Hi Traveller, Wisata apa saja yang ada di Pulau Komodo? Sebelum merencanakan ke Pulau Komodo, ada baiknya kamu cari tahu dulu informasi wisata Pulau Komodo yang wajib dikunjungi selama kamu ada disana.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

logo-gama-holiday-together-is-more-fun

 

Wisata Pulau Komodo Yang Wajib Dikunjungi

Pulau Komodo merupakan habitat hewan purba yang dinamakan Komodo. Karena hanya bisa bertahan hidup di pulau ini, Pulau Komodo masuk dalam nominasi tujuh keajaiban dunia. Keindahan Pulau Komodo ini banyak menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara. Sayangnya perjalanan ke Pulau Komodo tidak semudah yang dibayangkan. Hanya beberapa maskapai yang tersedia untuk para wisatawan yang mau berkunjung ke Pulau Komodo.

Sejak kedatangan presiden Joko Widodo, penerbangan ke Labuan Bajo semakin dipermudah. Terbukti dengan banyaknya maskapai yang membuka rute penerbangan ke Labuan Bajo. Maskapai milik Indonesia yang bernama Garuda Indonesia juga menyediakan rute Jakarta langsung menuju Labuan Bajo.

Sudah jauh-jauh datang ke Flores, sayang rasanya jika tidak mengunjungi semua tempat wisata Pulau Komodo yang iconic dan instagramable. Dengan mengunjungi Pulau Komodo, kita bakal semakin lebih cinta lagi sama negeri kita sendiri. Penasaran tempat wisata Pulau Komodo mana saja yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Pulau Komodo?

 

#1 Pink Beach

Tahukah kamu pantai berpasir pink ini hanya ada 8 di dunia? Dan Indonesia ternyata menyumbang 2 pantai pink. Warna pink ini dihasilkan dari karang laut berwarna merah yang sudah retak dan tersapu ombak.

Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 8 Tips Buruk ini Saat Anda Melakukan Travelling]

 

Saat siang hari, warna pink di pantai ini semakin terlihat cantik karena terpapar sinar matahari. Disini kamu bisa bawa peralatan renang kamu sambil menikmati keindahan alam bawah laut di Pulau Komodo.

 

#2 Pulau Padar

Tempat wisata Pulau Komodo yang satu ini pasti sering kamu lihat di Instagram. Untuk bisa mendapatkan foto tercantik, kamu harus naik ke atas bukit yang tertinggi. Naik ke puncak Pulau Padar, hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara 03 - Finansialku

[Baca Juga: Life Goal! Kunjungi 5 Pulau Terindah di Indonesia Sebelum Ajal Memanggil]

 

Jalur naiknya agak curam dan berbatu. Jadi siapkan sepatu yang nyaman supaya perjalanan kamu bisa nyaman, aman dan menyenangkan.

 

#3 Gili Lawa

Pulau Komodo memiliki beberapa perbukitan yang cantik dan menggoda untuk di kunjungi. Untuk naik ke puncak bukit, kamu membutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Rute pendakian nya relatif lebih mudah dibandingkan pulau Padar namun lebih panjang.

Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara 04 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips untuk Anda yang Ingin Travelling Sendiri]

 

Dari atas sini, kamu bisa melihat bukit-bukit lain yang ada di Pulau Komodo. Waktu yang paling tepat untuk datang ke Gili Lawa adalah saat pagi hari saat matahari belum terbit. Dari atas sini kamu bisa menonton matahari terbit dengan indahnya.

 

#4 Taman Nasional Komodo

Wisata di pulau Komodo enggak mungkin kan kalau enggak lihat hewan purbanya? Buat masuk kesini, kamu bakal dijagain oleh seorang ranger yang berpengalaman. Ranger disini bertugas menjaga wisatawan agar tidak terlalu dekat dengan si komodo.

Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara 05 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Tempat Romantis di Indonesia]

 

Jangan khawatir, Komodo disini bukan berkeliaran di sepanjang hutan tapi mereka suka nongkrong di bawah dapur. Komodo-komodo ini suka mencium bau daging jadi mereka suka berdiam di bawah dapur. Di Taman Nasional Komodo ini kamu juga bisa trekking keatas bukit untuk melihat pemandangan yang luar biasa cantik. Penasaran?

