Ada orang bilang indahnya travelling, tetapi butuh dana berlibur kan? Terus ada yang bilang backpacker, solo traveller, conventional traveller dan lainnya, apa aja itu?  Finansialku akan membedah mengenai perjalanan dan dana berlibur.

ini-dia-untung-rugi-liburan-backpacker-yang-mungkin-anda-tidak-sadari-2-finansialku

 

I really enjoy travelling around the world. I get to meet some extraordinary people.” –Ross Kemp 

 

Mengenal Jenis-Jenis Travellers

Dalam dunia travelling dikenal beberapa jenis travellers. Jenis travellers akan menentukan biaya yang harus dikeluarkan untuk perjalanan ke luar negeri. Berikut ini adalah beberapa jenis travellers:

 

Backpacker

Backpacker-Traveler-HD-Wallpaper-Dana-Berlibur

[Baca juga : Liburan dengan Kartu Kredit, Lebih Menguntungkan atau Merugikan ?]

 

Perjalanan sebagai backpacker adalah salah satu jenis perjalanan low-cost (berbiaya rendah) dan sifatnya perjalanan yang independen. Seorang backpacker boleh disebut sebagai seorang petualang. Backpacker tidak mudah dilakukan karena ada beberapa kemampuan-kemampuan khusus, seperti: pandai mengatur budget perjalanan, mudah bersosialisasi dengan orang sekitar dan pandai membuat rencana perjalanan yang seru. Berikut ini adalah contoh ciri-ciri seorang backpacker:

Anatomy-of-a-backpacker-infographic-dana-berlibur

[Baca juga : Mana Lebih Untung : Menyusun Liburan Sendiri atau Pakai Travel Agent ?]

 

Bawa tas punggung dan tas kecil yang mudah dibawa-bawa.

  1. Menggunakan transportasi umum.
  2. Menginap di penginapan murah, seperti hostel, kereta, atau tempat-tempat lain.
  3. Memiliki durasi perjalanan yang lebih lama dibanding conventional traveller.
  4. Memiliki ketertarikan dengan warga lokal.

 

Solo Traveller

PostImage-Trip-Ideas-Solo-Female-Travelers-Dana-Berlibur

[Baca juga : Jangan Telat Persiapkan Dana Liburan, agar Liburan Nyaman]

 

Pernah liat ada seseorang turis yang melakukan perjalanan sendiri dan cenderung santai (tidak terlalu memikirkan budget)? Nah inilah tipe traveller kedua yaitu solo traveller. Solo traveller biasanya adalah seorang yang benar-benar memiliki passion di perjalanan, petualangan dan tidak bermasalah dengan biaya. Seorang solo traveller biasanya ingin mengenal berbagai budaya lokal di tempat-tempat yang mereka kunjungi. Apabila Anda benar-benar memiliki passion di bidang travelling, Anda mungkin saja tergolong dalam tipe solo traveller.

 

Conventional Traveller

concurso-pic1-dana-berlibur

[Baca juga : 4 Cara Membenahi Keuangan Anda Pasca Liburan]

 

Conventional traveller adalah perjalanan yang sifatnya untuk rekreasi, berlibur atau malah tujuan-tujuan tertentu (misal: bisnis, olahraga, fotografi atau lainnya). Tipe konvensional biasanya tidak melakukan perencanaan sematang backpacker atau solo traveller. Fungsi jalan-jalannya adalah untuk refreshing, senang-senang, kumpul dan bermain bersama keluarga.

 

Dana Berlibur

Perjalanan apapun tentunya membutuhkan dana berlibur. Baik perjalanan solo traveller atau conventional traveller dapat dibuat ke dalam perjalanan yang mahal, sedang atau perjalanan murah (low cost travelling).

3 Tips Liburan Seru Hemat A La HaloMoney

[Baca juga : Liburan Senang Dompet Aman]

 

Bagi Anda yang tidak mau repot dalam menentukan perjalanan dan lain-lain, Kita dapat menggunakan jasa travel agent. Ada yang bilang travel agent pasti lebih mahal? Bisa jadi travel agent lebih mahal, karena ketika Kita memutuskan untuk menggunakan jasa travel agent, Kita sudah dibantu mengatur perjalanan, tempat wisata, hotel dan lainnya.

Hal yang penting saat ini adalah seputar dana berlibur. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menyiapkan dana berlibur:

  1. Kapan perjalanan Anda akan dilaksanakan? Periode perjalanan harus jelas apakah 1 tahun lagi, 2 tahun lagi atau beberapa bulan kedepan?
  2. Berapa biaya yang Anda perlukan? Cek dari tiket, penginapan, makan, atau harga ground tour perjalanan?
  3. Berapa dana yang telah ada untuk dana berlibur saat ini?

Nah setelah ketiga hal tersebut dijawab Kita dapat mulai membuat strategi persiapan dana berlibur.

Sebagai contoh: Pak M akan tahun depan melakukan perjalanan ke luar negeri. Bapak M terlah meliha beberapa travel agent dan mendapatakan harga perjalanan Rp 5.000.000 di luar tiket pesawat. Perkiraan harga tiket adalah Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000. Nah Pak M membuat perkiraan dana untuk belanja, bermain dan lain-lain sebesar  Rp 3.000.000. Jadi total biaya yang perlu disiapkan adalah Rp 11.000.000.

Saat ini dana berlibur yang sudah dimiliki pak M adalah 5.000.000. Strategi apa yang dapat dilakukan Pak M?

  1. Mencari tiket murah di internet, biasanya tengah malam.
  2. Mengembangkan uang yang sudah ada ke dalam instrument investasi yang berisiko rendah.
  3. Menabung kekurangan dana berlibur. Sumber tabungan dapat berasal dari gaji atau mencari pendapatan tambahan (jualan barang-barang di online atau sumber pendapatan lainnya).

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku

Pertama:Tentukan Rencana Keuangan!

Baca
finansialkuImpulsive Buying (Pembelian Impulsif) + SolusinyaBaca
finansialkuCek Kesehatan Keuangan Anda dan KeluargaBaca
finansialkuBerinvestasi pada Bisnis Usaha PatunganBaca
finansialkuDiskon, Diskon, dan DiskonBaca