Bagaimana cara menghemat pengeluaran jika Anda memelihara hewan peliharaan? Apa yang semestinya Anda lakukan? Berikut ini artikel yang Finansialku.com siapkan untuk Anda yang menyukai hewan peliharaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Siapa yang tahan melihat hewan peliharaan yang lucu dan manja tetapi mempunyai sifat yang setia, pastinya sulit menemukan seseorang yang tidak jatuh hati pada hewan tersebut. Tetapi, memelihara hewan peliharaan sering identik dengan pengeluaran yang lebih banyak, mulai dari makanan hingga perawatan hewan peliharaan yang beragam. Sebenarnya terdapat banyak cara yang dapat Anda ikuti untuk menghemat pengeluaran Anda untuk hewan peliharaan kesayangan Anda.

 

Cara 1: Menghubungi Veterinarian

Biasanya veterinarian atau dokter hewan akan diberikan contoh makanan hewan peliharaan atau traktiran untuk hewan peliharaan oleh pihak manufaktur. Tidak hanya makanan dan bonus untuk hewan peliharaan Anda, biasanya pihak penjual aksesori hewan peliharaan akan memberikan kupon promosi pada veterinarian sebagai cara promosi mereka.

Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera - Finansialku

[Baca Juga: Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera]

 

Tanyakan dokter hewan peliharaan Anda, apakah mereka mempunyai kupon atau sampel gratis, Anda pun dapat mencari info lain mengenai tempat yang menjual yang makanan hewan peliharaan yang paling ekonomis tetapi juga cukup sehat. Tentunya Anda akan menghabiskan uang jika Anda membeli makanan hewan peliharaan dengan merek mahal ketika ada opsi lain yang menawarkan makanan dengan kualitas yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Cara 2: Jangan “Lapar Mata”

Seseorang akan menjadi boros karena mereka tidak tahan dengan godaan barang-barang unik, apalagi yang berhubungan dengan hewan peliharaan mereka. Untuk itu, sebaiknya Anda mengontrol gaya belanja Anda. Fokuskan pada daftar belanja yang telah Anda susun sebelumnya. Lalu bawalah uang secukupnya, terutama jika Anda sedang akan mengunjungi pameran hewan peliharaan atau aksesori hewan peliharaan.

Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook]

 

Cara 3: Menyimpan Kupon

Kupon dapat ditemukan di mana saja, mulai dari koran, kotak pembungkus produk hingga potongan kertas di tempat-tempat umum. Kupon ini jika dikumpulkan ada yang dapat ditukar dengan makanan gratis atau ada juga yang dapat digabungkan dengan pembelanjaan Anda sehingga mendapatkan harga yang lebih murah.

Anda juga dapat mencari kupon online dan mencetaknya, contohnya melalui situs Groupon.co.id atau situs penyedia kupon online. Dengan menggunakan kupon ini, Anda dapat menghemat pengeluaran Anda.

 

Cara 4: Bergabung dengan Klub Peliharaan

Klub peliharaan biasanya beranggotakan para pencinta hewan peliharaan dan manufaktur atau toko-toko penyedia perlengkapan hewan peliharaan. Para anggota ini dapat Anda jadikan sumber informasi untuk mendapatkan produk yang paling sesuai untuk hewan peliharaan Anda dengan harga yang paling terjangkau. Berikut adalah beberapa sumber keanggotaan yang dapat Anda ikuti:

8 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan (Ga Pake Ribet) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan (Ga Pake Ribet)]

 

Manufaktur

Dengan bergabung pada klub peliharaan yang dibentuk oleh manufaktur, Anda dapat mendapatkan contoh makanan gratis, mainan hingga kupon potongan harga. Hal ini dikarenakan persaingan antar sesama produsen alat aksesori atau bahan makanan hewan peliharaan. Mereka akan berbondong-bondong memberikan penawaran harga dan iklan yang tujuannya membuat Anda tertarik untuk memakai produk mereka.

Keuntungan lainnya dengan menjadi anggota adalah biasanya produsen akan memberikan potongan harga jika Anda membeli dalam jumlah banyak. Anda pun dapat menerima tips-tips eksklusif mengenai hewan peliharaan, informasi mengenai kontes dan penawaran kupon

 

Toko penjual pernak-pernik hewan peliharaan

Toko-toko ini seringkali menawarkan percobaan produk baru dan juga menawarkan potongan harga apabila Anda berlangganan padanya. Toko hewan tersebut juga terkadang menawarkan Anda sistem produk gratis jika Anda telah melakukan pembelian sebesar harga tertentu. Tentunya hal ini dapat menghemat pengeluaran Anda.

Mau Hemat Malah Jadi Boros, Karena Kesalahan-Kesalahan Ini - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mau Hemat Malah Jadi Boros, Karena Kesalahan-Kesalahan Ini]

 

Cara 5: ‘Setia’ pada Satu Produk

Tidak hanya membuat hewan peliharaan Anda lebih nyaman, ‘setia’ pada satu produk akan membantu Anda menghemat uang belanja yang Anda habiskan untuk hewan peliharaan Anda. Anda akan menjadi pelanggan tetap dan Anda akan menjadi salah satu yang tercepat jika terdapat informasi mengenai promosi atau potongan diskon. Tidak hanya itu, dengan ‘setia’ pada satu produk, Anda dapat membeli dalam jumlah yang banyak karena cepat atau lambat, Anda akan membutuhkannya. Biasanya barang yang dijual dalam jumlah yang banyak akan dikenakan harga per satuan yang lebih murah. Selain itu, membeli dalam jumlah grosir juga sering diberikan bonus barang atau makanan lainnya.

 

Cara 6: Ikuti Kontes Berhadiah

Jangan malu untuk membiarkan hewan peliharaan Anda mengikuti kontes berhadiah, terutama jika hewan peliharaan Anda termasuk hewan peliharaan yang cukup terawat dan mempunyai penampilan yang lucu. Hadiah yang ditawarkan juga sangat beragam dan semuanya menguntungkan, mulai dari hadiah bonus makanan, mendapatkan voucher gratis perawatan hingga uang tunai.

6 Pengeluaran Rumah Tangga yang Sebenarnya Bisa Dihemat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Pengeluaran Rumah Tangga yang Sebenarnya Bisa Dihemat]

 

Selain Anda dapat menerima hadiah, hewan peliharaan Anda juga mempunyai kemungkinan untuk terkenal, sehingga Anda tidak hanya menghemat pengeluaran, hewan peliharaan Anda juga dapat dijadikan sumber pendapatan.

 

Cara 7: Langsung Bertanya pada Produsen

Anda tidak perlu ‘gengsi’ atau malu jika ingin mencari kupon potongan harga, langsung tanyakan hal tersebut pada produsen makanan hewan peliharaan Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan email atau menghubungi langsung perusahaan tersebut.

Tidak hanya meminta kupon, dengan menghubungi langsung pihak manufaktur, mungkin saja Anda akan diberikan informasi mengenai diskon atau potongan harga hingga pameran yang sedang berlangsung.

 

Cara 8: Selalu Lakukan Perbandingan Harga

Membandingkan harga antar toko merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan barang dengan kualitas yang sama namun dengan harga yang paling terjangkau. Anda dapat dengan langsung mengunjungi toko tersebut dan mencatat harga jual mereka atau mintalah katalog barang jualan mereka.

Selain mengunjungi secara langsung, Anda dapat mengunduh aplikasi smartphone yang dapat membantu Anda melakukan perbandingan langsung dan juga memberikan Anda informasi mengenai kupon yang Anda.

Belanja Hemat dengan Kartu Kredit yang Tepat - Perencana Keuanagn Independen Finansialku

[Baca Juga: Belanja Hemat 20% dengan Kartu Kredit yang Tepat]

 

Kesehatan dan Kebersihan yang Utama

Salah satu sumber pengeluaran yang memakan biaya paling banyak adalah biaya perawatan hewan peliharaan apabila mereka terkena penyakit atau serangan kutu. Untuk menghindari pembengkakan pengeluaran Anda untuk hewan peliharaan, selalu jagalah kebersihan kandang atau tempat hewan peliharaan Anda. Selain itu, lakukan vaksinasi secara rutin.

 

Ceritakan pengalaman menarik yang Anda lakukan dalam mengatur keuangan jika Anda memiliki hewan peliharaan. Anda dapat menggunakan kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share kepada teman Anda yang memelihara hewan peliharaan juga agar mereka mengetahui cara berhemat dalam keuangannya.

 

Sumber Referensi:

  • Donna L. Montaldo. 6 Desember 2016. Save Money on Pet Food Anda Pet Products. https://goo.gl/YmYXxC

 

Sumber Gambar:

  • Kucing dan Anjing – https://goo.gl/RULSyS

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang