Sudah siapkah Anda untuk liburan murah ke Malaysia hanya dengan budget di bawah Rp2 jutaan? Siapkan dana perjalanan Anda dari sekarang! Yuk simak ulasan dari artikel berikut ini yang akan memberikan gambaran bagi Anda dalam mempersiapkan dana perjalanan yang dibutuhkan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Liburan Murah Ke Malaysia

Malaysia memang sebuah negara yang cocok menjadi salah satu destinasi wisata, baik mereka yang senang dengan wisata kota, tradisional etnik hingga wisata kuliner.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke luar negeri namun dengan alokasi dana yang murah meriah, pastikan Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata Anda untuk mengisi waktu liburan Anda yang berharga.

Tidak butuh biaya yang mahal untuk berlibur ke Malaysia, hanya dengan biaya di bawah Rp2 juta, Anda dapat menikmati liburan menyenangkan di Negeri Jiran, Malaysia.

Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan Siapkan Dana Perjalanan Anda! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

 

Bagi Anda yang belum pernah sekalipun menginjakkan kaki ke Malaysia dan ingin berpengalaman liburan wisata yang murah meriah, berikut ini beberapa tips dan panduan yang dapat menjadi referensi serta gambaran bagi Anda untuk liburan yang menyenangkan di sana.

 

Siapkan dana liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku. Daftarkan diri Anda di sini atau Anda dapat men-download Aplikasi Finansialku di Google Play Store.

Rencana Dana Liburan
Rencana Dana Liburan

 

#1 Siapkan Tiket Pesawat Pulang Pergi Liburan Murah Ke Malaysia

Beberapa maskapai penerbangan dan juga perusahaan travelling memberikan berbagai tawaran promo yang dapat Anda lihat melalui smartphone atau laptop Anda. Anda disarankan untuk membeli tiket promo dan membandingkan, mana yang lebih murah. Usahakan sesuai dengan dana yang Anda anggarkan.

Tentukan tanggal dimana Anda pergi dan pulang tidak bentrok dengan jadwal penting kantor Anda. Misalnya, Anda tidak mungkin kan mengambil cuti pada tanggal dimana sudah ditetapkan akan ada audit berkala? Usahakan untuk membeli tiket langsung pulang pergi agar lebih aman.

 

#2 Menyusun Itinerary

Walaupun liburan, tetap saja Anda perlu ada jadwal yang telah tersusun sedemikian rupa agar liburan tetap menyenangkan dan tidak membuang waktu sia-sia. Ada baiknya Anda menyusun daftar tujuan wisata atau tempat yang akan Anda kunjungi seperti tempat-tempat menarik yang biasanya menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan.

Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan Siapkan Dana Perjalanan Anda! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Berikut ini sebuah itinerary yang dapat menjadi gambaran bagi Anda dalam membuat rencana kunjungan wisata.

 

Hari pertama

  • Putrajaya Sightseeing Tour
  • Batu Caves
  • Menginap di daerah Central Market

Catatan:

Melakukan penerbangan di pagi hari, dari KLIA 2 menggunakan KLIA Transit menuju stasiun Putrajaya Sentral dengan tiket seharga 9,4 RM (ringgit Malaysia).

 

Mengikuti paket Putrajaya sightseeing tour seharga 20 RM selama dua jam. Makan siang di Putrajaya sentral, terdapat restoran prasmanan yang harganya mulai 6-8 RM.

Melakukan perjalanan dengan Bus Nadi Putra 502 menuju KL Sentral dengan tarif 3,80 RM

Menitip tas di loker seharga 10 RM, kemudian membeli tiket commuter line tujuan batu caves pulang-pergi seharga sekitar 5,7 RM.

Kembali ke KL Sentral dan makan malam 14 RM. Menuju daerah pasar seni dengan Bus GO KL yang free alias gratis. Rata-rata penginapan di daerah pasar seni sekitar 25-40 RM per malam

 

Hari kedua

  • Genting Highland
  • Bukit Bintang
  • KLCC (Kuala Lumpur Convention Center)

Catatan:

Kembali menggunakan bus GO KL menuju KL Sentral, kemudian membeli tiket bus GO Genting pulang-pergi sekitar 15 RM termasuk harga cable car pulang pergi.

 

Kembali ke KL Sentral, masih menggunakan bus Go KL menuju Bukit Bintang.

Menikmati Malam di KLCC (Kuala Lumpur City Center) dari bukit bintang bisa ditempuh dengan bus GO KL.

Dari KLCC ke pasar seni masih menggunakan bus GO KL.

 

Hari ketiga

  • Dataran Merdeka
  • KL Gallery
  • Masjid Jamek
  • Kuliner di dekat Masjid India
  • Central Market

Catatan:

Dari penginapan bisa ditempuh dengan jalan kaki menuju Dataran Merdeka. Begitu juga dengan Masjid Jamek serta kawasan kuliner di Masjid India dan juga Central Market.

 

Menuju KLIA 2 (Kuala Lumpur International Airport), dari sini terlebih dahulu menuju KL Sentral dengan bus GO KL. Lalu gunakan bus menuju bandara seharga 11 RM.

NB: Anda disarankan untuk istirahat sejenak di airport sebelum melakukan flight keesokan paginya. Ada beberapa spot yang bisa Anda gunakan untuk tidur dengan nyaman tanpa perlu membayar seperti menginap hotel.

Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan Siapkan Dana Perjalanan Anda! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Liburan Murah dan Tips Hemat Wisata ke Singapura]

 

Dengan mengacu pada kurs Rupiah sebesar Rp3.135 per 1RM, maka total Biaya Liburan di Malaysia 3 hari 2 malam kurang lebih 126.9 RM atau sekitar Rp397 ribu (diluar tiket pesawat pulang pergi).

 

#3 Bawa Botol Minuman

Jika Anda ingin lebih menghemat, Anda dapat membawa botol minuman dari rumah. Usahakan botol minuman dibawa dengan kondisi kosong atau tidak terisi saat memasuki bandara.

Setibanya di Malaysia, Anda dapat mengisi botol air minum di kran air langsung minum yang tersebar di bandara ataupun tempat wisata bahkan hostel tempat Anda menginap bisa saja menyiapkan air minum gratis.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai manfaat mencatat pengeluaran. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

#4 Cari Referensi Liburan Ke Malaysia

Anda dapat melakukan blogwalking dengan membaca berbagai pengalaman dari para wisatawan asal Indonesia yang pernah berlibur ke Malaysia. Cari berbagai informasi tambahan mengenai tujuan ia di Malaysia.

Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan Siapkan Dana Perjalanan Anda! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah)]

 

Kunjungi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi tanpa mengeluarkan biaya, seperti:

  • Menara Kembar Petronas
  • KLCC (Kuala Lumpur Convention Center)
  • Menara KL
  • Daerah Bukit Bintang
  • Jalan Alor
  • Masjid Jamek
  • Jalan Masjid India
  • Dataran Merdeka di KL City Garden
  • Masjid Negara
  • Stesen Kuala Lumpur.
  • Taman Tasik
  • Pasar Seni
  • Jalan Petaling (Chinatown)
  • Kuil Sri Mahamariamman
  • Kuil Batu Caves
  • Brickfield, KL Sentral

 

#5 Hindari Menggunakan Taksi dan Manfaatkan Bus GO KL

Seperti contoh itinerary pada poin nomor 2, Anda disarankan untuk tidak menggunakan taksi sebagai alternatif transportasi ketika berlibur ke Malaysia apabila Anda memang ingin mengeluarkan anggaran yang tidak terlalu besar.

Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan Siapkan Dana Perjalanan Anda! 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kekinian! Inilah Top 10 Beach Club Di Bali]

 

Manfaatkan fasilitas Bus Go KL yang dapat Anda gunakan secara gratis. Hal yang perlu Anda ingat adalah jam operasional dari bus ini, dimana pada saat weekend, bus ini akan beroperasi maksimal hingga pukul setengah dua belas malam.

Pelajari peta Bus GO KL yang dapat Anda lihat di Bus STOP atau Halte Bus GO KL.

 

 

#6 Siapkan Dana Darurat

Di saat liburan pun tetap Anda harus mempersiapkan dana darurat atau dana cadangan karena kita tidak akan tahu hal-hal yang akan terjadi terutama harga-harga yang diluar estimasi. Bisa saja ada kenaikan harga atau mungkin seperti pengalaman seorang teman yang kehilangan dompetnya.

Untung saja bukan passport (pasti akan sangat menyusahkan apabila passport hilang) dan tidak semua uang ditaruh di dompet tersebut.

Taruhlah uang cadangan di dalam tas Anda yang ditinggal di hostel (usahakan hostel sudah dikenal aman dan petugas room boy atau cleaning service yang jujur).

Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan Siapkan Dana Perjalanan Anda! 07 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Pasar Terapung Paling Bagus di Dunia, Ada Indonesia Juga Lho!]

 

Kantong Aman Hati Senang

Tidak selamanya liburan ke luar negeri itu mahal. Jika Anda adalah seorang yang memiliki relasi yang luas dan memiliki teman yang tinggal di Malaysia, mungkin Anda bisa menghubunginya untuk sekadar mengurangi biaya penginapan.

Atur anggaran Anda sedemikian rupa dan yang terpenting adalah momen indah saat liburan yang Anda habiskan bersama dengan keluarga atau sahabat.

 

Apakah Anda pernah Liburan Murah ke Malaysia dengan budget di bawah Rp2 juta? Bagikan pengalaman Anda saat mendapatkan tiket promo yang sangat menggiurkan dan berbagai pengalaman menarik seputar liburan di Malaysia melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Puputaryanto. 21 Desember 2014. 17 Wisata Gratis Di Kuala Lumpur, Malaysia. Backpackology.com – https://goo.gl/D8UC9R
  • Eka Herlina. 17 November 2016. Panduan Liburan Murah ke Kuala Lumpur Untuk Pertama Kali. Phinemo.com – https://goo.gl/PweVZk

 

Sumber Gambar:

  • City View of Kuala Lumpur – https://goo.gl/HvJBBk dan https://goo.gl/xjQegi
  • Batu Caves – https://goo.gl/YATBVM
  • Kuala Lumpur International Airport – https://goo.gl/yR3eST
  • Twin Towers Petronas – https://goo.gl/jmTkrg
  • Bus Go KL – https://goo.gl/jrCPVP
  • City – https://goo.gl/Uvxajy

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang