Hi Travellers! Nama Pulau Wakatobi pasti sudah pernah kamu dengar kan? Pengen tahu alasan kenapa namanya bisa terkenal di tanah air? Berikut ini ulasannya

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Gama Holiday - Together is More Fun

 

Nama Pulau Wakatobi Yang Melegenda

Pulau Wakatobi atau biasa juga disebut sebagai Taman Nasional Wakatobi yang terletak di kabupaten Sulawesi Tenggara ini, menawarkan berbagai keindahan alam. Sebuah organisasi dari PBB yaitu UNESCO telah menginformasikan bahwa ada sekitar 750 spesies koral dari 850 spesies koral, dimiliki oleh Pulau Wakatobi. Beragam jenis biota dan karang yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, hanya ada di Pulau Wakatobi. Kita perlu mensyukuri atas keberadaan Pulau Wakatobi di bumi tercinta, Indonesia.

 

#1 Pulau Hoga

Pulau ini terletak dekat dengan pulau Kaledupa. Selain terdapat 12 spot penyelaman yang memiliki taman laut yang sangat cantik, pulau Hoga memiliki pasir putih yang halus serta air yang sangat jernih.

Kalo kamu enggak punya diving license alias surat izin buat diving, kamu juga tetep bisa free diving kok. Free diving itu semacam snorkeling tapi kamu tetep nyelem ke dalam air. Buat bisa ahli dalam free diving, pastinya kamu tetep harus banyak latihan karena disini kamu harus kuat tahan napas agak lama.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang]

 

Jangan lewatkan juga untuk menikmati sunset di pulau ini. Keindahannya bikin kamu makin jatuh cinta sama pulau kecil ini. Apalagi kalau kamu menikmati sunset indah ini bersama orang yang kamu sayang. Kamu bener-bener bisa menikmati quality time bareng dia.

 

#2 Pantai Kolosoha

Pantai Kolosoha ini terkenal juga dengan nama Pantai Soha. Pantai cantik ini terletak di Pulau Tomia. Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu bakal menjumpai hamparan pasir putih yang lembut dan barisan pohon kelapa yang tumbuh disepanjang pantai ini.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pesona Indonesia: Tempat Wisata Raja Ampat Papua Barat nan Memesona]

 

Mungkin sebagian orang berpikir, ah pohon kelapa di tepi pantai memang udah biasa lah, namanya juga pohon kelapa? Tapi kalo dilihat dari fotonya, kamu bakal melihat ada beberapa perbedaan pohon kelapa di Pantai Kolosoha dengan pohon kelapa yang kamu biasa lihat. Kelihatan kan bedanya?

 

#3 Pantai Cemara

Disini kamu bakal menemukan banyak banget pohon cemara di pinggir pantai. Lokasinya berada di pulau Wanci. Pantai khas Pulau Wakatobi terkenal gradasi warna yang sangat cantik. Perpaduan warna putih dari pasir yang halus, biru air laut yang jernih, hijau dari kumpulan pohon cemara serta biru langit yang cerah.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Pantai cemara ini adalah tempat paling sempurna buat bersantai atau berenang. Tiap akhir pekan juga, banyak anak muda lokal yang datang kesini buat bermain voli. Suasana yang ceria dan orang lokal yang ramah bikin kamu betah banget pastinya ngabisin hari kamu disini.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 05 - Finansialku

[Baca Juga: Negara Bebas Visa yang Bisa Jadi Tempat Wisata untuk WNI]

 

Lokasinya enggak terlalu jauh dari pusat kota Wangi-wangi, hanya berjarak 15 km dari pusat kota Wangi-wangi. Jadi kamu bisa menyewa angkot yang biasa mangkal di pasar dengan biaya sekitar Rp50.000 sampai Rp80.000 saja dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

 

#4 Pulau Anano

Pulau Anano ini terletak di bagian ujung timur kabupaten Wakatobi yang langsung menghadap secara langsung ke arah laut Buru dan Laut Banda. Keindahan pulau Anano ternyata menjadi favorit pasukan penyu untuk bertelur sehingga pulau Anano ini dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Penyu.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 06 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara]

 

Disini kamu bakal sering menjumpai penyu hijau yang dikenal dengan nama Honu dan penyu sisik yang dikenal dengan nama Koila. Banyak juga mahasiswa yang datang ke pulau ini untuk melakukan penelitian.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 07 - Finansialku

[Baca Juga: Life Goal! Kunjungi 5 Pulau Terindah di Indonesia Sebelum Ajal Memanggil]

 

Di pulau Anano ini kamu juga bisa melakukan aktivitas menyelam karena disini keindahan biota bawah lautnya sangat menawan. Suasana pantai yang ditawarkan juga sangat mempesona. Sunset-nya jangan sampai ketinggalan juga ya!

 

#5 Pantai Sousu

Pantai ini terletak di Desa Matahora, kecamatan Wangi-wangi Selatan. Destinasi disini adalah pantai berpasir putih dan pemandangan laut lepas. Kalo disini, yang bagus pas sunrise-nya. Dijamin keren banget dan bikin kamu melek banget.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 08 - Finansialku

[Baca Juga: Keindahan Pulau Belitung yang Memikat Hati Indonesia]

 

Aktivitas yang bisa kamu lakukan disini adalah diving dan snorkeling. Akses ke pantai Sousu ini juga mudah banget! Bisa ditempuh dengan roda dua dan roda empat dengan jarak tempuh hanya 15 km saja.

 

Liburan di Pulau Wakatobi

Masih mengingkari keindahan negeri sendiri? Langsung aja kamu membuktikan keindahan tanah air ini. Sudah siap keliling tanah air, sebelum keliling dunia?

 

Jika kamu baru pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Wakatobi, wisata mana yang mau kamu kunjungi pertama kali? Share jawaban kamu ya di kolom yang sudah disediakan!

 

Sumber Gambar:

  • Pulau Hoga – https://goo.gl/h74UPR dan https://goo.gl/ecejOW
  • Pantai Kolosoha – https://goo.gl/bF4K3n
  • Pantai Cemara – https://goo.gl/elI78n dan https://goo.gl/iL32Lu
  • Pulau Anano – https://goo.gl/KhNuvW dan https://goo.gl/dWvtVi
  • Pantai Sousu – https://goo.gl/nXPwrm

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana