Bagaimana tips dalam memilih hotel dan alternatif penginapan untuk menghemat budget liburan? Bayangkan Anda sedang berada di pinggir pantai sembari menikmati matahari yang terbenam, begitu indah dan menyenangkan. Berlibur merupakan aktivitas yang paling ditunggu oleh banyak orang. Terutama untuk yang hidup di perkotaan, hiruk pikuk dan kemacetan yang ada membuat ingin dapat sejenak menikmati suasana yang berbeda dari yang dimiliki saat ini. Sangat penting untuk merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik agar liburan Anda sesuai dengan harapan dan keinginan.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

7 Tips Memilih Hotel agar Anda dapat Menghemat Budget Liburan

Ketika sudah memutuskan untuk berlibur, semua orang menginginkan tempat dan berbagai hal terbaik yang bisa membuat mereka nyaman dan tenang. Liburan pun sudah tentu berkesan nantinya.

Banyak hal yang patut dipersiapkan sejak awal ketika akan pergi berlibur. Beberapa hal mungkin akan membutuhkan persiapan dari jauh-jauh hari, seperti tiket pesawat, hotel, transportasi selama liburan dan lain sebagainya. Semua ini akan mempengaruhi kualitas liburan Anda. Karena itu, pastikan mempersiapkan liburan Anda dengan sebaik-baiknya.

7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget]

 

Salah satu pengeluaran termahal saat liburan, baik di dalam negeri maupun luar negeri adalah budget akomodasi. Seperti yang kita ketahui akomodasi yang paling nyaman adalah menginap di hotel. Pemilihan hotel yang tidak tepat akan membuat liburan berantakan dan tidak berarti apa-apa. Karena itu, sangat penting untuk menemukan hotel yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa poin di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam memilih hotel yang tepat untuk menginap selama berlibur.

 

#1 Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Tentunya dalam memilih hotel yang sesuai dengan kepribadian dan kondisi keuangan Anda. Jangan memaksakan diri untuk menginap di hotel yang mahal kalau ternyata kondisi keuangan Anda tidak memungkinkan. Hal seperti ini akan menjerumuskan Anda pada masalah keuangan setelah liburan.

Saat ini Anda bisa menemukan hotel yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda dengan cukup mudah. Anda dapat membuka situs pemesanan kamar hotel yang memberikan kemudahan dan harga yang terjangkau untuk Anda, bahkan terkadang dengan berbagai penawaran yang menarik. Dengan begitu, Anda bisa memilih hotel yang sesuai dengan budget. Selanjutnya, Anda hanya perlu mempertimbangkan berbagai hal lainnya di luar harga tersebut.

Panduan Liburan Murah dan Tips Hemat Wisata ke Singapura 01 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Liburan Murah dan Tips Hemat Wisata ke Singapura]

 

#2 Bergabung pada Klub atau Hotel Membership

Bergabung dengan klub hotel atau membership hotel yang memiliki jaringan hotel luas bisa memberi Anda banyak promo diskon menginap di hotel-hotel ternama. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan situs pemesanan kamar lainnya. Belum lagi berbagai penawaran juga diberikan pihak hotel untuk yang memiliki membership, seperti upgrade kamar secara gratis, mendapatkan reward point, fasilitas diskon untuk spa, fasilitas diskon untuk lunch atau dinner di hotel. Beberapa membership hotel memberikan kemudahan dengan menjadi anggota secara gratis dengan cukup mendaftar di website mereka.

Anda juga biasanya akan mendapatkan penawaran-penawaran promo dari jaringan hotel mereka via email. Jadi Anda bisa melihat dan membandingkan antara promo yang diberikan dengan situs pemesanan yang lain.

 

#3 Lokasi Hotel

Lokasi hotel merupakan salah satu penentu untuk Anda dapat menghemat pengeluaran Anda saat berwisata. Hotel yang berada di tengah kota, apalagi yang dikelilingi oleh berbagai tempat wisata kota umumnya harganya akan jauh lebih tinggi dibandingkan yang berada di pinggiran kota.