 

#5 Pulau Rinca

Jadi kalau kamu berencana wisata ke Pulau Komodo enggak usah parno takut ada komodo tiba-tiba nongol di belakang kamu. Komodo-komodo tersebut cuma ada di Taman Nasional Komodo dan Pulau Rinca. Di Pulau Rinca ini, komodonya cenderung lebih muda dan lebih agresif.

Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara 06 - Finansialku

[Baca Juga: Traveller, Hati-Hati Tukarkan Mata Uang Jika Mau Berlibur ke Luar Negeri]

 

Enggak cuma anak-anak aja yang aktif, ternyata komodo yang lebih muda pun juga lebih aktif dan agresif. Jangan berhenti di tempat komodonya aja, trekking juga keatas bukit. Siap-siap terkejut ya dengan pemandangan yang disajikan!

 

#6 Pulau Kalong

Pernah liat jutaan kelelawar terbang diatas kamu? Kalau belum pernah, rencanakan wisata Pulau Komodo-mu dengan mampir ke Pulau Kalong saat senja. Ketika sudah mulai jam 5 sore, bersantailah di deck kapal sambil menunggu kelelawar-kelelawar tersebut keluar dari rumahnya.

Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara 07 - Finansialku

[Baca Juga: Keindahan Pulau Belitung yang Memikat Hati Indonesia]

 

Mereka keluar dari rumahnya untuk mencari makan. Keindahan matahari tenggelam di barengin jutaan kelelawar yang beterbangan wajib banget kamu datangi saat berlibur ke Pulau Komodo.

 

#7 Pulau Kanawa

Wisata Pulau Komodo mana mungkin melewatkan keindahan taman bawah lautnya? Kalau kamu hobi berenang atau mungkin penasaran dengan keindahan alam bawah laut, maka kamu wajib banget mampir ke pulau Kanawa!

Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara 08 - Finansialku

[Baca Juga: Mana Lebih Untung: Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent?]

 

Disini kalau kamu beruntung, kamu bisa menemukan Manta Ray yang super gede! Manta Ray disini termasuk hewan yang jinak asalkan kamu tidak mencoba memegangnya. Kalau kamu berkesempatan bertemu dengan penyu, agak berhati-hatilah karena penyu tersebut suka mematuk jika bertemu dengan benda asing.

 

#8 Goa Batu Cermin

Sudah selesai berkeliling pulau Komodo dengan kapal? Jangan lupa mampir ke Goa Batu cermin sebelum ke bandara.

Wisata Pulau Komodo Yang Dilirik Wisatawan Lokal Maupun Wisatawan Mancanegara 09 - Finansialku

[Baca Juga: Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It!]

 

Di dalam Goa Batu Cermin ini terdapat sebuah patung Bunda Maria yang banyak di datangi orang untuk sekedar berdoa dan bersyukur. Sebelum masuk ke goa, para wisatawan diberi helm untuk pengamanan.

 

Pulau Komodo Wajib Dikunjungi

Sudah jauh-jauh ke Flores, sayang rasanya kalau enggak mampir ke Pulau Komodo. Tempat wisata Pulau Komodo yang beragam wajib kamu datangi saat menyambangi pulau kecil tersebut. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman kamu untuk keliling menikmati keindahan negeri kita.

 

Dari sekian banyaknya wisata di Pulau Komodo, sebutkan 3 wisata yang Anda senangi saat Anda pergi ke sana. Mengapa Anda menyukai tempat wisata itu? Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pulau Komodo – https://goo.gl/4Iq3qU
  • Pink Beach – https://goo.gl/3SSu9v
  • Pulau Padar – https://goo.gl/7chM6z
  • Gili Lawa – https://goo.gl/Chw4OC
  • Taman Nasional Komodo – https://goo.gl/Nxom5j
  • Pulau Rinca – https://goo.gl/oPjEMp
  • Pulau Kalong – https://goo.gl/4t3pbx
  • Pulau Kanawa – https://goo.gl/kiY0dJ
  • Goa Batu Cermin – https://goo.gl/SM0GP5

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang