Bagi para pecinta hewan, memiliki hewan peliharaan tentu akan sangat menyenangkan. Bukan hanya dari sisi lucunya, melainkan karena sejumlah peran hewan peliharaan yang ternyata sangat menakjubkan.

Ingin tahu peran apa sajakah itu? Mari simak jawabannya melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kucing dan Anjing Banyak Diincar Menjadi Hewan Peliharaan

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan menjadi satu hal yang menyeramkan. Melihatnya saja terkadang membuat keringat dingin keluar, apalagi memegangnya.

Hal ini bisa dikarenakan adanya pengalaman buruk yang pernah terjadi dan menyebabkan timbulnya rasa trauma, atau mungkin penyakit yang dideritanya seperti alergi bulu hewan.

Berbeda dengan para pecinta hewan. Semua ketakutan itu telah berubah menjadi rasa sayang dan rasa ingin memiliki yang ditunjukkan saat memeliharanya.

Jenis hewan peliharaan sangatlah beragam. Pada umumnya, hewan peliharaan yang banyak dicari tentu yang memiliki karakter lucu, menggemaskan, dan pastinya jinak.

Tapi terkadang, ada pula yang memang menyukai hewan-hewan liar dan buas untuk dijadikan hewan peliharaan.

Sejumlah hewan seperti ikan, kucing, anjing, burung, kelinci, kura-kura, hamster, landak mini, dan sugar glider dipilih sebagai hewan peliharaan. Sudah banyak pula perkumpulan khusus pecinta hewan-hewan tersebut.

Mayoritas, kucing dan anjing menjadi hewan yang sering diincar bagi mereka yang ingin memiliki hewan peliharaan. Hal ini disebabkan karena kedua hewan ini bisa diajak berinteraksi oleh pemiliknya.

Selain itu, kedua hewan ini sering dianggap sebagai hewan yang setia dengan pemiliknya.

Peran Hewan Peliharaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Untung? Ketahui Dulu Hitung-hitungan Modal Awal Bisnis Kopi yang Benar]

 

Banyak sekali ras kucing dan anjing ataupun hewan peliharaan lainnya yang diperbolehkan untuk pelihara. Dari segi ukuran pun sangat beragam.

Masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Anda bisa menyesuaikannya dengan karakter Anda dan juga keluarga.

Namun, meskipun jenis dan ukurannya beragam, mereka sama-sama memiliki sejumlah peran yang nyatanya sangat menakjubkan bagi para pemiliknya. Penasaran? Mari simak pembahasan selanjutnya!

 

Dana Khusus Untuk Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan memang tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipelajari, mulai dari makanan, perilaku, habitat, bahkan sistem reproduksinya agar hewan tersebut selalu sehat selama hidup bersama pemiliknya.

Namun, tidak hanya dari segi perawatan, biaya pun ikut menjadi hal yang harus dipikirkan saat Anda berkomitmen untuk memiliki hewan peliharaan.

 

 

Biaya untuk memelihara hewan peliharaan tidaklah sedikit. Harus ada dana khusus yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaan setiap bulannya.

Hal-hal yang biasa dibeli setiap bulannya seperti makanan, obat-obatan khusus, pasir (kucing), dan vitamin. Belum lagi jika terdapat perawatan khusus seperti biaya mandi, vaksin, dan sebagainya yang jumlahnya tidaklah sedikit.

Bagi Anda yang memang berencana untuk memiliki hewan peliharaan, ada baiknya untuk membuat rencana keuangan terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah lho. Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku melalui fitur “Dana Membeli Barang” yang bisa langsung Anda download melalui Google Play Store atau dengan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa memperkirakan berapa dana yang harus disediakan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu hingga akhirnya memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan.

Peran Hewan Peliharaan 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Jitu Keluar Dari Pinjol Pinjaman Online (Dari Kisah Nyata)]

 

Sebelumnya, pilih terlebih dahulu hewan peliharaan yang Anda inginkan. Tentukan pula, apakah Anda ingin membeli dari pet shop, mengadopsinya dari teman maupun saudara, atau mengadopsi hewan yang sering berkeliaran di jalan.

Misalnya, Anda memutuskan untuk mengadopsi kucing dari teman Anda yang baru saja lahir.

Ingat ya! Kucing hanya bisa diadopsi jika sudah berumur 2,5 bulan atau sudah lepas ASI dari induknya. Akankah lebih baik jika Anda mengadopsinya di umur 3 bulan saja.

Beberapa persiapan peralatan dan kebutuhan untuk kucing ialah:

  1. Pasir gumpal beraroma (20 liter) = Rp100.000.
  2. Makanan kucing (10 kg) = Rp250.000.
  3. Litter box ukuran M = Rp30.000.
  4. Tempat makan dan minum kucing = Rp20.000.
  5. Kalung = Rp15.000.

 

Total secara keseluruhan ialah sebesar Rp415.000. Kebutuhan di atas akan cukup untuk persiapan selama 3 sampai 4 bulan. Sedangkan untuk litter box, tempat makan dan minum, maupun kalung bisa digunakan untuk selamanya.

Ada baiknya kucing dibebaskan tanpa perlu kandang khusus, mengapa? Agar kucing terhindar dari stress. Anda bisa memberikan selimut bekas sebagai alas untuk ia tidur.

Setelah mengetahui jumlah yang dibutuhkan mari kita mulai menggunakan aplikasi Finansialku untuk merencanakannya. Langkah-langkahnya ialah:

  1. Buka aplikasi Finansialku dan Pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Tekan simbol “+” untuk menambahkan rencana keuangan.
  3. Pilih opsi “Dana Membeli Barang”.
  4. Isi sejumlah data yang diperlukan, yaitu:
  • Nama barang: Modal Awal Kucing “Maybe”
  • Harga barang saat ini: Rp415.000.
  • Berapa lama lagi Anda akan membeli: 3 bulan.
  • Dana yang telah tersedia: Rp100.000.
  • Inflasi: 3% per tahun.
  • Estimasi hasil investasi: 5% per tahun.

 

Setelah semua terisi, klik “Hitung” untuk melakukan perhitungan. Kesimpulan pun akan muncul dan Anda akan langsung mengetahui berapa besar kebutuhan uang tiap bulannya sebelum akhirnya Anda memelihara kucing.

 

 

Bagaimana? Mudah bukan?

Nah jangan lupa ya, setelah mengetahui persiapan awal tersebut Anda juga harus mengumpulkan dana untuk biaya perawatan lainnya, seperti mandi atau grooming tiap bulannya, vaksin, pemeriksaan, belum lagi jika hewan peliharaanmu tiba-tiba sakit.

Itulah mengapa rencana keuangan harus senantiasa dilakukan dalam berbagai hal. Jika ingin mengetahui perencanaan keuangan lebih lanjur, gunakan ebook Finansialku sebagai panduan utamamu:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Anda akan memperolehnya secara GRATIS, tanpa dipungut biaya apapun. Tunggu apalagi? Yuk lakukan sekarang juga dan segera rasakan manfaatnya!

 

Peran Hewan Peliharaan

Setelah melihat perkiraan dana yang harus dipersiapkan, mungkin Anda kini mulai bertanya, “Memangnya apa sih untungnya punya hewan peliharaan?”

Eits, jangan salah lho. Hewan peliharaan itu memiliki sejumlah peran yang sangatlah menakjubkan. Bahkan, hewan peliharaan ini bisa menjadi teman sejati Anda selamanya.

Nah berikut ini sejumlah peran hewan peliharaan yang mungkin saja belum Anda ketahui, yaitu:

 

#1 Penghilang Stress

Stress merupakan salah satu bentuk gangguan mental yang disebabkan oleh adanya tekanan berupa rasa cemas dan frustasi.

Rasa cemas ini timbul karena adanya kekhawatiran dalam diri akan suatu hal yang akan dihadapi oleh individu yang apabila berlebihan dapat mengakibatkan frustasi.

Terlebih di zaman yang semakin maju ini, rasa cemas dan khawatir akan keberlangsungan hidup individu semakin terasa karena semakin banyak tantangan untuk kita dapat bertahan di zaman modern yang maju ini.

Penanggulangan stress biasa dilakukan oleh dokter maupun terapis. Namun ternyata, hewan peliharaan pun mampu menjaga suasana hati tetap baik dan stabil.

Cara Hemat Pengeluaran, Jika Anda Memelihara Hewan Peliharaan - Finansialku

[Baca Juga: Membaca Kata-kata Mutiara Leonardo Da Vinci, Sang Pelukis Mona Lisa]

 

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Faktanya, hewan peliharaan efektif meningkatkan kadar hormon serotonin yang mengontrol kegiatan emosional dan hormon dopamin yang mengontrol gerak tubuh.

Membelai, memeluk, menyentuh hewan, seperti anjing, kucing, kelinci atau bahkan dengan melihat ikan di dalam aquarium membantu untuk menenangkan dan menimbulkan rasa rileks.

Selain itu, hewan peliharaan juga terbukti dapat meningkatkan hormon anti-stress atau oksitosin hanya dengan berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan.

Bermain dengan hewan peliharaan, dapat membantu Anda melupakan masalah, bahkan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi individu.

 

#2 Memperkuat Ikatan Keluarga

Perawatan hewan peliharaan seringnya menjadi bintang utama dari kegiatan bersama dalam keluarga.

Kegiatan bersama ini melibatkan seluruh anggota keluarga yang bersama-sama ingin merawat hewan peliharaan yang paling dicintainya.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Contoh kegiatan bersama yang dapat dilakukan seperti mengajak hewan peliharaan untuk jalan-jalan sore, membantu memandikan, senantiasa memberi makan, atau mungkin mengajak hewan peliharaan mengunjungi tempat rekreasi bersama.

Menghabiskan waktu bersama seperti ini membantu keluarga tumbuh lebih kuat dan lebih dekat. Sekaligus juga memberi waktu untuk bersantai sejenak di tengah kehidupan sehari-hari yang selalu dikejar waktu.

 

#3 Memperbaiki Gaya Hidup

Dilansir dari Kompas.com, terdapat riset mengenai hubungan antara gaya hidup dan memelihara hewan yang telah diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health.

Prosedur dalam riset ini ialah dengan mengamati kebiasaan gaya hidup lebih dari 40.000 orang dewasa untuk menentukan seberapa tinggi aktivitas fisik para pemelihara hewan.

8 Hewan Paling Kaya di Dunia, Apa Sajakah Mereka - 1 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Dulu Cara Menentukan Franchise Fee dan Royalty Fee]

 

Hasilnya menunjukan bahwa pemilik anjing lebih jarang menggunakan transportasi daripada yang tak memiliki hewan peliharaan. Dengan kata lain, pemilik anjing lebih sering untuk berjalan kaki.

Hal ini berarti memelihara hewan bisa meningkatkan aktivitas fisik kita. Tentu saja, gaya hidup aktif ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

 

#4 Belajar Menjadi Pemimpin yang Baik

Selain memperbaiki gaya hidup yang berpengaruh dengan kesehatan, ternyata memelihara hewan pun bisa melatih Anda dalam meningkatkan rasa kepemimpinan.

Masih dilansir dari Kompas.com, hasil survei yang dilakukan oleh Rumah Sakit Hewan Banfield dan Kelton Research, menunjukkan bahwa  86% pemilik hewan peliharaan memiliki manajemen waktu dan keterampilan multitasking yang lebih baik karena hewan peliharaan mereka.

Hal ini berkaitan dengan kewajiban yang harus dilakukan saat memelihara seperti memberi makan, mengajak mereka bermain, atau memberi mereka perintah saat bermain bersama di saat kita melakukan kewajiban atau pekerjaan kita.

Jika kita melakukannya dengan baik dan penuh kasih sayang, maka hewan peliharaan pun akan memahami apa yang kita inginkan.

Hal ini tentu menjadi pembelajaran bagi Anda mengenai bagaimana cara memberikan perintah dengan baik tanpa menyakiti perasaan orang lain.

 

#5 Menjaga Kesehatan Anak

Mungkin beberapa dari Anda masih tidak mempercayai ini. Namun, hal ini berdasarkan hasil riset yang telah diungkap sebelumnya.

Dilansir dari Hellosehat.com, sebuah studi yang pernah dilakukan oleh Dennis Ownby, MD, seorang dokter anak dan kepala departemen alergi dan imunologi di Medical College of Georgia, mengungkapkan bahwa memiliki hewan peliharaan benar-benar mengurangi risiko anak terkena alergi tertentu.

Penelitiannya melacak 474 bayi dari lahir sampai sekitar usia 7 tahun. Hasilnya, ia menemukan bahwa anak-anak yang selalu berada di sekitar dua atau lebih anjing atau kucing sewaktu mereka bayi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi umum berkat paparan dini terhadap bakteri tertentu.

Anak-anak yang memiliki hewan peliharaan di rumah juga lebih jarang menunjukkan hasil tes kulit positif terhadap alergen dalam ruangan seperti bulu hewan dan debu tungau. Begitu pula dengan alergen outdoor seperti serbuk sari bunga dan getah tanaman.

8 Hewan Paling Kaya di Dunia, Apa Sajakah Mereka Blackie - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keluar Negeri, Pakai Asuransi Perjalanan Cashless Atau Reimburse?]

 

Tidak ada yang tahu pasti mengapa hal ini terjadi, tetapi Dr. Ownby berteori bahwa ketika anak bermain dengan anjing atau kucing, hewan biasanya menjilatinya, sebagai tanda cinta.

Menurutnya, menjilat akan mentransfer bakteri yang hidup di mulut hewan, dan paparan bakteri itu dapat mengubah cara sistem kekebalan tubuh anak merespon alergen lainnya.

 

Yuk Pelihara dan Sayangi Mereka

Mungkin sebagian dari Anda masih banyak yang merasa takut saat berhadapan dengan hewan.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba memulai berinteraksi dengan mereka meskipun hanya melalui sentuhan.

Hewan juga sama-sama makhluk hidup yang diciptakan oleh Sang Maha Kuasa yang memiliki perasaan dan kebutuhan untuk diakui dan disayang oleh sesama makhluk hidup.

Tetap sayangi mereka dan jangan sakiti mereka ya!

 

Apakah Anda memiliki hewan peliharaan? Apa saja manfaat yang sudah Anda rasakan semenjak memeliharanya? Bagikan cerita Anda melalui kolom di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada mereka yang masih takut dengan hewan. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Zevanny M. Listando. 17 Januari 2019. Ini Peran Istimewa Hewan Peliharaan untuk Mengatasi Stress!. Teen.co.id – https://goo.gl/rJtWv7
  • Ajeng Quamila. 15 Agustus 2017. 5 Manfaat untuk Anak Jika Punya Hewan Peliharaan. Hellosehat.com – https://goo.gl/tFgbff
  • Ariska Puspita Anggraini. 28 November 2018. Riset Buktikan 4 Manfaat Memelihara Hewan. Kompas.com – https://goo.gl/nFrbNW.

 

Sumber Gambar:

  • Peran Hewan Peliharaan 1 – https://goo.gl/oB2AdV
  • Peran Hewan Peliharaan 2 – https://goo.gl/q1s4VP
  • Peran Hewan Peliharaan 3 – https://goo.gl/S9okc2