Ada beberapa hal yang patut dijadikan pertimbangan dalam memilih hotel yang ideal, seperti hotel yang dekat dengan tempat wisata yang akan dikunjungi, hotel yang dekat dengan keramaian dan tempat makan, serta hotel yang berlokasi di kawasan tertentu yang Anda sukai (misalnya, pegunungan atau pantai).

Wisata Murah Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker Lihat Perhitungannya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Murah: Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker? Lihat Perhitungannya!]

 

Beberapa pertimbangan lain juga menjadi penentu dalam pemilihan hotel. Salah satunya adalah transportasi yang Anda butuhkan selama di sana. Jika memilih hotel yang dekat dengan tempat wisata tujuan, Anda tidak lagi direpotkan dalam mencari sarana transportasi dan menghitung biaya tambahan lainnya. Di lain sisi, menginap di tempat yang cukup ramai dan dekat dengan fasilitas publik bisa membuat Anda lebih mudah untuk mencari makan dan kebutuhan lainnya. Namun, konsekuensinya, Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya transportasi untuk menuju lokasi wisata.

 

#4 Sesuaikan Fasilitas dengan Kebutuhan

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk Anda pertimbangkan adalah fasilitas yang akan didapatkan selama menginap. Ini harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan selama berlibur. Jangan sampai Anda membayar hotel dengan fasilitas yang serba “wah”, tapi tidak menggunakan ataupun memanfaatkannya sama sekali selama liburan. Meskipun Anda memiliki kemampuan untuk mendapatkan hotel yang mahal, hal tersebut akan sia-sia kalau tidak digunakan. Lagi pula Anda tidak ingin membuat kesalahan finansial selama berlibur, bukan?

Pertimbangkan juga dengan jadwal berlibur Anda, apakah padat atau tidak. Karena bila jadwal berlibur Anda banyak mengunjungi tempat-tempat wisata maka Anda hanya membutuhkan tempat untuk tidur dan mandi saja. Artinya, akan sangat tepat apabila memilih hotel dengan fasilitas standar dan harga yang tidak terlalu mahal.

Anda juga perlu mempertimbangkan bila Anda ingin bepergian bersama dengan anak-anak dan pasangan. Anda akan membutuhkan hotel yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Sebab anak-anak harus mendapatkan prioritas dalam pemilihan hotel tersebut.

 

#5 Pertimbangkan Kenyamanan

Jangan memesan hotel dengan terburu-buru, Anda perlu melakukan beberapa pertimbangan mengenai kenyamanan dan pelayanan yang akan didapatkan selama menginap di sana nanti. Ketahui dengan jelas mengenai pelayanan dan juga kondisi hotel tersebut. Berbagai informasi ini bisa Anda dapatkan melalui internet.

Saat ini para traveller rajin membuat review mengenai kesannya berwisata. Salah satunya hotel yang dipilihnya. Anda bisa melihat hotel mana saja yang review-nya positif dan layak dipertimbangkan. Ada beberapa hal yang pada umumnya dijadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain biaya menginap, kebersihan, kenyamanan, pelayanan, fasilitas dan yang lainnya.

Dengan melihat review para pengunjung sebelumnya, Anda bisa memiliki deskripsi yang jelas mengenai hotel yang akan digunakan selama liburan. Ini akan memudahkan Anda dalam menemukan hotel yang tepat. Sebab biasanya review juga akan disertai dengan beberapa foto yang menunjukkan kondisi hotel tersebut.

Merencanakan Dana Liburan ke Eropa dengan Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Liburan ke Eropa dengan Aplikasi Finansialku]

 

#6 Travel Agent

Lazimnya, travel agent sudah memiliki supplier tersendiri untuk memilih hotel. Supplier tersebut biasanya sudah “membeli” kamar hotel dalam jumlah besar sehingga harga lebih murah dari published rate. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan travel agent mengenai tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

Terlebih lagi bila Anda akan berwisata dalam grup. Travel agent biasanya akan menyediakan paket tur all-in (sudah termasuk tiket pesawat dan akomodasi) untuk rombongan, harganya kerap lebih murah dibandingkan dengan jalan sendiri.

 

#7 Perbandingan dan Harga yang Tepat

Ketika akan memesan hotel, Anda tetap harus mempertimbangkan harga yang akan dibayarkan. Sebab bisa saja Anda menemukan harga yang berbeda untuk kamar yang sama. Harga yang Anda dapatkan, bahkan bisa jauh lebih mahal ketika memesan langsung ke hotel yang bersangkutan.

Lain halnya jika Anda memesan melalui situs pemesanan secara online untuk kamar yang sama. Anda akan mendapatkan harga kamar yang lebih terjangkau dibandingkan memesan langsung. Hal seperti ini bisa saja terjadi karena pihak hotel memberikan contract rate khusus kepada travel agent tersebut. Bahkan, saat memesan kamar hotel secara online, Anda bisa saja menemukan tarif yang berbeda-beda untuk kamar hotel yang sama. Untuk itu, Anda harus sedikit lebih cermat dalam memilihnya. Lakukan perbandingan harga terlebih dahulu sebelum memilih dan membayar kamar hotel yang akan Anda gunakan.

Jika Anda memang seorang backpacker, tidak ada salahnya memesan kamar pada hari saat akan menginap. Hal ini memang sedikit berisiko. Sebab bisa saja Anda tidak mendapatkan kamar kosong kemudian mencari-cari penginapan lain. Namun, kebanyakan hotel akan menawarkan potongan harga yang besar apabila Anda memesan kamar secara mendadak. Namun, biasanya hal ini terjadi di luar musim liburan. Jadi, Anda tetap harus memperhatikan waktunya dengan baik. Kalau musim liburan, sangat kecil kemungkinan hal seperti ini dilakukan pihak pengelola hotel. Sebab biasanya kamar mereka akan penuh dan habis dipesan sejak jauh-jauh hari sebelumnya.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi]

 

Dalam memilih hotel dan alternatif penginapan sangat penting untuk menemukan yang paling tepat bagi kebutuhan Anda. Cari informasi yang lengkap dan temukan hotel yang paling tepat dengan harga yang pas di kantong Anda. Pertimbangkan juga fasilitas juga kenyamanan dan juga berbagai fasilitas yang akan Anda dapatkan selama menginap di sana. Dengan demikian, liburan Anda akan menyenangkan.

 

Alternatif Akomodasi Selain Hotel

Akomodasi adalah salah satu pengeluaran terbesar yang dimiliki oleh turis dan bila kita dapat mengurangi biaya tersebut maka penghematan besar akan terjadi. Tidak peduli apa selera akomodasi Anda, satu hal yang menjadi kesamaan adalah tidak ada yang mau membayar mahal untuk akomodasi.

Selain menggunakan hotel, kita juga dapat mempertimbangkan alternatif akomodasi lainnya, seperti:

 

#1 Hostel atau Backpacker Hostel

Tinggal di hostel merupakan salah satu alternatif untuk menghemat budget akomodasi Anda. Di hostel, kamar bergaya seperti asrama dengan memiliki fasilitas yang cukup banyak seperti wifi 24 jam, laundry, loker penyimpanan, dan dapur umum. Banyak orang menganggap hostel sebagai “young thing” dan tidak tertarik untuk tidur di asrama. Namun orang sering tidak menyadari bahwa banyak hostel menawarkan kamar yang kecil, single atau ganda yang dirancang untuk pelancong yang berpergian sendiri atau berpasangan.

Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang 03 - Finansialku

[Baca Juga: Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang]

 

Saat Anda hendak bepergian ke negara-negara yang memiliki akomodasi mahal, hostel merupakan salah satu cara untuk Anda dapat menghemat akomodasi Anda. Hostel di beberapa kota besar biasanya dekat dengan transportasi umum dan landmark kota atau atraksi utama pada area turs di kota. Selain itu jika Anda bepergian dalam satu kelompok atau satu keluarga, Anda dapat menggunakan hostel yang memiliki banyak tempat tidur dalam satu ruangan/Family Room.

 

#2 Apartemen

Ketika harga hotel semakin mahal, alternatif lain adalah Anda dapat mencoba untuk menginap di apartemen yang disewakan. Terutama bagi Anda yang ingin menginap dalam satu kota selama beberapa hari. Apartemen seperti ini bisa lebih murah dari hotel dan menyediakan lebih banyak fasilitas.

Anda dapat menemukan banyak penyewaan apartemen di Eropa, Australia, Singapore, Hong Kong, dimana apartemen cenderung disewa setiap minggu. Apartemen ini merupakan pertengahan antara hostel dan hotel, meski bisa sedikit lebih mahal dari hostel. Bagi Anda yang menginap dengan kelompok atau pasangan yang tidak menginginkan kamar hostel, inilah pilihan akomodasi ideal Anda. Alasan lain untuk menggunakan apartemen adalah Anda bisa mendapatkan dapur, yang memungkinkan Anda untuk memasak dan mengurangi biaya makanan Anda.

Selain itu bila Anda bepergian dengan keluarga atau teman-teman dalam group kecil, akan sangat efektif bila Anda menggunakan apartemen. Anda bisa membagi biaya sewa apartemen sehingga total ongkos sewa penginapan akan lebih murah.

Wisata Thailand, Lebih Murah Mana Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent 01 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

#3 Homestay atau Rumah Penduduk

Jika Anda tertarik untuk belajar lebih banyak tentang budaya seseorang saat bepergian ke negara atau kota baru, homestay dapat membantu Anda melakukan hal itu. Homestay merupakan tempat dimana sebuah keluarga menyewakan kamar cadangan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan berkesempatan untuk mengajari Anda tentang gaya hidup mereka. Homestay biasanya juga sudah termasuk sarapan pagi dan mungkin juga makan malam.

 

#4 Camping

Jika Anda benar-benar ingin mendekati alam saat bepergian, maka pilihan yang tepat adalah camping. Tidak ada batasan waktu dalam berkemah, Anda bisa datang dan pergi kapanpun Anda mau. Selain itu beberapa tempat berkemah yang terkenal biasanya cukup membayar sedikit bila Anda ingin berkemah.

Dengan tenda atau tempat tidur gantung, Anda bisa benar-benar tidur dimana saja dan akan selalu memiliki tempat untuk tidur. Selain itu sangat memungkinkan Anda untuk tinggal di daerah terpencil yang mungkin dihindari oleh wisatawan lain karena kurangnya akomodasi. Saat berkemah pastikan Anda dekat dengan sumber air.

Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah)]

 

Kalau Ga Direncanain dari Sekarang, Uang Darimana untuk Liburan?

Saat hendak berlibur kebanyakan orang hanya akan mempersiapkan sejumlah besar uang dan berangkat begitu saja. Padahal lebih baik jika semua direncanakan terlebih dahulu agar semua dana dapat dikendalikan. Anda tentunya tidak ingin sepulang liburan kesehatan finansial Anda terganggu karena tidak matangnya persiapan keuangan sebelum liburan. Finansialku sudah mempersiapkan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda menghitung anggaran dan pengeluaran Anda untuk berlibur. Berikut adalah bentuk simulasi perhitungan dan perencanaan dana liburan keluarga yang dapat dijadikan contoh untuk perencanaan liburan Anda. Contoh menggunakan Aplikasi Finansialku

 

Apakah Anda sedang memilih hotel dan alternatif penginapan murah? Apa yang Anda lakukan untuk menghemat budget liburan Anda? Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Boby Chandro Oktavianus. 18 Desember 2016. Inilah Tips Memilih Hotel yang Pas Buat Liburan. Cermati.com – https://goo.gl/GkMPRJ
  • Matthew Karsten. 23 Januari 2017. How To Find Cheap Travel Accommodation. Expertvagabond.com – https://goo.gl/4UYq1n

 

Sumber Gambar:

  • Liburan – https://goo.gl/tFhN5F
  • Koper Liburan – https://goo.gl/K4KUpe

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com