Apakah Anda masih menganggap traveling adalah pemborosan keuangan? Ternyata liburan memiliki banyak manfaat, selain melepas stress liburan juga bisa menambah pengalaman. Berikut ini manfat dari travelling:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Ternyata Traveling Bukan Pemborosan dan Memiliki Banyak Manfaat

  • Apakah Anda termasuk orang yang hobi bekerja (workaholic)?
  • Apakah Anda sering merasa “sayang” jika menghabiskan uang untuk traveling?
  • Apakah traveling termasuk pemborosan dalam keuangan?
  • Apakah Anda beranggapan bahwa traveling hanya bermanfaat untuk bersenang-senang?

Anda perlu tahu, bahwa traveling itu memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk melepas stress atau kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Banyak pelajaran dan pengalaman yang didapat selama traveling. Berikut ini Finansialku.com akan membahas manfaat-manfaat traveling, yang akan mengubah pemikiran Anda.

 

#1 Anda dapat Menambah Pengetahuan dan Pengalaman dari Traveling

Salah satu keuntungan traveling adalah menambah pengetahuan, seperti budaya, kemanusiaan, teknologi dan lain sebagainya. Salah satu penulis lagu ternama di Amerika, Solange Knowles yang mengatakan bahwa :

 

English

You get educated by traveling.

Solange Knowles

 

ternyata-traveling-memiliki-banyak-manfaat-seperti-menambah-pengalaman-finansialku

[Baca Juga : Pertama Buat Rencana Perjalanan Terlebih Dahulu, Agar Perjalanan Lebih Aman]

 

Bahasa Indonesia

Anda akan teredukasi dalam sebuah perjalanan.

Solange Knowles

 

Tentunya Anda setuju dengan Solange kan? Dalam setiap perjalanan atau traveling selalu ada pembelajaran. Banyak sekali pembelajaran yang kita dapat, dengan keluar dari rutinitas harian. Silakan bagikan pada kolom komentar di bawah artikel ini, mengenai pelajaran yang Anda dapat dari perjalanan terakhir Anda.

 

#2 Anda dapat Menemukan Tujuan yang Baru

Banyak orang menanggap traveling adalah sebuah pemborosan. Padahal traveling adalah sebuah “investasi” yang baik. Investasi di sini bukan berarti uang Anda makin banyak, tetapi Anda mendapatkan banyak hal dan pandangan baru (new insight). Ketika Anda traveling, Anda akan menemukan banyak orang-orang baru, budaya baru dan gaya hidup yang baru.

Pengalaman-pengalaman baru tersebut, akan membuat Anda lebih terbuka dalam melihat dunia dan kehidupan. Jika Anda merasa mentok atau stuck dengan rutinitas dan kehidupan Anda, mulailah melakukan traveling. Tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan pengalaman baru dalam perjalanan. Anda bisa terkejut dan menemukan hal-hal baru yang berada di luar tujuan hidup Anda.

 

#3 Anda dapat Lebih Menghargai Kota dan Tempat Tinggal Anda

Ketika kita sedang bepergian atau traveling jauh dari rumah, kita mungkin banyak menemukan hal-hal baru yang jauh dari kemewahan rumah. Mungkin Anda menemukan kehidupan yang lebih sederhana di daerah-daerah terpencil. Kita akan menjadi lebih mengapresiasi dan bersyukur atas pencapaian-pencapaian sebelumnya.

Tambah Pengalaman dari Perjalanan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Yuk TRAVELING, Mulai siapkan Dana Berlibur]

 

#4 Anda akan Lebih Menyadari bahwa Dunia Lebih Besar Dibanding yang Anda Ketahui

Kebiasaan dan cara pandang kita, sedikit banyak terpengaruh dengan lingkungan sekeliling kita. Ketika traveling, kita akan melihat banyak hal baru.

  • Anda mungkin akan menyadari bahwa ada cara-cara yang lebih sederhana untuk mengerjakan sesuatu.
  • Anda mungkin menemukan kebiasaan-kebiasaan orang-orang baru bekerja dan menjalani hidup.
  • Anda mungkin menemukan teknologi atau alat yang lebih canggih, untuk mempermudah hidup Anda.
  • Anda mungkin menemukan bagaimana cara berkomunikasi dan berteman dengan orang-orang asing.
  • Anda akan menjadi lebih dewasa dan melihat Anda adalah bagian kecil dalam sebuah dunia.

 

Sebuah perjalanan akan membuat Anda menyadari bahwa kita adalah kepingan kecil dalam dunia. Banyak hal di luar sana, yang tidak kita ketahui. Ketika kita menyadari bahwa keberadaan kita adalah sebuah kepingan kecil dalam kehidupan, kita akan menjadi manusia yang lebih dewasa dan bijaksana.

 

#5 Anda dapat Menambah Kenalan

Salah satu hal yang menarik dalam setiap perjalanan adalah teman-teman baru. Anda akan menemukan bahwa sangat mudah mendapatkan kenalan baru. Anda akan menjadi diri Anda sendiri yang sebenarnya, tanpa ada topeng dan gengsi. Anda dapat bertemu, berkenalan dengan orang-orang baru.

Traveller Harus Tahu Kartu Kredit yang Cocok untuk Traveling - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Traveller Harus Tahu Kartu Kredit Bonus Airmiles untuk Traveling]

 

Selain menambah kenalan baru, Anda juga dapat lebih mengenal teman perjalanan Anda. Tahukah Anda, traveling adalah salah satu pengeluaran yang paling bernilai, karena setiap perjalanan akan meninggalkan kenangan dan cerita.

Anda mungkin lupa handphone, sepeda atau laptop yang pernah diberi oleh orang tua Anda. Namun Anda tentu masih ingat pengalaman pertama Anda saat pergi memancing dengan ayah Anda. Setiap perjalanan akan meninggalkan cerita, memori dan kenangan yang selalu teringat dalam pikiran.  Anda tentu setuju kan, jika cerita, memori, kenangan dan rasa kebahagiaan tersebut tidak ternilai harganya.

Jika Anda ingin membuktikan, segera rencanakan liburan bersama pasangan atau keluarga Anda.

 

#6 Anda dapat Mengurangi Stress dan Lebih Rileks

  • Apakah Anda sedang merasakan penat dengan rutinitas harian?
  • Apakah Anda merasa lebih cepat lelah dan kurang bersemangat?

 

Anda tentu sudah tahu, kalau stress akan membuat seseorang menjadi lebih cepat lelah, cepat sakit dan kurang produktif. Jika Anda masih berpikir bahwa traveling itu pemborosan, coba deh bandingkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah traveling dan kerugian akibat stress. Perjalanan tentu dapat mengurangi stress dan meningkatkan semangat (mood booster). Sebagai perencana keuangan kami harus mengingatkan jangan lupa merencanakan dana perjalanan Anda, agar tidak ada penyesalan dalam hal keuangan.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#7 Mendapatkan Ide Bisnis Baru

Pada saat traveling, Anda dapat mengamati hal-hal baru. Hal-hal baru tersebut dapat menjadi ide untuk memulai bisnis baru (start up). Ada banyak pebisnis di Indonesia, yang mendapatkan idenya saat traveling. Tidak menutup kemungkinan, Anda mendapatkan inspirasi dan ide bisnis dari traveling.

Kisah Sukses Ferry Unardi pendiri Traveloka - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Kisah Sukes Ferry Unardi pendiri Traveloka]

 

#8 Anda dapat Lebih Bersyukur dan Berterima Kasih

  • Anda tentu setuju, bahwa kehidupan adalah sebuah hadiah yang luar biasa.
  • Anda juga setuju, ada banyak hal bagus dan indah di luar sana.

 

Dalam setiap perjalanan, kita dapat menikmati banyak hal indah dan pengalaman-pengalaman baru. Hal-hal tersebut dapat membuat kita menjadi lebih bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan yang telah didapat.

 

Traveling itu Bukan Pemborosan, Asalkan …

Seperti penjelasan di atas, ternyata banyak sekali manfaat yang didapat dari sebuah traveling. Jika Anda ingin melakukan traveling pastikan Anda sudah membuat anggaran dan rencana travelling (rencana perjalanan) dengan matang. Jangan sampai keuangan Anda menjadi berantakan setelah travelling. Segera rencanakan travelling Anda dan nikmati perjalanan dengan tenang.  

 

Kesulitan apa yang Anda temui, saat membuat anggaran perjalanan atau rencana travellingSilakan kirimkan pertanyaan Anda , karena perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya.

 

Sumber Referensi :

  • Adam Siddiq. 9 Wonderful Benefits Of Traveling. Lifehack.org – https://goo.gl/t6KzsK

 

Sumber Gambar :

  • People works laptop – https://goo.gl/0R9lD6

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang