkan.

Di sini pun, Anda dapat bersantap menu makanan lokal sembari melihat pemandangan alam seperti kerbau yang mandi di sungai.

Jika Anda beruntung, di akhir perjalanan, Anda dapat menikmati keindahan langit pada saat matahari terbenam.

 

#30 Malaka River Cruise, Malaka

Malaka merupakan salah satu kota di Malaysia yang bangunan kuno bekas penjajahan masih berdiri.

Untuk mengelilingi seluruh kota Malaka, Anda dapat menyewa sebuah perahu yang memakan waktu sekitar 45 menit untuk 1 trip perjalanannya.

Tempat Wisata di Malaysia 30 Malaka River Cruise - Finansialku

Malaka River Cruise

 

Malaka River Cruise ini merupakan salah satu daya tarik wisata yang paling dicari oleh pengunjung kota ini. Anda akan melewati jembatan, bangunan yang dicat warna-warni dan dipenuhi oleh gambar mural serta toko-toko kuno.

Dengan menaiki perahu ini, Anda dapat mengenal sejarah dan budaya Malaka melalui pemandangan yang ditawarkan.

 

#31 Gunung Mulu National Park Sarawak

Gunung Mulu National Park terdapat 2 gua, yaitu Cave of The Winds (Gua Angin), di mana Anda dapat melihat pemandangan stalaktit dan stalagmit yang menggantung di bagian langit-langit gua dan Deer Cave di mana Anda dapat melihat sarang kelelawar yang menggantung sepanjang 2 kilometer di atas langit gua.

Tempat Wisata di Malaysia 31 Gunung Mulu National Park - Finansialku

Gunung Mulu National Park

 

Di antara kedua gua ini terdapat sebuah aliran sungai yang mana Anda dapat menyewa kapal atau perahu mesin.

 

#32 Masjid Putra, Putrajaya

Masjid Putra menawarkan pemandangan sebuah kemegahan dan arsitektur masjid yang sangat indah. Masjid Putra ini terletak di sebelah Dataran Putra/Perdana Putra, yang merupakan tempat kediaman dan kantor perdana menteri Malaysia.

Masjid yang memiliki warna merah jambu dan dibangun pada bulan Juni 1997 ini dirancang oleh Y. Bhg. Dato’ Dr. Nik Mohamad Bin Mahmood dari perusahaan Senireka Sdn. Bhd.

Salah satu keunikannya adalah masjid ini menghadap ke Danau Putrajaya yang kemudian sering dijuluki sebagai masjid terapung.

Tempat Wisata di Malaysia 32 Masjid Putra - Finansialku

Masjid Putra

 

Anda pun dapat melihat pemandangan Masjid Putra melalui trip dengan perahu sewaan menyusuri Danau Putrajaya. Nama masjid ini sendiri diambil dari nama mantan Perdana Menteri Malaysia Pertama yaitu almarhum Tuanku Abdul Rahman Putra Al Haj.

Bangunan yang memiliki luas 1,37 hektar ini terdiri dari sebuah kubah besar dengan 8 buah kubah kecil dengan 1 menara yang menjulang tinggi.

Keseluruhan bangunan dapat menampung 15.000 jemaah dan tempat ini difasilitasi dengan adanya ruangan serba guna, perpustakaan serta ruang kuliah.

Arsitekturnya sendiri mengadaptasi nuansa Timur Tengah dan dipercaya terinspirasi oleh masjid Sheikh Omar yang terletak di Baghdad.

 

#33 Legoland Malaysia, Johor Bahru

Legoland Malaysia adalah sebuah theme park dengan standar internasional pertama di Malaysia. Legoland Malaysia dibangun pada tahun 2012 dan merupakan Legoland pertama di Asia dan Legoland keenam di seluruh dunia.

Legoland Malaysia merupakan sebuah wahana permainan yang sangat luas di mana taman bermain ini dibagi menjadi 2 wahana utama, yaitu Legoland Theme Park dan Legoland Water Park dengan harga tiket yang berbeda.

Tempat Wisata di Malaysia 33 Legoland Malaysia - Finansialku

Legoland Malaysia

 

Fasilitas yang disediakan oleh taman ini pun sangat lengkap dan sesuai dengan namanya. Semua bangunan di sini, didesain menyerupai tumpukan lego.

Selain wahana bermain, Anda pun dapat merasakan teater 4D dan pertunjukkan. Legoland Malaysia juga menyiapkan toko-toko souvenir serta restoran untuk melengkapi kebutuhan Anda.

 

#34 Taiping Zoo, Perak

Taiping Zoo merupakan sebuah kebun binatang yang berlokasi di bagian utara Semenanjung Malaysia yang memiliki koleksi lebih dari 1.200 fauna yang terdiri dari 140 spesies.

Tempat Wisata di Malaysia 34 Taiping Zoo - Finansialku

Taiping Zoo

 

Salah satu program yang menarik di Taiping Zoo ini adalah Night Safari, yang menawarkan program tur keliling kebun binatang pada malam hari.

 

#35 Sam Poh Tong, Ipoh

Sam Poh Tong merupakan sebuah kuil yang berada di dalam sebuah gua alami yang berlokasi di Gunung Prapat di daerah Ipoh. Di dalam kuil ini, terdapat beragam macam patung dewa dan di bagian langit-langitnya terdapat stalaktit dan stalagmit yang indah.

Tempat Wisata di Malaysia 35 Sam Poh Tong - Finansialku

Sam Poh Tong

 

Para pengunjung hanya diberi waktu satu jam untuk mengelilingi kompleks kuil.

Anda tidak akan dikenakan biaya apapun agar bisa masuk ke kuil gua. Tetapi sebaiknya, Anda memberikan sedikit donasi kepada para Biksu dan Biksuni yang mengelola kuil.

 

Menghormati Negara Tetangga

Salah satu hal yang harus Anda ingat ketika berkunjung ke negara lain adalah menghormati adat dan budaya negara tersebut.

Ketika Anda berwisata ke negara lain, berarti Anda harus mengikuti norma dan hukum yang ada di negara tersebut.

Untuk memudahkan perjalanan Anda, sebaiknya Anda melakukan penelitian singkat tentang apa yang tidak boleh dilakukan di negara tujuan Anda.

 

Pernahkah Anda mengunjungi negara Malaysia? Apa pendapat Anda mengenai negara Malaysia? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang disebutkan di atas?

Silahkan bagikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 19 April 2015. Manukan Island, the Most Popular Island of Sabah. Mysabah.com – https://goo.gl/ZaKpN4
  • Admin. 10 Things to Do in Lake Gardens Kuala Lumpur. Kuala-lumpur.ws – https://goo.gl/rKpFZR
  • Admin. 17 Desember 2015. 2 Masjid Paling Cantik Dan Megah di Kota Putrajaya Yang Patut Kamu Kunjungi. Shu-travelographer.com – https://goo.gl/gaxDms

 

Sumber Gambar:

  • Menara Kembar Petronas – https://goo.gl/4XsMvT
  • Taman KLCC (Kuala Lumpur City Centre) – https://goo.gl/qhLHNm
  • Taman Burung KL (Kuala Lumpur Bird Park) – https://goo.gl/L4jXCX
  • Bukit Bintang – https://goo.gl/9UimXW
  • Menara Kuala Lumpur – https://goo.gl/HTcFbo
  • Lake Gardens – https://goo.gl/19edNG
  • Museum Kesenian Islam – https://goo.gl/3Xzs1N
  • Sri Mahamariamman – https://goo.gl/m634Zv
  • Malaysia Textile Museum – https://goo.gl/a4o451
  • Malaysia National Museum – https://goo.gl/aRuXjC
  • Sunway Lagoon Theme Park – https://goo.gl/t4xmuA
  • Kuil Kek Lok Si – https://goo.gl/M4nNn8
  • The Habitat Penang Hill – https://goo.gl/wvFQZe
  • Gurney Drive – https://goo.gl/82U45X
  • Penang National Park – https://goo.gl/t84Gpo
  • Bukit Bendera – https://goo.gl/h7fYzQ
  • Penang War Museum – https://goo.gl/UnvD6v
  • Fort Cornwallis – https://goo.gl/qtiqDN
  • Langkawi Cable Car – https://goo.gl/xBPnjk
  • Pulau Dayang Bunting – https://goo.gl/uNZg8y
  • Langkawi Crocodile Farm – https://goo.gl/c4p1Lh
  • Gua Batu (Batu Caves) – https://goo.gl/cH7WAF
  • National Zoo (Zoo Negara) – https://goo.gl/vwh3Vj
  • Pulau Redang – https://goo.gl/jpG1qX
  • Pulau Manukan – https://goo.gl/tU1JyU
  • Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary – https://goo.gl/zgYNtL
  • Desaru Fruit Farm – https://goo.gl/XbhLUM
  • Genting Highland – https://goo.gl/KjieUT
  • Garama Proboscis Monkey Sanctuary – https://goo.gl/wCxcwD
  • Malaka River Cruise – https://goo.gl/aq1et6
  • Gunung Mulu National Park – https://goo.gl/bavRtv
  • Masjid Putra – https://goo.gl/vmPTzN
  • Legoland Malaysia – https://goo.gl/9su9wg
  • Taiping Zoo – https://goo.gl/vYmKiC
  • Sam Poh Tong – https://goo.gl/MXGxFG

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG