Tahukah Anda, bahwa rencana perjalanan adalah hal yang paling penting saat akan berlibur. Apa saja keuntungan membuat rencana perjalanan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Membuat Rencana Perjalanan dapat Membuat Perjalanan Lebih Aman dan Menyenangkan

Apakah Anda termasuk orang yang merencanakan perjalanan? Tidak semua orang suka merencanakan perjalanan, karena mereka menganggap perjalanan tanpa rencana lebih mengasyikan. Dalam sebuah adegan film Ada Apa dengan Cinta 2, tokoh Rangga menjelaskan perbedaan antara liburan dan travelling. Perbedaan keduanya adalah perbedaan tujuan perjalanan

  • Liburan lebih bertujuan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang umum dan hari-hari sudah diagendakan dengan rapi.
  • Travelling lebih bertujuan untuk mendapatkan pengalaman baru dengan mengunjungi tempat-tempat yang jarang dikunjungi wisatawan.

 

Reksadana untuk Nyiapin Liburan Ke Luar Negeri - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 5 Tips Menabung untuk Liburan Tahunan (Best Practice)]

 

Menurut kami, baik liburan maupun travelling sebenarnya kita perlu memulai dengan buat rencana perjalanan. Tujuannya tentu saja menyiapkan budget atau anggaran yang dibutuhkan untuk liburan. Jangan sampai keuangan kita menjadi berantakan, hanya karena boros saat liburan.

 

Menjelang akhir tahun ini, apakah Anda sudah memiliki rencana perjalanan liburan akhir tahun? Kami teringat sebuah quote dari Susan Sontag yang mengatakan :

 

English

I haven’t been everywhere, but it’s on my list.

Susan Sontag

 

pertama-buat-rencana-perjalanan-terlebih-dahulu-agar-perjalanan-lebih-aman-finansialku

[Baca Juga : 5 Cara Mengelola Keuangan Setelah Selesai Liburan]

 

Bahasa Indonesia

Saya belum pernah pergi kemana pun, tetapi semuanya sudah ada di daftarku.

Susan Sontag

 

Quote dari Susan ini mengingatkan kami pada seorang kenalan yang baru kerja dan belum menikah. Biasanya para single dengan penghasilan besar memiliki hobi travelling dan memiliki mimpi untuk keliling ke beberapa negara. Coba saja perhatikan status Instagram teman-teman Anda : traveller, backpacker, travel enthusiast dan lain sebagainya.

 

Banyak orang yang berpikir, mereka tidak mampu pergi berlibur ke luar negeri. Padahal semua orang itu bisa lho pergi ke luar negeri, asal sudah merencankan dengan benar. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mulai membuat rencana perjalanan:

  1. Tentukan negara tujuan, cari tahu melalui Instagram, YouTube atau Google.
  2. Cari tahu informasi selengkap-lengkapnya mengenai tempat wisata Anda, misal tempat-tempat wisata yang harus dikunjungi, alat transportasi umum, makanan khas dan informasi lainnya. Jangan lupa cari tahu juga berapa biayanya.
  3. Cari tahu juga biaya untuk pembuatan passport (atau perpanjangan passport), tiket pesawat terbang.
  4. Bandingkan antara berangkat sendiri atau menggunakan agen perjalanan (travel agent). Pertimbangkan juga masalah kerepotan dan waktu untuk mengurus ini itu.
  5. Setelah mengetahui biaya perjalanan, segera buat budget atau anggaran. Jangan lupa masukan anggaran untuk membeli oleh-oleh, anggaran untuk tips dan pengeluaran lain-lain.
  6. Hitung berapa dana yang sudah Anda miliki saat ini.
  7. Hitung kekurangan dana yang masih dibutuhkan.
  8. Segera mulai menabung dan/atau berinvestasi untuk memenuhi kekurangan dana. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitung rencana perjalanan. Jangan sampai Anda pergi berlibur dengan uang utang.
  9. Pertimbangkan juga untuk membeli asuransi perjalanan (travel insurance).
  10. Setelah dana perjalanan tercukupi, silakan liburan dengan aman dan tenang. Liburan senang dan kantongpun aman.

 

Dana LIburan itu Perlu Dipersiapkan

Banyak orang menyepelekan manfaat dari merencanakan liburan akhir tahun. Kami teringat sebuah cerita salah seorang teman yang pergi liburan ke Singapura. Kami pernah membaca sebuah curhat di blog asing yang membahas kesalahan dalam membuat rencana perjalanan dan mengakibatkan masalah keuangan :

  1. Kesalahan fatal adalah seseorang yang pergi ke luar negeri dengan menggunakan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan).
  2. Lupa membawa pakaian secukupnya, pakaian yang disesuaikan dengan musim, charger handphone, obat-obatan pribadi. Singkat cerita orang tersebut harus membeli barang-barang tersebut di luar negeri. Harusnya tidak perlu keluar uang, jadi harus keluar uang karena kecerobohan.
  3. Tidak menyiapkan budget yang realistis untuk belanja, karena niatnya ingin liburan hemat. Setelah sampai di negara tujuan, malah sulit mengendalikan keinginan untuk berbelanja.
  4. Hanya membawa mata uang setempat (dalam kasus ini Singapore Dollar). Kami sarankan jika Anda pergi ke luar negeri, selain membawa mata uang negara setempat (Singapore Dollar), bawa juga US Dollar. Dalam keadaan mendesak, Anda dapat menukarkan US Dollar dengan mata uang lokal.
  5. Belanja dan makan sesuai dengan kemampuan ekonomi, alias jangan terlalu maksa.
  6. Hati-hati saat menggunakan kartu kredit di luar negeri. Pastikan sebelum bepergian ke luar negeri, Anda bertanya aturan main yang berlaku untuk menggunakan kartu kredit di luar negeri. Setidaknya ketahui kursnya.

 

Semoga Anda dan kami juga belajar banyak dari kesalahan di atas. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dana perjalanan. Semoga rencana perjalanan Anda dapat segera terwujud.

 

Apakah kesulitan yang Anda alami saat membuat rencana perjalanan? Silahkan share pengalaman Anda. Terima kasih

 

Sumber gambar :

  • Raja ampat – https://goo.gl/qKlafO

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang