Bagaimana cara hemat rencanakan liburan dan wisata murah ke Jepang? Jepang atau biasa disebut negara matahari terbit merupakan salah satu tempat wisata yang sangat digemari karena keindahan wisatanya. Namun, banyak turis yang mengurungkan niatnya untuk berlibur ke Jepang karena harganya. Agar hemat, yuk rencanakan liburan dan wisata murah ke Jepang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menikmati Liburan Tanpa Harus Boros

Siapa bilang berlibur ke Jepang selalu mahal dan boros? Nyatanya, Anda dapat menikmati liburan tanpa perlu stres akibat biaya berlibur yang mahal hanya dengan perencanaan yang matang. Agar hemat, Finansialku akan membantu Anda untuk rencanakan liburan dan wisata murah  ke Jepang.

Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang 02 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

Tempat-tempat Wisata Jepang yang Harus Dikunjungi

Salah satu tips agar Anda dapat menikmati liburan Anda dengan waktu dan biaya yang terbatas adalah dengan membuat itinerary yang matang. Dengan demikian, Anda dapat mengatur jadwal dengan anggaran yang sesuai dengan kantong Anda.

Jika bicara tentang Jepang, banyak sekali kota yang menawarkan wisata menarik yang dapat Anda kunjungi seperti Tokyo, Hokkaido, Kyoto dan sebagainya. Beberapa tempat wisata di Jepang yang wajib Anda kunjungi adalah sebagai berikut:

 

#1 Kuil Kinkakuji (Golden Pavilion), Kyoto

Kuil Zen yang terletak di utara Kyoto ini terkenal karena berlapiskan emas dan memiliki gaya arsitektur yang berbeda pada setiap lantainya. Di dalamnya juga terdapat sebuah kolam yang dipercaya tidak pernah kering, yakni Kolam Anmintaku, dan tempat melempar koin yang dapat membawa keberuntungan.

Harga tiket masuk: ‎¥400 (± Rp47.200)

 

#2 Disneyland dan Disneysea, Tokyo

Taman bermain yang menjadi tempat wisata kebanggaan Jepang dengan berbagai area bermain dengan konsep yang berbeda-beda. Disneyland menawarkan taman bermain dengan konsep darat, dimana Disneysea menceritakan mitos-mitos dan legenda laut dalam bentuk permainan.

Harga tiket masuk: 1 day passport: mulai dari ‎¥4.100 (± Rp483.800) bergantung kepada usia

 

#3 Gunung Fuji

Gunung tertinggi di Jepang dengan ketinggian mencapai 3.776 meter ini terbentang di perbatasan Yamanashi dan Shizouka. Gunung Fuji menjadi tempat wisata popular saat musim salju, dimana penampakannya akan lebih jelas daripada musim panas.

Harga tiket masuk: –

 

#4 Hakone

Berada di kawasan Taman Nasional Fuji Hakone Isu, Hakone terkenal akan pemandian air panasnya dan pemandangan Gunung Fuji yang terletak di dekatnya.

Harga tiket masuk: –

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Museum Ghibli, Tokyo

Museum yang menawarkan keunikan anime-anime karya Hayao Miyazaki seperti Totoro, Spirited Away, dan Ponyo. Termasuk di dalamnya wisata bus kucing My Neighbor Totoro yang dapat ditunggangi.

Harga tiket masuk: mulai dari ¥100 (± Rp11.800) bergantung kepada usia

 

#6 Peace Memorial Park and Museum, Hiroshima

Didirikan sebagai museum untuk mengenang korban bom nuklir pada tanggal 6 Agustus 1945, museum ini menyediakan dokumentasi dan informasi seputar bom atom dan dampak radiasi.

Harga tiket masuk: dewasa ¥50 (± Rp5.900), pelajar ¥30 (± Rp3.500)

 

#7 Tokyo Skytree, Tokyo

Menara pemancar setinggi 634 meter yang dilengkapi dengan Sky Restaurant pada ketinggian 345 meter ini merupakan kawasan terpadu yang terdiri dari dek observasi, teater, institusi pendidikan, dan area perkantoran.

Harga tiket masuk: –

 

#8 Festival Salju Sapporo, Hokkaido

Festival salju yang terkenal di seluruh dunia ini selalu dinanti para turis pada bulan Februari. Selain Festival Salju Sapporo, Anda dapat menikmati Clock Tower Building yang menyatu dengan museum sejarah.

Harga tiket masuk: –

 

#9 Aquarium Kaiyukan, Osaka

Aquarium yang terbesar dan terlengkap di Jepang ini memiliki 30.000 lebih hewan yang terbagi menjadi 620 jenis termasuk ikan tropis hingga penguin.

Harga tiket masuk: ‎¥2.300 (± 271.400 rupiah)

 

#10 Universal Studio, Osaka

Taman bermain lainnya yang sebenarnya sudah tersebar di seluruh dunia ini juga menjadi salah satu tujuan wisata di Osaka. Dengan wahana terbaru yaitu Wizarding World of Harry Potter, taman bermain ini menawarkan petualangan yang seperti nyata.

Harga tiket masuk: 1 day studio pass: dewasa ¥7.038 (± Rp830.500), anak-anak ¥4.723 (± Rp557.500)

 

Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Biaya Liburan Murah ke Jepang

Berlibur ke Jepang identik dengan harganya yang mahal, mulai dari biaya tiket dan akomodasi, serta biaya hidup disana yang tidak murah. Lalu kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk berlibur murah ke Jepang? Berikut adalah estimasi dari trip ke Jepang:

Kebutuhan WisataEstimasi Harga
¥ (Yen)Rp (Rupiah)
Tiket pesawat29.6003.500.000
Visa (jika belum memiliki e-passport)2.800330.000
Hotel (include breakfast) per hari3.000354.000
Transportasi dalam negeri* per hari

Bus: 500

Subway/kereta: 600

Bus: 59.000

Subway/kereta: 70.800

Konsumsi (per porsi)

Nasi kari: 680

Sushi: 1.400

Onigiri: 100

Air Mineral: 100

Nasi kari: 80.300

Sushi: 165.200

Onigiri: 11.800

Air Mineral: 11.800

Belanja dan oleh-oleh

±1.000

±118.000

Total (4 hari 3 malam)

±64.240

±7.580.400

 

Harga yang digunakan diatas hanyalah estimasi untuk wisata 4 hari 3 malam ke Jepang dengan ketentuan tiket pesawat Jakarta-Tokyo dalam kondisi promo dan penginapan serta makanan merupakan harga rata-rata dan tempat wisata yang dikunjungi adalah tempat wisata yang telah disebutkan dalam poin sebelumnya. Harga tersebut berlaku untuk 1 orang dan belum termasuk dengan biaya passport, bagasi, dan pengeluaran pribadi

Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku]

 

Tips Liburan dan Wisata Murah ke Jepang

Untuk menikmati liburan tanpa biaya yang mahal, Anda dapat mengakalinya dengan menghemat berbagai biaya. Beberapa tips liburan dan wisata murah ke Jepang antara lain:

  1. Tiket Pesawat Murah. Umumnya, tiket pesawat dari Indonesia ke Jepang berkisar Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000, namun Anda dapat membelinya pada saat promo atau fair sehingga Anda dapat memperoleh separuh harga normal.
  2. Alternatif Transportasi dalam Negeri. Transportasi di Jepang sangat mudah digunakan sehingga Anda dapat memilih transportasi seperti bus atau kereta dan menghindari taksi atau shinkansen yang sangat mahal harganya.
  3. Akomodasi Murah. Tips untuk menghindari biaya akomodasi yang mahal adalah dengan memilih akomodasi di pinggir kota. Jepang juga menawarkan berbagai jenis akomodasi terjangkau seperti hostel atau hotel kapsul.
  4. Makanan yang Terjangkau. Jepang memang terkenal dengan kulinernya, namun tidak melulu harus restoran bukan? Anda dapat mencari makanan di kedai-kedai hingga convenience store.
  5. Belanja dan Oleh-oleh. Pusat perbelanjaan di Jepang dapat Anda jelajahi mulai dari mall, pasar malam, hingga toko serba ¥100 Oleh karena itu, jangan cemas, berbelanja di Jepang tidak harus mahal.

 

Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang 05 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Rencanakan Liburan Anda dengan Aplikasi Finansialku

Rencanakan liburan ke Jepang dengan matang agar Anda tidak bertambah stress nantinya dengan tumpukan utang sisa liburan. Salah satu cara solutif untuk merencanakan dana liburan adalah dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Apakah Anda sudah mengunduh aplikasinya? Jika belum, daftar sekarang juga dan nikmati liburan Anda tanpa stress:

 

 

Apakah Anda mengetahui tempat wisata menarik lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Deasy Amalia. 6 Januari 2014. Wisata di Jepang. Wego.co.id – https://goo.gl/KKvwhK
  • Nelson Sitompul. 9 Mei 2015. Tempat Wisata di Jepang yang Populer Terbaru. Wisatania.com – https://goo.gl/LLnPws
  • AsiaQuest Indonesia. 7 Juni 2016. Berapa Biaya Liburan Murah ke Jepang?. Jalan2kejepang.com – https://goo.gl/c7JZ2x
  • Marguerite de Leon. 8 November 2015. Kiat jalan-jalan murah di Kyoto dan Osaka, Jepang. Rappler.com – https://goo.gl/yD4AJW
  • Skyscanner. 1 April 2017. Tips Traveling Hemat Ke Jepang. Skyscaneer.co.id – https://goo.gl/48qd5T

 

Sumber Gambar:

  • Jepang – https://goo.gl/kjaKZt
  • Tokyo – https://goo.gl/T27Qvj
  • Gunung Fuji – https://goo.gl/sVU4TV
  • Osaka – https://goo.gl/UC6rUj
  • Kuil Kinkakuji – https://goo.gl/Dqmrcb

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com