Mari rencanakan dana liburan ke Eropa dengan aplikasi Finansialku. Ingin membuka wawasan baru dengan mengunjungi negara-negara di Eropa? Rencanakan dulu dana untuk liburannya dengan aplikasi Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Liburan ke Eropa

Salah satu destinasi wisata yang diidamkan orang Indonesia adalah pergi berlibur ke Eropa. Banyak pengalaman menarik yang bisa didapatkan di negara-negara Eropa. Mulai dari tempat-tempat wisata yang menarik, arsitektur Eropa yang indah, keindahan seni budaya Eropa, dan hal menarik lainnya. Berlibur ke Eropa bukan hanya bisa menjadi ajang bersenang-senang, tetapi juga dapat membuka wawasan lebih luas.

Setiap orang bisa memiliki motivasi yang berbeda-beda ketika berlibur ke Eropa. Ada yang sekedar penasaran, ada yang ingin memenuhi hobi travelling, ada juga yang ingin menjadikan liburan ke Eropa sebagai sebuah aktualisasi diri. Apapun motivasi Anda, yang terpenting adalah mempersiapkan dananya terlebih dahulu.

Merencanakan Dana Liburan ke Eropa dengan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Tahu Bagaimana Cara Mengatur Dana Liburan]

 

Berlibur ke Eropa butuh biaya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan liburan lain di dalam negeri. Selain karena harga tiket yang cukup mahal, standar biaya hidup di Eropa pun jauh lebih mahal daripada di Indonesia. Karena itu, Anda harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit. Keinginan untuk berlibur ke Eropa sah-sah saja bagi siapapun. Walaupun Anda memiliki gaji yang tidak terlalu besar, Anda tetap bisa berlibur ke Eropa jika mempersiapkan dananya sejak jauh-jauh hari secara tertib.

Karena dana yang dibutuhkan cukup besar, ada baiknya Anda memanfaatkan investasi. Bunga hasil investasi dapat meringankan beban dana yang harus dikumpulkan setiap bulannya untuk mencapai target dana liburan ke Eropa yang dibutuhkan.

cara-menghitung-dan-merencanakan-dana-liburan-yang-perlu-dicoba-2-finansialku

[Baca Juga: Cara Menghitung dan Merencanakan Dana Liburan yang Perlu Dicoba]

 

Sebelum mulai mempersiapkan dana liburan ke Eropa ini, Anda perlu memperhitungkan besarnya seluruh dana yang dibutuhkan. Jika sudah mengetahui seluruh jumlahnya barulah Anda dapat memperhitungkan berapa besar dana yang harus diinvestasikan setiap bulannya agar dana terpenuhi sesuai waktu yang sudah ditentukan. Tetapi jika Anda berencana untuk pergi berlibur ke Eropa beberapa tahun ke depan, maka Anda tidak boleh melupakan efek inflasi yang setiap tahun membuat harga-harga meningkat. Untuk menghitung total dana yang dibutuhkan serta berapa besar dana yang harus diinvestasikan setiap bulan, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku.

 

Simulasi Dana Liburan ke Eropa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap tahunnya terjadi inflasi sehingga jika Anda berencana untuk pergi berlibur ke Eropa beberapa tahun ke depan maka jumlah dana yang dibutuhkan akan berbeda. Untuk memudahkan Anda menghitung dana liburan ke Eropa, Finansialku telah menyediakan aplikasi yang dapat secara otomatis memperhitungkan pengaruh inflasi terhadap dana liburan yang Anda butuhkan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghitung secara otomatis berapa besar dana yang perlu Anda investasikan jika ingin menggunakan produk investasi dengan estimasi persentase return investasi tertentu.

Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

 [Baca Juga: Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku]

 

Mari kita lihat simulasi perhitungan dana liburan ke Eropa berikut ini:

Handi adalah seorang karyawan swasta berusia 24 tahun yang sudah bekerja selama 2 tahun. Sejak awal bekerja ia ingin pergi berlibur ke Eropa dengan uangnya sendiri. Di tahun ini, Handi sudah mulai bisa mempersiapkan dana untuk berlibur ke Eropa. Karena itu, ia berencana akan berlibur ke Eropa selama 2 minggu pada tahun depan. Namun Handi ingin merancang perjalanannya sendiri tanpa menggunakan jasa biro perjalanan. Saat ini, ia telah memiliki dana sebesar Rp5.000.000.

Ia berencana mengunjungi beberapa negara selama 2 minggu liburan tersebut. Beberapa negara yang akan dikunjungi Handi adalah Jerman, Belgia, Perancis, Swiss dan Belanda. Handi telah membuat perkiraan biaya yang akan dihabiskan pada liburannya ke Eropa nanti. Berikut adalah rincian biaya tersebut:

NoKebutuhanBiaya (Rp)
1Biaya Mengurus Dokumen1.000.000
2Biaya Penginapan10.000.000
3Biaya Transportasi15.000.000
4Konsumsi10.000.000
5Oleh-Oleh4.000.000
6Asuransi Perjalanan30.000
7Anggaran Biaya Hiburan, dan Kebutuhan Lainnya.10.000.000

 

Untuk memenuhi dana liburan tersebut di tahun depan, Handi ingin menginvestasikan dananya pada produk reksa dana campuran yang memberikan return 15% per tahun. Dengan asumsi inflasi saat ini adalah sebesar 4% maka dana yang harus diinvestasikan Handi adalah sebesar:

Merencanakan Dana Liburan ke Eropa dengan Aplikasi Finansialku 03 - Finansialku

  [Baca Juga: Jangan Telat Persiapkan Dana Liburan, agar Liburan Nyaman]

 

Handi memiliki kekurangan dana untuk berlibur ke Eropa sebesar Rp46.281.200. Karena itu, ia harus berinvestasi sebesar Rp3.598.748 per bulan pada produk investasi yang memberikan return sebesar 15% per tahun. Tetapi perlu diingat bahwa produk investasi seperti reksa dana campuran juga terpengaruh oleh fluktuasi pasar. Return investasinya tidak selalu sama persis seperti harapan, terkadang lebih rendah atau lebih tinggi. Jika fluktuasi pasar menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari harapan maka Handi bisa mengurangi dana investasinya, tetapi jika ternyata return tidak sesuai harapan Handi mungkin perlu menambahkan dana investasinya. Karena itu, penting untuk terus memantau perkembangan hasil investasinya.

Selain itu, Handi harus tertib menginvestasikan dana yang dibutuhkan. Ia hanya memiliki waktu 12 bulan untuk berinvestasi mempersiapkan dana liburannya. Jika melewatkan satu bulan saja untuk berinvestasi maka kebutuhan dana ke depannya akan berubah. Jika tidak dipenuhi maka pada waktu yang telah ditentukan dananya tidak akan cukup.

 

Liburan Bermanfaat dengan Dana yang Siap

Berlibur ke Eropa menjadi impian banyak orang, selain hanya menjadi liburan liburan ke Eropa juga bisa membuka wawasan Anda terhadap dunia yang lebih luas. Pastikan liburan yang bermanfaat ini Anda jalani dengan dana yang sudah siap sesuai jumlah yang dibutuhkan pada waktu yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi Finansialku Anda dapat menghitung kebutuhan dana berlibur ke Eropa dengan mudah.

 

Apakah Anda ingin berlibur ke Eropa? Langkah praktis apa yang dapat Anda lakukan untuk mencapai keinginan liburan Anda? Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Selfie in Europe – https://goo.gl/0wb4tu
  • Big Ben London – https://goo.gl/LE4fJm

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana