“To travel is to live” begitulah pepatah yang disebutkan oleh Hans Christian Andersen. Travelling menjadi sebuah gaya hidup yang banyak dicari orang di sela-sela kesibukan masa kini. Dengan meningkatnya kesibukan sehari-hari, sering kali Anda mencari celah untuk mengistirahatkan pikiran dan rileks sejenak. Tentunya saat travelling kita ingin liburan yang nyaman dan menyenangkan. Agar liburan kita nyaman dan menyenangkan, mari kita lihat tips buruk yang dapat Anda hindari.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tips Buruk Saat Travelling

Pernahkah Anda berlibur namun tidak merasa nyaman? Bukannya mengistirahatkan pikiran dan rileks, Anda malah terjebak dalam keramaian atau bahkan tersesat di kota yang tidak Anda ketahui. Hal-hal tersebut tentunya membuat liburan menjadi tidak menyenangkan. Finansialku akan membantu Anda dengan beberapa tips yang sebaiknya Anda hindari saat berlibur.

Hindari 8 Tips Buruk ini Saat Anda Melakukan Travelling 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips untuk Anda yang Ingin Travelling Sendiri]

 

#1 Menikmati Liburan dengan Biaya Berlebihan

Jangan jadikan liburan Anda menyebalkan karena Anda harus memikirkan banyaknya biaya yang Anda keluarkan. Carilah solusi liburan yang tepat bagi Anda dengan biaya yang terjangkau. Liburan bukan berarti menghabiskan uang untuk rileks, namun bagaimana kita memanfaatkan dana yang tersedia untuk memanjakan diri semaksimal mungkin.

 

#2 Berlibur di Tengah Keramaian

Jika Anda menginginkan liburan yang nyaman seolah-olah Anda terdampar di suatu pulau, hindarilah tempat-tempat ramai seperti pusat kota. Carilah tempat yang terpencil namun memadai, sehingga Anda tidak perlu pusing karena harus pergi ke tempat ramai untuk mencari makan siang dan sebagainya. Berbagai resort atau hotel terkadang menyediakan all-in-one service mulai dari akomodasi, jasa pijat relaksasi atau spa, hingga jasa in-room dining sehingga Anda dapat menikmati liburan Anda dengan tenang tanpa diganggu oleh orang lain. Jika tempat yang ingin Anda kunjungi memang ramai, Anda bisa saja mencari waktu dimana tempat tersebut tidak terlalu ramai untuk mengatasinya.

5 Tips untuk Anda yang Ingin Travelling Sendiri 3 - Finansialku

[Baca Juga: Travelling Bukan Pemborosan Keuangan, Karena Memiliki Banyak Manfaat]

 

#3 Berlibur Tanpa Perencanaan

Mungkin beberapa traveler menyarankan Anda untuk berlibur secara spontan untuk dapat lebih merasakan sensasi berlibur Anda. Tapi alangkah lebih baik jika Anda melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, belilah tiket pesawat dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika Anda membeli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya.

 

#4 Membuat Jadwal yang Terlalu Padat

Salah satu kesalahan yang perlu Anda hindari saat berlibur adalah membuat jadwal liburan yang terlalu padat. Hindarilah merencanakan terlalu banyak tempat liburan yang akan dikunjungi. Selain mungkin dapat mengakibatkan Anda kelelahan dan sakit, tentunya Anda jadi tidak menikmati masing-masing tempat dengan maksimal. Cobalah buat perencanaan lokasi wisata yang benar-benar ingin Anda kunjungi dengan waktu yang memadai, sehingga Anda dapat menikmati tempat-tempat tersebut dan membuat lebih banyak kenangan berharga disana.

mana-lebih-untung-menyusun-liburan-sendiri-atau-pakai-travel-agent-1-finansialku

[Baca Juga: Mana Lebih Untung: Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent?]

 

#5 Berlibur dengan Terlalu Banyak Peserta

Jika Anda berlibur, usahakanlah untuk tidak mengajak terlalu banyak peserta. Karena tentunya setiap peserta memiliki keinginannya masing-masing. Berlibur dalam grup yang besar mungkin dapat menghemat biaya, namun mungkin tidak akan sepadan dengan banyaknya masalah yang akan muncul. Mulai dari menentukan lokasi wisata yang akan dituju, menentukan lokasi makan siang, hingga mencari penginapan yang tepat akan terasa lebih sulit karena membutuhkan kesepakatan bersama.

Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku]

 

#6 Hanya Memilih Kota Besar

Menginap atau berlibur di kota besar mungkin lebih praktis dan efisien, namun umumnya membutuhkan biaya yang cukup besar. Cobalah mencari alternatif di sekitar yang tidak jauh dari kota besar, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Nilai tambah yang bisa Anda dapatkan selain biaya yang terjangkau adalah biasanya kota kecil menawarkan pemandangan yang indah dan tidak terlalu ramai untuk dikunjungi.

 

#7 Menghindari Orang Asing

Sejak kecil kita sering diajari oleh orangtua untuk menghindari komunikasi dengan orang asing, namun berbeda halnya saat kita travelling. Memang kita harus berhati-hati, terutama jika lokasi berlibur kita kurang aman, namun tidak ada salahnya untuk bertanya kepada warga lokal mengenai kampung halamannya tersebut. Untuk dapat menikmati liburan kita secara penuh, kita dapat meminta bantuan warga lokal untuk berbagi info menarik seputar lokasi wisata tersebut. Liburan Anda akan semakin berharga dengan berbagai info dan pengalaman berbicara dengan orang asing.

 

#8 Memilih Alternatif Paling Murah

Seperti telah disebutkan sebelumnya, berlibur bukan berarti menghabiskan banyak uang untuk memanjakan diri sendiri. Namun, cermatlah dalam memilih alternatif dalam perencanaan berlibur Anda. Karena mungkin saja pilihan termurah merupakan pilihan yang tidak nyaman dan merugikan. Sebagai contoh, jika kita memilih tiket pesawat paling murah, namun ternyata terdapat delay yang lama, lamanya waktu transit, kapasitas bagasi yang tidak memadai, dan sebagainya. Cobalah untuk lebih teliti dan membandingkan berbagai alternatif yang ada untuk menghindari stres dalam liburan Anda.

7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda]

 

Nikmatilah Liburan Anda

Apakah Anda sudah merencanakan liburan Anda tahun ini? Dengan menghindari tips-tips buruk yang telah dijelaskan di atas saat Anda travelling, Anda akan dapat lebih menikmati liburan Anda. Jangan lupa untuk merencanakan liburan Anda sesuai dengan preferensi Anda, sehingga liburan akan terasa lebih menyenangkan.

 

Apakah Anda mengetahui tips buruk dalam travelling lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kompas. 15 Oktober 2015. 8 “Tips Traveling” yang “Haram” untuk Diikuti. Kompas.com – https://goo.gl/QnvK8k

 

Sumber Gambar:

  • Holiday – https://goo.gl/mCOefK
  • Backpacker – https://goo.gl/GWh2Az

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang