Dimana seharusnya traveler menukarkan mata urang Rupiahnya jika ingin berlibur ke luar negeri? Baru-baru ini terjadi kasus di India yang dapat merugikan traveler karena masalah pertukaran kurs. Anda harus tahu cara-cara aman dan efektif untuk menukarkan kurs jika ingin pergi berlibur ke luar negeri. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Kasus Terbaru : Kebijakan Baru Pemerintah India Tarik Mata Uang

Pemerintah India mengeluarkan kebijakan baru mengenai pecahan mata uang Rupee pada tanggal 8 November 2016 lalu. Mata uang Rupee (Rs) pecahan Rs 500 dan Rs 1.000 dinyatakan tidak berlaku lagi dan akan segera ditarik dari peredaran. Memang ada kebijakan bahwa pecahan tersebut dapat ditukarkan ke kantor pos atau bank setempat di India mulai tanggal 10 November 2016 sampai 30 Desember 2016. Anda perlu menyertakan kartu tanda pengenal serta mengisi formulir yang sudah disediakan.

traveler-hati-hati-tukarkan-mata-uang-jika-mau-berlibur-ke-luar-negeri-2-finansialku

[Baca Juga : Jangan Liburan Saat Tanggal Merah, Lebih Baik Ambil Cuti]

 

Seorang WNI yang bernama Oto Gunasis menukarkan Rupiahnya di Jakarta dengan 15 lembar Rupee pecahan Rs 500 sebelum kebijakan baru tersebut dikeluarkan. Oto berangkat ke Mumbai, India pada tanggal 10 November 2016. Di sana ia mendapati uang yang ditukarkannya tidak diakui lagi. Memang ada kebijakan untuk menukarkan uang tersebut, tetapi semua orang di India mengantri panjang untuk menukarkan uangnya. Bukankah keadaan seperti ini akan sangat merepotkan? Apalagi jika Anda sedang berlibur, Anda tentu tidak ingin terganggu dengan kondisi seperti ini.

Berikut adalah tips yang patut dicoba untuk menukarkan kurs Anda secara aman dan efektif jika ingin berlibur ke luar negeri :

 

#1 Teliti Sebelum Berangkat

Sangat penting untuk meneliti dan mencari informasi tentang negara yang akan Anda kunjungi. Selain untuk memahami lingkungan dan beradaptasi, memahami masalah kurs negara tersebut juga sangat penting. Jangan sampai berita seperti kejadian di India terlewat jika Anda ingin berlibur ke sana. Walaupun kejadian perubahan kebijakan tersebut bisa terjadi tiba-tiba, mencari tahu terlebih dahulu akan mengurangi risiko seperti itu. Teliti sebelum berangkat tidak akan merugikan Anda.

infografis-persiapan-sebelum-anda-liburan-ke-luar-negeri-2-finansialku-dan-gama-holiday

[Infografis : Persiapan Sebelum Anda Liburan ke Luar Negeri]

 

Selain itu cari tahu juga berapa kurs Rupiah berbanding mata uang negara tujuan Anda di Indonesia serta di negara tujuan. Terkadang harga suatu kurs dapat berbeda di satu negara dengan negara lainnya. Pastikan Anda mengetahui harga yang termurah sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk tempat menukaran mata uang.

 

#2 Prediksi Kebutuhan Anda

Sebelum berangkat, ada baiknya buat anggaran berlibur yang akurat. Pertimbangkan segala kebutuhan Anda di negara tujuan. Sebaiknya jangan membuat anggaran yang terlalu berlebihan. Jika Anda sudah tahu harga pastinya, anggarkan saja sesuai harga tersebut. Kemungkinan harga lebih mahal dari prediksi memang ada, untuk mengantisipasinya sediakan dana darurat. Prediksi ini akan sangat berguna untuk mematok berapa jumlah mata uang yang harus Anda miliki di negara tujuan. Menukarkan uang terlalu banyak pun terkadang bisa merugikan jika harga mata uang tersebut tiba-tiba turun. Lebih baik memiliki uang yang cukup, jika kurang Anda masih bisa menukarkan kurs lagi di negara tujuan.

 

#3 Lakukan Pembayaran di Indonesia

Jika pergi berlibur pasti ada beberapa pengeluaran utama yang sudah bisa Anda pastikan sebelum berangkat. Sebaiknya Anda membayar seluruh pengeluaran tersebut saat masih di Indonesia. Hal ini akan mengurangi risiko jika tiba-tiba terjadi perubahan kebijakan seperti di India. Jika Anda telah menyelesaikan sebagian besar pembayaran, perubahan kebijakan tersebut tidak akan menimbulkan kerugian yang terlalu besar. Karena Anda tidak perlu menyiapkan banyak mata uang negara tujuan. Cukup sediakan mata uang negara tujuan untuk membayar hal-hal kecil yang sekiranya diperlukan begitu mendarat di negara tujuan.

 tips-liburan-hemat-dengan-memanfaatkan-situs-online-1-finansialku

[Baca Juga : Tips Liburan Hemat dengan Memanfaatkan Situs Online]

 

#4 Tukar Sebagian Mata Uang Negara Tujuan di Indonesia

Menukar kurs di Indonesia memang penting. Anda tidak disarankan untuk pergi ke luar negeri dengan membawa 100% uang Rupiah. Jika setelah tiba di tujuan Anda memerlukan hal-hal kecil seperti ongkos taksi, Anda tidak mungkin membayarnya dengan Rupiah. Sebaliknya, Anda juga tidak disarankan hanya membawa 100% mata uang negara tujuan saja. Ketika Anda pulang ke Indonesia nanti akan sulit jika tidak memiliki sepeser pun uang Rupiah. Bisa saja ada kebutuhan-kebutuhan tidak terduga sesampainya Anda di tanah air.

Setelah mencari informasi tentang harga kurs di Indonesia dan di negara tujuan, Anda akan menemukan harga yang paling optimal. Jika harga mata uang negara tujuan lebih mahal di Indonesia, sebaiknya bawa sedikit saja mata uang negara tujuan. Sesampainya di negara tujuan, tukarkan Rupiah Anda sejumlah dana yang sudah diprediksi sebelum pergi berlibur. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan harga kurs yang lebih ekonomis.

 

#5 Selalu Bawa US Dollar

Dollar Amerika adalah mata uang yang diakui di hampir seluruh tempat di dunia. Dalam keadaan terburuk jika Anda tidak dapat menukarkan Rupiah dengan mata uang negara tujuan, Anda dapat menggunakan US Dollar. Ini adalah langkah proteksi kurs yang penting. Selain untuk menghindari risiko tidak dapat menukarkan Rupiah, US Dollar juga memiliki nilai yang relatif lebih stabil terhadap kurs manapun di dunia dibandingkan dengan Rupiah. Jangan Lupa rencanakan juga dana perjalanan Anda. Silakan gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu merencanakan dana perjalanan ke luar negeri.

 Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Berhati-Hati saat Tukarkan Mata Uang, Saat Berlibur ke Luar Negeri

Pertukaran kurs antar mata uang dunia adalah transaksi yang cukup tricky. Jika Anda kurang teliti maka akibatnya bisa fatal seperti yang terjadi di India. Mata uang negara tujuan adalah kunci kehidupan Anda selama berlibur di luar negeri. Pastikan Anda menyiapkan segala sesuatu untuk kemungkinan terburuk yang dapat terjadi saat berlibur di luar negeri. Jangan sampai salah perhitungan agar tidak mengalami kerugian saat berlibur di negara tujuan.

 

Sumber :

  • Nurmayanti. 12 November 2016.  India Tarik Rupee 500 dan 1.000, Ini Himbauan kepada WNI. Liputan6.com – https://goo.gl/6QSdZY
  • Maikel Jefriando. 12 November 2016. Nasib Orang Indonesia Bawa Rupee dari Jakarta Ditolak di India. Detik.com – https://goo.gl/Y2OdZ6

 

Sumber Gambar : 

  • Travelling – https://goo.gl/O6IefR dan https://goo.gl/LjQhM0

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku